8 Manfaat Kandungan Mandelic Acid untuk Kecantikan Kulit, Apa Aja?

manfaat mandelic acid untuk kecantikan

Setiap kali kulit kita tampak kusam, terasa sangat ketat, atau bahkan kendur pada bebera bagian. Exfoliasi, baik physical maupun chemical, pasti menjadi salah satu cara yang paling banyak direkomendasikan. Kenapa begitu?

Produk-produk dengan bahan exfoliant akan membantu menghilangkan lapisan kulit paling atas dan superfisial. Dengan begitu, pertumbuhan sel kulit baru yang lebih segat akan jauh lebih efektif. Ini juga bisa membuat masalah kulit seperti jerawat dan hiperpigmentasi dapat teratasi.

Salah satu jenis bahan atau kandungan dalam skincare yang dapat bekerja sebagai agen exfoliant adalah mandelic acid. Apakah kamu sudah pernah dengar soal kandungan ini?

Well, menyadari betapa pentingnya untukmu tahu soal asal usul dan manfaat mandelic acid untuk kecantikan kulit wajah. Kami merangkum berbagai info tentang mandelic acid dalam ulasan berikut ini! Baca sampai habis, ya!

Asal Usul Mandelic Acid dan Kaitannya dalam Industi Kecantikan

bisnis share in jar kosmetik (2)

Sebenarnya, mandelic acid telah lama digunakan dalam formula produk perawatan kecantikan. Mulai dari serum, essence, toner, hingga krim pencerah wajah.

Mandelic acid merupakan jenis asam yang masuk dalam kelompok asam alfa-hidroksi (AHA).  Seperti yang kamu tahu, AHA diakui sangat baik untuk kulit karena mampu bekerja sebagai eksfoliator alami jika diaplikasikan secara topikal.

Namun, biasanya kandungan ini juga kerap ditemukan dalam kombinasi dengan produk lain, dan berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit melalui pengelupasan kulit.

Kandungan ini bekerja dengan melonggarkan kaitan antara sel kulit bagian luar, yang paling banyak terpapar polusi, sinar matahari, dan radikal bebas lainnya. Sehingga memungkinkan sel-sel mati atau rusak ini dapat diluruhkan dan terangkat secara alami.

Akhirnya, wajah akan jadi lebih bersih dan sel kulit baru yang lebih sehat akan dapat kembali diproduksi.

Mandelic acid didapatkan dari ekstraksi kacang almond. Asam ini pun memiliki molekul yang lebih besar dengan asam glicolat, sehingga terbilang bersifat lebih lembut dan tidak mudah masuk ke dalam kulit.Dengan begitu, reaksi alergi yang muncul pun bisa diminimalisir.

Meski begitu, para ahli juga mengatakan kalau masih ada kemungkinan terjadinya iritasi. Karena sama seperti semua jenis AHA yang berfungsi meningkatkan eksfoliasi kulit, maka sensitivitas kulit terhadap sinar matahari pun akan jadi kian meningkat.

Untuk itu, penggunaan tabir surya atau sunscreen selalu direkomendasikan ketika kamu menggunakan skincare dengan kandungan AHA/BHA lain, termasuk mandelic acid.

Beragam Manfaat Mandelic Acid untuk Kecantikan Kulit

manfaat mandelic acid untuk kecantikan

Karena tergolong sebagai ke dalam AHA, kamu juga pasti bisa menebak apa manfaat mandelic acid untuk kecantikan kulit yang utama? Yap! Apalagi kalau bukan untuk eksfoliasi.

Namun, tahukah kamu selain mengangkat sel kulit mati, masih banyak manfaat mandelic acid untuk kecantikan kulit yang sayang banget untuk dilewatkan.

Chemical Exfoliant

Manfaat mandelic acid untuk kecantikan yang pertama adalah dapat bekerja sebagai chemical exfoliant. Artinya, kandungan ini bisa membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati dari epidermis.

Yang dimaksud dengan chemical exfoliant ini adalah mengelupas kulit dengan meluruhkan sel kulit mati dari dalam jaringan kulit. Tentu sangat berbeda saat kamu mengangkat sel kulit dengan memakai scrub wajah (physical exfoliant).

Seperti yang kamu tahu, mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit itu penting untuk dilakukan. Meski enggak harus setiap hari, namun proses yang teratur sangat direkomendasikan untuk kamu lakukan.

Sebab, kegiatan ini akan mencegah adanya penumpukan kotoran dan sel mati pada pori-pori. Yang berpotensi menghambat proses regenerasi, serta memicu berbagai masalah kecantikan lainnya.

Mendukung Regenerasi Sel Kulit Baru

Salah satu manfaat mandelic acid untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mendukung regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Ketika metabolisme sel kulit dapat berjalan normal, kamu secara alami akan mendapatkan kulit yang sehat dan kencang. Karena sel-sel baru ini bisa menjaga hidrasi dengan lebih optimal, memiliki skin barrier yang juga lebih kuat.

Meningkatkan Kecerahan Kulit secara Alami

Penumpukan sel kulit mati bisa menyebabkan banyak masalah, salah satunya membuat wajah tampak kusam dan memicu kemunculan bintik-bintik penuaan.

Nah, untungnya salah satu manfaat mandelic acid untuk kecantikan kulit adalah melawan masalah kulit kusam. Yap, dengan kemampuannya sebagai agen exfoliant, kamu bisa mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit.

Ini juga akan membantu melancarkan proses regenerasi sel kulit baru yang jauh lebih sehat dan muda. Akhirnya, wajah secara alami akan tampak lebih cerah terawat.

Membantu Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi

Peningkatan pergantian sel dan sifat pengelupasan berarti asam mengurangi tampilan tanda gelap dan kerusakan akibat sinar matahari.

Beberapa ahli mengatakan bahwa asam mandelic dapat membantu membersihkan kotoran, meningkatkan kecerahan kulit, serta mendukung penyembuhan sel-sel kulit yang terdampak paparan sinar matahari.

Mengurangi Ukuran Pori-pori Kulit

Manfaat mandelic acid untuk kecantikan lainnya adalah membantu mengurangi ukuran pori-pori kulit. Ini akan membuat wajah tampak lebih halus dan tidak mudah berminyak.

Tak hanya itu, dengan ukuran pori yang kecil kamu pun dapat mencegah kemunculan jerawat, penyumbatan pori-pori, hungga kemunculan komedo yang mengganggu.

Bisa Digunakan untuk Kulit Sensitif

Nah, salah satu keunggulan dari mandelic acid adalah ukuran molekulnya yang lebih besar dibanding jenis AHA lain. Dengan begitu, kandungan ini akan lebih ramah pada orang dengan kulit wajah yang sensitif.

Molekul kandungan yang besar memungkinkan asam mandelic tak bisa masuk sampai ke bagian terdalam kulit. Akhirnya, reaksi yang dihasilkan akan cenderung lambat dan lebih bisa diminimalisir.

Efek Samping Asam Mandelic untuk Kecantikan Kulit

maskara

Seperti AHA lainnya, ada potensi asam mandelic untuk mengiritasi kulit wajah kamu. Meseki begitu mandelic acid memiliki risiko iritasi yang sangat rendah.

Namun, kalau kamu memiliki yang hypersenstitif, enggak ada salahnya untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare berkandungan mandelic acid ke wajah,

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa saja reaksi kulit ketika menggunakan skincare tersebut. Bila tidak ada reaksi negative yang muncul, kamu bisa melanjutkan penggunaan skincare mandelic acid dengan teratur.

Cara Menggunakan Skincare dengan Kandungan Asam Mandelic yang Aman

pelembap

Meski mungkin cocok digunakan pada wajah beauty influencer panutanmu, produk skincare yang kerap direview tersebut belum tentu juga akan ramah jika kamu gunakan.

Karena sejatinya tiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Baik tingkat pH alaminya, produksi minyaknya, bahkan permasalahan kecantikannya juga sangat beragam.

Untuk itu, ketika akan menggunakan produk skincare baru kamu harus lebih berhati-hati dan selalu mematuhi langkah aman yang telah diberikan sebelumnya. Begitu pula ketika akan menggunakan skincare berkandungan mandelic acid.

Coba Skincare Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencoba skincare terlebih dahulu, misalnya memakainya sedikit ke bagian belakang siku.

Sehingga, kamu bisa mengetahui bagaimanan reaksi kulit akan kandungan mandelic acid. Bila ternyata ada reaksi negative yang muncul, akan lebih baik untuk menghentikan penggunaan produk. Namun jika sebaliknya, kamu bisa melanjutkan penggunaannya.

Hindari Penggunaan Skincare Berkandungan Retinol Bersamaan

Sama seperti peeling biasa, hindari penggunaan retinol setidaknya tiga hingga lima hari sebelumnya. Karena akan menimbulkan over eksfoliasi dan akhirnya membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Jangan Gunakan Pada Kulit yang Teriritasi

Langkah selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan produk pada bagian wajah yang teriritasi. Sebab asam mandelic berpotensi membuat wajah kian meradang dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit.

Menggunakan Sunscreen Sebagai Perlindungan Tambahan

Untuk menjaga kesehatan kulit dan meredakan sensitifitas kulit, kamu perlu menggunakan sunscreen sebagai perlindungan tambahan. Produk ini akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan dan mencegah iritasi pada kulit.

Nah, itu adalah berbagai hal mengenai manfaat mandelic acid untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu. Apakah kamu tertarik menggunakan skincare dengan kandungan mandelic acid ini sebagai bagian dari perawatan wajah harianmu?

Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu juga bisa membuat skincare dengan kandungan mandelic acid, lho! Tim formulator kami telah sangat berpengalaman dan ahli dalam bidang komposisi kosmetik, sehingga mampu membuat skincare unggulan untuk brand kosmetikmu.

Tak hanya dari mandelic acid, kamu pun bisa memilih kandungan lain yang kamu inginkan dalam sebuah kosmetik. Begitupula dengan manfaat dan khasiat skincare tersebut nantinya.

Yang hanya perlu kamu lakukan untuk maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia adalah menghubungi tim kami dan melakukan janji temu untuk mendiskusikan brand kosmetik impianmu secara langsung.

Well, mudah sekali bukan? Yuk, buruan telepon biar bisa segera ketemu!

About Author

Related posts

Leave a Comment