Biar Kembali Lembut, Berikut Cara Memilih Liptint untuk Bibir Kering yang Pelu Kamu Ketahui

liptint untuk bibir kering

Memiliki bibir yang sehat dan merona memang dambaan semua orang, apalagi buat kaum hawa. Sebab itu akhirnya banyak yang membubuhkan kosmetik di atas bibir untuk mendapatkan efek merona yang diinginkan.

Mulai dari mengaplikasikan lipstick, lipcream hingga liptint. Apalagi liptint mampu memberikan warna yang segar, alami dan dapat bertahan dengan lama.

Sayangnya, banyak dari pengguna kosmetik ala K-beauty ini merasa bahwa terlalu sering menggunakan lip tint bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah.

Benar enggak sih?

Hal ini tentu membuatmu sangat bimbang. Di sisi lain kamu ingin bibirmu selalu tampak merah alami dengan menggunakan liptint. Namun penggunaan liptint bisa saja berpotensi membuat bibirmu kering.

Sebenarnya, bibir kering enggak cuma disebabkan oleh pemakaian liptint. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi hilangnya kelembapan dari bibir kita.

Misalnya bisa saja disebabkan oleh kondisi lingkungan, kondisi tubuh yang tidak baik, atau melakukan kebiasaan buruk lainnya.

Kondisi bibir yang kering menandakan bibir sedang dalam keadaan kurang lembap. Apalagi nih, bibir kita enggak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada tubuh bagian lainnya.

Hal ini kemudian membuat bibir tidak bisa melumasi atau memproduksi minyak sendiri. Dengan demikian kamu pun harus lebih memperhatikan kesehatan bibirmu, misalnya dengan menjaga kelembapannya.

Begitu pun saat ingin membeli atau menggunakan produk kosmetik tertentu. Kamu harus memilih yang tidak akan membuat bibirmu semakin kering. Usahakan pula memakai yang dapat memberikan kelembapan ekstra.

Misalnya, dalam memilih liptint untuk bibir kering juga enggak boleh sembarangan. Karena dengan sembrono memilih kamu bisa membuat kondisi bibirmu makin parah.

Untuk tahu lebih jauh soal bibir kering dan bagaimana cara memilih liptint untuk bibir kering yang cocok kamu gunakan. Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Berbagai Penyebab Bibir Jadi Kering

Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah tentunya menimbulkan rasa tak nyaman dan sakit. Apalagi kalau kondisi bibir kering ini semakin parah dan sampai berdarah, pasti menimbulkan rasa perih.

Kondisi ini pastinya sangat umum dialami oleh sebagian besar orang. Selain menimbulkan rasa tak nyaman bahkan menyakitkan, bibir yang kering juga mengganggu penampilan.

Hal ini karena permukaan bibir jadi tidak rata dan membuat produk-produk kosmetik susah menyatu di bibir.

Nah, kamu enggak perlu khawatir karena memiliki bibir kering. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Namun sebelum itu, ada baiknya untukmu mengetahui berbagai penyebab bibir jadi kering dan pecah-pecah. Sehingga kamu bisa mencegah kondisi ini dan merawat bibirmu agar lebih sehat lagi.

Berikut beberapa penyebab bibir jadi kering dan pecah-pecah. Baca sampai habis, ya!

Faktor Perubahan Cuaca

Apakah kamu tahu cuaca bisa sangat berpengaruh pada kondisi bibir kita? Yap, cuaca bisa jadi salah satu penyebab utama bibir kita jadi kering dan pecah-pecah.

Cuaca sebenarnya sangat berpengaruh pada kondisi kulit kita, bukan hanya bagian tubuh dan wajah melaikan kulit bibir kita juga.

Misalnya, dalam cuaca dingin bibir akan cepat menjadi kering dan pecah-pecah. Dalam kondisi yang paling ekstrim, lip balm bahkan enggak bisa mengatasi hal ini.

Hal inilah yang kemudian menunjukkan bahwa cuaca dan lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan dan kondisi bibir kita.

Kebiasaan Suka Menjilat Bibir

Hayo siapa yang suka jilat-jilat bibir? Apalagi kalau pas bibir terasa kering, pasti keinginan untuk membasahi bibir dengan cepat cukup besar.

Nah, banyak dari kita yang cenderung akan menjilat bibir demi ingin bibir kembali basah. Padahal salah satu penyebab bibir jadi kering adalah dengan menjilat bibir, lho.

Karena menjilat bibir hanya akan menghilangkan kondisi kering dan pecah-pecah itu dalam waktu yang tidak lama, alias sementara saja.

Enggak hanya itu, kebiasaan yang kurang tepat ini akan membuat air liur menguap di bibir. Yang akan malah menarik kelembapan dari bibir kita, lho.

Akhirnya kondisi permukaan  bibir akan semakin kering, dan bisa saja lebih buruk dari sebelumnya.

Akibat Paparan Sinar Matahari

paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari secara berlebihan memang dapat mempengaruhi kondisi kulit kita, mulai dari bagian tubuh hingga kulit bibir. Yang kemudian akan membuat bibir jadi kering dan pecah-pecah.

Hal ini karena dalam paparan sinar matahari terdapat dua jenis sinar ultraviolet (UV) yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan kulit kita.

Penggunaan Liptint dengan Kandungan Tertentu

liptint dari lidah buaya

Penggunaan liptint bisa tidak disarankan kalau memberikan efek yang buruk untuk kondisi bibir kita. Namun enggak semua liptint begitu, ya.

Kamu harus memperhatikan kandungan-kandungan yang ada dalam komposisi liptint yang hendak kamu beli.

Misalnya hindarilah liptint dengan kandungan bahan-bahan yang dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Mulai dari menthol, fenol, hingga camphor.

Kamu bisa memilih liptint untuk bibir kering, yang khusus mengatasi kondisi bibir kamu. Biasanya dalam produk tersebut akan terdapat berbagai kandungan yang dapat menghidrasi kulit bibirmu dengan baik.

Kebiasaan Bernapas Lewat Mulut

Kamu pasti enggak nyangka kalau hal sesepele ini bisa bikin kulit bibirmu jadi kering dan pecah-pecah. Yap, kebiasaan bernapas lewat mulut ternyata jadi sebab bibir kering yang selanjutnya.

Hal ini dikarekan bernapas lewat mulut bisa menghilangkan kelembapan dari bibir dan membuat permukaan kulit bibir jadi lebih kering.

Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Asin dan Pedas

Jenis makanan yang kita konsumsi bisa berpengaruh besar pada kesehatan dan kecantikan kita, lho. Termasuk mempengaruhi kondisi permukaan kulit bibir dan menjadikannya kering.

Misalnya karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan rasa asin dan pedas, bisa menyebabkan bibir jadi kering dan pecah-pecah.

Karena kandungan garam yang ada dalam makanan asin mampu menarik kelembapan dan mengiritasi kulit bibir. Begitu pun dengan makanan pedas, yang juga berpotensi membuat bibirmu jadi lebih rentan kering.

Dehidrasi

Hal yang dapat menyebabkan bibir jadi kering dan pecah-pecah lainnya adalah dehidrasi. Saat tubuh kamu tidak terhidrasi dengan baik, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan kulitmu. Mulai dari kulit tubuh, wajah, hingga kulit bibir.

Oleh sebab itu, agar bibir kamu tidak gampang kering dan pecah-pecah. Rajinlah minum air putih, pokoknya minimal delapan gelas dalam sehari.

Selain agar bibir tetap segar, kamu juga tidak akan merasa mudah lemas dan lelah. Karena dehidrasi juga bisa mempengaruhi kondisi tubuhmu.

Kekurangan Vitamin

bahan-bahan masker organik

Telah disinggung sebelumnya, bahwa makanan sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita.

Karena dalam makanan terdapat berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Begitu pun kondisi bibir yang kering, hal ini bisa saja diakibatkan karena kekurangan vitamin.

Misalnya vitamin B2 yang sangat diperlukan untuk menjaga fungsi sel, metabolisme lemak dan sangat berkontribusi pada kesehatan kulit.

Kekurangan vitamin ini bisa berakibat negatif pada kesehatan dan kecantikan kulit. Misalnya timbul masalah kulit seperti jerawat, bibir pecah-pecah dan kering, juga munculnya ruam.

Enggak hanya itu, kadar zinc dan zat besi yang rendah dalam tubuh juga bisa membuat bibir pecah-pecah. Terutama pada bagian sudut bibir.

Oleh sebab itu kamu harus meningkatkan gizi makananmu dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B2. Misalnya dari telur dan daging tanpa lemak.

Tips Memilih Liptint untuk Bibir Kering yang Cocok Buatmu

lip serum mash moshem

Bagi pecinta K-beauty, liptint tentu jadi salah satu produk kosmetik yang paling sering digunakan. Apalagi liptint mampu memberikan kesan natural, menyegarkan dan alami.

Namun enggak sedikit juga yang merasa khawatir dengan menggunakan liptint malah akan membuat bibir jadi kering.

Well, tapi enggak semua liptint begitu, ya! Kamu harus jeli memilih produk liptint untuk bibir kering yang bisa kamu gunakan tanpa khawatir akan kondisi bibirmu.

Caranya mudah banget, kamu bisa ikuti tips memilih liptint untuk bibir kering di bawah ini.

Pilih Produk dengan Label Khusus Mengatasi Bibir Kering

Kini inovasi produk liptint semakin banyak ditemukan di pasaran. Baik dari segi warna hingga kegunaannya pun sangat beragam.

Nah, bagi pemilik bibir kering harus sangat telaten untuk memilih liptint agar bibir tidak semakin dehidrasi dan pecah-pecah.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah memilih produk liptint yang memang dibuat untuk pemilik bibir kering. Biasanya dalam formulanya akan terkandung bahan-bahan yang bisa membantu menjaga dan melembapkan bibir.

Perhatikan Kandungan Alami pada Liptint

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah kandungan alami pada liptint yang berguna untuk menjaga kelembapan bibir. Pemakaian kandungan alami dalam liptint untuk bibir kering dinilai lebih aman dan tidak akan menimbulkan reaksi alergi atau iritasi lanjutan.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai campuran formula liptint untuk kulit kering.

Sunflower seed oil

sun flower

Bahan alami satu ini merupakan minyak ekstrak dari biji bunga matahari. Yang dinilai sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan bibir kita.

Ekstrak biji bunga matahari ini dapat menutrisi bibir agar tetap sehat saat menggunakan liptint. Karena bahan alami ini sangat sehat untuk melembapkan emolien bibir sehingga membuat bibir sangat lembut dan menyejukkan kulit. Kandungan alami ini juga memlihar birbir dengan kaya nutrisi dan antikasidan.

Jojoba oil

Minyak jojoba berfungsi seperti halnya lip balm yang berbahan dasar petroleum jelly. enggak hanya itu, minyak ini juga mengandung berbagai vitamin sepeti vitamin E dan B.

Yang mana kesemuanya itu sangat berguna untuk mengunci kelembapan bibir alami bibir. Dengan demikian bibir akan senantiasa lembap dan tidak mudah kering.

Coconut oil

Bahan alami lain yang bisa sangat berguna untuk melembapkan bibir adalah coconut oil atau minyak kelapa. Yang mana sudah banyak digunakan sebagai campuran dalam formula-formula kosmetik.

Hal ini karena, dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam laurat. Yang rupanya sangat berguna untuk melembapkan kulit, termasuk bibir.

Bahkan minyak kelapa mampu menghidrasi bibir dengan baik dan membantu menyembuhkan luka pada bibir yang kering. Jadi kamu tidak perlu khawatir saat menggunakan liptint dengan kandungan bahan alami ini.

Shea butter

smallpots

Kamu pasti udah enggak asing dengan bahan yang satu ini. Yap shea butter merupakan bahan alami yang sering dan cukup umum digunakan dalam berbagai produk kosmetik.

Khususnya produk-produk untuk mengembalikan kelembapan di kulit. Nah, shea butter ini juga sangat baik digunakan dalam komposisi liptint, lho.

Karena shea butter ini rupanya mampu melindungi bibir dari berbagai dampak buruk akibat perubahan cuaca. Dengan demikian, bahan alami ini mengurangi kemungkinan bibirmu jadi kering dan pecah-pecah.

Minyak Zaitun

masker dari minyak zaitun

Minyak zaitun memang sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kita. Salah satunya sangat berguna untuk melembapkan permukaan bibir kita.

Hal ini dikarenakan dalam minyak zaitun terdapat berbagai vitamin yang dipercaya dapat menjaga kelembapan bibir. Dan juga sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Oleh sebab itu menggunakan liptint dengan kandungan minyak zaitun enggak hanya akan bikin bibirmu cantik, tapi juga terbebas dari kondisi kering dan pecah-pecah.

Minyak argan

Enggak cuma baik untuk melembutkan kulit tubuh dan wajah, minyak argan rupanya sangat bermanfaat untuk bibir kita.

Hal ini karena minyak argan mampu memberikan kelembapan pada bibir, dan dapat memperbaiki kondisi bibir yang kering dan rusak akibat paparan sinar matahari.

Madu

madu untuk masker wajah

Bahan alami yang manis dan kaya vitamin ini juga dapat menjadi bahan penting untuk mengatasi bibir kering.

Enggak cuma mampu melembapkan bibir, madu juga mengandung anti oksidan, anti radan dan anti bakteri. Sehingga penggunaan liptint dengan bahan dasar madu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan bibir kita.

Green tea

green tea

Green tea emang jagoan kalau soal jaga kesehatan dan kecantikan kulit. Begitu pun saat dikombinasikan dalam komposisi liptint, bahan alami ini sangat berkhasiat untuk menjaga bibir kita agar selalu lembap.

Hal ini karena green tea kaya akan kandungan antioksidan dan mineral, yang mampu menjaga kesehatan dan kecantikan bibir.

Hindari Kandungan Berbahaya pada Liptint

bahan kosmetik berbahaya

Selain kandungan-kandungan alami yang ada pada liptint, enggak ada salahnya juga untuk memperhatikan kandungan-kandungan lain dalam komposisi produk yang akan kamu beli ini.

Hal ini untuk menghindari adanya kandungan yang berbahaya dan berpotensi membuat kulit bibirmu makin kering.

Berikut beberapa kandungan yang sebaiknya kamu hindari karena bisa bikin bibir kering.

Phenol dan Mentol

Kalau menemukan kedua kandungan ini dalam liptint untuk bibir kering yang kamu beli, sebaiknya kamu lebih hati-hati, ya.

Penggunaan menthol dan phenol dalam liptint memang bisa membuat bibir jadi terasa segar dan sejuk. Namun, kandungan ini malah bisa membuat bibir iritasi dan menjadi lebih sensitif terhadap kondisi lingkungan.

Parfum atau Wewangian

minyak lavender

Wewangian atau aroma tertentu seringnya jadi salah satu ciri khas pada produk liptint. Misalnya aroma buah-buahan, bunga-bungaan dan lain sebagainya.

Sayangnya penggunaan bahan wewangian ke dalam liptint ternyata kurang bagus untuk kecantikan kulit. Hal ini karena wewangian menjadi penyebab utama bibir iritasi, pecah-pecah dan kering.

Pilih Liptint untuk Bibir Kering dengan Kandungan SPF

Telah disebutkan sebelumnya, paparan sinar matahari berlebihan bisa bikin kulit bibir kering dan dehidrasi. Bahkan enggak jarang sampai pecah-pecah dan berdarah.

Hal ini tentunya bisa bikin enggak nyaman dan penampilanmu jadi kurang maksimal. Nah untuk mengatasinya, gunakan liptint yang mengandung SPF dan mampu melindungi bibir dari paparan sinar matahari berlebih.

Dengan demikian, meski sering beraktivitas di luar ruangan bibirmu jadi enggak cepat kering dan pecah-pecah.

Nah, itu adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang liptint untuk bibir kering. Mulai dari penyebab bibir kering, sampai cara memilih produk liptint yang cocok untukmu.

Kalau kamu memiliki ide atau tips-tips lain seputar liptint untuk bibir kering, diskusikan ke kolom komentar, ya!

Tampil cantik emang perlu, tapi kamu harus selalu mengutamakan faktor kesehatannya. Jika kamu menggunakan liptint tertentu dan menunjukkan tanda-tanda yang buruk, segera hentikan pemakaian.

About Author

Related posts

Leave a Comment