Manfaat Website untuk Brand Kosmetik dan Tips Pembuatannya!

Untuk memulai bisnis di bidang kosmetik dengan brand sendiri, enggak hanya cukup dengan memproduksi yang diinginkan. Melainkan, kamu juga harus mengatur strategi agar brand kosmetik kamu dapat dikenal dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Salah satu caranya adalah dengan membuat website official untuk brand kosmetik kamu. Well, mungkin bagi beberapa pebisnis, website terlihat ketinggalan jaman. Karena ada Instagram, TikTok, dan YouTube yang memiliki pengguna paling besar.

Meski begitu, membuat website untuk bisnis kosmetikmu sebenarnya sangat patut untuk dicoba. Karena enggak sedikit keuntungan dan manfaat yang akan kamu dapatkan nantinya.

Nah, kamu pasti penasaran apa saja keuntungan atau manfaat website untuk brand kosmetik dan bagaimana cara membuatnya? Stay tuned and keep scrolling, biar enggak ketinggalan!

Berbagai Manfaat Website untuk Brand Kosmetik

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat dan mengoptimasi website untuk brand kosmetik, kamu pasti ingin tahu apa saja manfaat website resmi untuk bisnismu bukan?

Meski tidak terlihat semasif pengguna Instagram ataupun TikTok, Website memiliki audiens setianya sendiri. Dilansir dari Niagahoster, dikatakan bahwa pengguna aktif website selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Misalnya, pada tahun 2017 lalu setidaknya terdapat sekitar 1,7 milyar Website yang aktif. Untuk itu, tak ada salahnya untukmu mencoba memperluas branding merk kosmetik yang kamu miliki dengan membuat website sendiri.

Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan manfaat website untuk brand kosmetik berikut ini.

Membuat Brand Kosmetik Berada di No. 1 Pencarian Google

Kalau jadi konsumen, kira-kira apakah yang mereka lakukan ketika akan membeli suatu produk kosmetik secara online? Atau bagaimana cara mereka mendapatkan informasi mendetail mengenai bahan, cara pakai yang benar, juga informasi tentang kosmetik yang akan dibeli?

Well, apalagi kalau bukan melakukan pencarian informasi atau artikel lain lewat Google!

Sudah bukan rahasia lagi, kalau banyak dari kita yang akan melakukan pencarian informasi terkait produk yang ingin dibeli sebelum melakukan transaksi.

Ini dikarenakan, kosmetik sama halnya dengan obat-obatan atau makanan, bisa memberikan dampak besar pada kesehatan kalau tidak dipilih dengan benar.

Nah, bayangkan, bagaimana jadinya kalau produk kosmetik kamu enggak muncul di pencarian Google? Tentu calon konsumen kamu akan merasa ragu dan bisa saja mengurungkan niat mereka untuk membeli produk tersebut.

Bahkan bisa saja mereka beralih ke brand lain yang berada di pencarian utama Google. Waduh, kamu jadi kebobolan dong!

Di sinilah fungsi website untuk brand kosmetik dapat dilihat secara nyata. Ketika kamu mengelola dan mampu mengoptimasi website tersebut dengan baik, kemungkinan untuk brand kosmetikmu masuk ke halaman utama Google pastinya juga kian besar.

Membantu Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Manfaat website untuk brand kosmetik lainnya adalah membantu meningkatkan kepercayaan konsumen. Seperti yang udah disinggung pada poin sebelumnya, bahwa banyak masyarakat pastinya suka mencari informasi produk di Google sebelum melakukan transaksi.

Karenanya, jika brand ataupun kosmetik kamu berhasil ada di laman utama pencarian, tingkat kepercayaan konsumen terhadap brand milikmu pun akan kian meningkat.

Dilansir dari Niagahoster, setidaknya lebih dari 60 persen pemilik bisnis mengungkapkan bahwa adanya website resmi ini membuat brand atau usaha mereka lebih kredibel. Mereka juga mengungkapkan bahwa media satu ini bisa menjadi kunci kesuksesan mereka.

Sebagai Toko Pusat dari Brand Kosmetik Kamu

Kamu mungkin sudah memiliki banyak toko maupun akun official di berbagai media maupun marketplace. Namun, dengan memiliki website official sendiri kamu bisa membangun brand kosmetik kamu dengan lebih mudah, lho.

Karena dengan adanya website official ini, kamu bisa berbagi tips penggunaan, informasi produk dengan lebih detail, juga mengenalkan brand kosmetik kamu dengan lebih baik pada konsumen.

Untuk mengoptimalkan website, kamu bisa memanfaatkan media sosial official kamu untuk mendorong calon konsumen agar mengunjungi toko online. Sama halnya dengan berbagai kanal marketplace yang kamu miliki.

Tak hanya itu, dengan adanya website ini kamu bisa menciptakan eksklusifitas dari brand kosmetik yang kamu miliki. Karena konsumen akan tahu di mana mereka bisa menyampaikan aduan, complain produk, dan berbagai masalah lainnya.

Berbeda dengan marketplace, dengan website kamu bisa memiliki otoritas yang lebih fleksibel. Karena semua pengelolaan media informasi ini ada di tangan kamu, jadi enggak perlu lagi khawatir dengan kebijakan yang merepotkan dari pihak lain.

Dapat Memiliki Email dan Domain Sendiri

Manfaat website untuk brand kosmetik lainnya adalah memungkinkanmu memiliki domain dan email sendiri. Jadi alamat email yang kamu gunakan tidak lagi memakai domain gratis, sehingga terkesan lebih eksklusif.

Ini pun akan membuat brand kosmetik milikmu jadi terlihat professional, otomatis kredibilitas brand dan perusahaanmu pun akan jauh meningkat di mata konsumen.

Selain itu, fitur satu ini pun membuat konsumen jadi lebih mudah mengetahui email resmi dari brand kosmetik kamu. Ini juga akan memberikan keamanan pada konsumen, sehingga mereka terhindar dari kejahatan penipuan dan kosmetik palsu.

Sebagai Media Press Rilis Resmi

Ketika kamu akan merilis atau melakukan promosi produk kosmetik baru, tentu harus ada media yang dapat menjadi tempat promosi atau branding.

Nah, dengan kamu membuat website, kamu dapat menerbitkan press release yang berisi tentang kegiatan launching, promo tahunan atau khusus, ataupun artikel-artikel yang berkaitan dengan produk dari brand kamu.

Ini akan membuat brand kamu tampak aktif di mata pelanggan. Bahkan dari sini, juga bisa mengukur seberapa banyak pelanggan yang tertarik dengan brand kosmetik milikmu, dan seberapa besar mereka tahu tentang brand dan produk yang kamu buat.

Tips Membuat Website untuk Brand Kosmetik yang Tepat

Setelah mengetahui berbagai manfaat website untuk brand kosmetik yang kamu miliki, kamu pasti udah enggak sabar ingin segera membuatnya, bukan?

Nah, berikut ini ada beberapa tips membuat website untuk brand kosmetik yang bisa kamu coba lakukan. Simak baik-baik, ya!

Memilih Hosting Domain

Langkah pertama untuk membuat website bisnis kosmetik adalah dengan memilih dan membeli hosting domain terlebih dahulu.

Kamu tidak perlu kebingungan, karena dalam prakteknya sudah banyak kok, layanan yang menyediakan jasa hosting dan domain untuk profile brand kosmetik hingga membuat toko online dengan tawaran yang menarik.

Instal CMS dan Plugin

Setelah memilih dan membeli hosting domain yang dianggap cocok, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menginstall CMS WordPRess yang kemudian akan dilanjutkan dengan Instal plugin.

Keduanya berguna untuk membuat werbsite dapat berjalan dengan semestinya. Jika sudah diinstal, kamu bisa memasukkan langsung nama domain, nama brand, dan deskripsi dari brand kosmetik yang kamu rintis.

Jika semua langkah tersebut telah kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan nama pengguna dan kata sandi akun, agar dapat login ke beradna.

Sesuaikan Template Agar Lebih Mudah untuk Digunakan

Langkah selanjutnya untuk membuat website adalah dengan menyesuaikan template agar lebih mudah digunakan.

Pilihlah tema yang enak dipandang dan mudah digunakan, sehingga kamu dan pembeli tidak akan kesulitan menggunakannya di manapun dan dari media apapun.

Kalau sudah, kamu juga bisa mengatur tata letak website dan mengisinya dengan fitur-fitur yang kamu butuhkan. Kamu bisa memasukkan logo dan nama brand kosmetik kamu, mendesain website dengan warna brand, juga memajang berbagai produk kosmetik yang kamun jual di halaman utama.

Kembangkan Website Official Brand Kosmetik Milikmu dengan Maksimal

Setelah semua tahap-tahapan di atas telah selesai kamu lakukan, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu ambil adalah mengembangkan bisnis tersebut dan menjaga agar website yang kamu buat dapat menjangkau lebih banyak audience.

Kamu juga bisa menambahkan fitur-fitur lain dan mengembangkan website kamu sedikit demi sedikit. Misalnya dengan tidak hanya berisikan artikel promosi, tapi juga membantu konsumen kamu menemukan produk terbaik dengan memberikan tips-tips perawatan kecantika yang mereka butuhkan.

Mash Moshem Indonesia memberikan pelayanan aftersales service berupa desain katalog, brosur, dan penyediaan FAQ untuk produk-produk kosmetik yang kamu buat bersama kami.

Tak hanya itu, kami pun bisa membantumu membuat video company profile, behind the scene pembuatan produk kosmetik, juga berbagai keperluan promosi lainnya.

Nah, media promosi inilah yang kemudian bisa kamu manfaatkan dan taruh di halaman website brand kosmetikmu. Dengan begitu, website tersebut akan tampak lebih professional dan elegan.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment