Jangan Salah Pilih, Berikut Jenis Kemasan yang Aman Digunakan untuk Produk Skincare Wajah

kemasan skincare

Kebayang enggak sih, kalau kualitas produk skincare wajah bisa menurun bahkan rusak karena kemasan yang tidak tepat?

Well, hal itu sangat mungkin terjadi. Karena di dalam formula skincare wajah, terdapat berbagai bahan yang rentan mengalami kerusakan.

Misalnya, salah satu zat yang paling banyak digunakan dalam perawatan kulit adalah vitamin C dan antioksidan. Kandungan ini sangat rentan mengalami oksidasi dan kehilangan manfaatnya.

Untuk itu diperlukan kemasan yang aman dan tepat sehingga kandungan-kandungan tersebut tidak hilang serta rusak begitu saja.

Tak hanya itu, kemasan juga dapat melindungi skincare wajah dari kontaminasi mikroba atau bakteri. Yang mana, merupakan pemicu timbulnya jerawat, iritasi hingga infeksi. Maka, sangat penting untuk menjaga agar mikroba ini tidak menyebar luas.

Dan banyak juga, lho, orang yang paham akan hal ini. Misalnya, berdasarkan allure.com, sebagian besar make up artist ternama memilih kosmetik dengan kemasan yang higenis dan dilengkapi dengan aplikator. Hal ini terjadi karena mereka menyadari bahwa menjaga kebersihan skincare atau kosmetik mereka sangatlah penting.

Nah, kalau sudah begitu kamu pasti sangat paham kalau kemasan skincare sangatlah penting untuk menjaga produkmu tetap aman. Apalagi kalau kamu ingin memulai bisnis kosmetik dengan brand-mu sendiri.

Kamu tentu tidak mau kalau para konsumen dan calon konsumenmu merasa kecewa, lalu tidak ingin terus berlangganan menggunakan produk kosmetik yang kamu buat.

Tapi, kira-kira bentuk kemasan seperti apa saja sih yang cocok digunakan untuk skincare wajah? Untuk tahu lebih lanjut, simak ulasan berikut ini, ya!

Bentuk Kemasan yang Cocok untuk Skincare Wajah

Hal utama yang harus tetap kamu perhatikan adalah keamanan produk. Kamu bisa mempertimbangkan menggunakan kemasan yang kedap udara, dan tidak gampang teroksidasi atau terkontaminasi bakteri.

Sementara itu, kemasan yang tidak tertutup rapat maupun kemasan dengan bentuk bak dengan mulut terbuka bisa jadi terkontaminasi oleh bakteri. Dengan demikian, kosmetik jadi berbahaya untuk digunakan karena kemungkinan besar telah terkontaminasi bakteri..

Sebagai referensi, beriku beberapa bentuk kemasan yang cocok untuk skincare wajah.

Tube (Bak Kecil)

tube

Bentuk kemasan ini diklaim sebagai kemasan yang paling ideal untuk melindungi kosmetik, lho. Karena dengan kemasan ini, kontaminasi dengan udara atau polusi di sekitar bisa diminimalisasi sehingga tak mengganggu isi dari produk tersebut.

Hal ini sangat penting, terlebih bagi pembeli yang memiliki kulit sensitif untuk menggunakan produk yang benar-benar masih terjaga kesterilannya. Saking amannya, kemasan tube juga sangat cocok dan terbilang praktis untuk dibawa traveling.

Kemasan tube paling bagus digunakan sebagai kemasan krim bertekstur tebal, misalnya krim pelembap wajah.

Meski aman, belum berarti bebas resiko. Kamu harus pastikan kerapatan tutup kemasan tubs terlebih dahulu. Karena kalau tutupnya longgar, udara bahkan sinar matahari akan masuk ke dalam kemasan dan membuat bahan skincare jadi teroksidasi atau bahkan berjamur.

Small Pots (Pot Kecil)

smallpots

Kemasan ini terbilang lebih ekonomis dan praktis. Ukurannya yang kecil menjadikannya mudah untuk dibawa bepergian.

Kemasan pot idealnya digunakan untuk produk dalam konsentrasi kecil. Misalnya eye cream, lip balm, dan lip scrub.

Sayangnya kemasan small pots lebih rentan resiko terkontaminasi bakteri. Mengapa demikian? Tentu karena kontak langsung dengan jari atau bibir pengguna.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa tetap menjaga keamanan produk dan keselamatan konsumenmu dengan mengakali hal ini. Cukup sediakan spatula atau scoop kecil sebagai aplikator tambahan.

Dengan demikian, konsumen tidak perlu menggunakan tangannya langsung ketika ingin mengaplikasikan produk tersebut.

Botol Transparan

transparan

Kemasan ini idealnya dipakai untuk skincare wajah dengan konsentrasi yang tidak terlalu tinggi, misalnya yang berbagan dasar air. Contoh produknya antara lain toner dan cleanser.

Asalkan produk skincare tersebut tidak mengandung antioksidan, vitamin C dan retinol. Maka cukup aman dan praktis jika memilih botol transparan sebagai kemasan produk perawatan kulit wajahmu.

Pump

pump

Kalau ditanya kemasan apa yang paling aman dari oksidasi, maka jawabannya adalah pump. Yap, kemasan ini cenderung kedap suara dan lebih higenis.

Selain itu, kemungkinan teroksidasi dan terkontaminasi bakteri saat digunakan juga sangat kecil. Karena cairan skincare tidak langsung tersentuh oleh jari-jari pengguna.

Pump yang kedap udara akan melindungi kandungan skincare wajah dari brand kosmetikmu dari udara maupun zat-zat luar yang berbahaya.

Produk skincare wajah yang biasanya digunakan dengan kemasan ini adalah produk dengan konsentrasi formula yang tinggi. Misalnya serum dengan kandungan anti-aging, whitening, dan lainnya.

Botol Kaca Kecil dengan Dropper

dropper

Kamu pastinya sudah tidak asing dengan kemasan yang satu ini. Meski terbilang cukup baru, tapi karena efisiensinya, kemasan ini sangat sering digunakan. Apalagi untuk jenis produk perawatan wajah dengan konsentrasi zat yang tinggi. Misalnya serum, essens, dan face oil.

Namun botol kaca yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Karena konsentrasi zatnya yang tinggi, kamu juga harus lebih berhati-hati dalam memilih kemasannya agar produk tidak teroksidasi.

Gunakan botol kaca dengan warna yang gelap, hal ini untuk menghindari oksidasi oleh cahaya matahari. Dengan demikian, kandungan dari produk skincare wajah yang kamu produksi tidak akan hilang atau berubah berbahaya.

Botol dengan Spray

kemasan spray

Sudah kepikiran belum, produk skincare wajah apa yang cocok dengan botol ini? Yap, jawabannya adalah face mist dan essence.

Karena dilengkapi dengan spray, maka skincare wajah yang dapat dikemas dalam botol ini adalah yang berbahan dasar air dan tidak memiliki tekstur yang kental.

Selain itu, dengan spray pengguna tidak perlu kerepotan untuk memakai aplikator apapun dan skincare mereka akan tetap bersih.

Kemasan Plastik

Kemasan plastik

Sheet mask, pembersih make up, dan make up dalam traveling kit biasanya banyak menggunakan model kemasan ini. Meski terbilang sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana, kemasan ini kurang ramah lingkungan. Sebab tak bisa dipakai kembali dan menggunakan bahan dasar yang sulit terurai.

Itu adalah beberapa jenis kemasan yang umumnya cocok digunakan untuk skincare wajah. Apakah kamu sudah punya gambaran kemasan skincare mana yang ingin kamu pakai untuk brand kosmetikmu?

Setelah tahu bahwa kemasan sangat krusial untuk keamanan produk skincare, kamu juga harus lebih berhati-hati. Karena sebagai seorang pebisnis yang baik, kamu juga harus memperhatikan kenyamanan pengguna skincare dari brand kosmetikmu.

Membuat kemasan skincare yang menarik dan aman pasti tidak mudah jika dilakukan seorang diri. Membeli di sembarang tempat juga tidak memberi jaminan kualitas yang baik. Misalnya bisa saja ada kecacatan produk, atau bahkan penggunaan bahan-bahan yang salah.

Apalagi zat-zat yang ada di dalam formula skincare wajah juga amat rentan rusak karena oksidasi dan bakteri. Lalu apa yang sebaiknya kamu lakukan?

Kerepotan dan masalah seperti ini enggak akan muncul andaikan kamu maklon kosmetik di tempat yang tepat, misalnya lewat PT. Mash Moshem Indonesia.

Kami memiliki tim yang solid dan cakap di bidang masing-masing. Termasuk di bidang desain yang dapat mewujudkan ide kosmetik impianmu jadi kenyataan. Dengan demikian kamu bisa mengkonsultasikan formula dan keamanan produkmu beserta kemasannya dengan tim handal kami.

Dengan konsep One Stop Solution for Cosmetics OEM/ODM, kami akan membantumu dari awal hingga akhir. Yakni mulai dari saat memilih konsep, membuat formula, desain kemasan untuk skincare atau kosmetikmu, proses produksi hingga pemasaran produkmu.

Tunggu apalagi, segera realisasikan impianmu untuk mempunyai brand kosmetik sendiri bersama PT. Mash Moshem Indonesia!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

startegi penjualan saat pandemi

Omset Kian Turun, Pahami Strategi Penjualan Produk Kosmetik Saat Pandemi

Selama pandemic covid berlangsung, banyak hal yang menyebabkan kebiasaan konsumsi masyarakat berubah. Karenanya, kamu bisa menentukan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi. Sebab, di masa yang tidak pasti ini banyak usaha yang ditutup secara sementara maupun permanen. Karenanya dengan...

Continue Reading

Leave a Comment