Ketahui Manfaat Telur untuk Wajah, Bikin Kulit Kencang dan Awet Muda!

manfaat telur untuk wajah (1)

Saking seringnya digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah, khususnya peel off mask, kamu pasti udah enggak asing lagi melihat telur digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Telur merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki sumber protein paling besar. Enggak Cuma baik untuk tubuh kamu, telur telah lama digunakan dan dipercaya bisa menambah kecantikan kulit wajah.

Penasaran apa saja manfaat telur untuk kulit, kandungannya, dan cara membuat masker putih telur sesuai dengan kebutuhan wajahmu?

Cek, ulasan lengkap mengenai manfaat telur untuk kecantikan kulit di bawah ini, ya!

Kandungan dalam Telur yang Baik Bagi Kulit Wajah

manfaat telur untuk wajah (2)

Nutrisi dalam telur sangatlah beragam, mulai dari vitamin, protein, hingga mineral. Nah, kandungan-kandungan inilah yang bisa membuat kulit wajahmu tampak sehat dan selalu awet muda.

Berikut ini kandungan dalam telur yang baik bagi kulit wajah, cek informasi lengkapnya, Ladies!

Asam Amino Esensial

Telur ayam mengandung protein yang sangat tinggi, bahkan semua jenis asam amino esensial ada di dalamnya.

Kandungan ini diketahui mampu berperan dalam pembentukan protein yang dibutuhkan oleh kulit kamu, yakni elastin dan kolagen.

Keduanya dapat bekerja untuk menjaga keremajaan kulit, membuatnya tetap kencang, dan tampak lebih sehat.

Vitamin A

Selain protein, dalam telur pun terkandung vitamin A. Dalam produk perawatan kecantikan kulit, jenis vitamin ini mampu memaksimalkan fungsi kulit wajah kita.

Tak hanya itu, vitamin A pun dapat bekerja sebagai anti aging alami yang membuat wajah kamu jadi tampak lebih cerah, bersih, serta menjaga keremajaan kulit wajah kamu.

Vitamin B (2, 5, 12)

Vitamin B-complex memiliki banyak manfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Nah, dalam telur ditemukan kandungan ini dong!

Khususnya ada vitamin B2, B5, dan B12. Vitamin B2 memiliki senyawa antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan pada jerawat, maupun kulit yang teriritasi.

Tak hanya itu, vitamin B2 pun bisa membuat kulit jadi lebih lembut dengan mendukung proses sekresi mukus.

Sementara itu vitamin B5 dapat membantu mengembalikan kelembapan alami pada kulit, memperkuat skin barrier, hingga menjadikan pertahanan kulit makin maksimal.

Kemudian, vitamin B12 bisa mengurangi tampilan hiperpigmentasi pada kulit. Tak hanya itu, B12 bisa juga membantu menghilangkan jerawat dengan membantu memecah minyak penyebab jerawat berupa trigliserida dan kolesterol.

Vitamin D

Telur juga mengandung vitamin D, yang sangat baik dalam meredakan peradangan pada kulit. Baik yang diakibatkan oleh jerawat, eksim, psoriasis, hingga vitiligo.

Vitamin D pun dapat menjaga kelembapan alami pada kulit. Juga menjadikan wajahnya tampak lebih lembut dan sehat.

Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu kandungan yang sangat kaya akan fungsi bagi kulit. Dan kandungan ini ada dalam telur ayam, lho!

Jenis vitamin satu ini mampu menangani peradangan, merangsang pembentukan kolagen, hingga menjaga kelembapan dan elastisitas kulit kamu agar tetap optimal.

Selenium

Selain protein dan vitamin, dalam telur pun terkandung berbagai jenis mineral, salah satunya selenium.

Bersamaan dengan antioksidan alami, selenium mampu turut berpean dalam melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Berbagai Manfaat Telur untuk Wajah

Dna salmon untuk wajah

Berbagai nutrisi yang ada dalam telur membuat bahan alami satu ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Hal inilah yang membuat banyak orang menggunakan telur ke dalam perawatan wajah harian mereka. Mulai dari masker wajah alami, hingga menggunakan produk skincare berekstrak yang sama.

Berikut ini berbagai manfaat telur untuk kecantikan kulit, khususnya jika kamu gunakan sebagai perawatan wajah rutin.

Cek sama-sama, yuk, Ladies!

Membantu Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat telur untuk wajah yang pertama adalah membantu mengencangkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan humektan yang tinggi, sehingga meskipun mampu mengangkat minyak di wajah, telur enggak akan bikin kulit kering.

Karenanya, penggunaan masker telur untuk merawat kulit wajah juga sangat marak dilakukan. Enggak hanya memberikan perawatan yang sementara, efek ini diklaim mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Mengangkat Sel Kulit Mati Hingga dari Pori-pori

Selain memberikan efek mengencangkan, putih telur pun bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari pori-pori kulit paling dalam sekalipun.

Fungsi ini pun bisa membantu membuat wajahmu jadi lebih bersih dan terhindar dari berbagai masalah kecantikan lainnya.

Misalnya dari minyak berlebih, komedo atau jerawat, hingga milia. Karena kotoran dan minyak yang menumpuk bisa menimbulkan kesemua masalah di atas.

Menghilangkan Komedo Putih

Apakah kamu memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi? Sehingga beberapa daerah di wajah sangat berminyak dan bahkan muncul banyak komedo putih (white head) di kulit.

Selain membuat rasa percaya diri menurun, tentunya komedo putih ini kalau tidak ditangani dengan baik akan menumpuk, lalu berubah menjadi black head.

Untungnya, telur bisa membantu mengangkat komedo dari pori-pori kulit. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah jadi lebih sehat, tampak mulus, juga bersih.

Menyerap dan Mengangkat Kelebihan Minyak dari Kulit

Tak hanya komedo dan kotoran, putih telur dapat bemanfaat untuk mengangkat minyak berlebihan dari wajah.

Selain itu, karena mengandung antioksidan alami, telur dapat membantu merapatkan pori-pori wajah sehingga produksi sebum dapat lebih terkontrol.

Mengurangi Tampilan Garis Halus pada Wajah

Karena mampu membantu mengurangi kemunculan masalah pada wajah, kamu pun bisa menggunakan telur untuk mengurangi tampilan garis halus dan keriput pada wajah.

Manfaat telur untuk kecantikan ini didapatkan dari kandungan vitamin A-nya yang cukup tinggi. Yang mana dikenal sebagai antioksidan dan agen antiaging alami yang efektif melawan kemunculan tanda-tanda penuaan dini di kulit.

Tak hanya itu, kandungan selenium yang ada dalam telur pun disinyalir mampu mendukung fungsi vitamin A dalam memberikan perlindungan ekstra pada kulit. Baik dari stress oksidatif, hingga radiasi sinar ultraviolet dari matahari.

Mengatasi dan Mencegah Munculnya Jerawat

Kalau kamu memiliki masalah dengan jerawat membandel, putih telur bisa jadi bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasinya.

Sebab, putih telru mengandung senyawa lisozim yang diketahui mampu berperan sebagai agen bacterial. Sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab berbagai masalah kecantikan, khususnya jerawat.

Tak hanya itu, sifat putih telur yang dapat menyerap minyak berlebihan, mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari pori-pori, hingga menenangkan kulit, akan mampu mencegah kemunculan jerawat kembali.

Menjaga Hidrasi Kulit

Tak hanya mampu mengangkat sebum berlebihan, putih telur pun dikenal mampu menghidrasi kulit wajah dengan baik.

Hal inilah yang membuat bahan alami satu ini sangat cocok digunakan untuk merawat wajah, baik yang memiliki jenis kulit kering, normal, hingga berminyak.

Selain itu, kandungan vitamin B yang ada dalam telur mampu menahan kelembapan dan kadar air dalam jaringan kulit agar tidak mudah hilang.

Dengan begitu, kulit wajahmu akan jadi lebih sehat, terawat, dan tidak mudah mengalami dehidrasi.

Resep Masker Telur Sesuai Jenis dan Kebutuhan Kulit

masker (2)

Saking populernya, berbagai resep perawatan wajah secara alami dengan telur sangat mudah kamu temukan di internet. Meski begitu, kamu enggak bisa menggunakannya dengan sembarangan, lho.

Melainkan, perhatikan pula kondisi dan jenis kulit wajahmu dengan resep masker telur yang akan kamu coba.

Masker dari Telur untuk Merawat Kulit Berjerawat

Untuk merawat kulit berjerawat ini, kamu bisa menggunakan putih telur langsung tanpa harus menggunakan bahan tambahan lain.

Caranya pun sangat sederhana, kamu hanya perlu memisahkan putih telur dari bagian kuningnya. Kemudian kocok selama beberapa menit, paling tidak 1-2 menit.

Kalau sudah, kamu bisa langsung mengoleskannya pada wajah. Namun yang perlu diingat, wajah harus dalam keadaan bersih dan tidak ada kotoran maupun minyak yang tertinggal.

Tunggu selama 15-20 menit sampai masker putih telur yang kamu pakai agak mongering. Kalau sudah, bilas wajah kamu perlahan dengan air suam-suam kuku.

Masker Telur untuk Kulit Wajah yang Kering

Selain untuk melawan kulit berjerawat, masker telur pun bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering.

Agar efek melembapkan ini kian optimal kamu bisa meracik masker alami tersebut dengan mencampurnya bersama madu.

Kandungan vitamin C dalam madu bisa membantu merawat kulit yang bermasalah, dan merangsang pembentukan kolagen pada kulit.

Berikut langkah membuat masker telur dengan madu yang bisa kamu tiru di rumah.

  • Siapkan satu butir telur atau sebanyak yang kamu butuhkan, kemudian sisihkan bagian putih dari kuningnya.
  • Tambahkan satu sendok teh madu manuka dan campur dengan putih telur, kocok sampai kedua bahan ini menyatu dengan sempurna.
  • Kalau sudah, aplikasikan pada wajah kamu yang sebelumnya sudah dibersihkan.
  • Biarkan masker mengering, paling tidak selama 15 menit.
  • Bilas wajah kamu dengan air hangat, lakukan dengan lembut sampai bersih!

Masker Putih Telur untuk Wajah Berminyak

Sifat eksfoliatif pada telur sangat baik untuk merawat wajah yang berminyak. Apalagi kalau kamu menggunakan buah berkandungan vitamin C sebagai pendukungnya.

Dengan begitu, berbagai kotoran dan minyak berlebihan di permukaan kulit akan terangkat dan mampu dibersihkan.

Bagaimana caranya? Yuk, lihat langkah-langkah mmebuat masker putih telur untuk kulit berminyak berikut ini!

  • Siapkan satu butih telur dan 4-5 buah anggur (bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu).
  • Pisahkan putih telur dan campurkan dengan buah anggur yang sudah kamu siapkan menggunakan blender.
  • Setelah tercampur dengan merata, aplikasikan masker anggur dan telur ini secara merata di wajahmu. Tunggu beberapa saat sampai masker mengering dan menyerap semua minyak yang ada di wajahmu.

Nah, itu adalah berbagai manfaat telur untuk kecantikan, juga nilai gizi dan bagaimana cara memakainya di rumah.

Kamu bisa memilih resep yang paling sesuai dengan kondisi kulit wajahmu. Atau kalau kamu punya resep masker putih telur andalan lainnya, jangan lupa kasih tahu kami di kolom komentar.

Selamat mencoba dan selalu jadi cantik!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment