Insight-Bisnis

9 Cara Menulis Deskripsi Produk di E-commerce yang Memikat Konsumen

cara menulis deskripsi produk di e-commerce

Di tengah persaingan ketat industri kecantikan, tampilan produk saja tidak cukup untuk memenangkan hati konsumen, terutama di platform e-commerce. Dalam dunia e-commerce, deskripsi produk adalah juru bicara utama yang menjelaskan, meyakinkan, dan membujuk calon konsumen untuk memilih hingga membeli produk kosmetikmu. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu cara menulis deskripsi produk di e-commerce yang memikat konsumen.

Buat kamu yang ingin memulai bisnis kosmetik dengan memanfaatkan e-commerce, menulis deskripsi produk bukan sekadar mencantumkan manfaat atau kandungan bahan saja. Tapi, menjadi sebuah seni untuk menyampaikan value, membangun emosi, dan menciptakan pengalaman yang memikat, meski hanya lewat layar.

Untuk itu, kamu harus paham soal cara menulis deskripsi produk di e-commerce yang bukan hanya informatif saja, tapi juga menarik perhatian dan mendorong pembelian. Yuk, simak cara-caranya berikut ini!

Apa yang Dimaksud Deskripsi Produk?

Deskripsi produk merupakan sekumpulan informasi yang menjelaskan mengenai produk yang kamu jual.  Dalam pembuatannya,  informasi yang dicantumkan bisa memuat spesifikasi produk, cara penggunaan, kelebihan dan keunikan produk, hingga bahan-bahan yang digunakan dalam komposisinya.

Manfaat menyusun deskripsi produk adalah kamu bisa membuat konsumen lebih kenal terhadap keunggulan dan fungsi produk secara spesifik.  Ketika kamu menulisnya dengan lengkap, deskripsi produk pun akan mempermudah pembeli untuk mempertimbangkan / memilih barang.



Cara Menulis Deskripsi Produk di E-Commerce

Untuk memenangkan persaingan di pasar online,  kamu harus bisa membuat deskripsi produk yang lengkap dan menarik untuk konsumen.

Penasaran bagaimana cara menulis deskripsi produk di E-commerce yang mampu mendorong pembelian? Langsung cek langkah-langkahnya berikut ini!

Mulai dengan Mengenali Target Pasar Terlebih Dahulu

Langkah pertama dalam cara menulis deskripsi produk yang menarik adalah dengan mengenali siapa target pasar kamu terlebih dahulu.  Dengan begitu,  kamu bisa menyesuaikan isi konten dan gaya bahasa penulisan deskripsi agar lebih menarik.

Misalnya, jika kamu menargetkan konsumen dengan usia 17 hingga 30 tahun,  maka gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan rentang usia tersebut.

Usahakan juga untuk menggunakan gaya bahasa yang akrab dan mudah dipahami oleh calon pembeli.  Kamu juga bisa menyisipkan sapaan atau buyer persona yang bisa menambah rasa nyaman pembaca dalam meneliti deskripsi produk.

Cantumkan Keunikan Produk yang Dijual

Setelah menentukan bagaimana konten akan dikemas,  maka cara menulis deskripsi produk yang menarik selanjutnya adalah dengan mencantumkan informasi mengenai keunikan produk.

Kamu bisa mulai membuat daftar sederhana dan menuliskan apa saja point unik dari produkmu.  Misalnya,  kamu menjual produk kosmetik A yang memiliki aroma ringan tapi tahan lama,  terbuat dari bahan organic,  bisa mencerahkan dan melembabkan kulit,  dan banyak lainnya.

Nilai unik yang dimaksudkan ini harus bisa memberikan kesan berbeda antara produk yang kamu jual dengan milik competitor.  Dengan begitu,  kamu bisa membuat konsumen merasa penasaran dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Baca Juga: 11 Cara Membuat Artikel Bisnis yang Menjual, Pemula Wajib Coba!

Gunakan Kalimat yang Persuasif

Menulis deskripsi produk tidak sesederhana ketika kamu menuliskan cara penggunaan suatu barang.  Selain jelas dan lugas,  kamu juga harus bisa menyisipkan kalimat yang persuasif untuk menarik minat konsumen agar melakukan pembelian.

Lantas bagaimana cara membuat kalimat deskripsi produk yang persuasif? Sederhana,  kamu bisa mulai dengan kalimat penjelasan produk yang lebih umum,  namun sisipi kalimat ajakan yang tidak terlalu kentara.

Misal,  kamu menjual produk lip cream, dan menggunakan kalimat persuasif untuk deskripsi produknya. Maka, contohnya, “Tampil percaya diri sepanjang hari dengan lip cream berpigmen tinggi yang tahan hingga 12 jam tanpa membuat bibir kering, cocok untuk kamu yang aktif dan tetap ingin tampil flawless!”

Contoh di atas menggunakan kalimat yang sederhana, tapi di sisi lain dapat menggugah perasaan pembaca untuk mencoba produk yang kamu tawarkan.

Cara menulis deskripsi produk di E-commerce ini banyak dilakukan oleh pebisnis online.  Bahkan,  tidak sedikit juga yang menyewa tenaga ahli untuk membuat copy yang menarik dan bisa memikat hati pelanggan.

Menggunakan Keyword yang Tepat

Cara menulis deskripsi produk yang menarik selanjutnya adalah dengan menggunakan keyword yang tepat.  Ini bisa membantu mendatangkan dan menyaring pengunjung sebanyak-banyaknya pada produk yang kamu jual.

Tak hanya di website, penggunaan kata kunci pun diaplikasikan pada pencarian dan iklan yang ada di berbagai jenis e-commerce. Karenanya,  kamu harus bisa memilah dan menggunakan kata kunci yang tepat dalam deskripsi produk tersebut.

Sebagai contoh,  ketika kamu menjual produk kecantikan,  maka kamu bisa memilih penggunaan keyword yang lebih spesifik untuk menarik konsumen potensial.  Misalnya langsung merujuk manfaat utama produk atau jenis produk itu sendiri.

Seperti, “skincare pencerah wajah”, “krim pemutih ketiak dan selangkangan”,  serta masih banyak lainnya.  Sesuaikan keyword ini dengan produk yang kamu jual dan masukkan dengan strategis ke deskripsinya!



Jangan Lupakan Sentuhan Emosional

Tak hanya menuliskannya dengan jelas,  kamu juga tidak boleh melupakan aspek emosional ketika  membuat deskripsi produk,  ya.  Dengan begitu,  kamu bisa meninggalkan kesan yang mendalam kepada pembaca.

Kamu bisa mengemas manfaat dan keunggulan produk dengan gaya bahasa storytelling.  Tak hanya akan membuat konsumen membaca deskripsi sampai habis,  kamu pun bisa meninggalkan kesan emosional tersendiri kepada pelanggan.

Meski banyak diremehkan, cara ini bahkan lebih efektif untuk menarik perhatian pembeli agar membaca deskripsi produk, lho!

Meminimalisir Adanya Kesalahan Tulis (Typo)

Sama halnya dengan hasil karya tulis lainnya,  untuk menjamin tidak ada salah penafsiran dan menjaga keterbacaan teks,  kamu perlu meminimalisir adanya kesalahan tulis.

Selain Itu,  adanya typo ini akan mengurangi daya tarik dari deskripsi produk yang kamu buat.  Meski  terlihat sepele,  masalah tipografi ini bisa mempengaruhi bagaimana posisi brand dari sudut pandang konsumen.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Brand Image yang Kuat Bagi Pebisnis Kosmetik Pemula

Buat Kalimat Sederhana yang Mudah Dimengerti

Cara menulis deskripsi produk di e-commerce selanjutnya adalah menggunakan kalimat sederhana yang mudah dimengerti. Meski menggunakan teknik storytelling,  kamu tetap harus menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti.  Dengan begitu,  pembaca juga akan lebih mudah memahami deskripsi produk yang kamu buat.

Mengefisiensikan Panjang Deskripsi produk

Penjelasan produk yang terlalu panjang dan berputar-putar,  akan membuat konsumen enggan mempelajari deskripsi produk yang kamu buat hingga habis.

Gunakan kalimat yang menjelaskan inti-intinya saja dengan gaya bahasa yang menarik.  Nah,  dari segi efektifitasnya,  jumlah kata ideal dalam deskripsi produk seharusnya tidak lebih dari 200 kata.

Menggunakan Foto Produk yang Menarik dan Berkualitas

Selain dari segi tulisan,  kamu juga bisa memaksimalkan daya tarik bagian deskripsi produk dengan menggunakan foto yang menarik dan berkualitas tinggi.

Apalagi ketika berbelanja secara online, konsumen hanya akan melihat tayangan foto produk yang kamu pajang. Karenanya, semakin berkualitas dan bagus foto produk yang kamu buat, maka akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan pada produk.

Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik yang Menguntungkan Bersama Mash Moshem Indonesia!

Memahami soal cara menulis deskripsi produk di e-commerce memang penting. Tapi, buat kamu yang baru terjun di industri kosmetik, harus punya pengetahuan lebih dalam, baik itu penentuan formula, hingga strategi pemasarannya. Nah, di sini kamu bisa bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik, yakni Mash Moshem Indonesia.

Mash Moshem Indonesia akan membantu kamu untuk menciptakan produk yang berkualitas dan bermutu sesuai standar yang berlaku, seperti BPOM, Halal MUI, hingga Vegan USA. Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, kami siap membantu memproduksi kosmetik sesuai impian dan visi misi brand kamu. Jadi, langsung saja klik banner di bawah ini untuk mulai bekerja sama dengan kami!



author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011