Jenis Minyak Alami untuk Bayi, Jaga Kesehatan Rambut dan Kulit Si Kecil

minyak alami untuk bayi

Pengunaan minyak sebagai perawatan kulit bayi, khususnya sebelum dimandikan, telah lama terbukti bermanfaat untuk si Kecil.

Kulit bayi memiliki karakter yang jauh berbeda dengan kulit orang dewasa. Umumnya, pada bayi kulit akan jauh lebih sensitive, kering, dan sangat mudah teriritasi.

Penggunaan minyak bayi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan tambahan pada kulit bayi, sehingga kuman dan kotoran enggak akan mudah masuk ke dalam pori-pori kulit bayi.

Selain dengan baby oil, tahukah kamu kalau ada minyak alami yang bisa kamu pakai untuk merawat kulit bayi?

Penasaran, bukan? Cari tahu beberapa jensi minyak alami yang aman untuk kulit dan rambut bayi berikut ini, yuk!

Minyak Alami untuk Merawat Kulit Bayi

minyak alami untuk bayi

Untuk si Kecil, tentunya Bunda enggak bisa sembarangan dan pasti selalu ingin memberi yang terbaik. Begitupun dalam memilih minyak alami untuk bayi, baik untuk merawat rambut maupun kulit si kecil.

Tahukah, Bunda kalau enggak semua minyak alami aman digunakan pada kulit bayi? Beberapa jenis minyak esensial tertentu diketahui dapat menimbulkan rasa gatal atau iritasi ketika digunakan pada si Kecil.

Nah, biar Bunda enggak salah pilih, berikut beberapa contoh minyak alami untuk merawat kulit bayi yang terbilang aman untuk dicoba.

Mineral Oil

Jenis minyak alami untuk merawat bayi yang pertama adalah mineral oil, yang biasanya dibuat berdasarkan kandungan petrolatum.

Hal inilah yang disinyalir menjadikan minyak mineral sangat efektif bertindak untuk melindungi kulit dari unsur-unsur luar seperti kotoran atau infeksi bakteri.

Tak hanya itu, aroma mineral oil pun terbilang cukup netral serta enggak gampang tengik, dibandingkan minyak alami yang dihasilkan dari tanaman ataupun sayuran tertentu.

Vegetable Oil

Selain minyak mineral, Bunda pun bisa mempertimbangkan penggunaan vegetable oil atau minyak nabati untuk merawat kulit si Kecil.

Minyak nabati biasanya mengandung asam linoleate yang cukup tinggi, sehingga dapat mmebuat kulit si kecil lebih lembut dan halus.

Tak hanya itu, minyak nabati umumnya berisiko cukup rendah untuk menimbulkan reaksi alergi, karena cenderung mudah meresap dan tidak memberikan sifat iritatif saat diaplikasikan.

Bunda bisa menggunakan minyak biji bunga matahari dan minyak biji anggur, keduanya mengandung asam linoleate esensial yang tinggi serta cukup ramah di kulit.

Asam linoleat merupakan jenis asam lemak esensial yang dapat membantu melindungi skin barrier si Kecil. Yakni dengan menenangkan, memberikan kelembapan ekstra, dan mengangkat kotoran serta bakteri dari kulit si Kecil.

Coconut Oil

Selain menggunakan grapeseed oil dan sunflower seed oil, Bunda juga bisa menggunakan coconut oil untuk merawat kulit bayi.

Bahan alami satu ini memang telah lama digunakan secara tradisional untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Bahkan, para orang tua dulu pun mengombinasikan minyak kelapa dan bunga kenanga untuk mendapatkan minyak alami dengan aroma yang menenangkan.

Ketika digunakan sebagai baby oil alami, minyak kelapa mampu membuat kulit si Kecil jadi lebih lembut, halus, dan terhidrasi dengan baik.

Ini karena, coconut oil pun mengandung asam oleat yang dapat terserap dengan baik dan cepat oleh kulit. Sehingga, kandungan ini mampu menutrisi kulit dari dalam dan mengikat kelembapan alami pada jaringan kulit agar tidak mudah menghilang.

Avocado Oil

Jenis minyak alami untuk merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah avocado oil. Minyak yang tergolong ramah digunakan oleh semua jenis kulit ini pun diperkirakan juga cocok untuk kulit bayi, Bunda.

Buah alpukat memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit, karenanya sangat sering diekstraksi dan digunakan dalam formula produk kosmetik terentu.

Selain itu, avocado oil juga bisa digunakan pada ibu maupun si Bayi. Sebab, avocado oil memiliki kandungan antiradang yang baik untuk menenangkan dan meredakan kemerahan maupun iritasi pada kulit bayi.

Minyak Alami yang Baik untuk Rambut Bayi

produk skincare bayi

Selain untuk kulit, Bunda juga bisa menggunakan minyak alami untuk bayi untuk merawat rambut si Kecil.

Minyak alami dinilai lebih aman untuk merawat kulit dan rambut bayi. Sebab, sifatnya yang lebih menangkan dan tidak sekeras bahan kimia sintetis.

Berikut ini beberapa minyak alami yang baik untuk rambut bayi, jangan lupa dicatat, Bunda!

Castor Oil (Minyak Jarak)

Minyak yang diambil dari pohon jarak ini telah lama dikenal karena kemampuannya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut secara alami.

Kandungan dalam minyak pembawa satu ini diketahui dapat mencegah infeksi kulit kepala, meredakan peradangan, dan hypoallergic, sehingga diklaim aman untuk digunakan pada kulit bayi Bunda.

Tak hanya itu kandungan vitamin E, asam lemak esensial, dan asam lemak omega-9, yang ada dalam minyak jarak ini memberikan banyak nutrisi pada kulit bayi. Sehingga rambut akan senantiasa kuat, lebih lembut, dan tampak berkilau.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah minyak jarak ini memiliki tekstur yang agak kental. Untuk itu, Bunda sangat disarankan untuk mencampurnya dengan coconut oil atau almond oil, sebelum mengaplikasikannya ke kulit kepala dan rambut si Kecil.

Coconut Oil (Minyak Kelapa)

Enggak Cuma untuk kulit, Bunda bisa menggunakan coconut oil untuk merawat rambut bayi, lho. Sebab, minyak kelapa mengandung berbagai senyawa dan nutrisi yang bisa menjaga kekuatan rambut si Kecil.

Bunda bisa langsung mengaplikasikan minyak kelapa ke rambut dan kulit kepala si Kecil. Meski bersifat hypoallergic, Bunda bisa memastikan lagi keamanan minyak kelapa untuk si kecil dengan mengaplikasikannya sedikit demi sedikit untuk melihat reaksinya.

Extra Virgin Olive Oil (Minyak Zaitun)

Minyak zaitun bisa dibilang merupakan bahan alami yang legendaris, karena digunakan secara turun temurun untuk merawat kesehatan rambut dan kulit.

Minyak alami ini pun bisa digunakan sebagai kondisioner alami yang bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Khusunya dengan bekerja memperlancar sikulasi darah di kulit kepala si Kecil.

Bunda bisa menggunakan minyak alami ini sesaat sebelum si Kecil keramas. Jangan terlalu sering, cukup pakaikan selama 1-2 kali dalam seminggu.

Argan Oil (Minyak Argan)

Jenis minyak alami lain yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan rambut bayi adalah argan oil. Minyak yang diambil dari ekstraksi biji pohon argan dapat membuat kulit rambut lebih kuat dan tumbuh dengan cepat.

Tak hanya itu, Bunda. Minyak argan dapat melembapkan serta meciptakan lapisan yang dapat mengunci kelembapan alami pada batang rambut, sehingga rambut si Kecil enggak akan mudah kering.

Nilai plusnya lagi, minyak argan dapat meresap dengan sempurna dan efektif pada batang rambut. Sehingga dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan pada rambut si Kecil dan menghentikan kerusakan rambut, hasilnya tampak sehat dan berkilau.

Nah itu adalah beberapa jenis minyak alami untuk bayi, yang secara khusus digunakan untuk merawat kulit dan rambut si Kecil.

Meski tergolong aman dan hypoallergic, Bunda dianjurkan menggunakan minyak alami ini secara bertahap untuk meninjau kecocokkannya dengan kulit bayi.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment