Yuk, Intip Rincian Modal Bisnis Kosmetik untuk Beautypreneur Pemula & Tips Memulainya! 

modal bisnis kosmetik

Memulai bisnis di zaman sekarang jauh lebih gampang daripada dulu. Seiring berkembangnya teknologi dan digitalisasi, modal bisnis kosmetik yang kamu butuhkan pun bisa jauh lebih kecil dari sebelumnya. 

Tren pemakaian kosmetik lokal yang semakin viral juga akan mempermudah langkahmu menjadi seorang Beautypreneur sukses. Maka dari itu, nggak ada lagi alasan untuk nggak mencobanya. 

Dengan kemudahan-kemudahan tersebut, rasanya hampir semua wanita bisa memulai langkah untuk menjadi seorang Beautypreneur sukses. Apakah kamu termasuk salah satunya? 

Nah, sebelum kamu merintis brand kosmetik sendiri, yuk persiapkan dulu modalnya. Kamu bisa cek rincian modal dan tips memulai langkah sebagai Beautypreneur pemula melalui ulasan berikut ini! 

Apa Saja Modal Bisnis Kosmetik yang Harus Dipersiapkan? 

Sebagai seorang Beautypreneur pemula, mungkin kamu akan merasa kesulitan dalam menentukan budget untuk memulai bisnis brand kosmetik sendiri. Maka dari itu, kamu nggak boleh asal-asalan dalam menentukan budget. 

Untuk memulai bisnis kosmetik, berikut  adalah beberapa rincian modal yang harus kamu persiapkan saat membuat brand kosmetik sendiri. Apa saja? 

Modal untuk Investasi 

Kalau kamu ingin membuat brand kosmetik sendiri, maka kamu harus mempersiapkan modal untuk investasi. Modal ini nantinya bisa kamu pakai untuk kursus atau mengikuti webinar seputar bisnis kosmetik. 

Menginvestasikan sebagai modal untuk belajar ilmu baru bisa mempersiapkan kamu menjadi seorang Beautypreneur sukses. Kamu bisa mempelajari banyak hal dari mengikuti kursus atau webinar bisnis. Mulai dari strategi marketing, manajemen keuangan, dan sebagainya. 

Modal investasi yang kamu butuhkan relatif lebih kecil. Apalagi kalau kamu belajar di tempat kursus dan webinar yang murah. 

Modal Bisnis Kosmetik untuk Operasional 

Utamanya, modal bisnis operasional berperan penting dalam mengembangkan brand kosmetik kamu di awal-awal. Umumnya, nominal modal operasional harus lebih banyak daripada jenis modal yang lainnya. 

Selain untuk kebutuhan produksi kosmetik, modal ini juga akan dipakai untuk membeli peralatan, stok barang, dan menggaji karyawan. Itu sebabnya, persentase modalnya harus lebih besar. 

Sebagai permulaan, kamu bisa menyiapkan modal sebesar Rp10.000.000 rupiah untuk memproduksi brand kosmetik di tempat maklon. Dengan memanfaatkan jasa maklon, kamu nggak perlu lagi menyiapkan modal operasional lain untuk membangun pabrik, menyediakan formulasi kandungan bahan, dan lainnya. 

Modal Bisnis Kosmetik untuk Pemasaran 

Nggak kalah penting dari modal operasional, kamu juga harus mempersiapkan modal tambahan untuk memasarkan produk kosmetik. Biasanya, modal ini dipakai untuk memposting iklan atau endorsement influencer. 

Semakin banyak modal yang kamu siapkan untuk memasarkan produk, maka akan lebih luas pula jangkauan pemasarannya. Dengan begitu, produk kosmetik kamu berpotensi besar untuk laku di pasaran. 

Di awal-awal, kamu bisa mempersiapkan budget sebesar 7 juta sampai 15 juta rupiah. Namun, jumlah nominal ini bisa lebih besar atau lebih kecil, tergantung dari masifnya iklan dan rate card endorsement  influencer yang kamu lakukan. 

Yuk, baca juga artikel seputar peluang bisnis skincare korea di sini!

Mau Mulai Bisnis Skincare Korea? Simak Peluang dan Tip Mulainya

Rekomendasi Jenis Bisnis Kosmetik Modal Murah 

Sebagai seorang Beautypreneur pemula, modal yang kamu butuhkan untuk merintis brand kosmetik sendiri biasanya nggak terlalu besar. Cukup dengan modal minim, kamu sudah bisa mulai berbisnis kosmetik dengan modal murah. 

Karenanya, modal yang  harus kamu persiapkan tergantung dari jenis bisnis kosmetik yang kamu pilih nantinya. Sebagai referensi, kamu bisa mempertimbangkan beberapa jenis model bisnis kosmetik berikut ini! 

Maklon Kosmetik 

Jika modal bisnis kosmetik yang  kamu miliki masih sedikit, sebaiknya kamu pilih jenis bisnis maklon saja. Mengapa? Memilih jas maklon kosmetik disinyalir lebih murah karena kamu nggak perlu menyiapkan biaya untuk kebutuhan operasional. 

Salah satu tempat maklon kosmetik dengan biaya terjangkau dan fasilitas lengkap yang recommended adalah Mash Moshem Indonesia. Di sini, kamu nggak perlu repot-repot meracik formulasi produk sendiri. Tim R&D kami akan membantu memformulasikan bahannya untuk kamu. 

Kamu juga nggak perlu mengurus legalitas dan sertifikasi BPOM, HKI, dan halal sendiri. Sebab, tim ahli kami akan membantu mengurusnya hingga tuntas. 

Mash Moshem Indonesia menawarkan jasa maklon kosmetik yang cukup terjangkau buat para Beautypreneur pemula seperti kamu. Mulai dari MOQ 1000 pcs per produk, kamu sudah bisa melakukan maklon kosmetik di tempat ini. 

White  Lab Kosmetik 

Kalau kamu berencana memulai bisnis dengan modal bisnis kosmetik yang kecil, pilih saja jasa white lab kosmetik. Secara konsep, white lab kosmetik hampir mirip dengan maklon kosmetik. 

Dengan jasa white lab, kamu bisa bikin produk kosmetik dengan brand, logo, dan kemasan kamu sendiri. Dengan melakukan white lab kosmetik akan mempermudahkan dalam melakukan branding produk. 

Menariknya, Mash Moshem Indonesia juga bisa menjadi opsi terbaik untuk melakukan white lab produk kosmetik. Di  tempat ini, kamu bisa memesan jenis kosmetik menggunakan brand dan formulasi bahan sendiri. 

Reseller dan Dropshipper Kosmetik 

Nah, kalau kamu masih ragu memulai bisnis kosmetik menggunakan brand sendiri, kamu bisa memulai usaha sebagai seorang reseller atau dropshipper. Istilah ini merujuk pada pelaku usaha yang membeli sebuah produk, kemudian dijual kembali. 

Umumnya, reseller dan dropshipper akan menjual produk dari brand orang ke marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada. Dari segi modal, tentu saja bisnis ini jauh lebih kecil daripada maklon dan white lab kosmetik. 

Namun, dari segi perkembangan bisnis, tentu akan jauh lebih menguntungkan kalau kamu maklon brand kosmetik sendiri di Mash Moshem. 

Prospek Bisnis Kosmetik Modal Kecil untuk Beautypreneur Pemula 

Dari dulu sampai sekarang, peluang bisnis kosmetik nggak pernah ada matinya. Malahan, setiap tahunnya jumlah peminat di bisnis ini semakin mengalami peningkatan yang signifikan. 

Peluang bisnis di bidang ini juga masih terbilang luas, sehingga para Beautypreneur pemula seperti kamu bisa mencobanya. Potensi keuntungan yang dihasilkan dari berbisnis kosmetik pun cukup besar, loh. Nggak heran kalau peminatnya cukup banyak. 

Merilis data dari 

Untuk meminimalisir modal dan mengoptimalkan keuntungan, manfaatkanlah  maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia. Proses produksi di tempat  maklon ini sudah menggunakan teknologi canggih yang jauh lebih efektif dan efisien dari segi modal maupun durasi produksinya. 

Tips Memulai Maklon untuk Beautypreneur Pemula 

Melihat prospek bisnis kosmetik berdasarkan ulasan di atas, apa kamu semakin tergiur untuk bikin brand kosmetik sendiri? Supaya nggak salah langkah, panduan tips berikut ini bisa kamu terapkan saat merintis dengan modal bisnis kosmetik kecil! 

Bangun Brand Kosmetik yang Menarik 

Prospek bisnis kosmetik dan kecantikan masih cukup menjanjikan di tahun ini. Buktinya, banyak bermunculan brand kosmetik lokal baru yang laris manis di marketplace, sosial media, dan sebagainya. 

Ketika kamu merintis brand kosmetik baru, buatlah strategi branding yang menarik, unik, dan berpotensi untuk viral. Startegi semacam ini berperan penting dalam mebangun branding produk kosmetik kamu, apalagi kalau kamu menyasar target market anak muda. 

Jangan abaikan pula desain kemasan dan logo pada produk kosmetik kamu. Agar penjualannya laku keras, pilihlah desain kemasan dan logo yang eye catching, dan sesuai dengan identitas segmentasi market yang kamu sasar. 

Pilih Komposisi Bahan Kosmetik Berkualitas 

Dalam menentukan komposisi bahan kosmetik berkualitas, kamu nggak boleh memilihnya secara asal-asalan. Tetap pertimbangkan kandungan bahan alami yang sudah terjamin khasiatnya saat sedang membuat brand kosmetik sendiri. 

Hindari penggunaan beberapa bahan kosmetik berbahaya seperti hidroquinon, merkuri, formalin, dan timbal. Memakai bahan-bahan tersebut sebagai komposisi produk kosmetik bisa menyebabkan efek samping berbahaya, misalnya alergi, menipisnya skin barrier, atau penuaan dini. 

Pilih Tempat Maklon Terbaik untuk Bikin Brand Kosmetik 

Kalau modal bisnis kosmetik kamu mencukupi untuk bikin brand kosmetik di tempat maklon, sebaiknya lakukan. Daripada kamu bingung mencari tempat maklon terpercaya, mending serahkan urusan produksi kosmetik ke Mash Moshem Indonesia. 

Mash Moshem Indonesia dikenal sebagai salah satu tempat maklon terbaik dan terlengkap yang berlokasi di Surabaya. Perusahaan ini menawarkan layanan one stop service yang akan membantu kamu dari proses pra produksi sampai pasca produksi. 

Di sini, kamu bisa membuat jenis kosmetik apapun sesuai dengan formulasi bahan yang telah kamu racik. Bahan-bahan yang dipakai sudah terjamin kualitasnya, sehingga dari kandungan zat-zat berbahaya. 

Cek Kelengkapan Legalitas Produk 

Produk kosmetik yang tergolong aman dan berkualitas adalah yang dilengkapi dengan legalitas produk. Itu sebabnya, kamu nggak boleh mengabaikan izin sertifikat BPOM, HKI, dan halal pada setiap produk kosmetik yang kamu buat. 

Promosikan di Media Sosial dan Iklan Berbayar 

Kalau semua cara di atas sudah kamu lakukan, maka kamu boleh mempromosikan produk kosmetikmu di media sosial atau iklan berbayar. Budget yang perlu kamu siapkan untuk promosi biasanya tergantung dari strategi marketing yang kamu pakai. 

Apabila budget marketing yang kamu miliki sedikit, sebaiknya pakai strategi promosi di media sosial atau marketplace. Tapi, kalau budget yang kamu miliki cukup besar, kamu bisa pakai strategi marketing lain seperti endorsement influencer dan pasang iklan berbayar. 

Gimana? Apa kamu sudah menyiapkan modal bisnis kosmetik untuk bikin brand sendiri? 

Yuk, buruan klik tombol di bawah ini untuk buat sampel kosmetik gratis di Mash Moshem! 

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

pabrik maklon deodorant terbaik

Cari Pabrik Maklon Deodorant Terbaik? Bikin di Mash Moshem Aja!

Pemakaian deodorant sebelum memulai aktivitas sehari-hari menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan. Dewasa ini, produk-produk deodorant kian variatif, mulai dari kandungan bahan, manfaat, sampai desain packagingnya yang unik.  Makanya, jasa pabrik maklon deodorant terbaik kian menjamur dan banyak...

Continue Reading