Ketika Harbolnas 2020 Jadi Bestseller No. 2, Bukti Bisnis Kosmetik Kian Menjanjikan

data harbolnas katadata

Rupanya antusiasme masyarakat terkait kosmetik kian meningkat dari tahun ke tahun. Terbukti selama Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2020 lalu, kosmetik menjadi salah satu produk yang paling banyak dibeli oleh konsumen. Hal ini tentunya juga menjadi angin segar bagi para pelaku bisnis kosmetik untuk perkembangan usaha mereka.

Harbolnas merupakan kegiatan tahunan yang dibentuk oleh enam e-commerce besar di Indonesia sejak 12 Desember 2012 lalu. Acara yang kini dikawal Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) telah berkembang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya ritel dan e-commerce yang ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Misalnya pelaku bisnis di bidang teknologi, fesyen, hingga kosmetik.

Dilansir dari databoks.katadata.co.id, terhitung 50% dari total responden yang berbelanja selama Harbolnas membeli produk-produk kosmetik. Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat untuk membeli alat kecantikan sangatlah tinggi, mengalahkan pembelian di bidang teknologi dan kebutuhan sehari-hari.

Peluang Berbisnis Kosmetik

harbolnas kosmetik

Melihat tingginya antusiasme terhadap kosmetik selama harbolnas tahun lalu, menunjukkan bahwa bisnis di bidang kecantikan makin berpeluang besar. Terlebih banyak beauty vloger dan influencer yang menginspirasi dan membuat masyarakat, khususnya perempuan, untuk lebih tertarik dengan kosmetik.

Industri kosmetik mencakup beragam bisnis seperti klinik perawatan wajah dan kulit, aromaterapi, salon kecantikan, toko kosmetik, jasa perias wajah, hingga memproduksi kosmetik sendiri. Terlebih sudah waktunya bagi kita untuk menciptakan sesuatu, dan tidak terus menerus menjadi konsumen.

Dengan peluang yang semakin lebar dari tahun ke tahun, akan sangat disayangkan kalau kamu tidak ikut ambil bagian untuk membuat bisnis kosmetikmu sendiri. Asal kamu memiliki niat yang teguh, ada ruang lingkup pertumbuhan dan didukung rencana yang matang. Bukan enggak mungkin kalau bisnis kosmetikmu bisa terus dikembangkan sampai sukses.

Dikutip dari marketresearch.com, pasar kosmetik dunia diperkirakan telah menghasilkan pendapatan mendekati 62 miliar dollar pada tahun 2016. Nilai ini kemudian diperkirakan akan naik hingga 429,8 miliar pada tahun 2022.

Nah, Guys, jangan takut untuk memulai bisnis kosmetikmu. Karena dari statistik tersebut dengan jelas diketahui bahwa ada banyak peluang bagimu untuk memulai bisnis di bidang ini. Karena meski hanya berskala kecil, kemungkinan untuk meraup untung masihlah cukup besar.

Pangsa Pasar yang Kian Luas

bisnis kosmetik

Even harbolnas 2020 lalu menunjukkan ketertarikan masyarakat terhdap kosmetik makin tinggi. Hal ini cukup wajar mengingat keinginan untuk tampil cantik dan selalu merawat diri kini tidak hanya dilakukan oleh kaum perempuan. Saat ini banyak produk-produk perawatan diri yang dikhususkan untuk laki-laki juga diproduksi.

Fenomena ini menjadikan bisnis kosmetik dan kecantikan kian potensial dari waktu ke waktu. Bagaimana tidak, pangsa pasar kosmetik melebar tanpa ada batasan gender, juga usia.

Pada tahun 2019, laju bisnis kosmetik di Tanah Air juga semakin meningkat. Tidak mengherankan sebenarnya, populasi penduduk usia muda di Indonesia sangatlah besar. Dilansir dari Tempo.com, mencapai jumlah 28 juta pada tahun 2020. Hal ini juga yang kemudian mempengaruhi peningkatan potensi pasar kosmetik dalam negeri.

Tak hanya itu pada data tahun 2020, jumlah target pasar di Indonesia yang cukup menggiurkan yakni sebanyak 267 juta jiwa. Di mana demografi populasi perempuan mencapai 130 juta jiwa dan sekitar 68 persennya berada di usia produktif. Dengan pasar yang luas tersebut, kamu bisa lebih percaya diri untuk berbisnis di bidang kosmetik.

Laju bisnis kosmetik kian mulus seiring dengan banyaknya beauty influencer yang muncul dan berpengaruh besar. Mereka mampu menggerakkan tren milenial yang semakin memperhatikan produk perawatan tubuh sebagai kebutuhan utama. Hal ini akhirnya mempengaruhi pertumbuhan bisnis kosmetik, melalui banyaknya permintaan konsumen untuk melakukan inovasi produk kian tinggi.

Milenial Sebagai Wirausahawan Muda

milenial berbisnis

Sebagai seorang milenial kamu juga pastinya memiliki keinginan untuk maju dan berkembang. Keinginan ini dapat kamu wujudkan dengan cara memulai bisnis atau berwirausaha secara mandiri dalam berbagai  bidang. Kamu bisa mulai dari hal-hal yang dekat dan kamu sukai, misalnya di kosmetik, yang selama harbolnas lalu menjadi bestseller nomor dua.

Selain itu, sejak 2018 lalu pemerintah juga telah menyatakan dukungannya kepada pengusaha-pengusaha muda melalui pembentukan RUU Kewirausahaan. Karena kontribusimu dalam berwirausaha akan memberikan banyak keuntungan bagi Negara. Nah, kapan lagi kamu bisa memajukan kualitas diri sekaligus menjadi ujung tombak bagi bangsa?

Dikutip dari dpr.ri.go.id, Jazuli dari Fraksi PKS DPR R1 mengungkapkan bahwa Negara yang mau bertumpu pada kewirausahaan bangsanya. Lebih lanjut ia mengatakan jika Indonesia memiliki kapasitas dalam hal itu dan harus didukung dengan kerangka kebijakan yang fokus, terarah dan sistematis. Hal ini diperlukan untuk memajukan kewirausahaan nasional. Oleh karena itu keberadaan RUU Kewirausahaan sangatlah penting.           

Berdasarkan tuturan tersebut, terlihat sekali Pemerintah sangat mendukung generasi muda untuk tampil menjadi wirausahawan atau pebisnis baru yang tangguh. Tidak mengherankan juga, karena di zaman ini peluang bisnis untuk para kaum milenial sangat lah besar. Dengan dukungan dan kesempatan yang begitu besar seperti ini, akan sangat disayangkan jika kamu melewatkannya begitu saja.

Maklon Kosmetik – Alternatif Mudah Membangun Bisnis Kosmetik

Setelah melihat data harbolnas di atas, dapat diketahui peluang bisnis kosmetik yang cukup besar dan kian luas tiap tahunnya. Nah, apakah kamu tidak tertarik untuk ambil bagian? Apalagi banyak public figure, beauty blogger dan influencer telah memulai bisnis ini terlebih dahulu.

Kamu tak perlu khawatir mengeluarkan modal besar untuk membangun perusahaan sendiri. Kamu bisa bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik yang kini dapat dengan mudah kamu temukan.

Maklon kosmetik merupakan manufacturing kosmetik yang dilakukan oleh pihak lain. Pada umumnya penyedia jasa maklon juga telah memiliki pabrik produksi kosmetik yang telah bersertifikat resmi. Proses produksinya juga tidak asal, melainkan diawasi oleh tenaga profesional serta di bawah izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Meski bukan pabrik sendiri, bukan berarti kamu tidak dapat memberikan konstribusi apapun. Kamu tetap bisa mengajukan dan mendiskusikan konsep-konsep produk kosmetik yang ingin kamu buat. Dengan demikian, menggunakan jasa maklon kosmetik tidak akan mengurangi kreativitasmu dan malah memberikan keuntungan banyak. Bagaimana tidak, kamu bisa lebih menghemat waktu, biaya dan tenaga.

Kamu juga semakin diuntungkan karena banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan. Pasalnya pemilik bisnis tak harus repot-repot mengurus izin edar serta sertifikasi keamanan produk. Urusan yang berkaitan dengan legalitas akan diatasi oleh penyedia jasa, begitu juga dengan pembuatan hingga pemasaran produk.

Terlebih pada umumnya perusahaan maklon juga memberikan after service  yang menguntungkan bagi klien. Seperti pemasangan iklan, pemasaran dan pendistribusian produk ke para konsumen. Jaringan kerjasama yang luas juga membantu perusahaan maklon memberi feedback kepada klien mereka.

Walau kelihatan sangat menggiurkan, bukan berarti kamu bisa asal tunjuk perusahaan jasa maklon mana yang ingin kamu ajak kerja sama. Kamu harus tetap selektif agar tidak salah pilih. Apalagi tidak semua menyediakan tenaga profesional di semua bidang usaha. Misalnya di bidang desain dan konsep produk, pemasaran hingga distributornya. Klien tentu saja butuh masukan serta diskusi untuk mewujudkan ide di kepala mereka.

PT Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan pendiri jasa maklon kosmetik yang mengusung konsep unik dan orisinal. Kami telah memiliki banyak pengalaman di bidang ini, perusahaan kami juga telah memiliki sertifikasi bisnis dan BPOM. Jadi jika kamu ingin berbisnis kosmetik dengan mudah dan efisien, serahkan saja kepada kami. Enggak perlu takut keteteran, kamu hanya perlu memantau dan kami yang akan mengurus dari awal sampai akhir.

Yuk, ambil bagianmu sebagai pebisnis muda yang tangguh!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Leave a Comment