Gampang Banget! Ini Cara Memasang Iklan Pencarian Toko di Shopee Ads

Hai Beautypreneurs! Kamu mungkin sudah membaca soal mengenal fitur Shopee Ads pada artikel sebelumnya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara iklan pencarian Toko di Shopee, beserta manfaat dan biayanya.

Pada dasarnya, iklan pencarian Shopee memiliki dua jenis, yakni iklan pencarian produk dan iklan pencarian toko. Keduanya memiliki karakteristik yang hampir sama, namun bekerja dengan sistem yang berbeda.

Iklan pencarian produk lebih berfokus pada produk yang kamu jual atau yang diiklankan. Sementara iklan toko akan membuat toko kosmetik atau bisnis onlinemu lebih mudah ditemukan oleh pengguna Shopee.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas Iklan Pencarian Toko Shopee secara tuntas. Baik, apa saja kentungannya, biaya yang harus dikeluarkan, cara memasang iklan pencarian toko di Shopee, bahkan mengoptimalisasi iklan tersebut.

Kamu pasti udah penasaran banget dan enggak sabar pingin tahu, kan? Yuk, baca ulasan lengkapnya berikut ini!

Keuntungan Memasang Iklan Pencarian Toko di Shopee

Pada dasarnya Iklan Pencarian Toko di Shopee memiliki cara kerja yang sederhana namun cukup efektif. Karena dalam iklan ini, sistem akan menampilkan nama toko, voucher atau diskon yang kamu tawarkan, juga produk-produk apa saja yang paling relevan dengan pembeli.

Kamu bahkan bisa menyesuaikan iklan ini dengan gambar dan tagline iklan yang kamu buat. Sehingga hasilnya dapat lebih efektif.

Nah, selain keunggulan di atas, banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan memasang Iklan Pencarian Toko di Shopee. Apa aja? Buruan baca penjelasannya berikut ini!

Membantu Meningkatkan Awareness Toko

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memasang Iklan Pencarian Toko di Shopee adalah membuat awareness toko online atau bisnismu kian melambung.

Ini dikarenakan, toko kamu akan selalu ditampilkan pada posisi teratas halaman hasil pencarian konsumen. Sehingga kemungkinan pembeli akan tergugah dan mengunjungi tokomu akan lebih besar.

Membantu Meningkatkan Penjualan

Ketika banyak pembeli yang mengunjungi tokomu, maka bukan tak mungkin mereka akan tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Untuk memaksimalkan keuntungan ini, kamu perlu menampilkan foto produk yang menarik, memasang deskripsi produk secara lengkap dan rinci, pun memberikan penawaran menggiurkan bagi para konsumen.

Meningkatkan Engagement dengan Pembeli

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa menonjolkna nilai jual dari tokomu. Dengan begitu, kamu bsia menghubungkan pembeli dengan produk yang kamu jual lewat mengarahkan mereka ke halaman atau kategori yang ada di toko.

Cara Membuat Iklan Pencarian Toko di Shopee Beserta Pengoptimalannya

Setelah mengetahui beberapa keuntungan menggunakan Iklan Pencarian Toko di Shopee pada point sebelumnya, kamu pasti udah enggak sabar ingin mencobanya bukan?

Well, kamu enggak perlu takut kalau ini merupakan kegiatan iklan pertama yang kamu lakukan. Karena cara membuat Iklan Pencarian Toko di Shopee cukup mudah, tinggal ikuti beberapa langkah berikut ini!

Atur Kata Pencarian yang Digunakan

Gunakan kata pencarian yang cocok untuk foto, slogan, dan halaman iklan buatanmu. Kamu juga bisa menggunakan atau menambahkan kata pencarian yang telah direkomendasikan oleh sistem Shopee secara langsung.

Sebagai gambaran, kamu bisa melihat beberapa kata kunci pencarian berikut ini:

Menggunakan Variasi atau Sinonim

Cara menentukan kata kunci yang relevan ini bisa menggunakan variasi atau sinonim dari kata kunci dari toko atau kategori toko milikmu.

Misalnya, jika kamu mengarahkan konsumen untuk mengunjungi toko dengan kategori kosmetik dan kecantikan. Maka kamu bisa menggunakan merk-merk produk yang kamu jual atau langsung menyebutkan jenisnya, seperti “Sabun wajah”, “serum wajah”, dan lain sebagainya.

Gunakan Kata Kunci yang Menggambarkan Aktivitas Terkait

Selain menggunakan variasi atau sinonim dari jenis dan kategori toko, kamu pun bisa menggunakan kata kunci yang menggambarkan aktivitas terkait.

Masih berkaitan dengan contoh pertama, kamu bisa menggunakan kegiatan yang selaras dengan kategori toko kosmetik atau kecantikan. Seperti menonjolkan manfaat produk yang “memutihkan”, “mencerahkan”, “menghilangkan jerawat”, dan lain sebagainya.

Untuk membuat iklan pencarian toko di Shopee ini memberikan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan kata pencarian yang ada minimal sebanyak 10 kata kunci.

Tentukan Kecocokan Target Pasar

Setelah menemukan kata kunci yang relevan dan paling maksimal, langkah selanjutnya adalah menentukan kecocokan target pasar.

Untuk mengatur target pasar ini, Shopee menyediakan dua sistem yang bisa kamu coba, yakni Pencocokan Luas dan Pencocokan Spesifik.

Pencocokan Luas

Pencocokan luas merupakan sistem yang digunakan untuk membuat iklan dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli. Misalnya, ketika kamu menjual produk perawatan wajah (skincare), maka kamu bisa menggunakan kata yang umum untuk menjaring target, seperti “skincare”.

Pencocokan Spesifik

Sama dengan namanya, penggunaan sistem pencocokan spesifik ini akan membantu iklan bertemu dengan konsumen paling ideal yang menggunakan kata kunci serupa.

Sebagai contoh, kalau produk skincare yang paling laris dari tokomu adalah produk sabun wajah. Maka kamu bisa mempertimbangkan penggunaan “sabun wajah” sebagai kata pencarian spesifik. Pastikan pula produk ini ditampilkan di halaman toko kamu.

Atur Modal dan Periode Iklan

Langkah selanjutnya adalah mengatur modal dan periode iklan pencarian Toko Shopee ini akan ditayangkan. Beberapa pilihan hal yang harus diperhatikan ketika mengatur modal dan periode Iklan Toko Produk di Shopee adalah sebagai berikut.

Sesuaikan Periode dan Modal dengan Budget

Pengaturan tanpas batas ini memungkinkan iklan untuk selalu ditayangkan secara berkelanjutan. Kamu hanya perlu memilih Tanpa Batas di pilihan modal, serta meng-klik Tanpa Batas Waktu untuk memilih panjang periode iklan tersebut.

Namun, kalau kamu memiliki keterbatasan biaya, kamu dapat memilih dan mengatur batasan biaya / periode iklan tersebut. Caranya cukup pilih Tentukan Modal, kemudian lanjutkan Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai pada tiap iklan yang akan dibuat.

Pastikan Modal Cukup untuk Jumlah Klik yang Diinginkan

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan besaran biaya yang kamu miliki dan menyesuaikannya dengan tujuan iklan. Jangan sampai kampanye yang kamu buat berhenti di tengah jalan karena perhitungan yang kurang matang dan hasilnya tidak maksimal.

Gunakan Biaya-Per-Klik Yang Kompetitif & Direkomendasikan

Biaya per klik ini bisa mempengaruhi optimalisasi iklan yang kamu pasang. Karenanya kamu bisa mempertimbangkan penggunaan biaya per klik yang kompetitif dan direkomendasikan oleh sistem Shopee.

Kamu bisa meningkau kinerja iklan kamu selama dua minggu dan demi sedikit meningkatkan biaya per klik, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Pilih Foto Pencarian Toko yang Menarik

Pemasaran online, seperti Shopee, sangat mengandalkan aspek visual. Seperti gambar, foto, juga tulisan yang ada dalam gambar iklan.

Nah, langkah selanjutnya daari cara membuat iklan pencarian Toko di Shopee adalah dengan memilih foto yang menarik, berkualitas tinggi, dan resolusinya jelas. Pastikan juga tidak ada watermark dalam foto, pencahayaannya juga baik, dan terlihat focus.

Kalau dalam langkah ini kamu memiliki Halaman Kategori Toko, sebagai halaman landing iklan, maka gunakan foto yang paling bagus dan menarik untuk mewakili toko tersebut.

Namun, ketika kamu memilih Halaman Toko sebagai halaman tujuan iklan yang kamu buat, gunakan foto proful toko yang bisa mewakili toko kamu dengan baik.

Buat Slogan Iklan Pencarian Toko

Slogan iklan pencarian yang dimaksud adalah kata-kata atau kalimat, yang bisa membuat pembeli tertarik untuk meng-klik iklan toko tersebut hingga melakukan pembelian.

Kamu bisa menyesuaikan slogan iklan toko dengan menggunakan banyak prespektif. Misalnya, bisa dengan berfokus pada keuntungan yang akan didapatkan oleh konsumen. Seperti, “Buat kulitmu lebih cerah dengan produk A yang super ampuh”.

Kamu juga bisa menonjolkan koleksi produk baru dan unggulan yang kamu miliki. Misalnya, “Rangkaian skincare untuk menyehatkan dan menyempurnakan kecantikan alamimu”

Untuk membuat slogan iklan yang menarik ini, kamu harus memperhatikan susunan emoji dan jangan memakai kalimat yang terlalu panjang.

Tentukan Halaman Iklan yang Kamu Inginkan

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan halaman iklan toko yang kamu inginkan. Caranya dengan meng-klik Halaman Toko, jika kamu ingin pembeli menjelajahi toko kosmetik yang kamu miliki.

Atau kamu bisa memilih Halaman Kategori Toko, jika kamu ingin meningkatkan kunjungan juga penjualan pada produk kosmetik terentu.

Tentukan Nama Iklan Toko

Selanjutnya adalah menentukan nama iklan toko di Shopee yang akan kamu buat untuk ditampilkan pada halaman pembeli. Selain itu, nama iklan toko ini akan mempermudahmu untuk membedakan beberapa iklan.

Nah, itu adalah cara untuk membuat Iklan Pencarian Toko di Shopee, juga keuntungannya yang bisa kamu dapatkan. Apakah kamu sudah siap untuk mempraktekkannya pada bisnis kosmetik yang kamu miliki?

Well, semoga beruntung ya, Beautypreneur!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment