Cara Mempromosikan Produk di LinkedIn, Emang Bisa?

cara mempromosikan produk di linkedin

Siapa sih yang nggak kenal dengan LinkedInd? Platform sosial media professional yang dapat menghubungkan orang di seluruh dunia. Bahkan sosial media yang satu ini menjadi salah satu platform personal branding yang cukup ampuh.

Dalam dunia professional LinkedIn sering dijadikan ‘investasi’ untuk mencari pekerjaan. Banyak orang-orang yang memakai platform tersebut untuk mengasah kemampuan diri.

LinkedIn juga sering disebut sebagai Curiculum Vitae (CV) online. Tak heran jika berbagai perusahaan juga menggunakan LinkedIn sebagai platform untuk menjadi kandidat karyawan.

Hingga saat ini tercatat pengguna LinkedIn sudah mencapai lebih dari 120 juta pengguna. Tentu ini menjadi peluang yang besar bagi para marketer untuk promosi. Apalagi LinkedIn saat ini juga tidak hanya sekedar platform pencari kerja saja.

Namun berbagai aktivitas baru juga diperkenalkan di sana. Mulai dari sharing, diskusi dan masih banyak lainnya. Sehingga akan lebih efektif bagi para marketer untuk menjadikan LinkedIn sebagai media promosi. Bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya.

Bagaimana Cara LinkedIn Mempromosikan Bisnismu?

Platform sosial media professional yang satu ini memang sangat cukup diminati. Tak hanya untuk mempromosikan diri, namun LinkedIn juga efektif sebagai sarana pemasaran. Jadi untuk kamu para pebisnis bisa memilih opsi yang satu ini.

Hampir sama seperti platform lainnya, LinkedIn mempromosikan bisnismu dengan Ads. Fitur iklan pada LinkedIn cukup efektif. Kamu juga bisa menargetkan audience dengan fitur yang satu ini. Sehingga audiencemu lebih tertarget dan promos ibis tepat sasaran.

Tak hanya melalui iklan, LinkedInd juga dapat mempromosikan bisnismu melalui grup. Grup ini biasanya akan diisi oleh beberapa professional yang jumlahnya lebih dari dua. Sehingga jika kamu melakukan promosi di grup tersebut juga akan sangat efektif.

Selain LinkedIn, kamu bisa mempromosikan produkmu di 11 Jenis Media Promosi Online lainnya, lho.

Cara Membuat Profil Pribadi di LinkedIn

Namun tahu nggak sih, sebelum melakukan promosi di LinkedIn ada hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Agar LinkedIn dapat mempromosikan bisnismu. Yakni dengan membuat akun dan melengkapi profilmu. Bagaimana caranya? Berikut laangkah-langkahnya

  1. Buka aplikasi LinkedIn dan daftarkan nama, alamat email, serta kata sandi.
  2. Kemudian pilih foto profil yang kamu inginkan. Usahakan yang terlihat professional
  3. Lalu  gambar banner yang berada di belakang foto profil.
  4. Isi pekerjaan / posisi kamu di perusahaan.
  5. Selanjutnya tambahkan riwayat pekerjaan, pendidikan, dan keterampilan inti yang kamu miliki dan selesai.

Cara Membuat Profil LinkedIn untuk Perusahaan

Setelah membuat profil LinkedIn untuk pribadi. Kini saatnya kamu membuat LinkedIn untuk perusahaan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka LinkedIn home screen
  2. Kemudian klik ikon “Kerja” pada sudut kanan atas.
  3. Pada bagian paling bawah pilih “Buat Halaman Perusahaan”.
  4. Lalu pilih kategori jenis perusahaan yang sesuai
  5. Isi data atau informasi yang dibutuhkan LinkedIn
  6. Unggah logo / profil perusahaan. Selesai.

Dengan membuat membuat akun personal dan perusahaan ini, LinkedInd dapat mempromosikan bisnismu dengan baik. Lantas bagaimana cara yang efektif untuk mempromosikan produk di LinkedIn? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Mempromosikan Produk di LinkedIn

LinkedIn saat ini memang menjadi salah satu sosial media yang cukup diminati. Bahkan banyak professional yang lama menghabiskan waktu mereka di aplikasi tersebut. Ini menjadi peluang besar bagi para marketer untuk mempromosikan produknya.

Nah, bagaimana sih cara mempromosikan produk melalui LinkedIn? Well, kamu nggak perlu khawatir, karena kami akan memberimu rahasia atau cara khusus untuk mempromosikan bisnis melalui LinkedIn. Simak sampai selesai ya.

Lengkapi Profil

Kelengkapan profil di LinkedInd menjadi prioritas utama untuk meningkat promosi. Jika profilmu lengkap, para visitor atau connection pun tidak akan ragu untuk melakukan transaksi. Melalui profil, para visitor pun akan semakin memahami bisnis yang kita jalankan.

Jangan lupa juga untuk menceritakan profil perusahaan dengan singkat. Mulai dari waktu berdiri, bidang yang sedang ditekuni hingga kelebihan-kelebihan yang lainnya. Ini menjadi salah satu aset yang dapat meningkatkan kredibilitas bisnismu.

Jawab Pertanyaan

Salah satu cara mempromosikan produk di LinkedIn adalah dengan aktif menjawab pertanyaan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa platform yang satu ini merupakan tempat berbagi ilmu pengetahuan.

Jadi jika kamu ingin mempromosikan bisnismu, kamu jangan lelah untuk menjawab pertanyaan dari audience. Untuk lebih mudahnya kamu bisa menggunakan fitur LinkedIn Answer. Yakni fitur yang telah disediakan untuk berbagi pengetahuan mengenai bisnis dan ilmu pengetahuan lainnya di LinkedIn.

Fitur yang satu ini juga memiliki berbagai kelebihan. Yakni jika kamu mencari mitra yang tepat untuk bekerjasama, LinkedIn Answer dapay mengevaluasi berbagai produk dan layanan yang akan kamu pilih nantinya.

Selain itu sebagai pebisnis, mengajukan atau membuat pertanyaan merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Bisnismu juga akan lebih dipercaya. Sebab kamu aktif dalam mepromosikannya.

Aktif di Grup

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa berpartisipasi di grup merupakan salah satu cara mempromosikan produk di LinkedIn. Dengan berpartisipasi di grup kamu akan mendapat lebih banyak koneksi lagi. Ini akan menjadi sarana yang cukup efektif untuk membangun dan mengembangkan bisnis.

Setelah bergabung di grup, kamu harus mulai aktif untuk berpartisipasi. Mulai dari dari sharing, ikut berdiskusi hingga rajin memposting promosi tentang produk. Tujuannya adalah meningkatkan awareness dari pengguna lain.

Selain itu juga untuk memperkenalkan bisnismu kepada mereka. Jika kamu rajin memposting sesuatu, mereka pasti akan mulai mengecek profilmu. Jika profilmu sangat lengkap, keraguan akan kredibilitas perusahaanmu sangat minim. Sehingga mereka tidak akan ragu lagi untuk membeli produk yang kamu promosikan.

Gunakan Fitur Polling

Untuk membuat penggunanya menjadi lebih nyaman, LinkedIn menyediakan berbagai fitur yang dapat membantumu meningkatkan promosi. Dengan fitur polling ini kamu dapat menggunakannya sebagai analisis pasar.

Misalnya kamu mempromosikan produk yang sama namun dengan jenis yang berbeda. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa meminta pendapat audience tentang kedua produk tersebut. Pendapat mereka nantinya juga akan memudahkanmu menyusun strategi bisnis untuk ke depannya.

Selain itu dengan fitur polling kamu juga dapat menarget konsumen. Dengan target yang sesuai, konsumen akan mendistribusikan polling tersebut kepada yang lainnya. Sehingga jangkauan audiencemu pun bisa menjadi semakin luas.

Perbarui Status

Memperbarui status di LinkedIn memang sangat diperlukan. Dengan terus memperbarui status itu berarti kamu sangat aktif. Fitur yang satu ini juga dapat membuat komunikasimu dengan para audience lebih lancar. Sehingga jika kamu melakukan promosi nanti akan lebih mudah.

Selain itu, kamu juga bis menggunakan fitur pembaruan status dengan mengisinya dengan berbagai macam konten. Seperti iklan, pengumuman ataupun share link. Bahkan kamu juga bisa rutin membuat memberikan tips. Sehingga followermu bisa lebih teredukasi.

Iklan

Cara mempromosikan produk di LinkedIn selanjutnya adalah dengan cara memasang iklan. Sama seperti sosial media yang lainnya, LinkedIn juga menyediakan fitur yang satu ini untuk mempromosikan bisnismu.

Iklan di LinkedIn pun cukup beragam. Yakni ada yang berbentuk foto hingga video. bahkan kamu juga bisa membuat carousel di LinkedIn. Sehingga iklan yang kamu buat akan lebih menarik dan jelas dibaca oleh audience.

Beriklan di LinkedIn juga bisa kamu targetkan. Mulai dari siapa konsumen yang ingin kamu tuju dan dimana lokasinya berada. Jadi akan lebih efektif untuk meningkatkan penjualan produk nantinya.

Membuat Halaman Web Khusus Tentang Produk

Seperti yang diketahui bahwa LinkedIn tidak hanya dapat mempromosikan produk hanya dalam bentuk foto atau video saja. Namun juga link. Nah, untuk memperlancar promosimu, alangkah baiknya kamu membuat website tersendiri khusus untuk produk yang kamu jual.

Cara ini akan memudahkan audience untuk lebih mengenal produkmu lagi. Apalagi jika kamu menambahkan fitur langsung berbelanja di website, pasti penjuala bisa langsung meningkat dengan signifikan.

Posting Konten Menarik

Untuk mempromosikan produkmu di LinkedIn, kamu juga harus rajin mengenalkan audience tentang produkmu. Yakni dengan cara rutin membuat konten tentang produk. Mulai dari tips hingga langsung menjelaskan tentang apa produk yang kamu jual.

Buat promosi tentang produkmu semenarik mungkin agar audience tertarik dengan produk yang kamu promosikan. Hal ini juga akan sangat berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan di LinkedIn. Lantas apa saja sih manfaatnya kalau kita mempromosikan produk di LinkedIn. Berikut penjelasannya.

Manfaat Mempromosikan Produk di LinkedIn

cara mempromosikan produk di linkedin

Meskipun terkenal dengan sosial media yang serius, namun LinkedIn diklaim menjadi platform yang cukup efektif untk mempromosikan produk. Sebab LinkedIn mempunyai beragam manfaat sebagai media promosi. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.

Membangun Kredibilitas

Seperti yang diketahui bahwa LinkedIn merupakan salah satu platform sosial media professional. Bahkan berskala internasional. Dengan menggunakan LinkedIn sebagai media promosi, kredibilitas produk dan perusahaanmu pun akan meningkat. Bahkan para konsumen pun tidak akan meragukan lagi produk yang kamu pasarkan.

Apalagi LinkedIn juga mempunyai fitur beragam yang dapat menunjang promosimu. Seperti fitur Endorsment. Melalui fitur ini kamu dapat melakukan promosi dan menyarankan produk kepada kolega di LinkedIn. Selain itu, dengan menggunakan LinkedIn sebagai media promosi, bisnismu juga akan dianggap lebih professional.

Melihat Pesaing dan Menyebarkan Prestasi

Manfaat LinkedIn selanjutnya adalah melihat pesaing dan menyebarkan prestasi. Tak seperti sosial media lain yang hanya untuk bersenang-sennag, LinkedIn dibuat dengan tujuan untuk membangun koneksi lebih luas lagi.

Postingan statusnya pun dinilai lebih banyak manfaat dan mengedukasi. Sehingga hal ini akan memudahkanmu melihat pesaing dan menyebar prestasi. Apalagi kamu juga bisa menggunakan laman ini sebagai ajang pamer prestasi.

Unggah prestasi yang dimiliki oleh perusahaanmu sebanyak-banyaknya. Semakin banyak prestasi yang kamu dapat, kredibilitas perusahaanmu pun akan semakin meningkat. Begitu pun dengan awareness dari audience.

Mudah Mendapatkan Pembeli Potensional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa LinkedInd mempunyai fitur target iklan. Jadi jika kamu ingin melakukan promosi, konsumen bisa lebih tertarget. Selain itu, platform yang satu ini juga menyediakan fitur view profil.

Dengan menggunakan fitur yang satu ini, kamu dapat mengetahui siapa saja yang mengunjungi dan melihat profilmu. Tentu ini akan menjadi peluang bagi kamu untuk mengetahui calon konsumen. Sehingga kamu akan lebih mudah mendapatkan pembeli potensional.

Nah, itulah beberapa cara yang wajib kamu coba jika ingin melakukan promosi produk di LinkedIn. Selamat mencoba.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment