Cara Membuat Vourcher Toko di Tokopedia, Raih Untung Lebih Besar!

cara membuat voucher toko di tokopedia

Memberikan diskon hingga kini menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Kamu juga bisa menerapkan hal yang sama dengan cara membuat Voucher Toko di Tokopedia, untuk meningkatkan penjualan toko online-mu.

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia ternyata sangat peka terhadap kebutuhan penggunanya. Tak hanya untuk pembeli, namun juga memberikan berbagai fitur menarik untuk memaksimalkan peforma toko bagi para seller.

Salah satunya adalah dengan menyediakan fitur voucher toko. Di mana, penjual bisa dengan bebas memberikan berbagai promo menarik di halaman toko mereka.

Nah, sebenarnya bagaimana cara membuat Voucher Toko di Tokopedia? Serta apa manfaatnya untuk jualan online-mu?

Simak baik-baik ulasan lengkapnya berikut ini, ya, Beautypreneurs!

Cara Kerja Fitur Voucher Toko di Tokopedia

Voucher toko merupakan fitur prmosim gratis yang ada di Tokopedia. Lewat fitur ini kamu bisa dengan bebas membuat voucher promo di tokomu, baik dalam menentukan periode, besaran dan jenis promo yang kamu inginkan.

Namun, sifat voucher toko sendiri ada dua jenis, yakni terbatas dan public. Voucher toko bersifat public akan terpajang pada Halaman Toko dan dapat digunakan oleh semua pembeli.

Sementara voucher yang bersifat terbatas tidak terpajang pada Halaman Toko, melainkan dibagi secara pribadi kepada pembeli. Misalnya lewat pesan, e-mail marketing, dan lainnya.

Voucher Toko ini dapat pembeli gunakan ketika memasukkan produk ke keranjang. Apabila harga belanjaan sudah mencapai minimum pembelian, maka voucher toko secara otomatis akan terpasang dan mereka mendapatkan benefit dari fitur ini.

Keuntungan Menggunakan Fitur Voucher Toko untuk Seller

Ada banyak keuntungan menggunakan fitur Voucher Toko untuk seller, apa saja? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini, ya.

Periode Promo yang Fleksibel

Keuntungan menggunakan fitur Voucher Toko yang pertama adalah kamu bisa menentukan periode promo sesuai dengan kebutuhan dan budget. Periode promo ini dapat berlangsung dari 30 menit hingga 30 hari, lho.

Jenis Promo yang Bervariasi

Selain dapat mengatur periode dengan bebas, kamu pun bisa membuat konsumen kian terpikat dengan menawarkan berbagai jenis promo toko. Yap! Lewat fitur Voucher Toko ini kamu bisa membuat 10 kode promo yang berbeda dalam satu toko.

Halaman Khusus Voucher

Lebih menariknya lagi, semua voucher yang kamu pasang di Tokopedia bisa mendapatkan satu halaman khusus, yakni pada Etalase Toko. Karenanya, akan semakin mudah juga bagi pembeli untuk menemukan dan mengklaim voucher yang kamu tawarkan.

Penjualan Produk Kian Meningkat

Telah disinggung sebelumnya, bahwa memberikan voucher dan diskon bisa berpengaruh besar pada pembelian produk. Melansir dari Tokopedia Education Seller, banyak penjual yang mendulang untung dan mendapatkan peningkatan penjualan produk setelah menggunakan fitur Voucher Toko ini.

Meningkatkan Kunjungan Toko

Salah satu alasan mengapa jumlah pembelian produk meningkat adalah karena kunjungan toko juga kian naik. Well, siapa sih yang enggak suka diskon?

Pembeli yang melihat Voucher Toko yang kamu pasang pasti tertarik untuk menjelajahi toko onlinemu, demi mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan membeli produk sebanyak mungkin.

Jenis Voucher Toko yang Bisa Kamu Pasang di Tokopedia

Nah, sebelum membahas cara memasang Voucher Toko di Tokopedia, kamu perlu tahu jenis-jenis promo yang bisa kamu pasang di e-commerce ini. Yuk, simak baik-baik penjelasannya!

Voucher Gratis Ongkir

Jenis Voucher Toko Tokopedia yang pertama adalah gratis ongkir. Promo ini memungkinkanmu untuk menjangkau lebih banyak pembeli dari berbagai kota. Karena biaya pengiriman produk akan mendapatkan subsidi penuh.

Nah, biasanya penjual pemula pasti bingung membedakan antara Voucher Gratis Ongkir dengan layanan Bebas Ongkir. Voucher Gratis Ongkir berlaku dalam bentuk potongan biaya kirim, dan merupakan subsidi dari penjual.

Dalam hal ini pembeli bisa menggunakan Voucher Gratis Ongkir yang kamu pasang bersamaan dengan promo Bebas Ongkir dari Tokopedia dalam sekali transaksi.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Bebas Ongkir Tokopedia dan Memaksimalkannya!

Voucher Cashback

Jenis voucher Toko selanjutnya adalah voucher cashback, yang merupakan promo pengembalian dana/sebagian uang pembayaran langsung kepada pembeli.

Penggunaan voucher cashback bisa membantumu mendapatkan lebih banyak konsumen, namun dengan tetap mempertahankan image toko dan harga produk.

Voucher ini tersedia dalam bentuk presentase atau nilai rupiah, biasanya penjual juga menentukan batas maksimal nilai pengembalian dana tersebut.

Cara Membuat Voucher Toko di Tokopedia

Perlu kamu perhatikan, hingga saat ini cara membuat Voucher Toko di Tokopedia hanya bisa kamu akses lewat desktop. Meski begitu langkahnya cukup mudah untuk kamu lakukan, kok.

Bagaimana? Langsung simak cara membuat Voucher Toko di Tokopedia berikut ini, ya!

1. Login ke akun Tokopedia Seller milikmu.

2. Pada menu Toko, pilih TopAds dan kamu akan masuk pada Halaman Dashboard TopAds. Setelah itu pilih Voucher Toko.

3. Pilih Jenis Voucher yang kamu inginkan, yakni Voucher Cashback atau Gratis Ongkir.

4. Lengkapi detail Voucher yang akan kamu pasang, termasuk periode, besaran diskon yang kamu berikan, hingga minimal pembelian.

5. Selesai. Cara membuat Voucher Toko di Tokopedia telah berhasil kamu lakukan. Kamu bisa langsung membagikan voucher tersebut lewat social media atau cara lainnya.

Tips Membagikan Voucher Toko ke Pembeli yang Tepat

Membuat Voucher Toko tentu memerlukan pengalokasian modal tersendiri. Karena itu kamu harus bisa mengelolanya dengan baik, sehingga mampu menghasilkan efek yang kamu inginkan.

Nah, agar Voucher Tokomu dapat dilihat banyak pembeli dan dapat menhasilkan konversi penjualan produk yang tinggi, perhatikan tipnya di bawah ini.

Sebarkan pada Lingkaran Sosial Terdekatmu

Selalu mulai dengan metode sederhana dan yang paling dekat denganmu, misalnya dengan menyebarkan info Voucher Toko yang kamu pasang pada saudara, teman, atau rekanmu.

Classic but gold, trik ini terbilang ampuh untuk menyebarkan informasi mengenai Voucher Toko milikmu dan bahkan menjangkau konsumen potensial yang akan melakukan pembelian produk.

Gunakan Fitur Broadcast Chat

Tips membagikan voucher toko ke pembeli yang tepat selanjunya menggunakan fitur broadcast chat, yang sudah ada di Tokopedia.

Caranya sangat mudah, Beautypeneurs. Setelah selesai memasang/mengatur Voucher Toko, kamu bisa langsung meng-klik pilihan Lewat Broadcast Chat pada bagian Bagikan Voucher.

Manfaatkan Media Sosial untuk Mempromosikan Voucher

Selain menggunakan fitur broadcast dari Tokopedia, kamu bisa membagikan Voucher Promo buatanmu menggunakan media sosial. Baik lewat Instagram, Facebook, TikTok, maupun Twitter.

Pastikan kamu mengemas promosi ini dengan konten yang menarik. Sehingga audience mampu terpikat dan meng-klik promosi yang kamu tawarkan.

Pajang Voucher pada Laman Dekorasi Toko

Tips selanjutnya adalah dengan memajang Voucger Toko pada laman dekorasi. Tujuannya agar pengunjung tokomu menyadari dan menemukan Voucher tersebut dengan lebih mudah. Lewat fitur Dekorasi Toko, kamu bisa memajang setidaknya lima Voucger Toko sekaligus.

Ketahui Peforma Voucher Toko yang Kamu Pasang

Tak hanya berhenti pada cara membuat Voucher Toko di Tokopedia dan menyebarkannya. Kamu juga perlu mengetahui peforma promosi yang kamu pasang tersebut, apakah sudah memberikan hasil yang diinginkan atau tidak.

Dari analisa ini kamu bisa mengatur strategi pemasaran baru yang lebih efektif dan dapat memenuhi kebutuhan promosi bisnismu.

Nah, itu adalah cara membuat Voucher Toko di Tokopedia untuk seller. Kamu bisa mempraktekannya pada toko online-mu demi mendapat jumlah kunjungan dan keuntungan lainnya.

Namun yang perlu kamu tahu, fitur Voucher Toko ini bisa digunakan untuk semua jenis toko dan bisa digunakan oleh semua jenis konsumen, kecuali ketika mereka mengirimkannya dalam mode Dropshipper.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading