Cara Riset Konsumen di Shopee, Ciptakan Hubungan Baik dengan Pembeli

cara riset konsumen di shopee

Mengenali konsumen setia brand kosmetikmu di Shopee merupakan langkah penting untuk mengembangkan bisnismu. Untuk itu, ketahui berbagai cara riset konsumen di Shopee berikut ini.

Sebelum terlalu jauh membahas cara riset konsumen di Shopee melalui berbagai fitur yang ada. Kita perlu mengulas sedikit mengenai pentingnya langkah ini demi mengembangkan bisnis kosmetik yang kamu jalankan.

Riset konsumen ini bisa membantumu mengenali audience dan pelanggan setia dari brand-mu. Tujuannya, kamu bisa menciptakan strategi promosi yang efektif dan efisien. Lebih dari itu, kamu dapat menjalin hubungan yang baik dengan konsumenmu, lho.

Ingin tahu bagaimana cara riset konsumen di Shopee? Baca terus ulasan di bawah ini, biar kamu enggak ketinggalan satu info pun.

6 Cara Riset Konsumen di Shopee untuk Tingkatkan Loyalitas Konsumen

Agar bisa mengenali pelangganmu dengan baik dan berhasil menciptakan strategi promosi yang efektif. Kamu bisa menyimak dan menerapkan cara riset konsumen di Shopee berikut ini, Beautypreneurs.

Cara Riset Konsumen di Shopee Melalui Data “Pesanan Saya”

Cara riset konsumen di Shopee ini bisa kamu lakukan melakui data yang ada dalam menu Pesanan Saya.

Data ini akan menunjukkan seluruh pesanan oleh pembeli tokomu, tentu yang telah selesai, ya. Kamu bahkan bisa mengatur data tersebut sesuai dengan kriteria atau kategori.

Well, langsung simak cara riset konsumen di Shopee berikut ini!

Eksport Data Pesanan

Cara riset konsumen di Shopee menggunakan data Pesanan Saya pertama adalah dengan masuk ke akun seller-mu dan pilih Pesanan Saya.

Setelah itu, kamu bisa meng-klik Export pada tab Selesai di halaman Pesanan Saya. Dari sini kamu bisa mengakses emua data penjualan produk yang telah dikonfirmasi selesai oleh pembeli.

Gutakan Fitur Pivot Table dan Filter pada Excel

Selanjutnya, kamu bisa mengatur fitur Pivot Tabel dan Filter saat membaca data tersebut. Di sini, kamu bisa membedakan data yang ada sesuai dengan kategori tertentu. Mulai dari daerah asal pembeli, intensitas pembelian, dan waktu transaksi.

Daerah Asal Pembeli

Kamu bisa mendapatkan data mayoritas daerah asal konsumen yang melakuka transaksi di tokomu, yakni dengan memanfaatkan informasi dalam kolom Provinsi.

Intensitas Pembeli

Selain demografi konsumen, kamu juga bisa mengetahui siapa pembeli yang paling loyal berbelanja di tokomu melalui kolom Username (Pembeli). Selain itu, kamu juga dapat melihat total pembayaran dan waktu pembayaran tersebut konsumen selesaikan.

Kamu bisa menambah minat konsumen berbelanja dengan memberika voucher atau diskon khusus kepada mereka. Dengan begitu, loyalitas mereka pada tokomu pun akan turut meningkat dengan signifikan.

Waktu Pembelian

Lewat cara riset konsumen di Shopee ini, kamu juga bisa menganalisis waktu pembelian yang dilakukan pelanngan. Data ini didapat dari mayoritas waktu terjadinya transaksi pada toko online-mu.

Dengan adanya informasi ini, kamu bisa tahu di jam mana pembeli paling sering mengunjungi toko dan melakukan transaksi pembelian.

Cara Riset Demografis Konsumen Lewat Fitur Insight

Selain lewat data pembeli di Pesanan Saya, kamu juga bisa mengenali kebiasaan konsumen lewat fitur insight Shopee Feed. Kamu bisa mengetahui siapa saja dan karakteristik audience yang mengikuti toko online-mu.

Cara riset demografis konsumen di Shopee lewat fitur insight ini menekankan pada aspek kebiasaan dan karakteristik pembeli. Melalui konten yang kamu upload, kamu bisa tahu di jam apa saja audience-mu aktif, serta bagaimana cara mereka menanggapi konten tersebut.

Lakukan Uji Coba untuk Melihat Konten Favorit

Langkah selanjutnya dalam cara riset konsumen di Shopee adalah dengan menganalisis jenis konten yang mereka sukai. Hal ini dapat dilihat dari jumlah like, komentar, dan share yang ada dalam tokomu.

Semakin tinggi antusiasme mereka, maka semakin besar juga effort mereka untuk menunjukkan dukungannya pada konten promosimu.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, kamu bisa melakukan trial. Misalnya dengan membuat berbagai jenis konten promosi seperti Giveaway, tips kecantikan, dan banyak lainnya.

Unggah konten-konten tersebut di jam yang sama tiap harinya, kemudian lihat konten mana yang paling disukai oleh konsumenmu.

Buatlah Buyer Persona

Cara riset konsumen di Shopee selanjutnya bisa dengan membuat buyer persona untuk brand kosmetikmu. Tujuannya, kamu bsia mengenali target pasarmu dan dapat menentukan konten yang ideal bagi mereka.

Buyer persona sendiri merupakan karakter fiktif (imajiner) yang kamu bentuk untuk menggambarkan pelanggan potensial tokomu. Misalnya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Orang dengan jenis kelamin apa yang akan membeli produkmu?
  2. Bagaimana latar pendidikannya?
  3. Berapa usia konsumen tersebut?
  4. Bagaimana cara mereka mengakses tokomu?
  5. dan banyak lainnya.

Baca Juga: Buyer Persona – Manfaat dan Cara Membentuknya untuk Brand Kosmetik

Cari Tahu Kebutuhan Pelanggan

Ketika menyusun buyer persona, kamu akan mengumpulkan data yang besar namun spesifik. Dari data ini pula kamu bisa mengetahui atau memiliki gambaran mengenai jenis produk apa yang konsumen minati.

Kamu pun dapat menganalisa kebiasaan dan preferensi konsumen secara mendalam. Misalnya dengan melihat bagaimana tanggapan konsumen mengenai produk tersebut melalui ulasan yang mereka tinggalkan.

Gunakan Google Trend

Cara riset konsumen di Shopee selanjutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan Google Trend. Langkah ini bisa membantumu menentukan tren apa yang sedang berkembang dan konsumenmu minati di pasaran.

Manfaat Melakukan Riset Konsumen di Shopee

Melakukan riset konsumen di Shopee bisa memberimu banyak manfaat dan keuntungan tersendiri. Seperti yang telah kami rangkum dalam ulasan berikut ini!

Membantu dalam Pembuatan Konten Promosi

Manfaat melakukan riset konsumen di Shopee adalah kamu bisa menggunakan data yang ada dalam pembuatan konten promosi.

Ketika mengenali konsumenmu dengan baik, kamu tahu apa yang mereka butuhkan dan bagaimana cara berkomunikasi bersama dengan lebih efisien.

Hasilnya, konten promosi yang kamu miliki pun akan lebih focus dan dapat membawa hasil yang baik untuk bisnismu.

Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Keuntungan selanjutnya, kamu bisa mengetahui jenis pelayanan apa yang paling konsumen butuhkan. Sehingga kamu bisa melakukan evaluasi dan meningkatkan pelayanan di tokomu.

Hal ini tak hanya akan berpengaruh pada loyalitas mereka, namun juga berefek pada reputasi toko. Sebab konsumen online selalu menyukai jenis pelayanan yang responsive, cepat, dan cekatan.

Tahu Produk yang Tengah Konsumen Minati

Ketika mulai jualan di Shopee kamu harus tahu bahwa kompetisi di e-commerce ini sangatlah besar. Karenanya, kamu harus bisa memilih dengan cermat produk yang akan kamu jual nantinya.

Ketika melakukan riset konsumen, kamu bisa mengenali ketertarikan mereka pada suatu produk. Misalnya, manfaat apa yang mereka inginkan, kandungan skincare seperti apa yang cenderung mereka sukai.

Ketahui Juga: Cara Menentukan Segmentasi Pasar Agar Campaign Efektif dan Efisien!

Dari data tersebut kamu bisa menciptakan produk kosmetik yang unggul dan dapat bersaing di pasaran. Kamu bisa menggunakan jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia untuk membuat kosmetik terbaik dan unggul di pasaran.

Tak hanya itu, kamu pun bisa menyesuaikan formula dan spesifikasi produk dengan tren yang berkembang di pasaran.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

cream penghilang bekas jerawat punggung

10 Kandungan Cream Penghilang Bekas Jerawat Punggung yang Efektif

Jerawat yang muncul di punggung seringkali menjadi masalah membingungkan dan mengganggu. Bekas jerawat yang meninggalkan jejak di punggung dapat merusak penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, banyak orang beralih pada cream penghilang bekas...

Continue Reading

Leave a Comment