Cara Membuat Feed di Tokopedia untuk Promosi, Ini Langkah-langkahnya!

cara membuat feed di tokopedia

Beautypreneurs! Cara membuat feed di Tokopedia tak hanya membuatmu dekat dengan konsumen, tapi bisa juga menjadi salah satu strategi promosi yang sangat ampuh. Kok bisa?

Tokopedia merupakan e-commerce yang sangat popular di Indonesia. Pada kuartal IV tahun 2021 lalu saja, lapak daring ini mendapat jumlah kunjungan tertinggi per bulannya.

Melansir dari Databoks, setidaknya lebih dari 149jt pengguna internet mengunjungi Tokopedia per bulannya. Jumlah yang fantastis, bukan?

Inilah yang akhirnya membuat pengusaha membuka bisnis mereka di Tokopedia. Untuk itu, kamu juga harus mengatur strategi promosi terbaik untuk mampu bersaing dan memenangkan pasar online Tokopedia.

Misalnya lewat cara membuat feed di Tokopedia, fitur ini memungkinkanmu membangun relasi dengan pelanggan lama dan memikat konsumen baru untuk mengunjungi tokomu.

Tak hanya itu ada banyak keuntungan dan kemudahan lain ketika akan menggunakan feed Tokopedia sebagai media promosi.

Penasaran apa saja? Langsung simak manfaat dan cara membuat feed di Tokopedia untuk promosi berikut ini!

Apa itu Fitur Feed Tokopedia?

Membangun hubungan yang baik dengan konsumen bisa memiliki pengaruh yang besar terhadap awareness serta keberhasilan toko. Karena, kepercayaan konsumen akan lebih meningkat dan pengetahuan mereka terhadap bisnis/brand yang kamu pasarkan pun kian tinggi.

Nah, Beautypreneurs, Tokopedia menyajikan fitur Feed yang bisa membantumu menjangkau konsumen dan memelihara hubungan yang baik dengan mereka.

Fitur ini memunginkanmu untuk membagikan konten yang menarik kepada followers dan pengguna Tokopedia lainnya.

Menariknya lagi, konten feed ini juga akan muncul pada feed followers maupun halaman toko milikmu, sehingga dapat dilihat atau diakses oleh pengunjung tokomu lewat android atau aplikasi mobile.

Manfaat Menggunakan Feed Tokopedia untuk Seller

Ada banyak keuntungan dan manfaat menggunakan fitur feed Tokopedia bagi para seller. Simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Meningkatkan Visibilitas Halaman Toko dan Produk

Aktif mengunggah konten di feed Tokopedia bisa membantu meningkatkan halaman toko dan produk dari bisnis online-mu.

Sebab, melansir dari Tokopedia Education Seller, disebutkan bahwa ada lebih dari 15 juta calon pembeli yang berkunjung ke feed per bulannya.

Membuat konten tentang brand kosmetikmu, promo atau diskon toko yang sedang berlangsung, hinga launching produk baru bisa membuat konsumen tertarik untuk melakukan kunjungan toko. Tentu hal ini akan meningkatkan trafik toko dan halaman produkmu.

Meningkatkan Penjualan Produk

Beautypreneurs, menggunakan feed secara teratur bisa membantu meningkatkan penjualan produk juga, lho!

Yap! Ketika kamu bisa mengemas konten promosimu di feed dengan menarik dan memberikan penawaran yang menggiurkan. Bukan tak mungkin konsumen akan melakukan transaksi setelah melihat promosi tersebut.

Selain itu, lewat Tokopedia Education Seller pun disebutkan bahwa setidaknya ada lebih dari 100 ribu pesanan yang masuk melalui feed tiap bulannya. Menarik, bukan?

Sebagai Media Promosi Gratis untuk Seller

Feed Tokopedia bisa menjadi media promosi gratis dan menguntungkan bagi seller. Sebab, penjual tak perlu mengeluarkan budget tambahan untuk biaya iklan, juga bebas menentukan produk mana yang akan mereka promosikan dan menggunakan caption yang sesuai.

Karenanya, penjual bisa dengan bebas mengatur strategi konten yang mereka inginkan. Baik ketika ingin meningkatkan penjualan, awareness, atau mempromosikan produk baru yang akan mereka launching.

Menjalin Interaksi dengan Followers dan Calon Konsumen

Keuntungan casra membuat feed di Tokopedia juga bisa menjadi sarana menjalin interaksi dengan followers dan calon konsumen.

Lewat konten-kontenmu, kamu bisa membagikan informasi terkait proses pembelian barang, pembayaran, kode promosi atau diskon khusus, hingga mendiskusikan permasalahan yang sering konsumen alami.

Dengan interaksi yang terjalin dengan baik, kepercayaan konsumen pada tokomu akan meningkat. Akhirnya mereka tak akan segan dan ragu untuk melakukan repeat buying/order dari tokomu.

Kesempatan Konten Akan Tampil di Halaman Explore

Karena fleksibilitas konten promosinya, kamu juga bisa membuat konten sekreatif mungkin. Nah, selain menarik banyak pengguna, ada keuntungan lain yang akan kamu dapatkan.

Yap! kontenmu akan berkesempatan tampil di halaman explore Tokopedia. Sehingga visibilitas konten akan lebih besar, mampu memikat lebih banyak pengguna, dan meningkatkan trafik toko serta halaman produkmu.

Cara Membuat Feed di Tokopedia

Nah, melihat beragam manfaat feed Tokopedia ini untuk bisnismu, kamu pasti udah enggak sabar ingin menerapkannya ke dalam strategi pemasaran yang kamu buat, bukan?

Well, fitur Feed Tokopedia ini cukup mudah digunakan, kamu bisa mengaksesnya lewat aplikasi Tokopedia biasa dan aplikasi Tokopedia Seller.

Perlu kamu ingat, fitur feed ini hanya bisa kamu akses lewat aplikasi mobile, ya.

Yuk, langsung cara membuat konten Feed di Tokopedia berikut ini!

Masuk ke Akun Seller Tokopedia

Langkah pertama dalam cara membuat konten feed di Tokopedia adalah masuk ke akun jualanmu. Setelah itu, kamu bisa klik menu Feed yang ada di sebelah Home.

Buat Postingan Baru

Lalu mulai cara membuat konten feed di Tokopedia dengan klik tanda + (plus), untuk menambahkan postingan baru. Kemudian setujui akses kamera dan galeri dengan klik Allow atau Izinkan.

Plih Gambar Konten

Selanjutnya, pilih gambar konten yang akan kamu posting dengan klik salah satu gambar tersebut. Kamu juga bisa membuat carousel dengan klik Carousel, sehingga kamu bisa menampilkan lebih banyak gambar dalam satu postingan.

Tambahkan Tag Produk di Postingan

Cara membuat konten feed Tokopedia selanjutnya adalah dengan menambahkan tag produk di gambar postingan. Kamu hanya perlu klik Tag Produk atau menekan lama gambarmu, lalu masukkan produk relevan dengan gambar tersebut.

Secara otomatis harga dan link produk pun akan tampil di dalam postingan tersebut.

Gunakan Caption yang Menarik

Selanjutnya, buatlah caption yang menarik dan menjual. Misalnya mencakup deskripsi produk, kalimat promosi yang memikat, ataupun memberikan pertanyaan untuk memancing tanggapan pembeli.

Posting Konten

Kalau sudah, kamu bisa mengakhiri cara membuat konten feed Tokopedia ini dengan klik Post untuk mengunggah postingan.

Setelah itu, secara otomatis konten tersebut akan terunggah dan dapat diakses oleh semua followers-mu di Tokopedia.

Ide dan Cara Memaksimalkan Konten Feed Tokopedia

Berikut ini ada beberapa ide konten feed Tokopedia yang bisa kamu jadikan inspirasi. Pastikan kamu mengemasnya dengan segar dan menarik untuk konsumenmu, ya.

Konten ‘Tips and Trick’

Jenis konten ini seperti taka da matinya. Pengguna internet sangat suka membaca konten tips and trick, apalagi yang menjanjikan sifat sederhana dan mudah.

Nah, kamu bisa membuat konten tips and trick untuk konten di Feed Tokopedia. Namun jangan asal memilih topiknya, ya. Akan lebih baik untuk memilih topik Tips and Trick yang relevan dengan toko maupun produkmu.

Misalnya, tokomu menjual produk-produk kosmetik. Kamu bisa memberikan tips dan trick kecantikan di feed, kemudian mengaitkannya dengan jualanmu.

Konten Informasi

Selanjutnya kamu bisa membuat konten informasi khusus untuk produk dan edukasi konsumen. Misalnya, bagaimana cara membedakan produk kosmetik asli dan palsu, cara pemesanan, pengiriman, hingga mengajukan keluhan.

Konten ini sangat berguna dan konsumen butuhkan. Sehingga kemungkinan mereka untuk membaca konten tersebut pun sangat besar.

Gunakan User Generated Content

Untuk menambah kepercayaan konsumen, kamu bisa menggunakan user generated content (UGC) dengan memanfaatkan review/ulasan yang pembeli berikan pada tokomu.

Saat membeli produk secara online, konsumen cenderung lebih teliti dan sering mempertimbangkan ulasan dari pembeli sebelumnya. Karenanya, membuat konten UGC ini bisa membuat konsumen kian percaya pada toko online-mu.

Baca Juga: Pengertian User Generated Content (UGC) dan Keuntungannya untuk Bisnis

Nah, itu adalah cara membuat feed di Tokopedia untuk promosi yang bisa kamu coba. Termasuk apa saja ide konten dan cara memaksimalkannya.

Kamu bisa menemukan tips bisnis lainnya di bagian Berita Terkini atau dengan mengikuti Webinar Eksklusif dari Mash Moshem Indonesia.

Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan penjualan produk kosmetikmu dan mengembangkan brand kosmetik yang kamu buat bersama kami.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading