Old But Gold, Ini Dia Resep Masker Kunyit dan Manfaatnya untuk Wajah

resep masker kunyit (1)

Selain buah dan bunga-bungaan, rempah asli Indonesia ini juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit, lho.

Yap! Kunyit tidak hanya dapat digunakan sebagai pelengkap bumbu makanan atau dijadikan sebagai obat tradisional.

Bahan alami ini telah lama digunakan untuk menjaga kecantikan alami perempuan Nusantara sejak zaman dahulu.

Bahkan, hingga kini banyak produk perawatan wajah yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya, khususnya dipakai dalam formula masker wajah.

Nah, kira-kira apa sih manfaat kunyit untuk wajah? Dan apakah bisa menggunakan bahan alami ini sebagai perawatan di rumah sendiri?

Langsung simak ulasan di bawah ini sampai habis, ya!

Berbagai Manfaat Kunyit untuk Wajah

resep masker kunyit (2)

Kunyit telah lama digunakan sebagai ramuan tradisional, yang sangat baik untuk menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh.

Namun, nutrisi dalam kunyit ini enggak hanya bagus untuk kesehatan tubuh kita. Melainkan dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Berikut ini manfaat kunyit untuk wajah, ketika kamu menggunakannya sebagai perawatan secara rutin.

Membuat Wajah Tampak Lebih Cerah Alami

mencerahkan kulit

Buat kamu yang terlalu sering beraktivitas di luar ruangan, pasti kulit wajahmu sangat rentan terkena dampak buruk dari panasnya sinar matahari, salah satunya membuat kulit wajahmu tampak lebih kusam.

Nah, untungnya kunyit bisa membantumu mengatasi dampak buruk matahari satu ini. Sebab kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya bisa membantu mencerahkan kulit wajah kamu secara alami.

Menyamarkan dan Menghilangkan Bekas Jerawat

skincare untuk kulit kering

Tak cukup dengan rasa tidak nyaman saat jerawat tumbuh, bekasnya ketika hilang pun terkadang membandel dan sukar dihilangkan.

Namun, kamu tak perlu risau lagi. Sebab selain dapat mencerahkan wajah secara umum, kunyit pun dapat membantumu menyamarkan bekas jerawat di wajah, lho.

Kandungan antioksidan dalam kunyit mampu merangsang pembentukan kolagen, sehingga proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat pun dapat lebih efektif.

Tak hanya itu, antioksidan pun diketahui dapat memperbaiki dan memulihkan sel serta jaringan kulit yang bermasalah. Dengan demikian, bekas jerawat dapat sedikit demi sedikit tersamarkan hingga dapat hilang sepenuhnya.

Mengurangi Kerutan dan Garis Halus di Wajah

mencegah penuaan dini

Tanda-tanda penuaan pada kulit dapat muncul lebih cepat daripada seharusnya, yang sering disebut sebagai penuaan dini.

Penuaan dini ini dapat timbul karena faktor internal maupun eksternal, yakni mulai dari perubahan hormone, stress, hingga karena paparan radikal bebas dan sinar matahari berlebihan.

Salah satu tanda penuaan yang kerap muncul lebih cepat di kulit wajah adalah kerutan dan garis halus. Apakah kamu merasa atau menemukan tanda ini di wajahmu?

Jangan khawatir, karena kamu bisa mengatasinya secara alami dengan menggunakan masker kunyit. Ini karena kandungan dalam kunyit dapat membantu memperbaiki tekstur kulit wajahmu secara menyeluruh, termasuk dalam menyamarkan garis halus dan kerutan.

Tak cuma itu, penggunaan masker kunyit dengan rutin pun dipercaya dapat bekerja meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, sehingga elastisitas kulit pun akan senantiasa terjaga.

Mengatasi Hiperpigmentaasi Kulit

cara mengatasi melasma

Hiperpigmentasi merupakan salah satu masalah yang sangat umum dialami oleh banyak orang. Sebab tak hanya dipengaruhi gen, hiperpigmentasi justru cenderung muncul karena paparan sinar matahari berlebihan.

Cara mengatasi hiperpigmentasi pada kulit terbilang mudah, termasuk dengan menggunakan masker kunyit.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penggunaan kunyit sebagai perawatan wajah alami secara rutin, mampu mengatasi dan menyamarkan noda gelap di wajah yang diakibatkan oleh hiperpigmenatsi.

Bahkan, secara spesifik disebutkan bahwa kunyit mampu mengurangi hiperpigmentasi kulit hingga 14 persen.

Mampu Merawat dan Mengatasi Jerawat

jenis jerawat (1)

Tak hanya dapat menyarmakan bekasnya, manfaat masker kunyit selanjutnya adalah dapat merawat dan mengatasi jerawat membandel.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi pada kunyit, menjadikan bahan alami ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi jerawat.

Senyawa antioksidan dapat membantu merangsang pembentukan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Sementara itu, senyawa antiinflamasi dalam kunyit mampu mengurangi rasa tidak nyaman dan gatal pada jerawat yang meradang.

Menyamarkan Tampilan Mata Panda

manfaat tomat untuk wajah (1)

Sering lembur atau nge-drakor sampai pagi? Coba cek wajah kamu di cermin, deh, pasti ada lingkaran hitam yang muncul di area kantung mata.

Kondisi ini sering disebut dengan mata panda, yang meski enggak menimbulkan sensasi tidak nyaman tapi bisa berefek pada penampilanmu.

Yakni dengan menimbulkan kesan lelah, bahkan tampak lebih tua. Cara menyamarkan tampilan mata panda terbilang sangat mudah, kamu bisa menggunakan masker kunyit juga, lho!

Kunyit dapat bekerja sebagai agen anti-inflamasi dan pencerah kulit. Sehingga ketika digunakan sebagai eye mask alami, kunyit mampu mengurangi bengkak dan kehitaman yang muncul di area mata.

Melembapkan Kulit Kering

Jangan kira kulit wajah yang kering ini menandakan bahwa kulitmu sehat, malah sebaliknya kamu harus lebih waspada.

Sebab kulit yang kering juga membuat skin barrier tidak dapat bekerja optimal dalam melindungi epidermis. Akhirnya, wajah akan jauh lebih mudah teriritasi dan jadi sensitive.

Selain mengontrol produksi sebum, kunyit juga bisa mengikat kelembapan alami pada kulit sehingga menjaganya agar tidak cepat menghilang.

Kunyit secara alami pun dipercaya mampu melembapkan serta memperbaiki kulit sambil mengurangi gejala kekeringan yang ada.

Kerja kunyit ini pun akan berpengaruh pada proses pengangkatan sel kulit mati secara alami, dan membuat kulit jadi lebih sehat serta terasa lebih lembut.

Cara Mudah Membuat Masker Kunyit Sesuai Jenis Kulit Wajah

resep masker kunyit (3)

Saking legendarisnya, kamu bisa dengan mudah mencari dan menemukan resep masker kunyit di Internet kemudian menerapkannya di rumah.

Namun, enggak semua masker itu bisa kamu gunakan ataupun coba dengan sembarangan. Kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan jenis kulit wajahmu.

Untuk itu, berikut rangkuman cara mudah membuat masker kunyit sesuai jenis kulit wajahmu. Simak baik-baik, ya!

Resep Masker Kunyit untuk Wajah Berjerawat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kunyit dapat membantu mengatasi jerawat dan menyamarkan bekasnya dari kulit wajahmu.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit ini, kamu dapat memadukannya dengan yogurt. Sebab, bakteri dan asam laktat dalam yogurt mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Tak hanya itu, kedua bahan alami ini pun menenangkan kulit dan membantu mebersihkan pori-pori wajah kamu secara mendalam.

Cara membuat masker dari kunyit dan yogurt:

  • Siapkan satu sendok makan plain yogurt, dua sendok makan kunyit, dan air mawar sebagai aromatic.
  • Campurkan ketiga bahan yang diperlukan tersebut, hingga terbentuk pasta masker alami kunyit yang diinginkan.
  • Gunakan pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Diamkan masker kunyit di wajah kamu selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dengan suhu normal.

Membuat Masker Kunyit untuk Wajah Kusam

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan wajah yang tampak kusam, masker kunyit bisa jadi pilihan untuk mengatasinya.

Cara pembuatannya cukup mudah, kamu bisa mengombinasikan kunyit dengan bahan alami lain yang juga dapat membantu mencerahkan kulit.

Misalnya dengan mencampur kunyit dengan madu dan tepung jagung. Kedua bahan alami ini mampu melawan dekolorasi pada kulit dan membuatnya jadi lebih cerah alami.

Langkah membuat masker dari kunyit, jagung dan madu:

  • Siapkan kunyit dan tepung jagung, campur dan tampah sedikit air kemudian tuangkan madu.
  • Oleskan masker ke wajah dan leher yang telah dibersihkan sebelumnya.
  • Biarkan selama 15-20 menit, hingga kandungan dalam masker kunyit ini bisa terserap sempurna oleh kulit.
  • Bersihkan wajah dengan handuk hangat secara lembut, dan lakukan perawatan ini secara rutin setiap minggu.

Masker Kunyit untuk Merawat Kulit Kering

Selain untuk mengatasi kulit kusam dan jerawat, masker kunyit pun dapat digunakan untuk kamu yang memiliki wajah kering.

Yap! Caranya juga gampang banget, kamu hanya perlu mencampurkan kunyit denagn susu dan minyak almond.

Sebab, keduanya memiliki senyawa emollient yang dapat mengembalikan kelembapan yang hilang pada kulit. Sehingga dapat mendukung fungsi kunyit untuk merawat kulit wajah yang kering.

Tak hanya itu, susu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit dan mengurangi kemungkianna munculnya tanda penuaan dini.

Sementara minyak almond, bisa membantu menenangkan kulit serta mengikat kelembapan alami kulit agar tidak mudah menghilang.

Ikuti langkah berikut ini untuk membuat masker kunyit demi merawat kulit kering:

  • Campurkan susu, almond bubuk, dan kunyit dengan takaran sama hingga terbentuk pasta masker wajah alami.
  • Oleskan pasta secara merata pada kulit wajah kamu dengan merata, lalu diamkan sejenak selama 15-20 menit untuk membiarkan kandungan terserap dalam kulit.
  • Bilas wajah dengan lembut menggunakan air hangat, agar sel-sel kulit mati juga turut terangkat dan semakin banyak kandungan masker yang terserap dalam kulit.

Merawat Kulit Berminyak dengan Masker Kunyit

Enggak Cuma untuk kulit kering, masker kunyit pun bisa digunakan untuk membantu merawat kulit berminyak.

Sebab, kunyit dapat menghambat produksi sebum belebihan oleh kelenjar sebaceous. Hal ini memungkinkan minyak pada wajah jadi lebih terkontrol dan tidak menimbulkan kilap berlebihan pada kulit.

Kamu bisa memadukan kunyit dengan bubuk cendana agar mampu merawat wajah berminyak dengan lebih maksimal.

Soalnya, bubuk cendana diketahui mampu mengangkat minyak berlebih dari permukaan kulit, serta dapat bekerja sebagai eksfoliator alami yang ampuh dan aman.

Cara membuat masker kunyit dan bubuk cendana di rumah:

  • Siapkan bubuk cendana dan sejumput kunyit bubuk dalam takaran yang sama, kemudian campurkan dan tambahkan air mawar agar dapat tercipta pasta masker yang diinginkan.
  • Aplikasikan masker yang kamu buat di wajah dengan merata dan tunggu selama lima belas menit, hingga kandungan terserap sempurna di pori-pori kulit.
  • Bilas dengan air bersuhu normal hingga sisa masker terangkat sempurna.

Resep Masker Kunyit untuk Kulit Sensitif

Memiliki kulit wajah yang sensitif, juga menjadi PR tersendiri dalam memilih produk perawatan yang tepat. Sebab, kalau salah, produk ini bisa membuat wajah jadi kemerahan, mengalami peradangan, hingga muncul gatal-gatal.

Nah, untungnya masker kunyit jika dicampur dengan lidah buaya dapat digunakan untuk menennagkan serta mengurangi peradangan di kulit.

Selain itu adanya senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang ada dalam lidah buaya, mampu menjadikan kulit lebih sehat dan halus.

Berikut cara membuat masker kunyit dan lidah buaya untuk kulit sensitif:

  • Siapkan yogurt, gel lidah buaya, dan bubuk kunyit secukupnya.
  • Campurkan ketiga bahan alami yang telah kamu siapkan tersebut dalam wadah yang sama, hingga merata dan pastikan taka da gumpalan.
  • Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan, lalu biarkan selama maksimal dua puluh menit.

Nah, itu adalah berbagai resep masker kunyit yang bisa kamu coba di rumah. Sesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit wajahmu, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment