Cobain Berbagai Manfaat Calendula untuk Kecantikan Kulit Berikut Ini!

manfaat calendula untuk kulit

Tahukah kamu, kalau sumber nutrisi dan vitamin enggak Cuma berasal dari buah dan sayuran? Melainkan juga bisa didapatkan dari tanaman nonpangan lainnya, misalnya dari bunga calendula.

Calendula officinalis memiliki warna yang sangat cantik, yakni dengan warna oranye atau emas dan memiliki aroma segar yang khas.

Bunga yang juga dikenal dengan nama Marigold ini merupakan jenis tanaman herba yang sangat kaya akan nutrisi, sehingga telah lama pula dijadikan sebagai obat herba tradisional untuk membantu merawat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit manusia.

Saat ini pun, sebenarnya marigold telah banyak digunakan dalam formula produk-produk kecantikan, khususnya jenis-jenis produk skincare.

Nah, penasaran mengapa bunga satu ini bisa punya banyak manfaat calendula untuk kulit wajahmu? Memang apa saja khasiatnya?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan itu, baca terus ulasan ini sampai habis, ya!

Kandungan dalam Bunga Calendula (Marigold)

manfaat calendula untuk kecantikan (4)

Marigold atau calendula sebenarnya telah lama digunakan sebagai ramuan tradisional dalam pengetahuan Aryuveda dan Tiongkok kuna.

Enggak heran juga, sebab setelah diteliti dan diuji secara ilmiah, ekstrak dari kelopak calendula rupanya memberikan banyak pasokan senyawa antiinflamasi dan antioksidan pada kulit.

Tak hanya itu, dalam setiap kelopak calendula terdapat lima senyawa yang baik untuk kulit, yakni asam oleanik, lupeol, quercetin, dan masih banyak lainnya.

Asam Oleanik

Bunga calendula atau marigold mengandung asam oleanik yang tinggi. Asan oleanik sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu.

Asam oleanik mampu melembutkan dan menghaluskan kulit, melembapkannnya, dan merangsang proses penyembuhan luka.

Jenis asam lemak satu ini pun mampu bekerja sebagai antiradang dan antioksidan alami sehingga mampu menjaga vitalitas kulit wajah kamu.

Lupeol

Kandungan menyehatkan yang ada dalam bunga calendula lainnya adalah lupeol. Senyawa satu ini dapat bekerja sebagai obat dan mencegah kerusakan pada jaringan kulit.

Secara khusus, lupeol mampu bekerja sebagai antikanker dan antiinflamasi alami.

Quercetin

Quercetin merupakan salah satu jenis pigmen atau zat pewarna yang ada dalam buah, sayuran, maupun bunga-bungaan.

Senyawa yang juga ada dalam bunga calendula ini mampu bekerja sebagai antioksidan alami. Sehingga jika digunakan untuk merawat kulit, mampu memberikan segudang khasiat untuk mempercantik dan menyehatkan kulit wajah.

Quercetin dipercaya dapat melindungi dan memulihkan jaringan kulit yang rusak karena terpapar oleh obat-obatan dan juga radikal bebas.

Selain ketiga kandungan yang telah disebutkan di atas, bunga calendula sebenarnya memiliki banyak nutrisi lain yang tak kalah bermanfaatnya untuk kecantikan kulit wajahmu.

Berbagai Manfaat Calendula untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat calendula untuk kecantikan (5)

Berbagai nutrisi yang telah disebutkan di atas, menunjukkan bahwa calendula memiliki terbukti mampu membantu merawat kesehatan serta kecantikan kulit wajah kamu.

Kira-kira apa saja manfaat calendula untuk kecantikan kulit wajah? Cek fakta-faktanya berikut ini, ya!

Dapat Menghidrasi dan Menutrisi Kulit

manfaat tomat untuk wajah (2)

Kondisi kulit yang kering, kasar, dan tampak kusam seringnya mengindikasikan bahwa wajahmu sedang tidak baik-baik saja.

Sebab, kondisi tersebut menunjukkan bahwa kulitmu tidak mendapatkan kelembapan dan nutrisi yang cukup. Sehingga mudah mengalami dehidrasi, tampak kering dan sangat rentan mengalami iritasi.

Untungnya, manfaat calendula untuk kecantikan kulit wajah adalah mengatasi masalah kulit kering. Yakni dengan bekerja melembapkan kulit kembali dan menutrisinya agar tetap sehat.

Tak hanya itu, bunga calendula pun bisa digunakan untuk meredakan berbagai gejala lanjutan jika kulit wajahmu terlalu kering. Misalnya mengatasi iritasi, meredakan rasa gatal dan tidak nyaman yang muncul, dan masih banyak lainnya.

Mampu Mengatasi Jerawat

Punya jerawat membandel yang susah hilang memang menyebalkan. Apalagi, kalau jerawat ini muncul cukup banyak dan menyebabkan rasa tidak nyaman di kulit wajah kamu.

Meski gatel pengen pencet-pencet, tapi sebaiknya kamu tahan dulu hasratmu pada jerawat satu itu. Sebab, memencet jerawat hanya akan memperburuk keadaannya dan bahkan akan timbul infeksi lanjutan.

Pasti enggak mau, kan? Nah, daripada aneh-aneh, kamu bisa merawat jerawat dengan menggunakan minyak ekstrak calendula, lho.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam minyak kalendula terdapat senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang cukup tinggi.

Senyawa antiinflamasi inilah yang mampu membantu menenangkan kulit dan meredakan rasa tidak nyaman akibat jerawat yang meradang.

Sementara itu, antioksidan telah banyak diketahui mampu mengatasi dan memulihkan kondisi sel kulit yang bermasalah.

Karenanya, proses penyembuhan jerawat pun akan jadi lebih cepat dan kulit wajahmu bakalan kembali sehat.

Tapi, bagaimana kalau setelah menghilang, jerawatnya malah datang kembali?

Well, enggak perlu risau juga. Sebab, berbagai penelitian menyebutkan bahwa zat antimikroba dan antibakteri dalam minyak calendula diketahui mampu mencegah kemunculan jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat bunga calendula untuk wajah satu ini, kamu bisa memakai minyak ekstraksinya sebagai pembersih wajah, ataupun mengoleskannya ke bagian kulit yang berjerawat.

Menjaga Kecantikan Alami Kulit

manfaat anggrek untuk kecantikan (2)

Tak hanya menyehatkan, manfaat bunga calendula untuk kulit wajah lainnya adalah dengan menjaga kecantikan alaminya.

Pemakaian minyak calendula maupun produk yang mengandung bahan alami ini secara rutin, disinyalir mampu menjaga serta meningkatkan penampilan kulit wajahmu.

Sebab, calendula diketahi mampu menjaga elastisitas kulit, mengikat kelembapan alami kulit, pun membuatnya terhindar dari berbagai infeksi bakteri maupun kuman penyebab masalah kecantikan.

Kamu bisa mendapatkan manfaat bunga calendula untuk kulit wajah ini dengan menggunakannya secara topical dengan rutin.

Bisa Digunakan Sebagai Tabir Surya Alami

Panasnya sinar matahari menyumbang peranan besar dalam kemunculan berbagai tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah kamu.

Karenanya sangat penting untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet, misalnya dengan menggunakan tabir surya sesering mungkin.

Tapi apakah kamu tahu, kalau minyak calendula dapat digunakan sebagai tabir surya alami?

Manfaat bunga calendula untuk kulit wajah satu ini didukung oleh senyawa SPF yang dikandungnya. Yang karenanya, jika digunakan pada permukaan kulit minyak calendula mampu bekerja sebagai tabir surya alami.

Merangsang Proses Penyembuhan Luka

Selain mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, minyak alami dari kelopak bunga calendula pun diketahui dapat merangsang proses penyembuhan luka.

Senyawa antiinflamasi atau antiperadangan dalam minyak calendula mampu menurangi pembengkakan, memar, dan warna kemerahan pada luka yang kamu alami.

Tak hanya itu, bunga calendula pun diyakini mampu memicu pertumbuhan jaringan kulit yang baru dan mengurangi peradangan yang mungkin saja terjadi saat masa penyembuhan.

Mencegah Infeksi Bakteri dan Kuman Penyebab Masalah Kulit

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh kita dan sering terpapar kotoran dari polusi, debu, dan asap-asap kendaraan. Oleh sebab itu, infeksi bakteri dan kuman penyebab masalah kecantikan pun sangat rentan terjadi.

Kabar baiknya, minyak calendula rupanya enggak hanya dapat bekerja sebagai tabir surya alami, lho. Melainkan bisa juga kamu manfaatkan sebagai antiseptic alami untuk merawat kesehatan kulit dan mencegah infeksi bakteri yang mungkin saja terjadi.

Kandungan antibakeri yang cukup tinggi dalam minyak calendula mampu melawan potegen-patogen berbahaya, yang disinyalir mampu menimbulkan jerawat, hingga peradangan pada kulit.

Mengurangi dan Menenangkan Gejala Peradangan

skincare untuk rosacea

Selain mempercepat proses penyembuhan luka pada wajah, calendula ternyata bisa digunakan untuk merawat kesurakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, lho.

Hal ini dikarenakan senyawa antiradang dalam calendula yang diketahui mampu mengatasi berbagai masalah peradangan pada kulit, yakni dengan menenangkan dan meredakan gejalanya.

Nah, itu adalah berbagai manfaa calendula untuk kecantikan kulit wajah yang mungkin saja belum kamu ketahui. Apakah setelah mengetahui hal itu, kamu tertarik untuk menggunakan bahan alami ini sebagai bagian dari rangakaian perawatan wajah harianmu?

Apalagi, calendula merupakan jenis tumbuhan yang relative mudah untuk ditanam sendiri di rumah. Tanaman yang cantik ini, bisa membantu kulit wajahmu sama cantik dan menariknya dengan kelopak bunganya yang indah.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment