Jangan Lewatkan, Manfaat Almond Oil untuk Kecantikan dan Cara Pakainya di Rumah!

manfaat almond oil untuk kecantikan (1)

Belakangan ini produk kecantikan berbahan dasar alami memang sedang digandrungi oleh beauty enthusiast.

Ini dikarenakan, produk kosmetik berbahan dasar alami dianggap lebih ramah lingkungan.

Salah satu jenis bahan alami yang sering digunakan dalam berbagai formula kosmetik adalah minyak alami, baik yang esensial maupun carrier.

Dari sekian jenis minyak alami tersebut, almond oil termasuk minyak pembawa yang juga sangat umum dipakai sebagai bahan kosmetik.

Almond oil merupakan minyak nabati yang terbuat dari biji almond. Sebenarnya, bahan alami satu ini telah lama digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut para perempuan.

Lalu sebenarnya apa saja manfaat almond oil untuk kecantikan? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Kandungan Minyak Almond yang Baik untuk Kecantikan

manfaat almond oil untuk kecantikan (3)

Sebelum terlalu jauh membahas manfaat minyak almond untuk kecantikan, ada baiknya untuk membahas berbagai kandungan atau nutrisi yang ada dalam bahan alami satu ini.

Tentunya, enggak semua kandungan dalam minyak almond kita jelaskan, ya. Melainkan yang memiliki hubungan dan dapat bekerja untuk memaksimalkan kesehatan kulit wajah dan tubuh kamu.

Penasaran apa aja kandungan yang dimaksud? Cek ulasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya, Guys!

Vitamin

Kandungan yang banyak ditemukan dalam minyak almond adalah vitamin. Senyawa satu ini memang penting untuk menunjang kesehatan tubuh dan merawat kecantikan.

Jenis vitamin yang ada dalam minyak almond antara lain vitamin A dan B. Keduanya merupakan jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit dan rambut.

Vitamin A dapat bekerja sebagai antioksidan alami dan membantu menangkal dampak buruk radikal bebas pada kulit. Tak hanya itu, kandungan ini pun bisa membuat kulit wajah jadi lebih cerah, merawat kulit berminyak, dan melawan tanda-tanda penuaan dini.

Sementara itu, vitamin B dapat menjaga kelembapan alami pada kulit, sehingga keremajaan kulit pun akan lebih terjaga.

Vitamin ini dapat membuat elastisitas wajahmu terawat, sehingga membuat wajahmu jadi lebih kencang dan kenyal.

Mineral

Meski jumlah yang dibutuhkan dalam tubuh tidaklah besar, mineral tetap memegang peranan penting dalam merawat kecantikan kulit dan rambut.

Micronutrient ini pun sebenarnya terkandung dalam minyak almond, jenis mineral yang dimaksud antara lain kalsium, kalium, fosfor, zinc, zat besi, hingga magnesium.

Berbagai Manfaat Almond Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat almond oil untuk kecantikan (2)

Bagi beauty enthusiast, minyak almond bukanlah bahan yang asing lagi. Sebab minyak pembawa satu ini kerap digunakan dalam berbagai produk kecantikan.

Namun, tahukah kamu apa yang menyebabkan minyak almond sangat popular di dunia kecantikan? Yap, benar! Tentu saja karena manfaatnya untuk kecantikan kulit yang sangat beragam.

Mau tahu apa saja manfaat yang dimaksud? Cek ulasan lengkapnya berikut ini, ya, Ladies!

Meremajakan Kulit

mengembalikan kelembapan kulit

Punya kulit yang selalu tampak sehat dan awet muda pasti jadi dambaan semua orang. Apalagi kini berbagai tanda penuaan bisa muncul sejak dini, yang dipengaruhi oleh berbagai factor eksternal.

Namun, kamu tak perlu merasa takut. Sebab, minyak almond dapat membantumu menjaga keremajaan kulit wajah dan tubuh kamu.

Ini karena kandungan vitamin E dalam minyak almond dapat melindungi dan merawat kulit dari paparan sinar matahari berlebihan.

Tak hanya itu, senyawa antioksidannya yang tinggi pun diklaim mampu mengurangi tampilan garis dan kerutan halus pada wajah. Dengan merangsang pertumbuhan kolagen yang berguna dalam menjaga elastisistas kulit.

Mencerahkan Kulit

kulit sehat

Tak hanya menjaga keremajaan kulit, minyak almond pun dapat membuat kulit wajahmu tampak lebih cerah merona.

Sebab, efek emollient dalam minyak almond dapat membantu mengunci kelembapan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kamu.

Dengan begitu, kulit akan terhidrasi  dengan baik, kondisi kulit yang kering dan kusam pun dapat dihindari. Tak hanya itu, kulit yang lembap pun akan lebih sehat dan memberikan efek glowing secara alami.

Melembutkan Bibir Pecah-pecah

Bibir sehat

Selain melembapkan kulit wajah secara umum, efek emollient dari minyak almond pun mampu digunakan untuk merawat kesehatan bibir, lho.

Sebab, kandungan vitamin pada minyak almond dapat bekerja mengembalikan kelembapan alami pada bibir. Sehingga kulit wajahnya tampak jadi lebih lembut dan warnanya tampak merah alami.

Nah, kalau kamu merasa bibirmu kering, pecah-pecah, atau bahkan sampai terasa perih. Maka, kamu bisa langsung mengoleskan minyak almond di permukaan bibir.

Kamu juga bisa menambahkan almond oil ke dalam lip cream atau lip mask yang akan kamu gunakan. Sebab, jenis minyak pembawa satu ini enggka akan mempengaruhi konsistensi dari lip cream dan malah menambah fungsi dari produk perawatan bibir tersebut.

Manfaat Almond Oil untuk Kecantikan Rambut

khasiat susu untuk kecantikan

Selain sangat baik untuk digunakan merawat kesehatan dan kecantikan kulit, minyak almond pun dapat bekerja sama optimalnya untuk memelihara kecantikan rambut.

Ya, enggak heran juga. Sebab manfaat minyak almond untuk rambut sangat banyak, seperti yang akan dibahas berikut ini.

Memperkuat dan Memperbaiki Rambut

manfaat serum rambut (4)

Karena nutrisinya yang banyak, minyak almond oil bisa membantu memperkuat dan memperbaiki kondisi rambut.

Apalagi kalau kamu adalah orang yang sangat suka melakukan hair styling dengan menggunakan alat-alat pemanas rambut. Misalnya catokan, hair dryer, atau bahkan menggunakan pewarna rambut.

Berbagai kegiatan itu, bisa membuat rambut jadi terasa kering, bercabang, mudah kusut dan ruwet, sampai rontok.

Nah, kandungan asam lemak esensial dalam minyak almond dapat bekerja sebagai pelumas dan mengganti kelembapan yang hilang dari batang rambut.

Hal ini dapat mencegah dan mengurangi gesekan selama proses penataan rambut. Enggak hanya itu, minyak almond pun dapat bekerja untuk memperkuat serta tidak mudah mengalami kerontokan ketika digunakan secara topical.

Melembutkan Rambut

manfaat serum rambut (5)

Salah satu tanda rambut kamu bermasalah adalah teksturnya yang berubah kasar dan kering. Nah, minyak almond bisa mengurangi dan mengatasi gejala kerusakan ini.

Sebab, sifat emolien dari minyak almond ini mampu mengisi celah atau kerak yang ada dalam sel-sel rambut. Sehingga rambut pun akan jadi lebih lembap, teksturnya juga berubah lembut dan halus kembali.

Hal ini pun bisa membuat rambut kamu jadi lebih mudah diatur dan enggak akan kusut lagi.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain merawat kesehatan rambut, minyak almond juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menutrisinya agar senantiasa sehat hingga ke ujung rambut.

Tak hanya itu, kandungan vitamin E-nya dan antioksidannya yang tinggi dapat melindungi rambut dari pengaruh stressor lingkungan.

Sehingga, rambut yang tumbuh pun akan jadi lebih sehat dan yang sebelumnya telah ada pun akan kembali segar serta berkilau.

Merawat Kesehatan Kulit Kepala

Salah satu hal yang membuat rambut sehat hingga ke ujungnya adalah karena kulit kepala yang terawat dengan baik. Nah, minyak almond bisa membantumu dalam hal ini, lho.

Bahan alami satu ini memiliki manfaat yang baik untuk merawat kesehatan kulit kepala, sehingga rambut pun akan jadi sama cantiknya dan enggak mudah rusak.

Tak hanya itu, minyak almond diyakini mampu mengatasi berbagai masalah ketombe. Sebab, kandungan antibakteri dan antijamur di dalamnya yang bisa menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Sementara itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dikatakan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan membuatnya jadi lebih sehat serta ternutrisi dengan baik.

Cara Menggunakan Minyak Almond sebagai Perawatan Kecantikan

manfaat bath oil

Setelah mengetahui berbagai manfaat almond oil untuk kecantikan kulit dan rambut, kamu pasti ingin mencobanya sebagai perawatan di rumah.

Well, khusus untuk kamu, Sayangku. Berikut ada beberapa cara menggunakan minyak almond sebagai perawatan kecantikan yang bisa kamu coba di rumah!

Gunakan Sebagai Pembersih Wajah

Sebenarnya, Guys, mninyak almond telah lama digubakan untuk melembutkan dan mengobati luka ringan di kulit. Minyak ini pun dipercaya dapat megatasi beberapa penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

Minyak ini merupakan pelembap yang sangat baik dan dapat mencegah kulit mengalami dehidrasi. Nah, selain itu, kamu pun dapat menggunakan minyak almond sebagai pembersih wajah alami, lho.

Caranya cukup mudah, cukup ikuti langkah-langkahnya berikut ini, ya.

  • Tuang minyak almond secukupnya di kapas.
  • Aplikasikan di wajah dengan merata dan pijat dengan lembut.
  • Setelah itu, bilas dengan air dan sabun wajah hingga bersih.

Sebagai Masker Wajah Alami

Selain sebagai pembersih muka dari sisa makeup dan kotoran, kamu bisa menggunakan minyak almond sebagai bahan masker organik dan mencampurkannya dengan bahan alami lain yang sama bermanfaatnya.

Misalnya dengan mengkombinasikan minyak almond bersama susu dan madu. Sebab, kedua bahan tersebut dapat memberikan nutrisi yang sama banyaknya untuk kecantikan kulit wajahmu.

Biar enggak kelamaan, berikut resep masker wajah alami dari minyak almond yang bisa kamu coba di rumah.

  • Campurkan madu, minyak almond, dan susu dalam takaran yang sama.
  • Setelah pasta masker terbentuk, aplikasikan tipis-tipis ke wajah secara merata.
  • Tunggu dan biarkan selama 20 menit saja, kemudian bilas hingga bersih.

Scrub Wajah Alami

Salah satu hal yang membuat wajahmu jadi tampak kusam adalanya banyak sel kulit mati yang menumpuk di lapisan epidermis.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan minyak almond sebagai face scrub alami. Sebab, bahan alami satu ini sangat efektif untuk mengangkat kotoran dan sel mati dari permukaan kulit.

Berikut cara menggunakan minyak almond sebgai scrub wajah.

  • Campurkan minyak almond bersama oatmeal kering, satu sendok garam, dan tambahkan air hangat secukupnya saja.
  • Setelah terbentuk scrub yang diinginkan, usapkan ke wajah secara perlahan dan tunggu beberapa menit.
  • Pijat dengan gerakan memutar secara lembut dan perlahan.
  • Bilas dengan air suam-suam kuku dengan perlahan.

Sebagai Masker Rambut

Sementara untuk mendapatkan manfaat minyak almon bagi rambut, kamu cukup menggunakan minyak alami ini sebagai masker rambut.

Caranya juga cukup sederhanya, kamu hanya perlu mengoleskannya pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut hingga merata. Kemudian tunggu selama 30 menit sampai satu jam, dan cuci rambut dengan sampo seperti biasnya.

Lip Balm

Untuk merawat bibir, kamu bisa membuat lip balm sendiri dari minyak almond. Sebab, dengan menggunakannya sebagai perawatan topical, kelembapan dan warna alami dari bibirmu akan kembali.

Untuk menambah rasa dari lip balm yang kamu buat, bisa tambahkan cokelat ke dalam formulanya. Nah, berikut cara membuat lip balm dari minyak almond yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan yang harus kamu siapkan:

  • Dua sendok makan minyak almond
  • Satu sendok makan cocoa butter (parut telebih dahulu, agar lebih mudah)

Cara pembuatannya:

  • Lelehkan cocoa butter yang sudah diparut di dalam panci.
  • Jangan lupa tambahkan minyak almond dan aduk hingga rata.
  • Setelah tercampur sempurna, tuang adonan ke dalam wadah tahan panas yang kamu gunakan sebagai tempat lip balm.
  • Tunggu hingga dingin, kemudian lip balm dari minyak almond bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.

Nah, itu adalah beberapa manfaat almond oil untuk kecantikan kulit dan rambut, beserta cara menggunakannya sebagai perawatan alami di rumah.

Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Well, kalau iya, jangan lupa bagikan pengalaman dan tips lainnya di kolom komentar, ya!

Selamat mencoba, Ladies!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment