Ingin Jadi Beauty Vlogger? Coba Ikuti Tips dan Langkah Mudahnya Berikut Ini

cara menjadi beauty vlogger

Dengan teknologi yang kian canggih, anak-anak muda pun makin mudah untuk melakukan eksplorasi dan mencoba menjelajahi berbagai lahan yang bisa memberikan banyak keuntungan untuk mereka, misalnya dengan menjadi beauty vlogger.

Bagi beauty enthusiast, profesi satu ini pastinya udah enggak asing di telinga. Terlebih, akhir-akhir ini beauty vlogger jadi kian popular dan diminati oleh banyak orang.

Contoh sederhananya, saat kamu scroll TikTok, Youtube, ataupun Instagram, pasti setidaknya ada beberapa orang yang menyajikan tips maupun tutorial menggunakan make up.

Nah, orang-orang ini biasanya juga disebut sebagai beauty vlogger. Tak hanya didominasi oleh perempuan cantik, bahkan enggak sedikit juga para beauty vlogger ini terdiri dari pria-pria yang udah paham betul soal kosmetik dan teknik make up.

Menjadi beauty vlogger memang terlihat mengasyikkan, apalagi kalau kamu sangat suka dengan dunia kosmetik dan kecantikan.

Namun, buat kamu yang baru mulai ingin terjun dan menekuni profesi ini, simak dulu serba-serbi yang perlu disiapkan saat akan memulai menjadi beauty vlogger berikut ini!

Modal yang Harus Kamu Miliki

maklon body lotion

Sama halnya seperti jenis profesi yang lain, untuk menjadi beauty vlogger pun kamu harus memiliki modal awal terlebih dahulu.

Namun, modal yang kita maksudkan di sini bukan hanya berupa uang, ya. Melainkan skill atau kemampuan dasar apa saja yang harus kamu miliki.

Jadi pada pembahasan ini, modal akan dibagi menjadi tiga, yakni modal materiil dan non materiil, yang akan dijelaskan dengan detail di bawah ini!

Modal Non-Materiil

Modal berupa non materiil berupa soft skill atau keterampilan berkaitan dengan kosmetik yang harus kamu miliki sebagai dasarnya.

Meskipun nantinya kamu enggak melulu menyajikan konten mengenai make up tutorial atau sejenisnya, keterampilan yang mumpuni akan memberikan peluang yang lebih besar juga.

Sebab, keterampilan ini juga akan menjadi bukti bahwa kamu memang tahu dan expert dalam bidang tersebut.

Keterampilan yang harus dimiliki dan dilatih sebagai seorang beauty vlogger adalah, sebagai berikut:

Keterampilan Berkomunikasi

Jangan salah memahami keterampilan berkomunikasi ini seperti percakapan pada umumnya, sebab dengan menjadi beauty vlogger kamu juga harus bisa mengomunikasikan apa yang pikirkan dan maksudkan dengan baik pada audiens.

Selain agar pesan tersampaikan dengan baik, keterampilan berkomunikasi juga sangat penting untuk membangun suasana dan membuat audiens nyaman menonton video kecantikan yang kamu buat.

Keterampilan Menggunakan Kosmetik

Konten tutorial make up bisa kamu temui dengan mudah di berbagai platform media sosial. jenis riasan wajah yang dilakukan pun enggak cuma itu-itu saja, para beauty vlogger terkenal bahkan sudah menggunakan riasan yang lebih kompleks dan mengarah ke body painting, lho!

Nah, demi memberikan nilai lebih pada konten yang kamu buat nantinya, enggak ada salahnya untuk terus mengasah kemampuan merias wajah atau rambut.

Sebab, dengan konten yang lebih beragam dan variatif akan semakin mudah juga orang-orang menemukan serta menonton video kecantikan yang kamu unggah.

Modal Materiil

Kalau sudah memiliki skill yang dibutuhkan dan sudah tahu mana yang harus dikembangkan, maka selanjutnya adalah memenuhi modal materiilnya, nih.

Kabar baiknya, untuk menjadi beauty vlogger kamu enggak perlu keluar banyak uang seperti sebagian besar bisnis kecantikan lainnya.

Sebab, poin penting dari menjadi beauty vlogger adalah kamu dan keahlianmu. Sehingga modal materiil yang akan dibahas pun hanya akan seputar peralatan apa saja yang kamu perlukan.

Peralatan-peralatan untuk memulai profesi sebagai beauty vlogger adalah kamera dan laptop. Yup! Untuk memulainya, kamu bisa hanya dengan menggunakan kamera dan berbagai alat-alat kosmetik yang telah kamu punyai sekarang.

Kamera yang kamu akan kamu gunakan juga enggak perlu yang mahal banget, yang penting resolusinya cukup besar dan tidak membuat gambar pecah ketika diunggah.

Kamu bisa menggunakan kamera handphone, sebab sudah banyak mendukung fitur lebih beragam dan dapat memberikan resolusi yang cukup besar.

Sementara laptop dibutuhkan untuk mengedit video yang akan diunggah dengan lebih mudah dan cepat.

Peralatan penunjang seperti ring lamp dan microphone bisa kamu penuhi dengan perlahan-lahan, yakni dengan menabung sedikit demi sedikit.

Cara Menjadi Beauty Vlogger dengan Jutaan Pengikut

cara menjadi beauty vlogger 2

Setelah skill yang dibutuhkan dan peralatan yang akan digunakan telah dimiliki, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memulai cara menjadi beauty vlogger untuk pemula berikut ini.

Pilih Platform untuk Konten Kecantikanmu

Platform media sosial sangatlah beragam dan memiliki karakteristiknya masing-masing, namun manakah yang cocok digunakan untuk memulai karir sebagai beauty vlogger hingga mendapatkan jutaan pengunjung?

Simak rekomendasi beberapa platform media sosial yang bisa kamu pilih untuk memulai karir sebagai beauty vlogger berikut ini.

YouTube

Kamu pasti sering menjumpai konten-konten seputar kecantikan di YouTube, bukan? Bisa dibilang, platform satu ini memang terbilang sangat cocok digunakan untuk jadi beauty vlogger.

Sebab, audiens YouTube sangatlah besar dan berada pada rentang usia 18 hingga 49 tahun. Hal ini memungkinkan untuk videomu diakses oleh audiens yang ingin kamu capai.

Apalagi, mengingat konten-konten kecantikan terbilang sangat umum dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai kalangan serta usia.

Kelebihan:
  • Potenis video kecantikan yang kamu unggah sampai ke audiens yang diinginkan sangat besar.
  • Popularitas YouTube sangat besar, bisa dilihat dari penggunanya yang mencapai lebih dari 2 miliar.
  • Dapat menampung video dengan durasi yang panjang, yakni hingga 12 jam maksimal.
  • Cocok digunakan untuk konten yang bertujuan menjaring berbagai kelompok usia.
Kekurangan:
  • Persaingan cukup ketat, karena arus unggah video yang sangat cepat yakni sebanyak 500 jam video diupload setiap menitnya.
  • Kolom deskripsi yang terbatas, sehingga tidak dapat menampung informasi tambahan secara lengkap.

TikTok

Siapa yang enggak tahu TikTok? Platform yang sedang naik daun ini telah menjaring lebih dari 850 juta pengguna aktif dan didominasi oleh anak muda serta generasi milenial.

Pengguna aktif TikTok rata-rata berada pada rentang usia 16-34 tahun. Karenanya, platform ini pun sangat cocok digunakan sebagai cara menjadi beauty vlogger.

Tak hanya itu, cara membuat beauty vlog di TikTok pun sangatlah mudah. Sebab, TikTok ini dilengkapi dengan berbagai fitur editing yang bisa langsung kamu manfaatkan dan aplikasikan.

Misalnya fitur timelapse, backsound, berbagai filter yang lucu, dan masih banyak lainnya.

Kelebihan:
  • Peluang untuk mendapatkan audiens sangatlah mudah.
    • Editing video juga lebih mudah dan sederhana, karena aplikasi ini telah menyediakannya untukmu.
    • Cocok digunakan untuk konten kecantikan, sebab penggunanya di dominasi oleh remaja dan remaja dewasa.
Kekurangan:
  • Kolom deskripis yang sangat terbatas, sehingga tidak memungkinkan kamu untuk memberikan informasi pelengkap denagn lebih detil.
  • Durasi video juga tak lebih dari 60 detik.

Website

Barangkali kamu berpikir, apakah perlu seorang beauty vlogger untuk memiliki sebuah website? Mengingat platform satu ini biasanya digunakan untuk melakukan aktivitas penulisan, seperti blogging, artikel, dan lain sebagainya.

Jawabannya, perlu banget! Sebab, seperti yang kamu ketahui bahwa jumlah beauty vlogger, baik yang masih akan merintis maupun sudah memiliki banyak pengikut, sangatlah banyak.

Hal ini membuat persaingan juga cukup ketat, karenanya jika hanya mengandalkan kekuatan sosmed saja maka konten beauty vlog yang kamu buat pun akan kurang maksimal.

Website, terlebih yang diperkuat dengan optimasi SEO, akan membantumu meraih popularitas yang kamu inginkan dengan lebih cepat.

Kok bisa? Ya, bisa. Jadi, kalau seandainya kontenmu sebagai beauty vlogger ini gagal menjaring penonton di sosmed, kamu masih bisa mengumpulkan audiens berdasarkan mesin pencarian google, lho.

Kelebihan:
  • Ketika menggunakan website, video dari media sosial bisa dikaitkan atau embed video sehingga vlog tidak akan mengambil ruang penyimpanan dari akun website kamu.
  • Karena dasarnya diciptakan untuk mendukung penulisan artikel, maka kamu bisa memberikan deskripsi atau informasi selengkap mungkin mengenai konten kecantikan yang kamu buat.
  • Proses pembuatan web juga tidaklah susah, karena tersedia beberapa template pendukung yang cukup bagus.
  • Dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencarian google.
Kekurangan:
  • Kamu perlu mengeluarkan dana tambahan sebagai investasi hosting dan domain ketika akan  membuat website pribadi.
  • Sangat bergantung pada optimasi SEO, agar video maupun artikel kecantikan yang kamu buat bisa lebih mudah ditemukan.

Gunakan Ide Konten Beauty Vlog yang Keren dan Menarik

jenis mineral yang baik untuk kulit

Setelah memilih platform yang sesuai dengan tujuan dan target audiensmu, maka langkah selanjutnya adalah membangun konsep atau ide konten beauty vlog yang keren dan menarik.

Untuk memberi gambaran, berikut beberapa ide konten beauty vlog yang keren dan menarik buatmu!

Tutorial Make Up

Maklon kosmetik halal (2)

Jenis konten kecantikan satu ini bisa dibilang yang paling sering dan sangat umum dibuat oleh para beauty vlogger.

Untuk dapat membuat konten tutorial makeup yang keren, kamu perlu memerlukan peralatan make up yang memadai dan memiliki skill yang oke punya.

Review Produk

produk hair treatment terbaik

Bagi kamu yang belum terlalu percaya diri buat bikin konten tutorial make up, jangan khawatir. Kamu bisa mulai dnegan membuat konten sederhana, namun enggak kalah menariknya, missal membuat video tentang review produk kecantikan.

Terlebih kini banyak sekali produk-produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Inovasinya juga sangat beragam, bahan-bahan yang dipakai pun berbeda-beda, jadi kamu bisa menjelaskan secara detil mengenai pengalamanmu mencoba skincare tersebut.

Kamu juga bisa memilih jenis makeup atau skincare keluaran terbaru dan tengah marak di kalangan beauty enthusiast. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan karena membuat produk saat sedang ramai jadi incaran atau diperbincangkan.

Get Ready With Me

Pengen buat konten tutorial make up tapi enggak mau terlalu pusing dan ribet? Kamu bisa mulai dengan membuat konten Get Ready With Me yang biasa menampilkan riasan natural dan sederhana.

Proses pembuatannya pun cukup sederhana, kamu bisa merekam video saat kamu tengah bersiap-siap untuk aktivitas tertentu. Baik saat kamu hendak akan pergi ke kampus, kondangan, kantor, atau hanya sekadar hangout bersama rekan sejawat.

Untuk menambah durasi, kamu bisa mulai mengajak audiens untuk memilih outfit, berdandan, hingga mengatur gaya rambut sesuai aktivitas yang akan dilakukan.

Usahakan untuk selalu menciptakan obrolan dengan audiens, agar pentonton juga dapat menikmati video yang kamu buat dan tidak mudah merasa bosan.

Skincare Routine

Kamu punya pengalaman dalam mengatasi masalah kecantikan tertentu? Atau punya skincare routine rahasia untuk medapatkan wajah glowing dan flawless?

Well, kamu bisa membagikan dan mengulas skincare routine yang kamu pakai, mulai dari skincare yang kamu gunakan saat pagi hari hingga malam hari.

Keunggulan ide konten satu ini terletak pada “relatable”-nya dengan yang dialami audiens. Misalnya, orang-orang yang memiliki masalah kulit kusam pun, akan mencari tahu rangkaian skincare yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Makeup Challenge

Kalau aktif di TikTok pasti kamu enggak akan asing lagi dengan yang namanya konten challenge, baik yang hanya soal joget-jogetan maupun makeup challenge.

Biasanya tantangannya pun sangat beragam, kamu bisa menyesuaikan challenge dengan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki.

Beauty Hacks and Tips

Konten satu ini rasanya sangat ramai dan pasti akan dicari oleh banyak orang. Pasalnya, banyak dari para perempuan maupun laki-laki enggan menggunakan produk-produk skincare baru yang kadang belum tentu cocok untuk kulit.

Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang akhirnya memilih mencari tahu cara alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang dialami.

Nah, kamu bisa memanfaatkan kebiasaan ini dengan menyajikan beauty tips and hacks yang benaran terbukti berkhasiat.

Temukan Ciri Khasmu Sebagai Beauty Vlogger

menyiapkan daftar

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menemukan atau menciptakan ciri khas sebagai beauty vlogger.

Hal ini sangat penting untuk membuat audiens mengingat dan mengenali dirimu sebagai seorang beauty vlogger.

Pembentukan ciri khas ini dapat kamu ciptakan dengan menggunakan konsep yang sama dengan rutin, menggunakan cara berkomunikasi yang menarik dan unik, serta selalu konsisten untuk menjadi diri kamu sendiri.

Karena pada dasarnya, setiap tema dan ide konten bisa saja mirip, tekni makeup juga kadang sama. Namun, dengan menunjukkan sisi yang unik dan beda dari dirimu, konten yang kamu buat pun akan lebih stand out.

Tentukan Tujuan Konten

Sama halnya dengan saat akan membuat artikel maupun konten media sosial lainnya, dalam membuat konten kecantikan pun kamu perlu menentukan tujuannya terlebih dahulu.

Misalnya, apakah kamu ingin membuat konten tentang edukasi kecantikan, promosi produk tertentu, maupun yang menghibur seperti body painting.

Tujuan ini sangat penting untuk menjaring target audiens yang kamu inginkan. Tak hanya itu, isi konten pun akan jadi lebih terarah dan enggak terkesan asal-asalan.

Eksekusi Konten dengan Tepat

Setelah ide terbentuk, ciri khas udah punya, selanjutnya proses eksekusi konten pun enggak boleh sembarangan, lho.

Oleh sebab itu, perencanaan konten pun perlu kamu lakukan, sehinga alur video yang dibuat pun harus sesuai dengan tujuan dan memberikan informasi yang benar.

Optimasikan Video Vlogmu Agar Dapat Jutaan Viewers

Bagaimana jika konten yang susah payah kamu buat ternyata enggak bisa mendapatkan jumlah viewers yang memuaskan? Pasti kecewa banget, dong!

Kamu enggak perlu khawatir, sebab kamu bisa mengupayakan optimasi video vlog yang kamu buat agar dapat menjaring audiens yang luas dan lebih baik.

Seperti halnya saat kamu menulis di website, ada beberapa teknik yang dapat kamu terapkan saat akan memulai jadi beauty vlogger berikut.

Menerapkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan langkah optimasi website atau Youtube agar mendapatkan peringkat teratas atau tertinggi di hasil pencarian.

Upaya optimasi melalui cara ini dilakukan dengan memasukkan beberapa elemen pendukung pada konten yang dibuat.

Umumnya, kunci kesuksesan SEO ada pada topik konten, keyword, tren, metadata, hashtag, thumbnail, hingga URL.

Mempromosikan Vlog

Selain  mengetahui cara membuat vlog, penting juga, lho, mempromosikannya. Agar video tersebut makin luas menjangkau berbagai kalangan.

Misalnya dengan membagikannya melalui media sosial yang kamu miliki, whatsapp story dan grup, Instagram, maupun lewat Twitter.

Lakukan Analisa dan Kembangkan Channel Vlog

Untuk menjadi beauty vlogger dengan jutaan pengikut, hal yang harus perhatikan enggak cuma kontennya, lho.

Tapi seberapa besar pengaruh konten itu terhadap traffic dan engagement-nya untuk akun kamu? Termasuk bagaimana respon orang-orang terhadap video-video kecantikan yang kamu buat.

Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten terhap traffic dan engagement, kamu perlu mengalisanya terlebih dahulu.

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk memeriksanya, seperti Google Analytic, Google UTM, YouTube Analytic, TRaffic Checker, dan lain-lain.

Setelah memeriksa, kamu pasti tahu mana konten yang menarik banyak pengunjung, lalu berapakah usia rata-rata orang yang mengakses video itu, dan kapan waktu video itu paling banyak ditonton.

Nah, dari data-data itu kamu bisa mengembangkan platform yang kamu Kelola dan mengatur strategi yang lebih efektif, sehingga bisa mendapatkan audiens yang tepat.

Well, untuk memulai menekuni karir tertentu memang enggak mudah, begitu pula dengan menjadi beauty vlogger.

Namun, jangan lantas menyerah dan berkecil hati. Karena usaha enggak akan pernah mengkhianati hasil, jadi terus berproses dan berkreasi seaktif mungkin agar karir yang kamu inginkan segera terwujud!

Jangan lupa pertimbangkan cara menjadi beauty vlogger di atas dan kasih tahu kami kalau kamu punya tips seru lainnya yang belum disebutkan di atas.

Selamat mencoba dan semoga sukses selalu, Guys!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment