Cara Membuat Toko Kosmetik Oline di Shopee sampai Star Seller, Gampang!

cara jadi shopee star seller

Membangun bisnis kosmetik belakangan ini menjadi lebih mudah, karena ada banyak media yang bisa dijadikan untuk lahan promosi dan berjualan. Salah satunya adalah lewat e-commerce, seperti Shopee.

Yap! Dilansir dari Databoks Kata Data, Shopee menduduki peringkat kedua sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi konsumen. Untuk lebih jelasnya simak datanya berikut ini, ya!

cara jadi shopee star seller

Dalam diagram di atas, Shopee menduduki posisi kedua sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi. Meski masih berada di posisi nomor dua, namun sebenarnya Shopee mengalami peningkatan 0,3% dibanding pada tahun sebelumnya.

Terhitung ada sebanyak 127,4 juta pengguna shopee yang selalu akif dan login di akun mereka tiap bulan. Nah, menyadari jumlah audience yang besar ini, kamu pasti juga tahu seberapa luas potensi kamu untuk memasarkan produk kosmetik yang kamu miliki di lapak online satu ini.

Nah, sebagai salah satu pengguna aktif Shopee, kamu juga pasti menyuadari bahwa ada toko-toko kosmetik dengan badge star seller. Yang biasanya, akan lebih mudah kamu percaya dan mendapatkan banyak pembeli.

Pertanyaannya, bagaimana cara menjadi Shopee star seller yang kamu kelola? Serta apa saja manfaatnya untuk bisnis kosmetikmu?

Untuk menjawab kedua pertanyaan itu, kami telah merangkumkan berbagai hal soal Shopee star seller dalam ulasan berikut ini. Simak baik-baik, ya!

Star Seller Shopee, Apakah Itu?

Sebelum terlalu jauh mencari tahu cara membuat toko kosmetik online di Shopee milikmu jadi star seller, enggak ada salahnya untuk memahami definisi star seller tersebut terlebih dahulu.

Star Seller Shopee merupakan status yang diberikan oleh oleh pihak Shopee ke penjual yang aktif dan dapat melayani pembeli dengan sangat baik.

Ketika toko kosmetik milikmu telah memiliki status Star Seller ini, maka kepercayaan konsumen pun secara otomatis akan meningkat. Dengan begitu, transaksi yang dilakukan pun akan dapat terus bertambah.

Nah, dengan begitu, sebagai pemilik toko kosmetik online, kamu juga akan lebih termotivasi agar dapat memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan untuk pelanggan kamu.

Manfaat Star Seller Shopee untuk Bisnis Kosmetik Milikmu

bisnis kosmetik

Ada banyak alasan mengapa toko online dengan status Star Seller menjadi primadona di Shopee. Ini dikarenakan banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh penjual dengan mendapatkan status apreasiasi tersebut.

Berikut beberapa manfaat Star Seller Shopee untuk bisnis kosmetik yang kamu rintis. Simak baik-baik, ya, Guys!

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Kosmetikmu

Membangun bisnis kosmetik online tidak bisa dibilang mudah, karena konsumen atau target pasar kamu tidak bisa mengetahui dengan baik kondisi barang secara fisik.

Tak hanya itu, tak bisa dipungkiri banyak juga penjual abal-abal yang berkeliaran secara online. Enggak salah juga, kalau banyak dari kita yang akhirnya memasang rasa awas tinggi-tinggi dan lebih memilih membeli produk kosmetik dari toko dengan kredibilitas baik, ulasan positif, dan memiliki status.

Sebagai gambaran, kamu pasti menyadari bahwa produk dari toko Star Seller selalu memiliki jumlah suka dan beli yang banyak. Ini sangat lumrah, karena sebagian besar orang tidak ingin mendapatkan risiko salah berli produk atau mengalami pengalaman belanja tidak menyenangkan lainnya.

Membantu Membuat Omset Penjualan Meningkat

Manfaat lain  dengan membuat toko kosmetik online milikmu mendapatkan predikat Star Seller adalah bisa memberikan efek yang besar untuk meningkatkan omset penjualan produk.

Ketika kepercayaan pembeli telah meningkat, maka mereka tidak akan segan untuk membeli produk kosmetik dari toko online-mu. Bahkan ketika pelayanan yang kamu berikan ternyata memuaskan, pembeli akan kembali datang dan bisa jadi menjadi pelanggan tetap.

Mendapatkan Banyak Variasi Promo dari Shopee

Shopee merupakan marketplace yang sangat suka memberikan even promosi. Nah, ketika toko kosmetik yang kamu miliki telah berlabel star seller, maka akan semakin mudah bagimu terlibat dalam event rutinan dari Shopee ini.

Promom-promo yang dimaksudkan antara lain, kupon bebas ongkir, flash sale, Shopee Mall, dan masih banyak lainnya. Promo ini akan memberikan banyak keuntungan untuk membuat transaksi kian meningkat, produk dan toko kosmetik milikmu pun akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Berbagai Syarat Menjadi Star Seller di Shopee yang Harus Kamu Tahu

Sebenarnya, cara menjadi Shopee star seller tidak terlalu sulit. Namun ada beberapa kriteria yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

Berikut beberapa syarat menjadi star seller di Shopee yang harus kamu tahu, untuk membuat toko kosmetikmu jadi star seller!

  1. Mengunggah identitas KTP dan terverifikasi oleh Shopee sebelumnya.
  2. Memiliki presentase balasan chat lebih dari 80 persen.
  3. Harus memiliki skor atau penilaian toko lebih dari 4,5.
  4. Setidaknya memiliki jumlah produk pre Order kurang dari 20 persen selama maksimal lima hari.
  5. Jumlah transaksi produk yang dimiliki minimal 30 pesanan atau pendapatan bersih.
  6. Memiliki lebih lebih dari 10 pembeli yang berbeda pada bulan sebelumnya.
  7. Tidak melakukan pelanggaran atau mendapatkan point penalti.
  8. Mematuhi kebijakan Shopee, tidak melalukan penyalahgunaan program untuk kepentingan pribadi atau memiliki riwayat pesana yang tidak wajar, dan banyak lauinnya.

Seperti yang telah dijelaskan tadi, predikat ini tentu ditujukan untuk penjual yang dipilih langsung oleh Shopee. Sehingga, ketika kamu telah membuat toko kosmetik milikmu sebaik mungki dan memenuhi kriteria di atas, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan undangan untuk menjadi Star Seller.

Mempertahankan Predikat Star Seller yang Kamu Dapatkan

Setelah toko kosmetik yang kamu miliki jadi star seller, bukan berarti tugas kamu sebagai penjual selesai. Kamu pun harus bisa selalu menjaga peforma toko kosmetik milikmu agar gelar ini tidak dicabut atau dihilangkan oleh Shopee.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan predikat Star Seller untuk toko kosmetik milikimu. Perhatikan baik-baik, ya!

  1. Mempertahankan presentasi chat yang dibalas agar lebih dari 70%.
  2. Menjaga Skor penilaian agar selalu lebih dari 4,5 point.
  3. Memiliki jumlah transaksi produk kosmetik minimal 15 pesanan dalam sebulan.
  4. Menjaga agar toko tidak mendapatkan point penalty, maksimal point penalty yang dimiliki harus 3 point.
  5. Tidak mempunyai riwayat pelanggaran, penyalahgunaan, penipuan, terhadap kebijakan yang diberikan Shopee.
  6. Melayani lebih dari sepuluh konsumen yang berbeda pada bulan sebelumnya.

Kriteria Produk yang Harus Dihindari Ketika Mendaftar Star Seller

Cara menjadi shopee star seller selanjutnya adalah dengan memperhatikan dan menghindari kriteria produk tertentu.

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ketika toko kosmetik yang kamu kelola telah mendapatkan predikat Star Seller, maka ada banyak hal juga yang harus kamu perhatikan untuk menjaga status tersebut.

Salah satunya dengan menghindari produk dengan kriteria-kriteria berikut ini:

  1. Barang- barang, deskripsi produk, dan kemasan mengandung pelanggaran hak cipta atau merek dagang merek lain.
  2. Produk perawatan kulit, obat, dan suplemen tidak mempunyai izin BPOM
  3. Produk yang berkaitan dengan kesehatan ilegal, seperti krim racikan, resep dokter, obat penggugur kandungan, obat kuat, obat perangsang, serta peralatan medis
  4. Minuman keras, rokok, dan obat- obatan terlarang
  5. Produk ‘share in jar’ (produk yang dijual ulang dalam kemasan lebih kecil) dengan jumlah lebih dari dari 10% dari keseluruhan jumlah produk di toko Anda.
  6. Produk bermerek yang tidak mempunyai izin distribusi resmi dari pihak berwenang
  7. Barang bekas
  8. Parfum badan
  9. Produk MLM
  10. Lensa kontak
  11. Voucher
  12. Jasa yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Shopee, seperti jastip, jasa sewa, jasa impor, dan yang lainnya.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi ter-update soal status star seller ini dengan melihatnya secara langsung pada laman star seller Shopee.

Tips Agar Bisa Mendapatkan Status Star Seller Shopee dengan Cepat

Setelah mengetahui kriteria di atas, kamu mungkin berpikir banyak kriteria yang bikin repot dan mungkin membutuhkan waktu yang lama sampai tercapai.

Tapi sebenarnya, kamu bisa juga kok membuat potensi toko kosmetik kamu di Shopee tedaftar sebagai star seller dengan cepat.

Untuk membantu mempercepat cara menjadi Shopee Star Seller ini, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini!

Patuhi kebijakan dan peraturan Shopee

Tips untuk membuat toko kosmetik di Shopee jadi star Seller yang pertama adalah, mematuhi semua kebijakan dan peraturan yang diberikan oleh pihak Shopee.

Untuk itu, selalu pastikan untuk membaca kebijakan-kebijakan dan aturan apa saja yang diberikan Shopee kepada pengguna dan penjual. Sehingga, kamu bisa lebih awas dan tidak sembarangan melakukan hal yang mungkin bisa membuat toko kosmetikmu tidak mendapatkan Star Seller.

Bahkan pelanggaran peraturan dan kebijakan dalam skala besar, akan berpotensi membuat akun jualanmu terblokir, lho!

Penuhi Syarat Upload Identitas KTP

Setelah mendaftar Shopee dan memulai akun toko kosmetikmu secara resmi, maka yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memenuhi persyaratan yang ditentukan dengan meng-upload indentitas KTP.

Cara menjadi Shopee star seller dengan cepat ini sangat diperlukan untuk memastikan keaslian identitas toko kosmetikmu dan indentitasmu sendiri sebagai seorang penjual. Sehingga, kemanan dan kenyamanan konsumen di Shopee akan jauh lebih tejaga.

Menjaga Kualitas Produk Kosmetik yang Dijual

Sebagai penjual, tentu hal yang harus dilakukan adalah menjaga stok produk agar tetap berkualitas dan layak untuk dijual kembali.

Untuk menarik perhatian konsumen, kamu bisa mengambil foto atau video produk yang berkualitas. Ingat, gunakan foto produk kosmetik asli dan bukan hasil unduhan dari sumber lainnya.

Perhatikan Judul dan Deskripsi Produk Kosmetik

Tips selanjutnya adalah dengan memperhatikan judul dan deskripsi produk kosmetik yang akan kamu jual. Ini penting dilakukan untuk mengoptimalkan produk kosmetik kamu di hasil pencarian Shopee, sehingga judul dan deskripsi produk kosmetik ini haruslah tepat.

Sebagai tips: gunakan judul dan deskripsi produk sesuai sasaran. Kamu tidak perlu menambahkan kategori-kategori lain yang mungkin akan mengacaukan pembacaan sistem dan malah akan membuat produk kosmetikmu terkena spam.

Misalnya ketika kamu menjual face serum vitamin C, cukup gunakan judul produk yang sesuai. Kamu hanya perlu mencantumkan jenis produk dan merk-nya.

Selain itu, deskripsi produk kosmetik ini pun harus jelas dan detail ya, Guys! Mulai dari volume, jenis kemasan, warna, tata cara penggunaan produk kosmetik, kandungan apa saja yang digunakan, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk menggunakan kata kunci dan hashtag yang sesuai untuk mempermudah produkmu masuk dalam sistem pencarian. Selain itu, ingat juga untuk tidak memasukkan kontak pribadi ke dalam deskripsi produk, ya!

Membuat Harga yang Bersaing

Salah satu risiko ketika kamu akan berjualan di Shopee adalah kamu harus siap untuk membanting keuntungan, demi dapat memberikan harga yang bersaing. Sama halnya ketika kamu akan mengejar status staller untuk toko kosmetik milikmu.

Pelayanan yang Ramah dan Memuaskan

Salah satu aspek yang sangat diperhitungkan dalam cara menjadi Shopee star seller plus adalah presentase chat konsumen dibalas. Artinya, kamu harus mengusahakan untuk selalu bersikap ramah dan memberikan respon cepat kepada konsumen.

Mengirimkan Barang Tepat Waktu

Siapa sih yang suka menunggu terlalu lama? Apalagi kalau paket yang diinginkan tersebut telah lama dinanti sebelumnya. Pikiran seperti ini harus selalu kamu tanamkan dan ingat baik-baik karena, kebanyakan konsumen tentu menginginkan produk mereka datang secepat mungkin.

Ketika kamu menerima pesanan di Shopee selalu usahakan untuk mengirimnya dengan tepat waktu. Secara otomatis, biasanya shopee akan memberi tenggat pengiriman barang setelah dua hari pembayaran dilakukan.

Jika kamu mengaktifkan sistem pre-order sebelumnya, maka batas waktu bisa hingga tujuh hari lamanya.

Hindari Kesalahan dan Keterlambatan Pengiriman

Kesalahan sedikit saja dalam pengiriman bisa membuat reputasi toko kosmetik kamu menjadi buruk di mata konsumen. Sebab, secara otomatis Shopee akan menghitung bagaimana peforma pengiriman barang yang kamu lakukan.

Cara menjadi Shopee star seller ini harus kamu perhatikan baik-baik. Karena bila sampai presentase keterlambatan ini mencapai 5%, maka harapan untuk meraih status star seller plus akan kian sulit.

Bahkan ketika sebelumnya kamu telah memiliki status star seller ini, dan ada keterlambatan, kesalahan pengiriman, Shopee dapat mencabut status tersebut, lho. Sayang sekali bukan?

Mengupdate Informasi Produk secara Rutin

Cara menjadi Shopee star seller plus dengan cepat lainnya adalah kamu perlu sering mengupdate informasi produk secara rutin, misalnya seberapa stok yang tersisa, apa saja jenis yang ada, dan informasi lainnya.

Nah, kamu bisa harus selalu ingat untuk mengupdate informasi tersebut agar konsumen tidak salah pesan. Dan akhirnya mengajukan pembatalan, ini tentu akan membuat citra toko kosmetik yang kamu punya menjadi buruk.

Menaikkan Jualan Secara Rutin dan Menggunakan Promo Berbayar

Untuk membuat cara menjadi Shopee star seller dengan cepat, kamu perlu menaikkan jualan secara rutin ataupun menggunakan promo berbayar.

Nah, itu adalah berbagai cara menjadi Shopee star seller yang bisa kamu coba dengan mudah. Apakah kamu siap untuk memulai langkah-langkah di atas?

Kamu juga bisa melihat webinar Mash Moshem Indonesia dengan ahli tentang mengoptimalisasi akun jualan Shopee sampai Star Seller + berikut ini.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Leave a Comment