Cara Memulai Bisnis Retail Kosmetik, Ini Rincian Modal dan Persiapannya!

cara memulai bisnis retail kosmetik

Berbisnis di industry kosmetik belakangan cukup menjanjikan. Apalagi pemerintah juga telah mengungkapkan dukungannya pada para pelaku UMKM kosmetik, termasuk pinjaman modal dan lain sebagainya. Salah satu jenis usaha yang kamu coba adalah bisnis retail kosmetik.

Bisnis retail kosmetik merupakan sebuah usaha yang menjual produk-produk kosmetik secara satuan atau ecerah, maupun dalam partai besar atau grosiran.

Sebenarnya jenis bisnis kosmetik ini sudah sangat umum, namun tak ada salahnya untukmu mencobanya juga. Terlebih, ketika membuka retail kosmetik, kamu bisa menjangaku pembeli lebih beragam.

Baik konsumen akhir yang kerap membeli produk satuan, maupun penjual/reseller kosmetik yang ingin menjual kembali produk jualanmu.

Persiapan untuk Memulai Bisnis Retail Kosmetik

Sebelum membicarakan cara menjalankannya, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk memulai bisnis retail kosmetik, seperti yang ada dalam penjelasan berikut ini.

Siapkan Modal yang Kamu Miliki

Hal pertama yang harus kamu siapkan dalam cara memulai bisnis retail kosmetik adalah menyiapkan modal bisnis. Berbeda degan toko kosmetik biasa, modal yang kamu butuhkan untuk bisnis ini terhitung lebih besar.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa memaksimalkan semua modal yang kamu miliki agar bisnis yang kamu buka bisa berjalan semestinya.

Sebagai gambaran simak tabel perkiraan modal membuka retail kosmetik, yang disesuaikan dengan riset harga di berbagai sumber. Yuk, simak baik-baik, Beautypreneurs!

No.Jenis KebutuhanBesarnya Biaya (Rp)
1Pembelian produk kosmetik / stok ritel20.000.000
2Biaya sewa toko15.000.000 per tahun
3Biaya sewa gudang800.000 per bulan
4Biaya air dan listrik300.000 per bulan
5Pemasaran dan promosi2.000.000 per bulan
6Gaji karyawan2.000.000 per bulan
Total40.100.000
modal bisnis retail kosmetik

Rincian modal ini tentu saja tidak pakem, ya. Kamu bahkan bisa menyesuaikan jenis retail kosmetik dan strategi menjalankannya nanti sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Misal, kamu memiliki setengah dari rincian modal di atas, kamu bisa memulai bisnis retail kosmetik ini secara pribadi atau tanpa melibatkan karyawan. Kemudian mulai dengan produk-produk kosmetik local yang lebih murah namun memiliki kualitas tinggi dan diminati.

Kamu juga bisa memaksimalkan biaya promosi dengan menggunakan berbagai jenis media sosial. Kemudian tak perlu langsung membuka toko offline, kamu bisa memulai bisnis retail kosmetik ini secara online lewat medsos dan marketplace terlebih dulu.

Susun Rancangan Bisnis Retail Kosmetik-mu

Setelah menentukan besaran modal yang akan kamu keluarkan untuk memulai bisnis retail kosmetik tersebut. Kamu bisa melakukan perincian rancangan bisnis yang akan kamu jalankan tersebut.

Dalam penyusunan rancangan bisnis ini kamu perlu menguraikan beberapa hal, seperti target pasar, jenis produk kosmetik atau merk yang akan kamu jual, proses promosi, pengiriman, dan banyak lainnya.

Untuk memudahkan proses pembuatan rancangan bisnis ini, kamu bisa simak penjelasannya di sini.

Pilih Jasa Penyewaan Gudang yang Tepat

Sebelum benar-benar mulai, kamu bisa menentukan di mana kamu akan menyimpan stok produk kosmetikmu nantinya.

Bila kamu memiliki area atau bangunan yang bisa dimanfaatkan sebagai gudang, kamu bisa menyimpan produk tersebut di sana. Meski begitu, perhatikan keamanan gudang dan suhu yang ada agar produk kosmetik tetap terjaga dengan baik.

Sementara itu, kalau kamu tak memiliki area penyimpanan tersendiri. Kamu bisa mencari jasa penyewaan gudang produk sesuai dengan kebutuhan bisnis retailmu.

Untuk itu, kamu bisa mempelajari cara memilih jasa penyewaan gudang yang tepat di sini.

Cara Memulai Bisnis Retail Kosmetik untuk Pemula

Setelah melengkapi hal-hal yang berkaitan dengan persiapan, maka kamu bisa melanjutkan cara memulai bisnis retail untuk pemula berikut ini.

Lakukan Riset Produk dan Pasar

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah melakukan riset produk dan pasar. Ada banyak jenis produk kecantikan dari berbagai merk yang tak kalah beragamnya.

Kamu bisa melakukan riset produk unggulan terlebih dahulu, baik dari media sosial, pencarian lewat Google Trends, atau melalui marketplace yang ingin kamu gunakan nantinya.

Tentukan Media yang Akan Kamu Gunakan Berjualan

Selanjutnya, tentukan media yang akan kamu gunakan berjualan. Langkah ini merupakan alternatif kalau kamu belum memiliki cukup modal untuk menyewa toko fisik.

Ingat, kamu harus mempertimbangkan jenis media mana yang paling cocok dengan produk kosmetik jualanmu. Sebab, setiap produk dan brand kosmetik pastinya memiliki segmentasi pasar yang berbeda.

Sementara itu, kalau kamu mau langsung membuka toko offline bisa dengan memilih tempat yang strategis. Misalnya mudah dijangkau oleh konsumen dan kurir, sehingga memudahkan proses pengiriman produk nantinya.

Untuk memilih lokasi usaha yang tepat, kamu bisa melihat tip-tipnya di sini.

Kenali Target Konsumen dari Retail Kosmetikmu

Selanjutnya, lakukan riset konsumen untuk membentuk buyer persona dari bisnis retail kosmetik milikmu. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan strategi pemasaran produk, jenis produk yang akan kamu jual, hingga tahu siapa saja yang akan jadi kompetitormu.

Kamu bisa mencari tahu cara riset konsumen dan pasar di artike ini, ya!

Pilih Supplier Kosmetik yang Terpercaya

Langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis ritel kosmetik adalah dengan memilih supplier atau distributor kosmetik terpercaya.

Supplier yang tepat untuk bisnis ritelmu tak hanya yang menawarkan harga murah, melainkan dapat mengirimkan barang tepat waktu, disiplin, dan memberikan layanan yang efisien.

Bagaimana cara memilih supplier kosmetik yang aman dan profesional? Simak di sini!

Promosikan Bisnis Ritel Kosmetikmu

Setelah menentukan jenis produk, lapak jualan, buyer persona, sampai dapat supplier kosmetik yang kamu inginkan. Maka, langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis ritel kosmetik adalah mempromosikannya semaksimal mungkin.

Ada banyak cara promosi bisnis yang murah, efisien, efektif, dan mudah kamu lakukan seorang diri. Misalnya lewat berbagai media sosial, atau menggunakan layanan iklan di marketplace tempatmu berjualan online.

Jenis promosi ini umumnya memiliki biaya yang lebih fleksibel, kamu juga bisa mengatur target pasar yang ingin kamu raih, serta biaya yang kamu keluarkan akan lebih efisien. Karena penarikan biaya hanya akan dilakukan jika iklan berhasil.

Untuk menarik minat pembeli, kamu juga bisa menawarkan promo, melakukan berbagai persiapan lauching toko, hingga memberikan diskon untuk pembelian pertama. Yang penting sesuaikan promo ini dengan budget yang kamu miliki, ya.

Buat Laporan Keuangan dengan Rinci

Cara memulai bisnis ritel selanjutnya adalah membuat laporan keuangan atau arus kas yang rinci. Dengan begitu, kamu bisa mengelola stok produk, mengalokasikan keungan dan modal dengan efisien.

Sebab dengan arus dan control yang tepat, kamu bisa memaksimalkan strategi penjualan yang kamu susun. Termasuk dalam memilih jenis promosi mana yang paling efektif, produk mana yang paling sering masyarakat beli, serta apa hal yang paling sering menghambat proses bisnismu.

Berikan Layanan yang Cepat dan Menyenangkan

Untuk membuat konsumen loyal dan mau melakukan pembelian ulang, kamu harus bisa memberikan layanan yang cepat dan menyenangkan.

Apalagi untuk memulai ritel kosmetik online, kamu harus melayani konsumen secara daring. Memastikan semua proses transaksi berjalan lancar, menjawab pertanyaan dan keluhan secara aktif, serta memastikan konsumen berbelanja dengan nyaman adalah hal yang penting.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui dalam cara memulai bisnis ritel kosmetik, khususnya secara online.

Apakah artikel ini memberikan informasi yang kamu butuhkan? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading

Leave a Comment