Ketahui 3 Cara Iklan di Bukalapak yang Mudah dan Menguntungkan untuk Seller

cara iklan di bukalapak

Hallo Beautypreneurs! Sebagai seorang pengusaha, kamu pasti memiliki banyak cara untuk membuat bisnismu berkembang pesat. Termasuk memasarkannya di berbagai e-commerce dan media sosial lainnya.

Ngomongin soal e-commerce, Bukalapak merupakan salah satu jenis lapak online yang cukup ramai dikunjungi oleh konsumen Indonesia. Melansir dari Databoks, pada kuartal III tahun 2021 kemarin Bukalapak mengalami kenaikan kunjungan per bulannya, seperti dalam grafik ini.

cara iklan di bukalapak

Meski bukan yang terbesar, dari grafik di atas, Bukalapak masih menjadi lahan yang cukup menjanjikan untuk bisnis online. Jumlah kunjungannya cukup konsisten dan bahkan beberapa kali mengalami peningkatan.

Pada akhir kuartal III di atas, e-commerce ini bahkan sempat mengalami kenaikan angka kunjungan, menjadi 30,1 juta kali dalam sebulan. Jumlah yang cukup besar dan menjanjikan bagi pasar online.

Namun, yang harus kamu perhatikan adalah enggak semua kunjungan ini dilakukan hanya oleh konsumen. Yap! Tentu ada berates-ratus atau bahkan ribuan toko juga meramaikan Bukalapak, yang bisa jadi memiliki kesamaan jualan dengan tokomu.

Karenanya, kamu harus bisa membuat tokomu lebih menonjol agar bisa menarik perhatian konsumen dari kompetitor. Tapi bagaimana caranya?

Well, kamu bisa mengatasinya dengan cara iklan di Bukalapak berikut ini!

Keuntungan Memasang Iklan di Bukalapak untuk Seller

Cara iklan di Bukalapak bisa memberikan banyak keuntungan untuk bisnismu. Mulai dari memikat lebih banyak konsumen, membuat promosi jadi lebih segar, hingga membantu meningkatkan penjualan produk.

Nah, untuk lebih jelasnya, segera simak keuntungan memasang iklan di Bukalapak berikut ini!

Dapat Menjangkau Konsumen yang Tepat

Keuntungan memasang iklan di Bukalapak yang pertama adalah dapat menjangkau lebih banyak konsumen potensial. Karena iklan produk akan ditampilkan langsung ke calon konsumen yang memang telah mencari produk tersebut di Google.

Kata kunci pencarian yang digunakan oleh konsumen akan disesuaikan dengan nama, deskripsi, dan beberapa rincian data pada produkmu. Dengan begitu, iklan dapat mencapai target konsumen yang tepat.

Iklan Tampil Interaktif dan Informatif

Cara iklan di Bukalapak ini juga akan membuat konten promosi tampil interaktif dan informatif, khususnya di halaman pencarian Google, laman Google Shopping, hingga situs mitra Google Search.

Tak hanya itu, iklanmu pun dapat ditampilkan dalam berbagai format perangkat yang digunakan oleh konsumen. Misalnya, pada computer, laptop, smartphone, hingga tablet.

Semua informasi mengenai toko dan produkmu pun akan disajikan secara rinci. Sehingga konsumen bisa menemukan produkmu dan melakukan kunjungan ke toko.

Pilihan Beriklan yang Praktis dan Terjangkau

Dengan sistem pay per click, BukaIklan memberikan penawaran yang cukup terjangkau untuk mempromosikan produk dan toko online-mu.

Kamu bisa memulai cara iklan di Bukalapak ini dengan mengatur anggaran harian minimal Rp 10 ribu sehari, dalam rentang waktu minimal beriklan 15 hari lamanya. Setelah diatur, maka iklanmu akan segera diproses dan berjalan ketika mendapat persetujuan dari Google.

Tak hanya itu, anggaran ini akan dipotong hanya kalau iklan yang kamu pasang benar-benar bisa menarik pembeli. Dengan kata lain, kamu baru akan membayar kalau iklan yang kamu pasang ini berhasil.

Selain dari segi biaya, BukaIklan pun sangat praktis. Kamu tidak perlu memiliki keahlian atau pengetahuan khusus soal Google Ads. Karena sistem akan secara otomatis membuat, menjalankan, hingga mengoptimasi iklan produk yang kamu buat.

Monitoring Program Promosi dengan Mudah

Selain membuat kampanye, kamu juga harus melakukan monitoring untuk memastikan bahwa promosi yang kamu lakukan memang membuahkan hasil.

Nah, dengan cara iklan di Bukalapak ini kamu bisa mengevaluasi dan mengontrol iklan yang ada dengan akurat. Karena, sistem akan memberikan laporan kinerja iklan yang kamu pasang secara berkala.

Dari laporan ini kamu bisa melihat seberapa banyak dan besar jangkauan iklan, siapa saja yang meng-klik iklan tersebut, hingga seberapa besar anggaran yang kamu keluarkan.

Data-data ini akan berguna untuk membentuk rencana pemasaran baru yang jauh lebih efisien dan efektif di masa mendatang.

Cara Iklan di Bukalapak dengan BukaIklan Shopping

Untuk mendukung kegiatan promosi dan penjualan seller mereka, Bukalapak membuat fitur promosi khusus yang dinamakan BukaIklan Shopping. Fitur ini akan membantu kamu utnuk beriklan secara langsung di Google.

Tak hanya itu, cara iklan di Bukalapak ini pun dibuat dengan format yang menarik dan informatif. Sehingga, kamu bisa dapat mengundang lebih banyak calon pembeli pada toko online-mu.

BukaIklan Shopping ini memanfaatkan platform iklan Google Shopping Ads untuk membantu mempromosikan barang-barang jualanmu. Jadi, pembeli akan semakin mudah untuk menemukan toko dan produk yang kamu jual di Bukalapak nantinya.

Selain di Google, kamu juga bisa memasang BukaIklan Shopping ini di Facebook, lho! Biar enggak makin penasaran, langsung simak caranya di bawah ini!

Cara Memasang BukaIklan Shopping

  1. Masuk ke laman website Bukalapak dan Log In dengan akun jualan kamu, kemudian pilih menu BukaIklan.
  2. Pilih jenis iklan yang kamu inginkan, apakah BukaIklan Shopping atau BukaIklan Facebook. Kalau sudah pilih lanjutkan klik Mulai Beriklan.
  3. Langkah selanjutnya, atur anggaran dana yang kamu inginkan. Misalnya mulai dari 10.000 per hari, sesuaikan juga waktu minimal yang kamu inginkan.
  4. Langkah selanjutnya memasukkan metode pembayaran yang kamu inginkan.
  5. Setelah itu, kamu bisa langsung mencentang kolom syarat dan ketentuan. Kemudian lanjut Konfirmasi.
  6. Selesai. Iklan akan berjalan secara otomatis begitu sistem telah menyetujui. Kamu bisa melakukan monitoring tiap awal minggu untuk melihat progress iklan yang kamu pasang.

Cara Iklan di Bukalapak dengan Promoted Push

Cara iklan di Bukalapak selanjutnya adalah dengan menggunakan promoted push. Fitur ini sebenarnya bisa digunakan oleh semua pelapak, meskipun belum memiliki predikat Super Seller.

Sitem promosinya juga hampir sama dengan BukaIklan sebelumnya, yakni dibayar ketika berhasil mendapatkan klik. Nah, lantas bagaimana cara iklan di Bukalapak dengan Promoted Push? Simak langkahnya di bawah ini!

  1. Masuk ke halaman Seller Center di Bukalapak terlebih dahulu, kemudian Log In ke akun jualanmu.
  2. Setelah itu, klik Fitur Promosi dan pilih Promoted Push.
  3. Secara otomatis kamu akan dialihkan pada halaman pengaturan anggaran. Klik Tambah Budget, kemudian masukkan nominal budget yang kamu inginkan untuk mempromosikan product tersebut. Minimal budget yang tersedia sebesar Rp 15 ribu dan jangka waktu 15 hari.
  4. Setelah memasukkan nominal yang kamu inginkan dengan benar, klik Tambah.
  5. Lakukan pembayaran iklan lewat metode pembayaran yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan promoted push pada produk jualanmu.
  6. Kembali ke halaman Prometed Push dan pilih produk yang akan kamu iklankan. Setelah itu klik Aktifkan.
  7. Langkah selanjutnya adalah memasukkan biaya per klik yang kamu inginkan. Nah, di sini kamu bisa memasukkan minimal harga sebesar 200 rupiah per klik.
  8. Setelah itu, kamu bisa mengatur durasi promosi dengan menentukan tanggal mulai dan selesai. Kemudian pilih opsi Aktif pada Status Promosi.
  9. Klik Simpan. Kamu sudah berhasil mengiklankan produk yang kamu jual dengan Promoted Push di Bukalapak.

Cara Iklan di Bukalapak dengan Fitur Push

Selain promoted push, cara iklan di Bukalapak yang bisa kamu gunakan lainnya adalah dengan memakai fitur Push. Penggunaan fitur ini akan membantu mempromosikan produk agar berada di urutan pertama pada halaman pencarian Bukalapak.

Sama halnya dengan fitur iklan lain, kamu juga perlu mengalokasikan anggaran tersendiri untuk memgaktifkan fitur Push. Namun, kamu juga bisa membelinya dalam bentuk paket, tentu yang sesuai dengan kebutuhan tokomu.

Nah, di bawah ini adalah cara iklan di Bukalapak menggunakan fitur Push yang harus kamu tahu. Yuk, simak baik-baik!

  1. Langkah pertama, masuk ke laman Seller Center dan klik Push pada halaman Fitur Promosi.
  2. Kemudian pilih Tambah Push untuk memilih dan membeli paket iklan yang kamu inginkan.

Kamu akan dialihkan pada halaman daftar Paket Push dengan berbagai variasi harga. Kalau kamu sudah menjadi Super Seller, kamu bsia mendapatkan diskon paket khusus dan bonus budget untuk tiap pembelian paket selanjutnya.

  • Selesai memilih paket, kamu bisa langsung melakukan pembayaran.
  • Kembali ke halaman Push dan pilih produk yang ingin kamu iklankan. Kamu dapat mencentang beberapa produk sekaligus.
  • Langkah Selesai. Produk-produk yang telah kamu tandai dan iklankan akan segera muncul pada halaman pencarian.

Nah, itu adalah berbagai cara iklan di Bukalapak yang bisa kamu terapkan untuk bisnis dan toko kosmetikmu. Dengan demikian penjualan produk dan pendapatan toko akan dapat meningkat.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment