Ide Bisnis Kosmetik Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

ide bisnis kosmetik

Bicara soal bisnis kosmetik emang enggak akan ada habisnya. Tren dan gaya boleh saja berubah, tapi keinginan untuk mempercantik diri justru kian meningkat. Dan malah membuka peluang kian lebar lagi bagi pelaku bisnis kosmetik untuk berinovasi.

Hal ini bisa dilihat perilaku masyarakat yang kian antusias dengan kosmetik. Tak hanya perempuan muda dan dewasa, melainkan laki-laki,anak-anak dan orang tua pun sadar akan pentingnya penampilan pribadi.

Sebagai gambaran, kamu bisa perhatikan data yang dikumpulkan katadata.com selama Januari hingga April 2020 lalu berikut.

produk-terlaris-belanja-online-selama-pandemi-by-katadata

Data di atas menunjukkan barang yang lebih banyak dibeli oleh masyarakat Asia Tenggara secara daring. Yang mana, produk kosmetik dan fesyen menempati posisi teratas.

Sebanyak 76% dari total responden membeli produk fesyen dan aksesoris. Sementara 62%-nya membeli produk kosmetik dan kesehatan.

Berdasarkan fakta tersebut, dapat dipahami bahwa kosmetik telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat. Bagaimana tidak? Mereka rela merogoh kocek untuk membeli produk perawatan kecantikan dan kosmetik.

Hal ini tentunya membuka peluang untukmu yang ingin memulai berbisnis di bidang kosmetik. Terlebih bisnis di bidang ini memiliki prospek yang sangat bagus untuk sekarang dan masa yang akan datang.

Tapi, sebagai pemula ide bisnis kosmetik apa sih yang cocok dicoba? Well, baca terus ulasan di bawah ini hingga habis, ya!

Macam-macam Ide Bisnis Kosmetik yang Patut Dicoba

Kamu telah mengetahui bahwa kegiatan merawat kecantikan diri kini semakin penting bagi masyarakat. Untuk itu, peluang membuka bisnis kosmetik dapat dibilang sangat menjanjikan.

Sebenarnya saat ini pun sudah banyak ditemui berbagai jenis bisnis kosmetik. Kamu sebagai pebisnis dapat melihat peluang ini untuk membuka usaha.

Berikut ini beberapa referensi ide bisnis kosmetik yang dapat kamu coba, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Membuka Toko Kosmetik

toko kosmetik

Sebagai pemula, kamu bisa mencoba ide bisnis kosmetik yang satu ini. Bisnis ini juga bisa dilakukan secara offline maupun online.

Sebagai awalan kamu bisa menawarkan produk-produk kosmetik secara offline kepada teman-teman atau kerabat dekat. Agar dapat menghindari kerugian besar, kamu lebih baik memilih produk yang tengah viral atau sedang ngetren.

Dengan demikian, kamu tidak perlu susah-susah menaikkan pamor dari produk yang kamu jual terlebih dahulu. Masyarakat pasti sudah banyak tahu melalui review-review kosmetik beauty influencer dan blogger.

Untuk jangkauan yang lebih luas, kamu bisa mulai pasarkan lewat media online. Seperti Instagram, Facebook, atau lewat lapak-lapak online yang ada.

Ketika memilih  bisnis ini, kamu harus memiliki kemampuan marketing yang baik. Jika kamu tidak bisa menawarkan produkmu dengan baik, mana mungkin orang-orang akan tertarik untuk membeli produk kosmetik yang kamu jual.

Tak hanya itu, jika jangkauan pasarmu kecil, maka keuntungan yang kamu dapatkan juga tak seberapa. Bisa dibilang, keuntungan yang diperoleh dengan menjalankan bisnis ini akan terlihat nyata dalam waktu yang terbilang lama.

Jadi diperlukan ketekunan dan ketelatenan agar bisnis toko kosmetik yang kamu bangun dapat berkembang dengan baik.

Setiap bisnis memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Begitu pun dengan membuka toko kosmetik sendiri. Berikut kelebihan dan kekurangan membuka toko kosmetik secara online dan offline.

Kelebihan dan Kekurangan Toko Kosmetik Offline

Kelebihan

1. Kepercayaan tinggi

2. Pelayanan konsumen lebih mudah

3. Sistem pembayaran lebih aman

4. Tidak perlu repot melakukan pengiriman

5. Persaingan tidak terlalu banyak

Kekurangan

1. Jangkauan pasar terbatas

2. Perlu tempat fisik

3. Membutuhkan karyawan lebih banyak

4. Memerlukan modal yang besar

5. Waktu penjualan terbatas

6. Produk lebih terbatas dan sulit melakukan pencarian barang

Kelebihan dan Kekurangan Toko Kosmetik Online

Kelebihan

1. Mudah dijalankan

2. Jangkauan pasar lebih luas

3. Modal tidak terlalu besar

4. Tidak memerlukan tempat fisik

5. Memerlukan karyawan yang lebih sedikit

6. Waktu penjualan fleksibel

7. Produk lebih bervariasi

Kekurangan

1. Persaingan ketat

2. Kredibilitas sering diragukan

3. Tidak bisa mengontrol keamanan produk sampai ke tangan konsumen

Menjadi Dropshipper dan Reseller

reseller dandropship

Dropshipper dan reseller tidaklah sama. Dropshipper dapat dilakukan tanpa modal ika kamu ingin memulai bisnis kosmetik ini. Sementara reseller berarti Anda membeli dulu produk kosmetik tertentu dalam jumlah banyak dan dijadikan sebagai stok, dan baru dijual kembali.

Dua cara ini bisa kamu coba untuk membuka usaha. Produk kecantikan yang dijual di pasaran sangatlah beragam, oleh karena itu harus lebih cermat dalam memilih produk mana yang ingin kamu jual kembali.

Misalnya, kamu bisa menentukan dengan mempertimbangkan masalah kecantikan apa yang paling ingin diatasi oleh masyarakat. Lalu merk dan produk apa yang paling dipercayai untuk mengatasi masalah tersebut.

Sama halnya dengan berbisnis toko kosmetik, kamu juga harus pandai dalam memasarkan produkmu. Jika tidak, maka jangkauan pasarmu akan jadi sangat terbatas. Perkembangan bisnismu pun akan sangat lambat. Salah-salah, kamu justru dapat rugi karena susah mendapatkan pembeli.

Sebagai pertimbanganmu, kamu bisa menyimak kelebihan serta kekurangan menjadi dropshipper dan reseller produk kosmetik.

Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Kosmetik sebagai Dropshipper

Kelebihan:

1. Tidak perlu modal besar, bahkan bisa tanpa modal

2. Tidak perlu repot mengurus stok barang

3. Resiko sangat kecil

4. Praktis

5. Bisa dijalankan di mana pun

Kekurangan:

1. Tidak memiliki akses untuk memantau stok produk

2. Keuntungan kecil

3. Tak mengetahui fisik barang yang dijual secara langsung

4. Resiko ketidakpuasan konsumen tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Kosmetik Sebagai Reseller

Kelebihan

1. Teknik jualan bisa online atau offline

2. Produk sudah dikenal luas oleh konsumen

3. Memiliki akses untuk memantau stok produk

4. Mengetahui jelas kualitas produk yang akan dijual

Kekurangan:

1. Banyaknya saingan

2. Laba relatif kecil

3. Modal yang cukup besar

Distributor Kosmetik

distribusi

Sebenarnya dasar kerja distributor hampir serupa reseller dan dropshipper. Akan tetapi jangkauan dan keuntungan yang dimiliki distributor lebih besar.

Distributor merupakan tangan pertama yang menyalurkan produk dari produsen hingga ke tokot-toko atau konsumen akhir. Penentuan skema keuntungannya juga cukup mudah, yakni berasal dari potongan harga yang diberikan oleh produsen.

Nah, jika distributor ini menyetok banyak produk, maka keuntungannya semakin besar pula. Karena potongan yang diberikan produsen juga tambah banyak.

Oleh sebab itu, fungsi utama distributor kosmetik cukuplah besar bagi industri juga para pedagang kecil atau pengecer. Distributor dengan kata lain menjadi perpanjangan tangan industri menuju para konsumen akhirnya.

Ketika menjadi distributor kosmetik kamu harus jeli untuk membaca tren dan suasana pasar. Karena pesaingmu banyak, kamu harus mampu memanfaat celah sekecil apapun untuk memperbesar peluang berkembangnya usahamu.

Kelebihan menjadi Distributor Kosmetik:

  1. Minim resiko, karena tidak memproduksi barang sendiri.
  2. Dapat menentukan target keuntungan yang diinginkan.
  3. Dapat menjual barang dalam jumlah yang besar, sehingga keuntungan juga makin besar.

Kekurang menjadi Distributor Kosmetik:

1. Membutuhkan modal yang besar

2. Memiliki kontrol yang rendah terhadap barang yang disalurkan.

3. Harga barang kurang stabil, baik karena faktor produksi yang berkurang dan biaya distribusi yang membengkak.

4. Resiko produk dan waktu tidak sesuai keinginan, karena jangkauan pengiriman yang sulit.

5. Harga barang yang dijual jauh lebih mahal dari harga produsen.

Membangun Bisnis Kosmetik dengan Brand Sendiri

bisnis skincare

Nah, yang terakhir ini lagi marak-maraknya di Indonesia, lho. Kalau masuk ke dalam retail kosmetik besar, kamu pasti menemukan berbagai merk kosmetik dipajang berjajar.

Banyak produk-produk itu yang dibuat dalam negeri dan oleh artis atau beauty influencer, yang juga tergolong masih muda. Apakah kamu tahu rahasia besar di balik kesuksesan brand kosmetik mereka itu?

Yap, jawabannya adalah perusahaan jasa maklon kosmetik. Sekarang ini, untuk membuat brand kosmetik sendiri tidaklah susah. Bahkan cukup sederhana, murah dan yang pasti hemat dalam segala hal. Maksudnya dari segi ekonomi, tenaga dan waktu.

Kalau kamu belum tahu apa itu maklon, syarat dan harga jasa maklon bisa baca di sini, ya!

Untuk lebih jelasnya, yuk perhatikan kelebihan dan kekurangan membuat brand kosmetik sendiri dengan maklon kosmetik berikut ini.

Kelebihan Mulai Bisnis Kosmetik Brand Sendiri dengan Maklon

  1. Modal yang jauh lebih kecil
  2. Tidak perlu membangun pabrik
  3. Tidak perlu merekrut karyawan terlalu banyak, bahkan bisa tidak sama sekali
  4. Tidak perlu sangat ahli dalam bidang marketing.
  5. Mutu, legalitas dan kualitas produk kosmetik dapat dikontrol.
  6. Jangkauan pasar yang luas karena dibantu distribusi oleh penyedia jasa maklon.
  7. Kepercayaan konsumen lebih terjamin
  8. Tidak membutuhkan tempat fisik sebagai toko dan pabrik pembuatan kosmetik.
  9. Jam kerja fleksibel, kamu hanya perlu memantau dari jauh dan tidak harus datang langsung.

Kekurangan Memulai Bisnis Kosmetik Brand Sendiri dengan Maklon

  1. Resiko kerugian cukup tinggi
  2. Pesaing dengan merk kosmetik sendiri cukup besar

Nah, dari ulasan di atas kamu dapat mengerti bahwa keuntungan berbisnis kosmetik dengan brand sendiri melalui jasa maklon lebih besar ketimbang kekurangannya.

Kamu enggak perlu membuat pabrik kosmetik sendiri, yang mana perlu banyak biaya. Juga merekrut karyawan sendiri, karena pastinya harus banyak banget. Juga enggak perlu buka toko atau lapak online sendiri, soalnya enggak semua orang jago dalam marketing.

Tapi kan tetep aja ada kemungkinan high risk, alias resikonya tinggi banget?

Kekurangan emang selalu ada, tinggal bagaimana cara kita mengatasinya. Misalnya nih, kami di PT. Mash Moshem Indonesia memberikan pelayanan super lengkap di atara penyedia jasa maklon kosmetik.

Berkonsep One Stop Cosmetics Manufacture, kami akan membantu kamu untuk membangun bisnis kosmetik dengan brandmu sendiri dari awal hingga akhir. Termasuk menyediakan pelayanan after sales terbaik.

Pelayanan after sales ini akan membantu bisnis kosmetik dengan brandmu sendiri mampu bersain di pasaran. Misalnya terus-terus melakukan promosi, branding merk kosmetikmu, dan memberikan gift atau souvenir pada calon konsumen.

Keberhasilan bisnis kosmetikmu adalah keberhasilan kami juga. Oleh sebab itu kami akan selalu memberikan penawaran yang baik, untuk mendukung brand kosmetikmu.

Tidak perlu repot dan makan banyak waktu, kamu cukup datang ke kantor dan berdiskusi dengan tim kami mengenai brand kosmetik impianmu. Setelah sepakat, segera kami akan bekerja dengan keras untuk mewujudkan impianmu untuk memiliki brand kosmetik sendiri.

Mulai dari pengonsepan produk, pemilihan bahan dan perancangan formula produk, desain, pengurusan legalitas, proses produksi hingga pemasaran akan kami tangani. Kamu hanya perlu memantau dengan tenang dari jauh, bagaimana kami bekerja untuk brandmu.

Pabrik kosmetik kami juga sudah memenuhi standar BPOM dan megantongi sertifikat CPKB tingkat A. Artinya kami diakui layak untuk membuat kosmetik dengan jenis apapun. Mulai dari perawatan rambut, wajah, hingga ujung kakimu.

Enggak hanya itu, kami memiliki banyak reseller yang siap mendistribusikan produk kosmetik dari brandmu. Ada juga tim marketing yang akan membantu memasarkan, baik secara online maupun offline.

Gimana, apa kamu sudah menentukan bisnis kosmetik mana yang paling ideal untukmu membuka usaha baru?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Cari Tahu Keuntungan dan Cara Daftar Iklan Pencarian di Shopee Berikut Ini

Shopee menjadi salah satu e-commerce terbesar di dunia, dengan jumlah pengunduhan aplikasi di playstore paling tinggi dan mendapatkan jumlah kunjungan ratusan juta tiap tahunnya. Dilansir Databoks, pada kuartal dua tahun 2021 ini dikatakan bahwa Shopee menjadi e-commerce yang paling...

Continue Reading

Leave a Comment