Bikin Wajah Glowing Maksimal, Begini Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam yang Benar

urutan skincare

Demi mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik, tentu diperlukan proses perawatan yang rutin dan teratur. Pemilihan skincare yang tepat juga tidak boleh dikesampingkan, misalnya yang cocok dengan jenis kulit dan kandungan yang aman digunakan.

Tapi pernah enggak sih kamu membeli skincare dan telah memakainya secara rutin, namun hasilnya tidak maksimal dan bahkan tidak terlihat sama sekali?

Dan pada akhirnya, kamu terus merogoh kocek yang tidak sedikit untuk gonta-ganti skincare wajah, baik dari harga yang lebih murah sampai yang lebih mahal. Namun sayangnya, lagi-lagi hasilnya sama saja. Kira-kira apa sebabnya, ya?

Nah, sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan skincare tidak bekerja secara maksimal. Yakni dari kebiasaaan makan dan minum, kondisi polusi yang tinggi, hingga urutan pemakaian skincare yang tidak tepat.

Yap, urutan pemakaian skincare memang sepenting itu dalam mendukung efektivitas manfaat dari skincare yang kita gunakan. Hasilnya sudah jelas terjamin, yaitu wajah akan terlihat glowing dan sehat.

Urutan penggunaan skincare di pagi dan malam hari juga berbeda, karena tujuan pemakaiannya juga tak sama. Kamu mau tahu? Yuk, lanjut baca artikel di bawah ini, ya!

Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari yang Benar

skincare pagi

Penggunaan skincare di pagi hari bertujuan untuk menghindari radiasi dari sinar UV. Juga untuk melindungi kulit dari polusi-polusi udara yang dapat membawa bakteri-bakteri atau kotoran ke wajahmu.

Nah berikut ini urutan pemakaian skincare di pagi hari yang benar:

  1. Sabun Pembersih Wajah
  2. Toner
  3. Essence
  4. Serum
  5. Pelembap atau Moisturaizer
  6. Tabir Surya atau Sunscreen

Untuk penjelasan lengkap soal urutan pemakaian skincare di atas, baca ulasan di bawah ini, ya!

Sabun Pembersih Wajah

cuci muka

Sebelum mengaplikasikan berbagai produk skincare, hal utama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah terlebih daulu. Tentunya dengan menggunaan produk facial foam yang juga harus sesuai dengan kondisi kulit wajahmu.

Dengan mencuci muka, kamu dapat membersihkan sisa-sisa skincare yang digunakan di malam hari.  Juga dari minyak dan kotorang yang bisa saja menumpuk semalaman saat kamu tidur.

Hal ini membuat wajah lebih mudah menyerap kandungan-kandungan dari skincare yang akan diaplikasikan selanjutnya.

Toner

toner 1

Setelah membersihkan wajah, maka langkah berikutnya adalah menggunakan toner wajah. Toner ini sangat penting dalam tahapan memakai skincare.

Karena toner berfungsi dapat membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih, yang mungkin masih menempel bahkan setelah kamu mencuci muka.

Tak hanya itu, bagi orang yang memiliki masalah kulit berjerawat, memakai toner dengan kandungan tertentu juga dapat membantu meredakan peradangan dan mengempiskan jerawat. Bahkan toner bisa mencegah munculnya jerawat baru, lho.

Cara penggunaan toner juga mudah, cukup tuangkan toner secukupnya di kapas. Setelah itu aplikasikan dengan lembut ke seluruh bagian wajah dan leher.

Essence

essence

Langkah selanjutnya adalah memakai essence. Kamu yang hobi banget pake skincare pasti tahu banget produk ini. Karena tak semua perempuan memasukkan essence dalam rangkaian sincare harian mereka.

Essence merupakan cairan berbahan dasar air dengan konsentrasu berbahan aktif tinggi. Nah, produk ini berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk selanjutnya yang akan dipalkiasikan menjadi lebih maksimal.

Essence juga dapat menenangkan serta menutrisi kulit. Dan berkat kandungan asam hialuronal, gliserin dan vitamin C yang tinggi di dalamnya, essence dapat membantu mencegah penuaan dini.

Kamu jugda dapat menggunakan essence sebelum menggunakan serum wajah. Cara penggunaannya cukup mudah, tuangkan beberapa tetes essence ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah dan ditambah menepuk-nepuknya dengan lembut.

Namun ada juga beberapa essence yang dikemas dalam botol spray. Penggunaannya cukup praktis, cukup semprotkan ke wajah dengan merata, lalu tepuk-tepuk wajahmu dengan lembut.

Serum Wajah

serum

Serum memiliki kandungan dengan konsentrasi tinggi dan zat-zat aktif, lebih dibandingkan essence. Namun setelah menggunakan essence, kulitmu akan lebih siap dan dapat menyerap dengan baik kandungan-kandungan yang ada di dalam serum wajah.

Serum wajah dianggap sangat efektif untuk mengatasi masalah-masalah kulit wajah. Mulai dari kulit kusam, kering, atau pori-pori besar. Karena serum lebih cepat meresap ke dalam kulit dibanding pelembap atau krim wajah.

Cara menggunakannya, tuangkan sedikit serum ke wajah. Biasanya tiap produk menganjurkan takaran tertentu.

Kemudian ratakan serum ke seluruh permukaan waah hingga leher secara merata. Tepuk-tepuk area waah dan leher secara perlahan agar serum waah da[at menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.

Untuk hasil yang maksimal, serum harus dioles di atas kulit yang sudah bersih. Setelah terserap dengan baik, baru kamu bisa melanjutkan memakai pelembap wajah atau moisturaizer.

Pelembap atau Moisturaizer

pelembap

Langkah selanjutnya adalah dengan memakai pelembap. Produk skincare satu ini sangat penting digunakan agar kulit kamu tetap terdehidrasi dengan baik.

Memilih jenis pelembap juga tidak boleh sembarangan. Kalau kulit wajahmu kering, sebaiknya pilih pelembap dengan tekstur krim. Sementara krim yang lebih tebal dapat dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kombinasi (maksudnya kering, juga berminyak).

Sementara jika wajahmu berminyak, sangat disarankan untuk menggunakan pelembap bertekstur cair atau gel.

Cara pemakaian pelembap cukup mudah. Yakni ambil pelembap dengan ujung jari, lalu oleskan ke wajahmu. Mulailah dari area pipi terlebih dahulu, baru menuju dahi. Lakukan dengan memijat lembut wajahmu, ya.

Jangan lupa, gunakan produk pelemba yang sesuai dengan jenis kulitmu, serta sesuaikan dengan masalah kulit wajah yang kamu alami. Misalnya, kamu bisa melewati penggunaan pelembap apabila jenis kulitmu berminyak dan toner atau serum wajah yang kamu gunakan sudah cukup melembapkan kulit.

Tabir Surya atau Sunscreen

Sunscreen

Ingat, ya! Tujuan utama penggunaan skincare di pagi hari adalah untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar UV dan polusi udara. Oleh sebab itu, sunscreen hukumnya sangat wajib digunakan.

Sunscreen dengan SPF minimal 30, akan memberikan perlindungan yang lebih maksimal pada kulitmu. Cara pengaplikasiannya sama dengan produk skincare yang lain. Cukup oleskan ke seluruh permukaan wajah, sambil memijatnya dengan perlahan.

Pastikan juga kamu mengoleskan sunscreen pada 15-30 menit sebelum pergi keluar rumah. Hal ini akan membantu sunscreen dapat menyerap ke wajahmu dengan lebih baik.

Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik.

Nah setelah urutan skincare pagi hari tersebut telah selesai kamu lakukan, kamu bisa langsung menggunakan make up yang kamu inginkan.

Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari

skincare malam

Setelah menjalani rutinitas pada sejak pagi, kulit wajahmu pasti terkontaminasi berbagai kotoran dan polusi. Bahkan kulit juga bisa jadi sangat berminyak.

Kalau kondisi itu dibiarkan saja, malah akan menimbulkan banyak masalah pada kulit wajah, misalnya timbulnya jerawat. Nah untuk itu, perawatan pada malah hari sangat diperlukan.

Selain untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, memakai skincare pada malam hari juga dapat berfungsi untuk menenangkan kulit wajah kamu.

Pada dasarnya, urutan penggunaan skincare di pagi dan malam hari tidak terlalu berbeda. Meski begitu tetap ada beberapa tahapan yang perlu digunakan saat malam hari.  Urutan pemakaian skincare malam yang harus dilakukan antara lain:

  1. Pakai Make Up Remover
  2. Pakai Pembersih Wajah
  3. Scrub Wajah atau Eksfoliasi
  4. Toner
  5. Serum dan Essence
  6. Krim Mata atau Eye Cream
  7. Krim Malam dan Face Mask
  8. Face Oil

Nah, untuk penjelasan detail dari urutan pemakaian skincare malam yang benar di atas, cukup simak ulasan di bawah ini.

Make Up Remover

pembersih

Yang pertama adalah make up remover. Skincare satu ini emang tepat digunakan pertama kali, karena fungsinya sebagai pembersih make up. Apalagi kalau yang dipakai adalah make up tahan lama dan anti air.

Pembersihan make up ini berfungsi untuk merawat kesehatan kulit wajahmu, dan mencegah dampak negatif dari sisa produk make up yang masih menempel di wajahmu.

Ada berbagai jenis make up remover, yakni yang berbahan dasar minyak serta yang berbahan dasar air. Make up remover yang mengandung minyak biasa digunakan untuk menghapus make up dengan bahan yang sama.

Namun jika kulitmu berminyak, ada baiknya kalau kamu memilih menggunakan make up remover yang berbahan dasar air saja. Hal ini agar wajahmu tidak semakin berminyak.

Produk Pembersih Wajah

pembersih wajah

Setelah membersihkan make up, hal yang dilakukan selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan pembersih wajah atau biasanya disebut cleanser.

Pembersihan ini bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi sisa make up, minyak dan kotoran yang tertinggal di wajah. Gunakan produk yang sangat cocok dengan wajah dan kebutuhan kamu, ya.

Setelah selesai menggunakan pembersih wajah, kamu bisa langsung mencuci mukamu.

Scrub Wajah atau Eksfoliasi

scrub2

Tahapan satu ini sangat berpengaruh terhadap efektivitas skincare yang kamu gunakan. Karena scrup atau eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Hasilnya, semua produk skincare yang kamu gunakan selanjutnya akan terserap dengan baik di kulit. Karena tidak terhalang sel-sel kulit mati.

Namun kamu harus hati-hati, jangan melakukan scrub wajah terlalu sering. Cukup gunakan hanya 1-2 kali dalam seminggu. Agar kulitmu tidak jadi sensitif dan iritasi.

Toner

Sama halnya saat di pagi hari, kamu dapat menggunakan toner wajah setelah mencuci muka dengan facial foam sebagai langkah pengaplikasian skincare di malam hari.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan toner yang dapat menjaga kelembapan kulit sepanjang malam. Meski begitu tetap perhatikan jenis kulitmu dulu, ya!

Serum dan Essence

serum malam

Nah setelah selesai dengan toner, kamu bisa mengaplikasikan essence dan serum wajah secara berurutan.

Essence dan serum memiliki fungsi yang hampir serupa, yakni membantu melembapkan dan menenangkan kulit wajah kamu.

Urutan pemakaiannya juga sama seperti saat di pagi hari. Gunakan essence terlebih dahulu, tunggu hingga meresap, barulah gunakan serum wajah.

Krim Mata atau Eye Cream

Ini dia, solusi buat kamu yang punya mata panda! Yap, gunakan saja eye cream atau krim mata.

Produk ini merupakan salah satu produk skincare malam hari yang sangat penting. Apalagi kalau kamu memiliki keluhan mata panda, kantung mata, serta kerutan-kerutan di area mata.

Agar hasilnya lebih maksimal, cobalah memilih krim yang mengandung konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida.

Cara penggunaannya sederhana, tinggal oleskan secara rata ke area kulit bawah mata secara perlahan.

Krim Malam dan Sleeping Mask

Jika ada day cream, tentu sebagai pelengkap ada night cream. Yang fungsinya juga berlainan, dan biasanya saling mendukung satu sama lain.

Krim malam berfungsi untuk mengganti pelembap yag biasa kamu gunakan saat pagi hari. Khasiatnya juga biasanya untuk mengoptimalkan khasiat yang terkandung dalam krim siang/pagi.

Namun, krim malam memiliki kandungan dan fungsi yang lebih khusus. Misalnya melembapkan kulit, menyamarkan noda dan bekas jerawat, hingga membantu menyamarkan kerutan di kulit wajah.

Selanjutnya adalah sleeping mask, yang bisa dikategorikan opsional. Meski begitu masih memberikan peranan besar untuk kesehatan kulit wajah kamu.

Kedua langkah penggunaan skincare ini dapat membantu menutrisi dan melembapkan kulit wajahmu di malam hari. Apalagi pada saat malam jugalah, rangkaian skincaremu dapat bekera secara maksimal.

Face Oil

face oil

Tahapan skincare malam hari semakin lengkap dengan penggunaan face oil.  Penggunaan face oil disarankan saat malam hari karena untuk menghindari kulit tampak terlalu berminyak dan lengket.

Cara menggunakannya, cukup tuang beberapa tetes face oil ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk ke seluruh permukaan wajah.

Untuk hasil yang maksimal, angan lagi melanjutkan step skincare yang lain setelah memakai face oil.

Bagi kamu yang memiliki wajah berminya dan cenderung mudah berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan face oil.

Pasalnya, kulit wajah yang semakin berminyak rentan menimbulkan jerawat.

Tips Mengaplikasikan Skincare

Selain urutan pemakaian skincare yang disebutkan di atas. Ada tips lain yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan skincare. Tips ini bisa membuat skincaremu bekerja lebih optimal dan memberikan efek yang maksimal. Penasaran? Perhatikan tips-tips di bawah ini!

Pastikan urutannya benar

Kamu pasti bertanya-tanya, atas dasar apa sih urutan pemakaian skincare itu dibuat?

Jawabannya adalah tekstur produk. Dalam menggunakan skincare wajah secara berurutan, pastikan bahwa produk yang kamu gunakan berawal dari yang bertekstur paling ringan ke yang paling berat.

Misalnya nih, kamu bisa mulai dari produk yang berbahan dasar air terlebih dahulu. Barulah yang memiliki kandungan atau konsentrasi lebih tinggi.

Gunakan sesuai kebutuhan

Meski dianjurkan, perlu diketahui bahwa tidak semua orang pasti cocok dengan urutan pemakaian skincare di atas.

Sebab setiap orang memiliki jenis dan permasalahan kulit wajah yang berbeda. Untuk itu pula urutan pemakaian skincare harus diurutkan berdasarkan kebutuhan kulit wajahmu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan manfaat lebih baik dari setiap tahap pemakaian.

Beri jeda sejenak untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya

Tips selanjutnya adalah dengan memberi jeda di tiap tahap pengaplikasian skincare. Hal ini bertujun agar bahan kandungan dalam skincare bisa terserap dengan baik.

Itulah berbagai step by step memakai skincare di pagi dan malam hari yang tepat. Juga tips-tips agar hasil pemakaian skincare tersebut kian optimal. Apakah kamu sudah mengaplikasikan skincaremu dengan tepat? Diskusikan di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment