Sehatkan Kulit Si Kecil dengan Berbagai Produk Skincare Bayi Berikut Ini!

jenis skincare bayi (2)

Tahukah Bunda, kalau kulit Si Kecil juga membutuhkan perawatan khusus? Misalnya dengan menggunakan produk skincare bayi.

Lain halnya dengan kulit tubuh orang dewasa yang telah memiliki sistem perlindungan yang kompleks, kulit bayi yang baru lahir cenderung lebih kering dan sangat rentan terkena iritasi.

Namun, Bunda juga enggak boleh sembarangan dalam menentukan produk skincare bayi untuk Si Kecil. Takutnya, nih, ada beberapa bahan atau kandungan dalam produk tersebut yang justru akan membuat kulit bayi teriritasi.

Biar Bunda enggak salah pilih, baca ulasan mengenai produk-produk skincare bayi dan cara memilihnya yang tepat di bawah ini.

Jenis Produk Skincare Bayi yang Perlu Bunda Siapkan

produk skincare untuk anak

Kulit bayi memiliki struktur yang lebih tipis dan cenderung lebih kering, oleh sebab itu sebenarnya produk perawatan untuk Si Kecil tidaklah terlalu banyak.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pun akan jauh berbeda dengan yang ada dalam skincare untuk orang dewasa. Sebab, focus utama dalam skincare bayi hanyalah untuk melindungi dan melembapkan kulit.

Nah, kira-kira apa saja jenis produk skincare bayi yang perlu Bunda siapkan untuk Si Kecil? Cek daftarnya satu per satu di bawah ini!

Pembersih Kulit

Produk skincare bayi yang pertama ialah cairan pembersih yang tidak mengandung foam atau buih. Pembersih kulit ini sangat direkomendasikan untuk merawat bayi yang baru lahir, hingga mencapai usia dua tahunan.

Sebab, dalam produk pembersih kulit ini tidak menggunakan bahan aktif yang keras, seperti paraben, fragrance, SLS, dan lain sebagainya.

Yang mana, semua cairan tersebut akan membuat kulit bayi jadi lebih kering dan bisa menimbulkan reaksi alergi.

Baby Lotion

Sama halnya dengan orang dewasa, kulit si kecil pun harus dijaga kelembapannya. Terlebih kulit bayi yang baru lahir maupun sedang dalam masa perkembangan, cenderung kering.

Meski tidak memberikan kelembapan ekstra, baby lotion akan membantu mengunci kelembapan alami yanga da di kulit Si Kecil agar tidak mudah menguap.

Agar memberikan perlindungan yang maksimal, Bunda perlu mengoleskan pelembap bayi ini sesering mungkin serta dengan cukup tebal pada kulit bayi.

Bedak Bayi

Skincare bayi yang selanjutnya dalah bedak bayi, yang biasanya memiliki aroma super lembut atau tidak terlalu kuat.

Bunda, produk satu ini bisa membantu menjaga kulit bayi aman dari biang keringan yang berpotensi memicu ruam dan kemerahan pada kulit bayi.

Namun, jika diaplikasikan secara berlebihan, bubuk bedak ini bisa saja tak sengaja terhirup oleh paru-paru Si Kecil.

Hal ini tentunya akan bisa menimbulkan masalah pasa pernapasan bayi dan berpengaruh pada kesehatannya.

Untuk itu, Bunda harus lebih berhati-hati dalam mengaplikasikan produk skincare bayi satu ini. Yakni dengan mengocok bedak ke tangan jauh dari bayi, kemudian tepuk tangan untuk merontokkan kelebihan bubuk dan setelah itu aplikasikan dengan tipis.

Baby Oil

Produk skincare bayi satu ini wajib banget untuk Bunda siapkan buat Si Kecil. Sebab, baby oil dapat merawat kesehatan kulit bayi dengan menyeluruh dan memberikan keharuman yang menenangkan.

Pada proses pembuatannya, baby oil disebut sebagai produk sampingan dari proses pemurnian minyak mentah, yang disempurnakan kembali sehingga dapat digunakan dalam produk perawatan kulit serta aman untuk diaplikasikan pada kulit bayi.

Manfaat baby oil untuk kulit bayi pun sangat beragam, mulai dari melembapkan, melembutkan, memberikan aroma-aroma yang khas dan menenangkan, hingga dapat digunakan untuk melindungi kulit Si Kecil dari ruam popok.

Sunscreen Bayi

Tabir surya juga merupakan produk skincare bayi yang harus Bunda siapkan, meski begitu produk ini hanya digunakan saat bayi sudah memasuki usia enam bulan ke atas.

Pada bayi yang berada di bawah usia tersebut belum direkomendasikan untuk menggunakan sunscreen khusus bayi. Sebab, belum ada penelitian klinis untuk mengetahui reaksi dan efek samping yang mungkin saja terjadi.

Namun, beberapa ahli juga mengungkapkan bahwa dalam situasi langka tertentu, paparan sinar matahari juga diperlukan untuk bayi.

Fungsi tabir surya ini untuk mencegah dampak buruk cahaya matahari berlebihan saat mengajak bayi keluar jalan-jalan, baik ke taman dekat rumah atau menyapa tetangga.

Oh, ya! Coba juga untuk tidak membiarkan teriknya sinar matahari langsung menyinari kulit bayi. Pakaikan topi, pasang pentutup di kereta dorong, dan kenakan pakaian yang cukup panjang sehingga kulit bayi dapat tertetupi oleh kain.

Setelah Si Kecil mencapai usia enam bulan atau lebih, Bunda bisa mencari sunscreen dengan filter anorganik, sebab senyawa ini tidak akan menimbulkan reaksi iritasi pada kulit dan mata.

Sampo

Sampo merupakan salah satu produk perawatan kulit kepala untuk bayi yang juga penting untuk kamu siapkan.

Pilihlah sampo bayi yang tidak terlalu mengandung busa, atau senyawa yang terlalu keras, dan memiliki pH netral.

Yang perlu diperhatikan, beberapa ahli menyebutkan bahwa Bunda enggak perlu terlalu sering mencuci rambut Si Kecil. Sebab, hal itu akan menyebabkan kulit kepala dan rambut Si Kecil jadi makin kering.

Untuk itu, Bunda hanya perlu membersihkan kulit kepala dan rambut bayi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu agar rambutnya tetap sehat serta lembap.

Petroleum Jelly

Pada bayi yang masih menggunakan popok, Bunda pasti sering menjumpai adanya ruam popok pada paha dalam dan pantat Si Kecil. Hal ini tentunya akan memberikan rasa tidak nyaman pada bayi dan membuatnya rewel seharian.

Namun, Bunda enggak perlu khawatir karena produk skincare bayi satu ini satu ini dapat digunakan untuk mengobati ruam popok yang umum terjadi pada bayi yang masih menggunakan popok.

Petroleum jelly akan dapat memberikan penghalangan dan pelindung ekstra pada kulit bayi terhadap popok yang lembap. Sehingga akan meminimalisir ruam dan kemerahan yang muncul pada kulit bayi.

Cara Memilih Produk Skincare Bayi yang Tepat

produk skincare bayi

Karena kulit bayi yang cenderung mudah teriritasi, pasti bikin Bunda bingung memilih produk mana yang cocok untuk kulit Si Kecil.

Mengingat kini banyak brand skincare bayi yang menawarkan produk-produk dengan berbagai khasiat serta kandungan yang sangat menggoda dan tampak menjanjikan.

Meski begitu, Bunda harus ingat bahwa salah satu indicator utama yang diperhatikan adalah keamanan dari produk tersebut saat diaplikasikan pada bayi.

Nah, berikut ini beberapa cara memilih produk skincare bayi yang tepat dan aman. Bunda coba saat beli skincar buat Si Kecil nanti, ya!

Membaca Label dengan Cermat

Setiap produk perawatan kulit pasti menyertakan berbagai informasi dalam kemasannya, termasuk label dan legalitas produk tersebut.

Nah, Bunda pasti tahu, hingga kini masih banyak oknum-oknum nakal yang sering membuat tiruan pada produk perawatan wajah tertentu, tidak terkecuali untuk bayi.

Agar Bunda enggak salah pilih dan membeli produk palsu, ada baiknya untuk memperhatikan label legalitas yang ada pada kemasan produk.

Bila tidak ada label atau nomor registrasi dari Badan POM, maka Bunda harus hati-hati dan tidak dianjurkan untuk membeli apalagi menggunakannya pada kulit Si Kecil.

Pilih Produk Perawatan Kulit Bayi yang Alami

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kulit bayi tak sama dengan orang dewasa karena lebih tipis serta mudah teriritasi.

Untuk itu, akan lebih aman bagi bayi ketika menggunakan produk-produk berbahan alami yang tidak terlalu keras.

Namun, jika Bunda memiliki riwayat alergi pada tanaman tertentu, maka ada baiknya untuk berjaga-jaga. Karena barangkali alergi yang kamu alami tersebut bisa dialami oleh Si Kecil juga.

Perhatikan Produk Bertuliskan Hypoallergic

Bunda pasti tahu soal produk berlabel Hypoallergic, pasalnya label ini pun sering disematkan dalam beberapa produk skincare untuk orang dewasa.

Namun, Bunda jangan salah paham dulu. Istilah hypoallergic ini merujuk pada kemungkinan timbulnya reaksi alergi dalam skala rendah, namun bukannya sama sekali tidak akan menimbulkan reaksi negative sama sekali.

Jadi, akan ada baiknya untuk Bunda tetap mempertimbangkan kandungan lain yang digunakan dalam formula skincare bayi. Sehingga dapat menghindari bahan-bahan yang bisa berpotensi menyebabkan alergi pada kulit bayi.

Cari Produk Bertuliskan Phthalates dan Paraben Free

Phthalates dan paraben bisa menimbulkan reaksi pada kulit orang dewasa, apalagi pada anak-anak dan bayi yang pada dasarnya jauh lebih sensitive.

Karenanya, kamu harus membeli produk perawatan kulit bayi yang tidak mengandung paraben maupun phthalates. Sebab dapat memicu masalah pasa kulit Si Kecil, seperti iritasi, kemerahan, bahkan ruam kulit.

Nah, itu adalah beberapa produk skincare bayi yang perlu kamu persiapkan untuk Si Kecil dan cara memilih yang tepat serta aman. Bagaimana menurut, Bunda?

About Author

Related posts

Leave a Comment