Cara Menerapkan SEO di Shopee untuk Tingkatkan Penjualan dan Kunjungan Toko

cara menerapkan seo di shopee

Beautypreneurs, berjualan di Shopee memang terbilang mudah, namun tak bisa dipungkiri bahwa tingkat persaingannya cukup ketat. Karenanya, kamu perlu mengetahui cara menerapkan SEO di Shopee untuk meningkatkan penjualan dan kunjungan toko online-mu.

Penggunaan SEO selama ini banyak diterapkan untuk meningkatkan kunjungan pada halaman Website tertentu. Namun, tak banyak pelaku bisnis yang tahu kalau ternyata SEO juga bisa diterapkan pada e-commerce, termasuk Shopee.

Seperti yang kamu tahu, sebagai salah satu lapak online popular di Indonesia, Shopee memberikan peluang yang besar tapi juga memiliki tingkat persaingan yang tinggi.

Tak hanya berkompetisi dengan brand local, kamu bahkan perlu berhadapan langsung dengan brand dan toko luar negeri. Karenanya, kamu perlu menerapkan strategi khusus untuk memenangkan pasar. Misalnya dengan cara menerapkan SEO di Shopee.

Penasaran mengenai definisi danc ara menerapkan SEO di Shopee yang efektif? Langsung simak ulasan soal SEO Shopee di bawah ini sampai habis ya, Beautypreneurs!

Apa itu SEO di Shopee?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan jumlah kunjungan laman website/toko online lewat mesin pencari.

Artinya, ketika diterapkan pada Shopee, kamu bisa meningkatkan visibilitas toko dan halaman penawaran produk dari berbagai mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan lainnya.

Untuk bisa membuat produkmu tampil dalam halaman rekomendasi pencarian, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Termasuk bagaimana cara membuat konten deskripsi produk yang tepat, penamaan penawaran, hingga memilih produk yang akan kamu jual nantinya.

Ketika mampu menggunakan cara menerapkan SEO di Shopee ini dengan benar, toko onlinemu bisa mendapatkan kunjungan yang tinggi dan menjaring lebih banyak konsumen.

5 Cara Menerapkan SEO di Shopee untuk Datangkan Konsumen

Cara menerapkan SEO di Shopee tak jauh berbeda dengan aplikasinya di website. Untuk mendapatkan efek yang kamu inginkan, perhatikan cara menerapkan SEO di Shopee dengan tepat berikut ini.

Lakukan Riset Konsumen dan Target Pasar

Langkah pertama dalam cara menerapkan SEO di Shopee adalah melakukan riset konsumen dan target pasar. Dengan begitu kamu bsia mengetahui siapa saja yang berpotensi menjadi konsumen loyal dari toko online-mu.

Selain itu langkah ini akan mempermudah cara menyusun copy, judul, dan kalimat promosi yang akan kamu buat nantinya. Tak hanya itu, kamu juga akan kian mengenali konsumen potensialmu dengan lebih baik.

Mencari Keyword yang Tepat

Setelah mengenali target pasarmu dengan baik, cara menerapkan SEO di Shopee selanjutnya adalah sengan mencari keyword yang tepat.

Ini karena mesin pencari, baik Google, Yahoo, maupun dalam Shopee sendiri menggunakan penelusuran berdasarkan kata kunci. Kamu bisa memilih kata kunci yang paling relevan dengan produkmu, bervolume besar dan sesuai dengan target pasar yang ingin kamu jangkau.

Ingin tahu bagaimana cara riset kata kunci yang tepat di Shopee? Simak penjelasannya di sini.

Perbarui Deskripsi Toko

Cara menerapkan SEO di Shopee selanjutnya adalah dengan memperbarui deskripsi toko. Langkah ini akan membantu tokomu mendapatkan hasil pencarian yang baik.

Kamu bisa memperbarui deskripsi toko dengan informasi yang detil, sehingga mempermudah algoritma mesin pencari untuk bisa mengenali dan mengindeks tokomu.

Informasi yang dimaksud bisa berupa jenis toko, cara pengiriman barang/produk, alamat toko, hingga mencantumkan berbagai promo yang berlangsung.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan keyword yang tadi telah dianalisa pada halaman deskripsi toko. Ini akan membantu visibilitas toko menjadi lebih baik di mesin pencari.

Meng-update Halaman Deskripsi Produk

Tak hanya deskripsi toko, kamu pun bisa meng-update halaman deskripsi produk dalam cara menerapkan SEO di Shopee. Untuk mendapatkan visibilitas terbaik, kamu bisa menerapkan beberapa hal berikut ini ketika memperbarui halaman deskripsi produk.

Nama Produk

Ketika membuat nama penawaran produk, kamu tidak boleh asal memasukkannya. Penting untuk memasukkan merk, model, tipe, manfaat, dan memperhatikan batas nama produk.

Deskripsi Produk

Selain nama, cara menerapkan SEO di Shopee juga perlu kamu pakai pada bagian deskripsi produk. Meski produkmu sama dengan toko lain, penting untuk membuat deskripsi yang berbeda dan tidak asal copy-paste.

Gunakan keyword atau kata kunci yang telah kamu riset sebelumnya dalam deskripsi, paling tidak satu dua kali. Namun jangan terlalu berlebihan, karena deskripsi produk yang kamu buat harus relevan dan memberikan informasi detil pada konsumen.

Ketahui Juga: Cara Menulis Deskripsi Produk di E-commerce yang Dapat Menarik Konsumen

Gunakan Gambar dari Tokomu

Meski menjual produk sebagai tangan ketiga, penting untuk mengunggah gambar/foto yang kamu ambil sendiri. Dengan begitu, konsumen akan lebih percaya dan tertarik dengan penawaranmu di Shopee.

Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Cara menerapkan SEO di Shopee selanjutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi. Ketika mengunggah konten promosi di berbagai media sosial-mu, kamu bisa mneyisipkan tautan link toko Shopee-mu.

Hal ini bisa membantu meningkatkan traffic toko dan membuat visibilitas halaman produk kian meningkat.

Manfaat Menerapkan SEO di Shopee untuk Seller

Menerapkan SEO di Shopee bisa memberikan banyak keuntungan buat Seller. Mulai dari meningkatnya kunjungan toko, proses promosi yang lebih efisien, dan banyak lainnya.

Untuk mengetahui berbagai manfaat menerapkan SEO di Shopee bagi seller, simak uraian berikut ini sampai habis.

Meningkatkan Visibilitas Halaman Toko dan Produk

Menerapkan SEO pada strategi jualanmu di Shopee akan memberikan visibilitas yang bagus pada halaman toko dan produk di mesin pencari.

Audience dari berbagai penjuru wilayah bisa dengan mudah menemukan penawaranmu di Google, khususnya dengan memasukkan kata kunci yang telah kamu riset sebelumnya.

Membuat Traffic Toko Online Kian Tinggi

Karena kemungkinan laman penawaran produk dan toko kian mudah konsumen temukan. Maka, traffic kunjungan toko dan halaman produkmu pun akan semakin tinggi.

Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada peforma toko, dan secara tak langsung dapat membantu meningkatkan kesadaran konsumen terhadap penawaran/produk kosmetikmu.

Meningkatkan Pembelian Produk

Semakin banyak kunjungan toko, artinya kian besar juga kemungkinan terjadi pembelian produk. Untuk memaksimalkan manfaat SEO di Shopee ini, kamu perlu membuat konten produk yang detil dan menarik.

Misalnya dengan menggunakan foto produk berkualitas tinggi, membuat deskripsi produk yang menjual, serta memberikan key highlight pada nama produk/penawaran yang kamu buat.

Nah, untuk membuat konsumen terus setia dan melakukan pembelian ulang, kamu bisa menciptakan produk kosmetik terbaik dan bermanfaat untuk konsumenmu.

Dalam hal ini, Mash Moshem Indonesia bisa mendukung bisnis kosmetikmu, lho. Yap! Bersama tim kami yang ahli dalam formulasi kosmetik dan telah berpengalaman memproduksi ribuan produk. Kami dapat membawa produk kosmetik impianmu menjadi nyata.

Kamu bahkan bisa me-request jenis produk, sediaan/teksturnya, manfaat, dan bahan apa saja yang ingin kamu gunakan dalam produk tersebut.

Agar brand kosmetikmu kian melejit di pasaran. Kami memberikan layanan aftersales dan menciptakan media promosi kreatif untuk kegiatan branding serta pemasaran yang kamu lakukan.

Pelajari video ini supaya kamu tahu apa saja keuntungan yang kamu dapatkan ketika maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia, ya!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment