11 Ide Diskon Produk yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan!

Ngomongin soal strategi pemasaran produk kosmetik, kamu pasti udah enggak asing dengan yang namanya diskon. Yap! Cara satu ini dikenal paling efektif untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan secara signifikan.

Diskon merupakan salah satu strategi pemasaran produk dalam bisnis kosmetik yang hingga kini masih terbukti sangat efektif. Banyak pelaku bisnis yang juga menerapkan strategi ini untuk meningkatkan brand image dan transaksi penjualan produk.

Karena memang biasanya dengan adanya diskon ini, konsumen akan lebih terdorong untuk membeli barang. Padahal, sebenarnya mereka tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, akantetapi label diskon ini seolah sangat menggoda dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Meski bisa mendorong konsumen untuk lebih konsumtif dan transaksi produk berjalan lancar, penerapan strategi potongan harga ini pun enggak boleh dilakukan secara asal.

Dengan begitu omzet penjualan dapat tetap meningkat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan bisa bertambah banyak. Lantas bagaimana ide diskon produk yang paling tepat?

Well, langsung baca ulasan ini sampai habis biar kamu tahu jawabannya!

Memperhatikan Moment untuk Diskon

Cara menentikan diskon produk yang menarik pertama adalah dengan memperhatikan momen untuk memberikan diskon. Kamu tentu tidak bisa memberikan diskon secara terus menerus, sepanjang hari atau setiap minggu.

Kalau terlalu sering memangkas harga untuk diskon, kamu pun tidak akan mendapatkan keuntungan yang tinggi. Akhirnya, perusahaan pun akan lebih susah untuk berkembang dan maju.

Karenanya, sebagai strategi pemberian diskon yang tepat kamu harus menentukan momen special terlebih dahulu.

Contohnya dengan memberikan diskon saat tahun baru, hari raya, atau di hari anniversary brand kosmetik milik kamu.

Selain memperhatikan momen, kamu juga bisa memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu saja. Misalnya membuat diskon hanya dapat diklaim pada tengah malam, pada pukul tertentu, dan dengan batasan masa waktu tertentu.

Yang lebih menariknya lagi, ketika kamu memberikan batasan terhadap klaim diskon ini, konsumen akan semakin terdesak untuk menggunakannya dan segera melakukan transaksi.

Diskon pada Awal Bulan

Kamu tentu tahu, mengapa awal bulan menjadi momen yang sangat pas untuk memberikan diskon kepada pelanggan? Yap! Karena pada waktu inilah umumnya gaji mereka turun dan kemungkinan untuk melakukan transaksi pun akan semakin besar.

Cara menentukan diskon produk kosmetik ini akan semakin menarik, ketika kamu memberikan penawaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan kamu.

Misalnya, dengan meng-highlight produk yang mereka sukai atau banyak dibeli sebelumnya. Dengan begitu, konsumen kamu akan kian tertarik dan segera memikirkan untuk melakukan transaksi.

Memberikan Potongan Harga Khusus untuk Ulang Tahun

Kamu pasti sering pergi ke restoran atau tempat makan lainnya, dan kerap juga menemukan promo khusus untuk orang yang sedang merayakan ulang tahun.

Sayangnya, akan sangat kurang efektif untuk menerapkan diskon ini untuk penjualan online. Karena, jumlah variable-nya pun akan meningkat dan akan susah membuktikan tanggal lahir konsumen online.

Nah, untuk itu, cara menentukan diskon produk kosmetik yang menarik ini bisa kamu lakukan kalau kamu memiliki toko atau galeri kosmetik offline.

Dengan begitu, kamu bisa menawarkan diskon kepada konsumen yang datang berkunjung. Dan mengecek kebenaran data konsumen lewat KTP atau SIM yang mereka miliki.

Nama Tertentu Bisa Dapat Diskon Menarik

Sama halnya dengan tanggal lahir atau hari ulang tahun, cara menentukan diskon produk kosmetik yang menarik satu ini hanya bisa dilakukan dengan efektif secara offline.

Karena variable atau konsumen yang datang pun akan lebih bisa dikontrol daripada penjualan online. Selain itu, pembuktian data pun akan lebih mudah dilakukan.

‘Buy 1 Get 1’ Klasik tapi Efektif

Old but gold, diskon beli satu gratis satu masih begitu menarik minat pembeli. Meski mungkin harganya telah dinaikkan terlebih dahulu sebelum diskon diberikan, namun tetap saja kalimat ‘gratis’ ini menarik minat konsumen.

Untuk menjalankan strategi ini, kamu harus dengan cermat mengelola banyaknya stok produk kosmetik yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan produk-produk yang kurang diminati dan menggabungnya dengan produk best seller.

Dengan begitu, produk yang kurang diminati ini pun akan turut ‘terbeli’ dengan promo Buy 1 Get 1 yang kamu buat.

Share and Discount

Ibarat membunuh satu burung dengan satu batu, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus dengan menerapkan sistem diskon menarik satu ini.

Ya! Dengan membuat diskon ‘Share and Discount’ kamu tak hanya dapat menjual produk dengan cepat, melainkan juga mempromosikan produk kosmetik yang kamu miliki dengan cukup efektif.

Cara diskon ini bekerja adalah dengan menawarkan besaran diskon pada produk kosmetik yang kamu miliki, dengan syarat konsumen harus membagikan produk yang mereka beli tersebut melalui social media yang mereka punya.

Kamu juga bisa menambahkan tantangan dengan menyuruh mereka untuk memfollow, mengomentari dan menandai minimal lima teman pada postingan tersebut.

Selain mampu menarik minat pembeli karena dianggap sederhana, car aini juga bisa menjadi media promosi yang cukup efektif untuk brand kosmetik kamu.

Diskon untuk Pembelian Pertama

Cara menentukan diskon yang menarik selanjutnya adalah dengan memberikan potongan harga untuk konsumen pada pembelian pertama mereka.

Ide ini bertujuan untuk menarik konsumen baru agar tertarik untuk membeli dan menggunakan produk kosmetik yang kamu buat.

Untuk membuat mereka kembali membeli produk tersebut nantinya, kamu bisa memberikan pelayanan yang istimewa dan memperhatikan kebutuhan mereka.

Diskon dengan Sistem Pembayaran Tertentu

Belakangan ini aplikasi pembayaran sangat berkembang pesat di masyarakat. Aplikasi Fintech ini sangat diminati karena kemudahan dan nilai praktis yang dimilikinya, bahkan beberapa fintech pun menawarkan sistem pay latter.

Artinya, pengguna dapat membayar produk yang akan mereka beli di kemudian hari, yang umumnya di setting pada akhir bulan.

Nah, kamu bisa menawarkan kerja sama dengan beberapa fintech ini, sehingga kamu bisa memberikan diskon sesuai dengan aplikasi yang dimiliki oleh konsumen kamu.

Cashback Tanpa Minimal Pembelian

Selain potongan harga, cashback adalah salah satu strategi diskon yang bisa kamu terapkan untuk menarik perhatian konsumen dan membuat mereka melakukan transaksi yang kamu inginkan.

Belakangan ini cashback menjadi salah satu bentuk promosi yang sangat diminati. Karena, bukan lagi barang atau potongan harga, pembeli akan mendapatkan uang kembalian secara langsung.

Utnuk membuat promosi ini kian menarik, akan lebih baik untuk tidak mematok harga minimal pembelian agar cashback bisa diklaim.

Dengan begitu, konsumen tidak akan berpikir panjang untuk melakukan transaksi dan membeli produk yang mereka inginkan.

Grup Diskon

Jenis diskon lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menerapkan sistem group discount. Artinya, diskon ini bekerja apabila digunakan secara berkelompok yang jumlahnya telah kamu tentukan terlebih dahulu.

Misalnya, dengan mengajak tiga orang teman, konsumen akan mendapatkan diskon 20 persen untuk pembelian produk-produk kosmetik yang diinginkannya.

Cara ini terbilang cukup efektif untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan branding produk, karena juga bisa menjadi media promosi tak langsung.

Strategi ini akan membuat pelanggan yang datang akan meningkat, bahkan akan membuat konsumen baru turut mencoba dan membeli produk kosmetik yang kamu jual.

Diskon Khusus untuk Member

Ide diskon kosmetik yang menarik lainnya adalah dengan memberikan diskon kepada member. Sebenarnya, ini cara yang tepat untuk membuat pelanggan setia dan lamamu merasa istimewa.

Karena eksistensi mereka juga sangat berpengaruh pada perkembangan dan kemajuan brand kosmetik kamu.

Tak hanya membuat konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk kosmetik yang kamu tawarkan, cara ini pun akan membuat konsumen lebih loyal pada brand kosmetik kamu.

Jenis diskon yang bisa kamu berikan pun cukup beragam, baik cashback, potongan harga, buy 1 get 1, maupun memberikan produk sample geratis kepada mereka.

Nah, itu adalah berbagai 11 ide diskon kosmetik yang menarik dan dapat menarik perhatian konsumen. jangan lupa untuk mencoba menerapkan ide-ide diskon kosmetik yang menarik ini untuk memaksimalkan strategi promosi yang kamu lakukan.

Sampai sini dulu tips kita kali ini, semoga artikel ini dapat membantumu! Well, semoga beruntung dan selamat mencoba, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment