Manfaat Minyak Biji Borage untuk Kecantik Kulit, Hidden Gem Buat Wajah Sensitif!

manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit (1)

Merawat kulit wajah yang sensitive memang gampang-gampang susah. Salah menggunakan produk skin care, bisa membuat kulit terancam kering dan mudah mengalami iritasi. Tapi, untungnya ada banyak bahan alami yang bisa membantu menenangkan kulit sensitive, seperti manfaat minyak biji borage.

Menemukan produk perawatan kecantikan kulit yang tepat untuk wajah terkadang jadi PR tersendiri. Terkesan dramatis? Well, coba bilang ini sama orang yang punya kulit sensitive dan/atau mudah berjerawat.

Nyatanya, ada banyak bahan dan kombinasi unik dalam tiap produk perawatan kulit. Masing-masing bahan ini memiliki sifat dan manfat yang juga berbeda, karenanya menemukan produk yang tepat untuk kulit bisa jadi pekerjaan yang rumit.

Untungnya belakangan ini banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak biji borage. Bahan alami ini kerap ditemukan dalam berbagai jenis skincare, seperti serum wajah, essence, skin booster, dan face oil.

Tapi sebenarnya apa manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit? Serta apa hubungannya dengan wajah sensitive?

Langsung simak ulasan lengkap mengenai manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit berikut ini!

Apa itu Minyak Biji Borage?

manfaat minyak cendana untuk kecantikan (1)

Minyak biji borage berasal dari biji Borago officinalis, atau dalam istilah yang lebih sederhana, tanaman asli Mediterania. Seluruh tanaman dapat digunakan untuk tujuan medis, tetapi minyaknya secara khusus berasal dari bijinya.

Manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit ini didapat dari berbagai nutrisi yang dikandungnya. Seperti antioksidan, pelembap dan hydrator alami, juga beragam asam lemak esensial yang tinggi.

Semua kandungan ini diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah secara alami. Tak hanya itu, minyak biji borage pun dapat menghambat pembentukan leukotriene dan membantu meningkatkan produksi ceramide secara alami.

Meski begitu, dalam industry kosmetik, minyak biji borage harus diencerkan dengan minyak pembawa. MIsalnya, minyak almond, jojoba, atau zaitun, khususnya sebelum dioleskan secara langsung ke kulit.

Seperti produk baru lainnya, uji tempel dianjurkan sebelum diterapkan ke bagian kulit yang lebih besar. Sementara, para ahli juga menganjurkan bahwa minyak biji borage harus disimpan tertutup dalam botol dan disimpan di tempat yang kering jauh dari cahaya.

Beragam Manfaat Minyak Biji Borage Kecantikan untuk Kulit

manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit (1)

Sebenarnya manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit sangat beragam. Sehingga bahan alami ini kerap digunakan dalam berbagai formulasi produk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit.

Nah, lantas apa saja manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit tersebut? Simak daftarnya di bawah ini, Ladies!

Meningkatkan Kesehatan Skin Barrier

Skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang berada pada epidermis kulit. Lapisan ini membantu mencegah kerusakan kulit akibat stressor lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, juga suhu udara yang dingin.

Sayangnya, skin barrier bisa mengalami kerusakan bila tidak kamu rawat dengan baik. Alhasil, pelindung tidak akan bekerja maksimal dan kulit rentan mengalami berbagai masalah kecantikan.

Kabar baiknya, salah satu manfaat minyak biji borage untuk kecantikan adalah membantu meningkatkan kesehatan skin barrier.

Minyak biji borage dapat mencegah kulit kehilangan banyak air, khususnya dengan menghidrasi dan melembapkan kulit kembali.

Ketahui Juga:Lebih Tahu Soal Skin Barrier – Garda Depan Pelindung Kulit Wajahmu

Bekerja Sebagai Antiinflamasi

Manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit lainnya adalah mampu bekerja sebagai agen antiinflamasi. Karenanya, bahan alami ini kerap disebut sebagai hidden gem-nya buat kulit sensitive.

Minyak biji borege pun bisa menenangkan gejala peradangan dan kemerahan akibat jerawat, rosacea, dermatitis seboroik, juga eksim.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Tak hanya bisa meredakan peradangan, manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit juga bisa membantu proses penyembuhan luka.

Kandungan Asam Gamma Linoleic (AGL), yang dimilikinya membantu merawat beberapa masalah kesehatan pada kulit.

Sementara kandungan antioksidan dalam minyak biji borage dapat meringankan masalah peradangan dan memulihkan sel kulit bermasalah.

Menghidrasi Kulit Wajah

Manfaat lainnya dari minyak biji borage adalah membantu menghidrasi dan meningkatkan kelembapan alami kulit.

Ini karena minyak biji borage mengandung asam lemak omega-6, yang akan membantu menjaga kelembapan kulit bertahan seharian. Seperti yang kamu tahu, kulit dengan hidrasi yang baik akan lebih sehat, awet muda, dan tampak segar.

Enggak heran, kalau bahan alami ini banyak ditemukan dalam kandungan skincare atau pelembap wajah. Seperti serum, essence, moisturizer, hingga face oil.

Membantu Mengatasi Jerawat

Jerawat membandel memang jagonya bikin hati kesel. Apalagi kalau kemunculannya disertai dengan peradangan dan rasa gatal yang mengganggu.

Untungnya, manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit lainnya membantu mengatasi jerawat, lho!

Kandungan asam linoleate dalam bahan alami ini mampu meredakan peradangan, juga mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Melansir dari Hellosehat, asam lemak omega dan antioksidan dalam minyak borage pun bisa meningkatkan fungsi perlindungan kulit. Sehingga, dapat mencegah kemunculan kembali jerawat membandel di kulit.

Ingin tahu cara mengatasi jerawat lainnya? Simak berbagai tipsnya di sini.

Membantu Mencegah Penuaan

Hal lain yang membuat minyak biji borage begitu beharga adalah kemampuannya dalam merawat keremajaan kulit. Yap! Kandungan asam linoleate dan antioksidan dalam minyak ini bisa melawan radikal bebas dan membuat kulitmu jadi lebih kencang.

Tak hanya itu, beberapa sumber pun menyebutkan bahwa minyak biji borage dapat bekerja sama baiknya dalam mencegah pembentukan stretch mark. Alhasil, wajah akan tampak kencang, kenyal, dan mulus.

Kandungan Minyak Biji Borage yang Baik Buat Kulit

Setelah membaca berbagai manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit di atas, kamu pasti takjub banget dengan bahan alami satu ini.

Enggak salah, banyak produk perawatan kecantikan yang menggembar-gemborkan penggunaan minyak biji borage dalam formulanya.

Lantas, apa sih yang membuat manfaat minyak biji borage untuk kecantikan ini begitu banyak? Tentu, berkat kandungan nutrisinya yang tinggi.

Kamu enggak percaya? Langsung simak daftar kandungan minyak biji borage yang baik buat kulit berikut ini!

Tanin

Kandungan pertama yang ada dalam minyak biji borage adalah tannin. Kandungan ini pun banyak ditemukan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan.

Tanin dapat bekerja melindungi dan menjaga kesehatan kulit, membantu merawat keremajaan wajah, juga menangkal dampak buruk stressor lingkungan.

Gamma Linoleic Acid (GLA)

Gamma Linoleic Acid (GLA) paling banyak ada dalam minyak biji borage. Jenis asam lemak omega-6 ini bisa bekerja tak kalah baiknya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu.

Asam linolenat, yang merupakan asam lemak omega-6, membantu mempromosikan kesehatan skin barrier dengan mengisi kembali lipid di stratum korneum. Sehingga hidrasi kulit bisa lebih maksimal dan wajah tak mudah dehidrasi.

Selain itu, kandungan ini pun bisa membantu meredakan peradangan, mengatasi jerawat membandel, pun menenangkan kulit sensitive.

Antioksidan

Kandungan lain yang tak kalah banyaknya dalam minyak biji borage adalah antioksidan. Kamu pasti udah enggak asing lagi dengan manfaat antioksidan untuk kulit, bukan?

Antioksidan bekerja menangkal dampak buruk radikal bebas, seperti sinar matahari berlebihan, polusi udara, dan banyak lainnya. Kandungan ini secara umum dapat mencegah kemunculan tanda penuaan dini, meningkatkan kecerahan wajah, juga meredakan berbagai masalah kulit lainnya.

Baca Juga: Antioksidan – Jenis dan Manfatnya untuk Kecantikan Kulit

Essential Oil

Minyak biji borage juga mengandung minyak esensial. Seperti yang kamu tahu, minyak ini bisa digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit.

Minyak esensial juga dapat meredakan iritasi, peradangan, mengurangi tanda penuaan kulit dan melasma, serta mengatasi jerawat membandel.

Penasaran apa saja manfaat minyak esensial untuk kulit? Cari tahu di sini.

Cara Menggunakan Minyak Biji Borage untuk Merawat Kulit

Setelah mengetahui berbagai kandungan dan manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit, kamu pasti udah enggak sabar ingin mencobanya, kan?

Well, ada beberapa cara untuk menggunakan minyak biji borage. Pertama, kamu bisa mengaplikasikannya secara langsung. Kamu bisa menggunakannya untuk masker wajah alami, namun baiknya encerkan dulu dengan minyak pembawa.

Kedua kamu bisa menggunakan produk skin care berkandungan minyak biji borage. Ya, bahan alami ini sering ditemukan dalam produk perawatan kulit sehari-hari. Kamu juga dapat menggunakannya  ke dalam rutinitas pagi dan malam hari.

Efek Samping Minyak Biji Borage

Pada dasarnya minyak biji borage aman digunakan untuk merawat kulit. Akantetapi untuk orang dengan kulit hypersensitive lebih baik u melakukan uji tempel sebelum benar-benar menggunakannya ke wajah.

Nah, itu adalah berbagai manfaat minyak biji borage untuk kecantikan kulit, serta informasi nilai kandungannya.

Setelah mengetahui minyak biji borage sangat ampuh merawat kulit, kamu bisa memanfaatkan bahan alami ini ke dalam formula skincare dari brand kosmetikmu.

Tak hanya bisa memberikan nilai kegunaan dan kualitas produk yang tinggi. Kamu juga bisa membuat skincare yang unik dan khas dengan minyak biji borage.

Bingung bagaimana cara membuat skincare dengan brand sendiri? Baca di sini.

Mash Moshem Indonesia bisa membantumu menciptakan berbagai produk kosmetik, dari skincare, hair care, body care, dan banyak lainnya.

Kamu juga bisa memilih bahan apa yang ingin kamu gunakan dalam formulanya. Termasuk penggunaan minyak biji borage untuk skin care. Gimana, apa kamu tertarik?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment