Jangan Sampai Ketinggalan, Ketahui Berbagai Manfaat Tomat untuk Wajah Ini!

manfaat tomat untuk wajah

Seperti yang diketahui, buah memang menjadi salah satu makanan alami yang mempunyai banyak kandungan baik untuk tubuh dan kulit.

Buah tomat memang sudah dikenal mempunyai berbagai macam kadnungan baik yang berguna untuk perawatan kulit. Kandungan vitamin A, C, dan antioksidan yang banyak terkandung dalam buah tomat dinilai efektif untuk mengatasi kerusakan pada sel-sel kulit wajah.

Enggak hanya itu, timat juga dikatakan sebagai bahan alami yang mampu melembapakn dan menghaluskan kulit. Bahkan buah satu ini juga sangat baik untuk merawat kecantikan bibir.

Bagi para pecinta masker alami ini, tomat pasti bukan bahan baru lagi karena sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan masker wajah rumahan.

Ini dikarenakan tomat dapat memberikan sensasi menenangkan dan menyegarkan saat diaplikasikan pada wajah.

Nah, apa cuma itu manfaat tomat untuk kulit? Enggak dong! Biar lebih tahu, simak artikel berikut ini untuk mengetahui manfaat buah tomat untuk wajah yang diklaim oleh banyak orang.

Kandungan Nutrisi Tomat yang Baik untuk Kulit

masker tomat

Sebelum membahas mengenai manfaat tomat untuk kulit, apakah kamu sudah tahu kandungan nutrisi apa saja yang ada pada tomat dan baik bagi kecantikan kulit wajahmu?

Kalau belum tahu, cek penjelasan detailnya di sini, ya, Ladies!

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan alami yang sangat ampuh untuk melindungi kulit wajah kamu.

Zat dalam buah tomat ini diketahui dapat mencegah dan melindungi kerusakan pada sel serta jaringan kulit, khusus dari paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Di mana kedua hal itu dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, seperti muncul kerutan, garis halus, hiperpigmentasi, dan flek-flek hitam di wajah.

Likopen

Salah satu senyawa yang ditemukan dalam buah tomat lainnya adalah likopen. Kandungan ini mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari berlebihan.

Kandungan dalam buah tomat satu ini dapat memabntu mengruangi gejala iritasi dan kemerahan pada kulit, serta merangsang proses penyembuhan kulit yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Kalium

Dikenal juga dengan nama potasium, zat mineral yang dikandungan oleh tomat ini dapat membantu menjaga kelembapan alami pada kulit. Selain dapat menghidrasi, kalium bisa membantu menyeimbangkan pH kulit dan merawat kecantikannya secara alami.

Folat (Vitamin B9)

Asam folat dapat membantu mendetoksifikasi tubuh kamu, sehingga mampu meminimalisir terjadinya jerawat, serta mengobati yang telah muncul. Tak hanya itu, folat pun diketahui dapat mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Kalsium

Dalam tomat pun terkandung kalsium, mineral ini memiliki peranan penting untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Selain itu, kalsium pun dapat membantu mengatasi kulit kering dengan menjaga kelembapan alami kulit agar tidak mudah menghilang.

Beta Karoten

Beta karoten merupakan kandungan yangd apat membantu mencegah penuaan dini karena kaya akan antioksidan, serta mengurnagi kerusakan pada kulit akibat sinar ultraviolet. Jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat, beta-karoten akan membuat kulit wajahmu tampak bercahaya.

Asam Klorogenik

Kandungan lain yang ada dalam tomat dan baik untuk kulit adalah asam klorogenik atau klorogenat.

Kandungan satu ini dapat bekerja sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas dari tubuh kamu. Dengan begitu, kesehatan kulit wajah dan tubuh pun akan jauh lebih terjaga.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, tomat pun masih memiliki banyak nutrisi yang tak kalah baiknya untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

Berbagai Manfaat Tomat untuk Wajah

manfaat tomat untuk wajah (3)

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi dari tomat di atas, kamu pasti sudah punya sedikit gambaran mengenai manfaat tomat untuk wajah.

Selain merawat kulit dan menenangkannya, tomat juga kaya akan khasiat lain yang bisa kamu ketahui pada ulasan berikut ini.

Melembapkan Kulit

manfaat tomat untuk wajah (2)

Salah satu manfaat tomat untuk wajah adalah membuat kulit lebih lembap. Beberapa orang banyak yang mengoleskan masker tomat atau meletakkan irisan buahnya langsung ke kulit untuk mengatasi kulit kering. Hal ini akrena tomat kaya akan kandungan kaliumnya.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kadar kalium yang rendah berkontribusi terhadap kondisi kulit kering pada penderita dermatitis atopik.

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

manfaat anggrek untuk kecantikan (3)

Bagi pemilik kulit berminyak, tomat bisa jadi salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulitmu.

Manfaat tomat satu ini didukung oleh kandungan vitamin C-nya yang tinggi sehingga mampu mengangkat minyak berlebih dari permukaan kulit, serta memperkecil lubang pori-pori kulit.

Tak hanya itu, jika digunakan sebagai pemakaian topical, tomat dapat memberikan sensasi menenangkan dan menyegarkan pada kulit wajahmu, lho.

Meredakan Gejala Peradangan Pada Kulit

cara membuat toner alami (1)

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya adalah mampu meredakan gejala peradangan pada kulit, baik yang disebabkan oleh jerawat, iritasi, maupun sunburning.

Khasiat tomat satu ini didukung dengan kandungan antiradang yang ada di dalamnya, misalnya likopen, beta-karoten, lutein, serta berbagai jenis vitamin (E dan C).

Dengan berbagai senyawa antiradang tersebut, tomat berpotensi untuk merawat dan meredakan inflamasi pada kulit.

Melawan Kemunculan Tanda Penuaan Dini

Selain menenangkan dan mampu meredakan gejala peradangan, buah tomat juga bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit wajah kamu.

Manfaat tomat satu ini didapatkan dari kandungan vitamin yang ada dalam buah tomat, seperti vitamin B, vitamin E, hingga vitamin C.

Yang ketiganya mampu bekerja sebagai antioksidan alami pada kulit dan melawan berbagai dampak buruk yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Tak hanya itu, kandungan vitamin di atas juga dapat membantu memulihkan sel kulit yang bermasalah, memudarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi, pun menambah elastisitas kulit, dan menyamarkan kerutan serta garis halus.

Merangsang Produksi Kolagen

Kolagen merupakan sejenis protein yang menyusun banyak bagian tubuh manusia, termasuk pada epidermis kulit. Dengan kadar kolagen yang tinggi, maka elastisitas kulit dapat terjaga.

Tomat kaya akan kandungan vitamin C dan menjadi salah satu zat yang mampu merangsang produksi kolagen dalam tubuh kamu.

Dengan kebutuhan kolagen yang tercukupi, kulit wajahmu akan senantiasa tampak kencang dan kenyal. Hal ini tentunya akan membuat wajahmu selalu tampak segar dan awet muda.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

melindungi dari sinar matahari

Meski memiliki sifat yang sedikit masam, rupanya buah tomat pun dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan.

Beberapa studi menyebutkan bahwa fungsi tomat untuk wajah ini didukung oleh kandungan likopen, yang mampu memperkuat perlindungan kulit, serta menjaganya dari dampak buruk sinar matahari, termasuk dari sunburning.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada lapisan kulit dapat membuat wajah jadi terlihat lebih kusam dan tidak becahaya.

Nah, untungnya tomat memiliki sifat eksfoliatif sehingga mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada dari lapisan kulit kamu.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Enggak cuma menenangkan, kandungan vitamin C pada tomat membuat bahan alami satu ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Sebab, vitamin C diketahui mampu membantu memperbaiki jaringan kulit yang bermasalah, sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka pada klulit.

Menangkal Radikal Bebas

Telah banyak disinggung sebelumnya bahwa buah tomat mengandung antioksidan yang sangat tinggi, yang berupa vitamin C dan likopen.

Molekul antioksidan sangat diperlukan untuk menguraikan zat beracun dari radikal bebas. Yang sebenarnya enggak hanya berdampak buruk untuk kulit, melainkan pada tubuh kamu secara umum juga.

Membantu Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Senyawa likopen atau karotenoid yang ada dalam tomat pun mampu menjaga kesehatan kulit dan tubuh kamu, yakni dengan membanut mengurangi risiko kanker kulit.

Terlebih, enggak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa radikal bebas bisa memicu berbagai masalah kecantikan dan kesehatan kulit, termasuk kanker kulit.

Oleh sebab itu, penggunaan tomat untuk merawat kesehatan kulit terbilang sangat cocok untuk kamu lakukan. Mengingat buah ini memiliki berbagai jenis antioksidan alami dengan kadar yang tinggi dan baik untuk kulit.

Cara Menggunakan Tomat untuk Merawat Kulit

manfaat tomat untuk kulit

Setelah mengetahui berbagai manfaat tomat untuk kulit di atas, kamu pasti enggak sabar untuk menggunakan bahan alami ini sebagai perawatan kecantikan, bukan?

Nah, selain menggunakan produk skincare dengan ekstrak tomat yang dijual bebas di pasaran, kamu bisa memakai bahan alami ini sebagai perawatan alami rumahan.

Kira-kira bagaimana caranya, cari tahu resep memakai tomat sebagai perawatan wajah rumahan di bawah ini, ya!

Merawat Kulit Kering dan Sensitif dengan Buah Tomat

Memiliki jenis kulit yang kering dan sensitive kadang membuat kita kesulitan dalam menentukan produk kosmetik mana yang akan digunakan.

Nah, untuk menghindari reaksi negative dari pemakaian produk yang salah, kamu bisa menggunakan buah tomat sebagai perawatan wajah alami.

Caranya sangat sederhana, kamu bisa langsung mengaplikasikan tomat dan tanpa menggunakan tambahan apapun di permukaan kulit wajahmu.

Dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasinya yang tinggi, buah tomat dapat membantu memberikan sensasi menenangkan serta menyegarkan pada kulit yang kering maupun mengalami iritasi.

Resep Masker Tomat untuk Kulit Berminyak

Kandungan vitamin C-nya yang tinggi membuat tomat sangat cocok digunakan untuk merawat kulit berminyak. Sebab, kandungan ini mampu mengangkat minyak berlebih dari wajah dan menutup pori-pori wajah yang terlalu besar.

Untuk merawat wajah berminyak dengan tomat, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan satu buah tomat dan dua sendok gula pasir.

2. Haluskan tomat dan campurkan dengan gula pasir yang telah disiapkan.

3. Setelah pasta masker tomat terbentuk, aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.

4. Diamkan masker tomat selama 5-10 menit, pijat perlahan sebelum basuh wajah dengan bersih.

Merawat Wajah Berjerawat dengan Masker Tomat

Bermasalah dengan jerawat membandel atau dengan bekasnya yang enggak kunjung hilang? Masker tomat bisa jadi solusi yang patut kamu perhitungkan untuk menangani masalah ini.

Yap, kamu bisa menggunakan tomat dan perasan jeruk nipis sebagai kombinasi masker wajah alami. Caranya juga sangat sederhana, tinggal ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Haluskan buah tomat secukupnya dan tambahkan setengah sendok teh jeruk nipis.

2. Aduk hingga terbentuk pasta masker tomat yang diinginkan.

3. Setelah mencuci wajah, aplikasikan pasta masker tersebut hingga merata, ya.

4. Biarkan selama 20 menit saja, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Nah, itu adalah beberapa manfaat tomat untuk wajah dan cara menggunakannya dengan mudah di rumah. Kamu bisa mencoba resep yang paling cocok dengan kondisi dan jenis kulit wajahmu.

Jangan lupa bagikan pendapat dan pengalamanmu di kolom komentar. Stay healthy and beauty, Ladies!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment