Omset Kian Turun, Pahami Strategi Penjualan Produk Kosmetik Saat Pandemi

startegi penjualan saat pandemi

Selama pandemic covid berlangsung, banyak hal yang menyebabkan kebiasaan konsumsi masyarakat berubah. Karenanya, kamu bisa menentukan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi.

Sebab, di masa yang tidak pasti ini banyak usaha yang ditutup secara sementara maupun permanen. Karenanya dengan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi yang baik, kamu bisa beradaptasi dan menyelematkan bisnis kecantikan yang kamu jalankan dari masa krisis.

Berikut ini ada tujuh strategi penjualan produk kosmetik sederhana yang bisa kamu terapkan atau coba aplikasikan, agar bisnis yang kamu jalankan bisa lebih stabil.

Memperkuat Relasi dengan Konsumen

pelayanan konsumen 2

Di waktu yang sulit seperti ini, penting untuk selalu menunjukkan dan memperkuat relasi dengan pelanggan lama. Ini perlu untuk kamu perhatikan, karena pelanggan lama inilah yang juga telah sering melakukan transaksi dan loyal terhadap brand kosmetik kamu.

Cara memperkuat relasi pada konsumen ini bisa dilakukan dengan mengirim pesan kepada email atau kontak yang tertaut sebelumnya.

Kamu bisa memberikan perhatian yang menenangkan dan menghindari topik yang bisa saja membuat pelanggan kamu resah. Misalnya, alih-alih turut memberikan peringatan soal covid-19, seperti yang dilakukan oleh pihak lain.

Ada baiknya untuk menggunakan pendekatan yang lebih pribadi, seperti menanyakan kabar dan menawarkan bantuan secara formal.

Membuat Promosi Penjualan yang Tepat Sasaran

strategi penjualan produk sat pandemi

Selama pandemic, banyak orang yang menghabiskan kebiasaan mereka di depan gadget dan melakukan transaksi secara online.

Nah, melihat fenomena ini, kamu pasti tahu bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk memperkuat nilai dari produk kosmetik yang akan kamu jual.

Kalau kamu bisa mengembangkan stratregi branding produk kosmetik dari brand kecantikan milikmu dengan tepat, sesuai dengan kebutuhan pelanggan, juga situasi yang mereka hadapi sekarang.

Maka, secara otomatis maka pelanggan dan calon konsumen akan dengan sendirinya memperhatikan promosi yang telah kamu lakukan.

Untuk memaksimalkan promosi ini, penting bagimu untuk menggunakan media sosial dan platform online lainnya untuk melakukan promosi yang lebih besar dan dapat menjangkau target lebih luas.

Selain itu, kebiasaan masyarakat yang telah banyak dilakukan di rumah dan secara online. Tentu tidak akan mendukung kegiatan promosi yang dilakukan secara langsung, misalnya lewat baliho, atau menggunakan media luar ruangan lainnya.

Meningkatkan Promosi Kreatif dengan Ide yang Segar

strategi branding produk saat pandemi

Ketika melakukan promosi lewat media sosial, agar dapat mencapai target yang diinginkan, penting untuk membuat media dan cara promosi sekreatif mungkin.

Karena tak hanya bersaing dengan para competitor, dalam media sosial kamu pun juga perlu memperhitungkan karya-karya content creator professional yang bertebaran di media sosial.

Dengan membuat video atau konten promosi yang kreatif, kamu bisa membuat pelanggan betah untuk melihat promosi yang kamu lakukan.

Entah dengan membuat video yang lucu dan unik, menggunakan meme yang nyeleneh tapi ngena, ataupun melalui direct massage email yang menarik dan ramah dengan pelanggan.

Pastikan Bisnis Kosmetik Milikmu dapat Ditemukan secara Online

reseller

Nah, satu lagi, kalau kamu telah menggunakan media sosial sebagai strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi. Maka tentunya kamu harus memastikan binis kosmetikmu bisa ditemukan secara online, dengan mudah dan antiribet.

Karena anjuran untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, konsumen akan lebih suka berselancar di internet untuk menemukan produk kosmetik dan melakukan transaksi penjualan mereka.

Bayangkan, kalau mereka sudah tertarik dengan produk kosmetik milikmu. Namun, tidak kunjung dan bahkan membatalkan transaksi karena tidak bisa mengakses informasi resmi brand kosmetikmu secara resmi.

Well, ini adalah salah satu kerugian besar bagi bisnis brand kosmetik milikmu, bukan?

Jadi yang Terdepan Dibandingkan Kompetitor

Media sosial memiliki algoritma dan percepatan informasi yang sangat tinggi. Isu dan tren bisa berubah kapan saja. Bahkan terkadang sehari atau dua hari kita tak mengikuti tren tersebut, tak menutup kemungkinan tren itu akan berubah.

Karena itu, penting untukmu selalu jadi yang terdepan. Mungkin tidak memimpin tren secara umum, tapi usahakan bahwa brand kosmetik yang kamu miliki lebih unggul dari competitor.

Baik dari segi branding produk kosmetik yang kamu lakukan, penampilan media sosial, bahkan dari segi pelayanan yang kamu berikan untuk konsumen pun harus lebih unggul, ya.

Untuk dapat menjadi yang terdepan ini, tentu kamu butuh menyiapkan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi dan timeline dengan sangat baik.

Kamu bisa mengombinasikan strategi pemasaran baik dari media online maupun secara langsung. Ini untuk meningkatkan citra brand dan membuatnya lebih mudah untuk diingat.

Berikan Penawaran atau Diskon Khusus Pada Konsumen

bisnis kosmetik

Siapa yang tidak menyukai diskon atau hadiah promo produk kosmetik terbaru? Well, semua orang selalu menyukainya!

Nah, karena itu kamu bisa menggunakan cara ini sebagai bagian dari strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi yang kamu susun.

Sebab, para pelanggan atau calon konsumen baru pasti akan suka dan tertarik dengan kegiatan diskon ataupun promosi produk.

Terlebih meski sedang pandemic, minat masyarakat pada produk-produk kosmetik tidaklah menurun sama sekali. Bahkan, kurva penjualan produk kosmetik pun kian tinggi dari waktu ke waktu, lho.

Kamu bisa mencari dan melakukan riset internal untuk mencari produk mana yang paling banyak dibeli. Juga, sisihkan ruang promosi untuk produk skincare atau kosmetik inovasi terbaru dari brand kosmetik milikmu.

Kamu bisa memuat highlight manfaat dan kandungan bahan produk untuk menarik perhatian konsumen. Jangan lupa untuk selalu menyiptakan keterhubungan dan keterkaitan produk yang kamu jual dengan kebutuhan konsumen.

Misalnya, ketika kamu menjual krim untuk jerawat. Maka kamu bisa mulai promosi dengan menunjukkan urgensi produk.

“Kelamaan WFH bikin malas merawat muka, akhirnya wajah jadi jerawatan, deh!”

Nah, setelah itu, kamu bisa memberikan solusi dengan menawarkan berbagai produk perawatan kecantikan kulit yang kamu buat.

Stay Calm dan Konsisten Promosikan Bisnis Kosmetik Milikmu

Saking banyaknya usaha menengah kecil yang terdampak dan akhirnya tutup sementara, tak bisa dipungkiri situasi ini bisa bikin panik siapapun. Namun, sebagai seorang pebisnis yang baik, kamu jangan terbawa kepanikan, ya.

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah tetap konsisten dalam merawat bisnis, baik melalui promosi yang selalu berkelanjutan dan melakukan branding secara teratur.

Meski banyak kendala, kamu harus tetap memikirkan jalan keluar dan strategi yang paling efektif sesuai dengan kondisi bisnis kosmetik yang kamu jalankan sekarang.

Semua langkah meningkatkan transaksi lewat strategi penjualan saat pandemi ini tidak akan berjalan dan menghasilkan efek yang diinginkan, kalau kamu tidak menjalankannya secara konsisten.

Nah, itu adalah strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi yang kami susunkan untukmu. Kamu bisa mempertimbangkan mencoba tips di atas agar target penjualan yang kamu inginkan dapat tercapai, meski di saat pandemi begini.

Namun, yang perlu diketahui, mungkin saja tips ini tidak berjalan lancar sepenuhnya. Atau barangkali ada kendala tertentu yang tiba-tiba menghadang, tetap ingat kalau semua itu pasti dapat berlalu dan kamu pasti menemukan cara yang paling ideal untuk menjaga kestabilan bisnismu sekarang.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

komponen penting dalam logo kosmetik

7 Komponen Penting Dalam Logo Kosmetik, Kamu Wajib Tahu!

Memulai berbisnis kosmetik memang cukup menjanjikan, karena kebutuhan dan permintaan masyarakat akan produk-produk perawatan tubuh akan terus meningkat. Keinginan untuk berekspresi, menunjukkan sosok pribadi yang cantik dan menawan, serta didukung dengan karakternya yang menarik telah melebur menjadi bentuk kebutuhan...

Continue Reading

Leave a Comment