Mommy Wajib Tahu, Ini Cara Memilih Sampo untuk Bayi yang Aman

cara memilih sampo untuk bayi yang aman

Untuk merawat kesehatan si kecil, Mommy pasti harus mengawasi dengan benar produk apa saja yang digunakan sebagai perawatan. Termasuk dalam cara memilih sampo untuk bayi yang aman digunakan.

Orang tua mana sih yang enggak pengen memberikan hal terbaik untuk si kecil? Bahkan ketika akan memilih shampoo pun ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Untungnya, saat ini banyak produk perawatan kulit dan rambut yang tersedia untuk bayi. Yang umumnya tidak mengandung bahan kimia dan dengan demikian orang tua lebih suka menggunakannya.

Sebagian besar sampo bayi terbukti secara klinis dan tidak memiliki efek samping. Ibu selalu ingin memiliki sampo terbaik untuk anak-anak mereka untuk membersihkan rambut mereka.

Sangat penting untuk memilih sampo organik yang membersihkan rambut, membuatnya berkilau dan lembut. Sebagian besar sampo bayi aman dan memiliki aroma yang ringan juga.

Cara Memilih Sampo untuk Bayi yang Aman

Meskipun memiliki banyak merek dan varian di pasaran, beberapa menonjol karena kualitas dan efisiensinya. Bayi memiliki kulit sensitif, sehingga perlu menghindari bahan-bahan yang bisa membuatnya kering.

Saat memilih sampo untuk bayi, ada beberapa hal berbeda yang perlu Mommy perhatikan. Misalnya yang akan kita ulas berikut ini!

Kenali Jenis Kulit Si Kecil

Penting untuk mengetahui jenis kulit bayi kamu untuk memilih produk terbaik untuknya. Mommy akan melihat bahwa di pasaran, sampo bayi tersedia dalam berbagai jenis dan kategori berdasarkan kulit kepala bayi.

Namun jika bayi kamu memiliki kulit kepala yang cenderung kering. Maka, ada baiknya untukmu memilih produk-produk dengan nutrisi serta kelembapan ekstra.

Dibuat dari Bahan-bahan Alami

Bahan alami sampo telah digunakan selama ribuan tahun untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih dan sehat. Saat membeli sampo untuk bayi, akan lebih baik jika kamu memilih sampo yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Karena sampo berbahan kimia dapat membahayakan kulit bayi dan dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit kepala. Sedangkan sampo dengan bahan alami akan membantu menjaga kelembapan dan kilau rambut.

Hindari Produk dengan Wewangian Berlebih

Cara memilih sampo untuk bayi selanjutnya adalah dengan menghindari produk yang mengandung terlalu banyak wewangian.

Wewangian dan pemanis kimia terlalu keras untuk rambut dan kulit kepala anak-anak. Beberapa sampo mengandung bahan yang bisa terlalu beracun untuk kulit bayi yang halus.

Untuk menjaga rambut tetap halus dan mudah diatur, orang tua harus menggunakan sampo bebas pewangi. Selain itu, jika bayi mengalami kemerahan atau iritasi akibat keramas, coba gunakan sampo yang bebas pewangi.

Hindari Kandungan yang Bisa Mengiritasi Mata

Ada banyak merk produk perawatan bayi mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi mata, seperti gatal dan kemerahan. Nah, untuk menghindari hal ini, kamu harus menggunakan shampoo dengan bahan yang lebih lembut.

Hindari Kandungan Alkohol

Shampo tanpa alkohol diformulasikan secara khusus untuk bayi dan anak-anak, dan memberikan semua manfaat sampo biasa.

Cara memilih sampo bayi yang aman ini bisa mencegah kulit anak teriritasi. Selain itu, karena memiliki bahan-bahan yang membuat rambut bayi jadi harum, lembut dan berkilau.

Faktanya, banyak dokter anak, dokter kulit, dan orang tua menyarankan untuk tidak pernah menggunakan sampo berbahan dasar alkohol pada bayi.

Lidah buaya dan chamomile adalah bahan umum yang sering digunakan sebagai alternatif bagi mereka yang sensitif terhadap alkohol

Gunakan Shampo Dengan PH Netral

Cara memilih sampo untuk bayi selanjutnya adalah dengan memilih prouduk yang ber-pH netral. Karena jika sampo memiliki pH yang terlalu basa atau asam, akan menimbulkan masalah pada kulit bayi yang masih rapuh.

Shampo pH netral untuk bayi akan lembut di kulit kepala sekaligus memberikan pembersihan yang memadai untuk rambut bayi. Ada sampo yang merupakan sampo bayi untuk kelembapan dan kilau dan tersedia dengan pH netral.

Menghindari Shampo dengan Pewarna

Orang tua dari bayi yang baru lahir telah diperingatkan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung pewarna sintetis untuk menjaga rambut bayi mereka terlihat bersih dan sehat.

Ini karena pewarna sintetis dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah pada bayi yang baru lahir.

Selain itu, bayi memiliki kulit kepala dan kulit sensitif yang mudah teriritasi oleh pewarna shampo. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari produk dengan pewarna sintetis dalam cara memilih sampo untuk bayi yang aman.

Jangan Lupa Memeriksa Tanggal Kedaluwarsa

Langkah selanjutnya dalam cara memilih sampo untuk bayi yang aman adalah memerikasa tanggal daluwarsa sampo. Jangan sepelekan masalah ini ya, karena enggak sedikit penjual nakal di luaran sana tetap menawarkan produk meski mendekati ataupun telah kedaluwarsa.

Produk-produk kedaluwarsa ini bisa memberikan banyak masalah pada kulit kepala si kecil. Termasuk memicu adanya iritasi, gatal-gatal, ruam kemerahan, hingga alergi. Jadi, Mommy harus waspada banget, ya.

Memilih Sampo Berlabel Hypoallergenic

Untuk menjaga keamanan kulit dalam jangka panjang, cara memilih sampo untuk bayi yang aman selanjutnya adalah memastikan sampo berlabel hipoalergenik.

Sampo hipoalergenik untuk bayi adalah produk yang sangat direkomendasikan. Kulit bayi halus dan rentan terhadap hipersensitivitas. Ada beberapa penyebab reaksi alergi, di antaranya pewangi, pengawet, dan bahan kimia lain dalam sampo.

Sampo hypoallergenic lebih lembut di kulit kepala dan kulit bayi dan cenderung tidak mengiritasinya. Saat membeli sampo, periksa labelnya apakah tertulis “hipoalergenik” atau tidak.

Pilih Produk yang Kaya Akan Vitamin

Cara memilih sampo untuk bayi yang aman selanjutnya adalah mempertimbangkan kandungan baik pada produk. Dalam hal ini, kamu bisa memilih sampo yang kaya akan vitamin. Seperti vitamin E, vitamin B, dan vitamin  A.

Selain bisa menutrisi kulit kepala dari dalam, berbagai vitamin ini bisa membuat kulit kepala jadi sehat serta mempercantik rambut si kecil.

Periksa Keaslian Produk

Langkah selanjutnya, merupakan yang paling penting adalah untuk memastikan keaslian produk. Kamu tentu tahu, bahwa belakangan ini banyak sekali oknum yang berani memalsukan sampo dari merk ternama.

Tentu, dalam proses pemalsuan ini, mereka tidak menggunakan bahan-bahan yang aman dan membuat produk melalui cara ‘seadanya’.

Untuk itu, demi menghindari pemakaian produk palsu ini dengan mengecek nomor BPOM yang tertaut. Atau memeriksa lewat barcode yang ada pada label produk.

Baca Juga: Cara Cek BPOM Kosmetik Palsu Atau Tidak, Penting Banget!

Nah, itu adalah 10 cara memilih sampo untuk bayi yang aman dan terbaik. Tak perlu bergantung pada merk terkenal, yang harus kamu perhatikan adalah kandungan serta manfaarnya untuk bayi.

Ngomongin soal merk nih, bersama Mash Moshem Indonesia kamu juga bisa memproduksi sampo bayi dan berbagai kosmetik untuk si kecil lainnya.

Yap! Keamanan bahan dan formulasi produk terjamin. Karena kami memiliki tim Research and Development (RnD) yang handal dan terdiri dari orang-orang ahli di bidang formulasi.

Pengalaman kami selama 10 tahun lebih dalam meracik formula, bekerja sama dengan lebih dari 600 brand kosmetik, dan menghasilkan ribuan produk kosmetik. Akan membantu memberikan formulasi terbaik untukmu dan si kecil.

Well, apakah kamu tertarik untuk membuat produk bayi bersama kami? Langsung hubungi tim kami di contact us kalau kamu mau konsultasi. See you!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment