Pentingnya Souvenir Kosmetik Biar Brand Milikmu Kian Dikenal Banyak Orang

souvenir kosmetik

Pertumbuhan bisnis kosmetik di Indonesia sejak 2018 lalu berkembang sangat pesat. Kemenprin bahkan sempat memprediksi kemungkinan kenaikan pertumbuhan bisnis kosmetik sebesar 9% di tahun 2019.

Banyaknya pebisnis-pebisnis yang melirik dunia kosmetik, bahkan para beauty vlogger atau beauty influencer pun turut meramaikan ladang bisnis ini. Selaras dengan hal ini, iklim persaingan bisnis kosmetik pun kian ketat.

Untuk itu, kamu harus bisa menemukan cara guna menjawab tantangan ini. Dari sekian banyak cara yang dapat kamu gunakan, after sales service bisa jadi pilihan.

Dalam sebuah bisnis kosmetik, apalagi dalam hubungan dagang, pelayanan terhadap pelanggan adalah hal yang sangat utama. Karena meski tidak mempengaruhi penjualan secara signifikan, dengan adanya pelanggan yang puas maka kepercayaan pada brand kosmetikmu pun akan semakin tinggi.

Pada dasarnya, after sales service bertujuan untuk membuat pembeli puas dengan produk kosmetik yang akan kamu jual. Dengan begitu pembeli akan merasa senang dan secara tidak langsung merekeomendasikan brand kosmetikmu kepada orang-orang di lingkaran sosialnya.

Nah salah satu bentuk layanan after sales yang dapat kamu berikan untuk membuat pembelimu jadi loyal adalah dengan memberi souvenir eksklusif kepada mereka.
Dilansir dari survey yang dilakukan oleh British Promotional Merchandise Association (BPMA) sebanyak 83% orang menyatakan bahwa mereka dapat mengingat sebuah brand tertentu dalam jangka waktu 12 bulan setelah mendapatkan marchandise atau souvenir. Dan 52% responden mengaku lebih menyukai sebuah brand tertentu setelah menerima sebuah hadiah promosi.

Jadi souvenir memang sepenting itu, ya? Untuk lebih jelasnya simak ulasannya sampai habis ya, Guys.

Alasan Mengapa Souvenir Kosmetik Itu Penting

ide bisnis kosmetik

Nah kamu telah tahu souvenir kosmetik menjadi salah satu bentuk pelayanan aftersales yang memberikan dampak bagus untuk kemajuan brand kosmetikmu. Agar kamu lebih paham, berikut beberapa alasan lain mengapa souvenir kosmetik penting bagis brandmu.

Dapat menarik perhatian konsumen

Sama halnya dengan kemasan produk yang dibuat semenarik dan seinovatif mungkin, souvenir yang unik dapat menarik perhatian pembeli. Mulanya mungkin hanya tertarik pada souvenirnya, namun karena ingin mendapatkannya, pembeli pun secara tidak langsung akan mencari tahu tentang produkmu. kandungan dan manfaatnya untuk kecantikan.

Bentuk Apresiasi Terhadap Konsumen

Fokus untuk memperoleh pembeli baru memanglah penting, namun yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga dan membuat pelanggan lama tetap bertahan dengan brand kosmetik kamu. Karena para pelanggan lama ini adalah orang-orang yang lebih dulu mengenal dan membeli produkmu.

Enggak hanya itu, mereka juga kemungkinan besar telah membeli produk kosmetikmu berkali-kali. Nah, dengan memberikan souvenir kepada pelanggan bisa meningkatkan loyalitas mereka. Karena pelanggan akan merasa sangat dihargai dan akan terus berlangganan menggunakan produk dari brand kosmetikmu.

Apalagi jika souvenir tersebut dibuat secara eksklusif untuk mereka, misalnya dengan menuliskan nama pelanggan atau disertai dengan kartu ucapan. Maka souvenir tersebut bisa menjadi bentuk apresiasi yang pantas bagi pelanggan setia brand kosmetikmu. Dijamin deh, mereka enggak akan move on dari brandmu.

Meningkat citra positif perusahaan

Pemberian souvenir bisa meningkatkan citra baik brand kosmetikmu, lho. Misalnya nih, ketika pembeli merasa puas dengan produk yang kamu beli dan senang dengan souvenir yang kamu berikan. Maka mereka akan dengan senang hati memberikan review positif tanpa diminta.

Dari penilaian-penialaian pelanggan inilah, para calon pembeli baru akan menilai brandmu. Dan karena penilaian yang diberikan positif, maka citra dari brand kosmetik kamu juga akan naik.

Dengan kata lain, semakin banyak orang yang menilai positif, maka semakain banyak juga pembeli baru yang ingin mencoba dan percaya dengan produk-produk dari brand kosmetikmu.

Referensi Souvenir Kosmetik Kekinian yang Cocok untuk Brandmu

referensi souvenir

Kamu telah mengerti bahwa memberikan souvenir kepada para pelanggan produk dari brand kosmetikmu sangatlah penting.

Telah disebutkan pula banyak jenis barang yang bisa kamu jadikan souvenir. Namun apa aja sih yang cocok digunakan oleh brand kosmetik? Nah, biar enggak cuma ngawang, simak beberapa referensi barang-barang kekinian yang bisa dijadikan souvenir brand kosmetikmu.

Dompet/Pouch Kosmetik

pouch kosmetik

Dompet atau pouch kosmetik ini sangat berguna, lho. Karena dengan demikian kamu terasa memikirkan para pembeli brand kosmetikmu yang suka berpergian atau traveling. Mereka akan membutuhkan pouch atau dompet untuk membawa kosmetik yang mereka perlukan.

Nah karena dasarnya juga sebagai promosi, coba sisipkan nama atau logo brand-mu dalam desain pouch itu. Warna dan temanya juga sesuaikan dengan konsep serta tema dari brand kosmetikmu. Jadi biar matching gitu, Guys.

Tas Kosmetik

tas make up

Barang kedua yang bisa kamu jadikan souvenir adalah tas kosmetik. Hampir sebelas dua belas sama pouch atau dompet, tas kosmetik juga sangat berguna bagi pembelimu. Juga akan selalu digunakan untuk menyimpan peralatan atau produk-produk kosmetik dari brand kosmetikmu.

Rak Kosmetik

rak kosmetik

Selanjutnya kamu bisa kasih rak kosmetik untuk pelanggan setia dari brand kosmetikmu. Enggak perlu yang sangat besar, cukup yang kecil dan manis. Pelangganmu pasti sangat bahagia dan merasa dihargai.

Dengan begitu kemungkinan untuk pelangganm merekomendasikan brand kosmetikmu ke lingkaran sosialnya tentu sangatlah besar. Kepercayaannya pada brandmu juga akan tumbuh kian kuat. Dan akhirnya target promosi yang kamu inginkan akan tercapai.

Brush Make Up

make up brush

Kosmetik holic mana sih yang enggak suka dikasih souvenir berupa kuas dan brush make up. Barang yang satu ini penting banget lho untuk menunjang kebutuhan make up mereka.

Kamu enggak perlu kasih keduanya, cukup salah satunya aja. Coba buat desain yang unik dan sangat menggambarkan brand kosmetikmu. Pembeli akan sangat puas dengan pengalaman belanja mereka, dan sudah dipastikan akan melakukan transaksi lainnya.

Tumbler

Barang yang satu ini bisa dibilang sangat kekinian, apalagi di kalangan remaja hingga dewasa. Tumbler juga jadi kian ngetop sejak maraknya kampanye selamatkan bumi dari pemanasan global.

Meski kurang berhubungan dengan kosmetik, nilai guna dan posisinya dalam tren masyarakat cukuplah tinggi. Tumbler bisa menjadi salah satu barang potensial yang dapat kamu gunakan sebagai souvenir.

Agar masih connect dengan brand kosmetikmu, tetap desainlah tumbler itu sesuai dengan imej dan karakter dari brandmu. Sisipkan juga nama dan logo kosmetikmu jika memungkinkan.

Kalender

kalender

Kamu pasti bertanya-tanya, untuk jadi souvenir bukannya barang ini udah pasaran banget, ya?

Ada benarnya juga, tapi bukan berarti kamu enggak bisa bikin inovasi. Kamu bisa pakai jenis kalender duduk, karena praktis dan bisa dibagai pemanis meja kerja pelangganmu.

Untuk lebih menarik kamu bisa pakai-pakai desain ilustrasi yang ciamik dan kekinian. Bisa juga pakai foto-foto beauty influencer terkenal. Atau malah artis-artis K-Pop yang sekarang sedang ngetren.

Kaos / T-Shirt

Kaos adalah salah satu barang yang sudah sangat umum dijadikan marchandise atau souvenir. Meski medianya besar, kamu enggak harus menulis atau meletakkan logo brandmu besar-besaran di dalam desain kaos itu.

Ingat, tujuannya adalah biar pembeli puas. Kalau kaos itu jadi jarang dipakai karena logonya atau nama merknya terlalu besar, promosimu juga jadinya sia-sia.

Totebag

totebag

Barang ini juga bisa kamu jadiin list souvenir dari brand kosmetikmu lho. Selain nilai fungsinya, totebag juga sempat jadi tren dalam beberapa lama.

Tak hanya itu, totebag yang didesain dengan unik juga akan menunjang penampilan dari pembeli kosmetikmu. Dan lagi-lagi souvenir ini akan bisa digunakan sebagai alat untuk promosi dan mengenalkan brand kosmetikmu kepada orang-orang baru.

Tips Membuat Souvenir Kosmetik untuk Brandmu Sendiri

tips

Memberikan souvenir itu juga tidak boleh asal-asalan sih, Guys. Apalagi kalau mau memiliki desain yang unik dan orisinal. Kamu harus memikirkannya masak-masak dan enggak bisa sembarangan. Nah biar lebih gampang, ikuti tips di bawah ini, yuk!

Lakukan Riset

riset

Kamu harus tahu nih, siapa saja dan dari kalangan mana saja orang-orang yang membeli kosmetik dari brandmu. Apakah yang usianya remaja atau justru mama-mama yang sudah cukup berumur. Dengan demikian kamu dapat dengan mudah menentukan jenis souvenir apa yang kamu berikan.

Misalnya, untuk anak muda atau remaja, mereka akan lebih suka hal yang trendi dan bisa diposting di media sosial. Bisa deh dompet kosmetik, tas dan totebag kamu jadikan sebagai souvenir kosmetik.

Sementara untuk orang yang lebih dewasa pasti cenderung memperhatikan fungsinya. Kamu bisa pilih rak, tas, kalender sebagai souvenir dari brand kosmetikmu.

Perhatikan Desain Souvenir Kosmetik

Pada dasarnya semua barang yang telah disebutkan sebelumnya cocok-cocok saja digunakan sebagai souvenir kosmetik. Namun yang membuat barang itu dapat dikatakan souvenir adalah bagaimana relasinya dengan brand kosmetikmu.

Misalnya, kamu bisa menyesuaikan warna dan gambar ilustrasi souvenir tersebut dengan brandmu. Sehingga dengan kata lain, souvenir itu pun akan menunjukkan imej dari brand kosmetikmu.

Sebagai contoh, jika brandmu mengandung konsep yang elegan dan cenderung menggunakan warna merah gelap dan aksen emas. Maka terapkan desain konsep yang sama dalam barang souvenir yang ingin kamu pakai.

Bekerjasama dengan Tim yang Ahli dan Dapat Diandalkan

DIskusi Produk Kosmetik

Mengurus segalanya sendiri dari awal hingga akhir pasti sangatlah susah. Apalagi jika kamu tidak memiliki keahlian dalam bidang desain, pasti untuk merancang desain souvenir kosmetik yang kamu gunakan tidaklah mudah.

Masalah ini dapat kamu atasi dengan bekerja sama dengan orang-orang yang ahli di bidang desain. Misalnya nih lewat PT. Mash Moshem Indonesia, kamu enggak cuma bisa maklon kosmetik saja. Melainkan juga mendapatkan  berbagai pelayanan after sales terbaik. Dengan tim yang ahli di bidangnya, kami bisa membuat ide-ide menarikmu tentang souvenir menjadi nyata. Desain brand kosmetik serta souvenirnya juga akan kami yang urus, kamu hanya perlu diam dan duduk mengawasi prosesnya.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

produk hair treatment

Sering Berganti Gaya Rambut? Coba Produk Hair Treatment Terbaik Ini Agar Rambut Tak Rusak

Agar tampil maksimal, banyak perempuan menggunakan berbagai metode dan produk-produk kecantikan tertentu. Enggak hanya pada wajah, melainkan dari ujung rambut, hingga ke ujung kaki. Sayangnya, enggak semua metode kecantikan ini baik digunakan dalam jangka panjang. Misalnya untuk mendapatkan model...

Continue Reading

Leave a Comment