Menjanjikan, Begini Cara Promosi Produk di Pinterest yang Tepat

cara promosi produk di pinterest

Tak hanya jadi tempat mencari template gambar, Pinterest bisa jadi media promosi yang menjanjikan untuk para pengusaha. Gimana enggak? Dengan mengetahui cara promosi produk di Pinterest dengan tepat, kamu bisa menaikkan awareness dan penjualan produk.

Melansir dari Databoks, pada kuartal III 2021 lalu sebanyak 444 juta orang mengunjungi situs media sosial ini dalam sebulannya. Sebagai gambaran, kamu bisa simak trafik berikut ini.

pengguna pinterest

Dari statistic di atas, terjadi penurunan tipis terkait kunjungan pengguna Pinterest. Namun, pendapatan website ini mengalami peningkatan sebanyak 3,26% dari kuartal sebelumnya, hingga mencapai US$633 juta pda kuartal III 2021 lalu.

Sejalan dengan data tersebut, lebih dari 84% total pengguna Pinterest menggunakan website ini untuk keperluan berbelanja. Bisa dibayangkan, bagaimana prospek bisnis yang kamu kelola ketika memasarkannya di media satu ini, bukan?

Nah, Beautypreneurs, secara statistic Pinterest memang terbukti potensial dan menjanjikan ketika digunakan sebagai media promosi. Tak hanya itu, media ini pun memiliki berbagai fitur menarik yang bisa mendukung kegiatan pemasaran yang kamu lakukan.

Penasaran bagaimana cara promosi produk di Pinterest? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Jangkauan Pasar Pinterest

Sebelum benar-benar membahas cara promosi produk di Pinterest, enggak ada salahnya buatmu memahami prospek dan jangkauan pasar yang dimiliki media sosial satu ini.

Pinteres sendiri merupakan sebuah aplikasi media sosial, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi dan insipirasi dalam bentuk foto, video, dan konten digital lainnya.

Menariknya, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur unduh, sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat koleksi pribadi dari unggahan orang lain dan miliknya sendiri.

Lambat laun, sama seperti media sosial yang lain, Pinterest pun dapat dipakai sebagai media promosi. Khususnya untuk meningkatkan awareness, kunjungan profil, hingga meningakatkan pembelian suatu produk.

Sebagian besar pengguna pinterest didominasi oleh perempuan, tepatnya sebanyak 72%. Selain itu, usia rata-rata penggunanya pun berada di bawah usia 40 tahun.

Karenanya, produk yang cocok kamu promosikan di sini adalah yang berkaitan dengan kebutuhan perempuan remaja, remaja-dewasa, dan dewasa. Seperti konten-konten gaya hidup, kosmetika (kecantikan), juga fesyen.

Nah, Beautypreneur, melihat bagaimana pangsa pasar dan kecenderungan konten di Pinterest. Media sosial ini tentu sangat cocok dijadikan sebagai sarana promosi untuk bisnis dan brand kosmetik milikmu.

Cara Promosi Produk di Pinterest untuk Brand Kosmetik

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa pasar Pinterest didominasi oleh perempuan muda, bahkan konten populernya juga berkaitan dengan fesyen dan kecantikan.

Sudah barang tentu, kalau media sosial ini sangat cocok digunakan untuk promosi bisnis kecantikan, khususnya brand kosmetik milikmu.

Lantas bagaimana cara promosi produk di Pinterest untuk brand kosmetik? Langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Buat Akun Bisnis untuk Brand Kosmetikmu

Cara promosi produk di Pinterest yang pertama adalah membuat akun untuk brand bisnis untuk brand kosmetikmu. Sama halnya seperti media sosial lain, ini akan membantu meningkatkan awareness dan kepercayaan konsumen terhadap brand kosmetikmu.

Tak hanya itu, ketika menggunakan profil bisnis di akun Pinterest kamu bisa memiliki akses untuk melihat statistic akun. Misalnya, seberapa banyak konten/pin yang kamu unggah dilihat, statistic trafik akun yang dikaitkan, dan banyak lainnya.

Lengkapi Profil Bisnis

Kalau sudah membuat akun bisnis untuk brand kosmetikmu, maka langkah selanjutnya adalah dengan melengkapi profil akun. Kamu bisa menggunakan logo brand sebagai foto profil, menggunakan nama dan URL yang telah dipersonalisasi.

Sebenarnya hampir 70 persen pengguna Pinterest menggunakan media sosial ini untuk mengikuti brand kesukaan mereka. Karenanya, kamu perlu membuat akun profil bisnis kamu semenarik mungkin, sehingga dapat menarik konsumen dan membuat pelanggan kamu betah.

Selain itu, tidak semua pengguna Pinterest aktif di Twitter atau Instagram. Sehingga ini merupakan kesempatan besar buatmu untuk mengenalkan brand kosmetikmu ke target pasar baru yang lebih luas.

Cara promosi produk di Pinterest selanjunya adalah menambahkan link Website di profil. Hal ini bisa memberikan tambahan jumlah kunjungan dan penjualan pada website brand kosmetikmu.

Untuk menambahkan link ini, kamu hanya perlu menambahkan tag meta atau mengunggah file HTML ke situs web kamu ketika diminta. Setelah itu, sitem akan tertaut secara otomatis dan diverivikasi ke akun bisnis Pinterest.  Setelah itu, kamu akan mendapatkan akses pada semua perhitungan analitik.

Tak hanya muncul pada profil akun, link website ini pun akan selalu ditambahkan secara otomatis pada gambar atau pin apapun yang kamu unggah.

Bagaimana kalau tidak punya website? Kamu bisa menautkan atau mencantumkan semua media sosial dari brand kosmetikmu di Pinterest.

Baca juga: Manfaat Website untuk Brand Kosmetik dan Tips Pembuatannya!

Buat Konten yang Menarik dan Kreatif

Pinterest sangat menonjolkan konten-konten visual, seperti gambar dan video. Kamu bahkan bisa menemukan konten-konten artistic dengan sangat mudah pada media sosial ini. Mulai dari lukisan, sketsa, fotografi, hingga videografi.

Nah, brand kosmetikmu pun akan bersaing dengan jutaan konten visual menarik lainnya. Selain menggunakan kata kunci relevan untuk meningkatkan visibilitas, kamu juga harus membuat konten yang menarik dan kreatif untuk menarik konsumen.

Kamu bisa menggunakan foto produk dari brand kosmetikmu. Namun, usahkan untuk mengambil gambar sebaik mungkin dan mengeditnya dengan menarik.

Tentu kamu juga harus memastikan bahwa foto produk atau konten ini nantinya harus bisa membawa karakter brand. Namun, penting untuk memperhatikan apa yang pengguna Pinterest inginkan.

Well, sebagai catatan sebanyak 85% pengguna Pinterest mengakses akun mereka menggunakan ponsel. Untuk itu, penting membuat konten gambar berukuran potret.

Selain itu, kamu bisa membuat konten semenarik dan sekreatif mungkin untuk menarik perhatian audience.

Optimalkan Penggunaan Kata Kunci

Langkah selanjutnya dalam cara promosi di Pinterest adalah mengoptimalkan penggunaan kata kunci. Kamu bisa mencari daftar keyword yang relevan untuk brand kosmetikmu.

Sama halnya seperti Google, Pinterest juga menggunakan sistem pencarian yang sama untuk menarik konten relevan bagi para penggunanya. Dengan kata lain, meski menonjolkan aspek visual, media sosial ini bisa memahami apa kebutuhan dan minat penggunanya.

Karenanya, dengan memilih keyword yang tepat kamu bisa menggiring lebih banyak pengguna untuk mengunjungi konten promosimu. Tentu, tak hanya berdampak pada trafik, juga pada keuntungan dan visibilitas brand kosmetik.

Kamu bisa menempatkan kata kunci ini pada deskripsi konten, judul konten, hingga pada halaman yang kamu tautkan pada konten tersebut.

Jangan Lupa untuk Menggunakan Hashtag

Sama halnya dengan jaringan media sosial lainnya, Pinterest pun menggunakan hashtag ke dalam pola pencariannya. Karena itu, menggunakan tagar pada postinganmu bisa memberikan kemungkinan visibilitas yang tinggi.

Meski begitu, perhatikan juga jenis hashtag yang kamu gunakan. Pastikan ada relevansi dengan konten promosi maupun brand kosmetik milikmu.

Manfaatkan Rich Pin

Langkah selanjutnya adalah menggunakan rich pin sebagai cara promosi di Pinterest. Rich pin ini bisa membantu mengoptimalkan peluang penjualan produk kosmetikmu di Pinterest.

Rich Pin bisa memberikan informasi utama kepada audience mengenai gambar atau konten yang sebelumnya mereka klik. Penggunaa pin ini pada seluruh pin kamu akan membantu mengaitkan semua penawaran yang kamu buat.

Selain itu, ada focus pengoptimalan pada mesin pencarian khusus Rich Pin. Kamu bahkan bisa mendapatkan peningkatan kunjungan pada situs web atau link yang ada pada postingan.

Kabar baiknya, fitur rich pin di Pinterest ini bisa diakses siapapun dan gratis. Jadi, kamu bisa memaksimalkan kegiatan promosimu dengan Rich pin ini tanpa khawatir dengan budged berlebihan.

Manfaatkan Fitur Katalog

Tak hanya Rich Pin, Pinterest pun menyediakan fitur promosi lain yang tak kalah menarik. Yap! Fitu yang sedang kita bahas adalah katalog.

Katalog ini merupakan kumpulan pin produk yang telah kamu lengkapi dengan deskripsi atau data yang ada pada board akunmu. Fitur ini dibuat khusus untuk para penjual yang ingin melebarkan lapak mereka di Pinterest.

Namun untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu harus memenuhi beberapa kriteria terlebih dahulu.

Katalog memungkinkanmu untuk mengunggah semua penawaran atau produk ke Pinterest. Selain itu, kamu bisa membuatnya sebagai pin yang bisa langsung dibeli.

Buat pin ‘Shop the Look’

Cara promosi di Pinterest selanjutnya adalah dengan membuat Pin ‘Shop the Look’. Fitur satu ini merupakan alat jualan terbaik di Pinterest yang harus kamu coba. Kamu bisa mendorong pengguna untuk langsung membeli produk yang kamu jual.

Sebagai contoh, kamu bsia membuat konten di mana ada seorang influencer menggunakan produk-produk kosmetik dari brandmu. Nah, dari konten ini, kamu bisa membuat konsumen untuk membeli produk-produk tersebut.

Lewat pin ‘Shop the Look’, kamu bisa menandai setiap produk kosmetik yang ada dalam konten secara manual dengan titik putih. Pengguna bisa mengetuk titik putih ini, dan semua detail produk dan cara pembelian akan muncul pada layar mereka.

Gunakan Ads untuk Kontenmu

Selain menggunakan konten organic untuk menarik minat audience, kamu juga bisa menggunakan ads atau iklan berbayar. Cara promosi di Pinterest ini juga sudah sangat umum, lho.

Iklan ini bisa memberikan visibilitas yang sangat baik untuk kontenmu, menjangkau lebih banyak konsumen, dan mempermudah memenangkan persaiangan.

Tingkatkan Interaksi dengan Audience

Setelah kamu melakukan semua cara promosi di Pinterest di atas, sebenarnya ada satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan baik-baik. Yap! Menjaga dan meningkatkan interaksi dengan audience.

Menjaga hubungan baik dengan audience-mu di Pinterest bisa membuat mereka makin percaya dan setia dengan brand kosmetikmu. Kamu bisa mulai menjawab komentar-komentar, memberikan tips kecantikan khusus kepada mereka, dan banyak lainnya.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment