3 Cara Riset Kata Kunci di Shopee, Ampuh Tingkatkan Kunjungan Toko!

cara riset kata kunci di shopee

Banyak penjual baru di Shopee yang kurang memperhatikan penggunaan kata kunci dalam mempromosikan jualan mereka. Padahal penggunaannya bisa membuat pendapatan meningkat. Karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara riset kata kunci di Shopee yang tepat dan efektif.

Ketika membicarakan kata kunci (keyword), tentu banyak yang merasa sedikit asing dengan hal ini. Karena, strategi penggunaan kata kunci ini lebih sering diterapkan pada Website.

Padahal penggunaan kata kunci dalam strategi jualanmu di Shopee, bisa menjadi poin kunci keberhasilan bisnis online-mu, lho.

Sebab, ketika kamu menggunakan kata kunci yang tepat, produk akan mendapatkan jumlah tampilan halaman yang tinggi. Dari sinilah, kemungkinan adanya transaksi atau pembelian produk.

Hal ini juga yang akan membuat daya saing tokomu lebih besar. Mengingat, persaingan di pasar Shopee cukup kompetitif dan didominasi oleh brand-brand besar yang telah memiliki pelanggan setia sendiri.

Nah, lantas bagaimana cara riset kata kunci di Shopee yang tepat untuk bisnis onlinemu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

Sekilas Soal Kata Kunci (Keyword)

Kata kunci atau keyword merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam meningkatkan kunjungan halaman toko online. Baik di Website pribadimu, maupun pada halaman tokomu di Marketplace Shopee.

Penggunaan kata kunci ini bisa kamu aplikasikan pada nama toko, riset pencarian produk, penjualan produk, hingga penggunaan hashtag di Shopee.

Tak hanya membuat jangkauan penawaran produk lebih luas, penggunaan kata kunci pun bisa membuat brand awareness meningkat dan efektif mendongkrak penjualan produk.

Pentingnya Riset Keyword di Shopee untuk Seller

Selama ini banyak seller yang beranggapan bahwa melakukan riset kata kunci di Shopee tidaklah begitu penting. Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Mengapa begitu?

Pada dasarnya ketika mulai berbelanja di marketplace, konsumen sudah memiliki gambaran produk apa yang mereka inginkan. Sehingga ketika benar-benar berbelanja mereka akan memasukkan kata kunci dalam pencarian Shopee untuk menemukan produk tersebut.

Kata kunci ini bisa berupa nama merk, jenis produk, manfaat produk, ataupun kombinasi jenis produk dan lokasi.

Nah, lantas apa hubungan keyword dengan peforma tokomu di Shopee?

Penggunaan keyword yang tepat pada penamaan produk, deskripsi, dan nama toko ternyata berpengaruh besar terhadap ketertarikan konsumen. Mereka akan cenderung memilih toko dengan deskripsi paling relevan dengan barang yang mereka cari.

Begitu pula saat melihat halaman penawaran produk, sangat penting untuk menyisipkan kata kunci tersebut pada deskripsi maupun nama produk.

Tak hanya jumlah kunjungan yang meningkat, penggunaan kata kunci yang tepat pun bisa membuat konsumen tertarik untuk melakukan transaksi.

Baca Juga: Cara Mencari Keyword untuk Toko Online yang Efektif, Jangan Dilewatkan!

4 Metriks Penting dalam Cara Riset Kata Kunci Di Shopee

Setelah mengetahui mengapa kata kunci ini penting, kamu pasti sudah tak sabar ingin mempelajari hal ini lebih jauh, bukan?

Nah, sebelum benar-benar membicarakan soal cara riset kata kunci di Shopee yang tepat. Kamu perlu memperhatikan empat jenis metrics riset kata kunci berikut ini!

Intensitas Pencarian

Jenis metrics yang pertama adalah intensitas pencarian kata kunci. Maksudnya, apakah kata kunci tersebut memiliki intensitas pencarian berdasarkan tujuan tertentu.

Volume Pencarian

Kedua adalah seberapa besar volume kata kunci yang akan kamu pilih nantinya. Sebab, tak semua keyword memiliki nilai pencarian yang sama, meskipun perbedaan katanya tidaklah begitu besar.

Penting untukmu memilih kata kunci dengan tingkat pencarian yang tinggi di Shopee ataupun Google. Sehingga akan semakin mudah bagi konsumen untuk menemukan produk/tawaranmu.

Kata Kunci yang Disarankan

Ketiga memperhatikan metrisks Kata Kunci yang Disarankan. Biasanya metrics ini akan muncul ketika kamu memasukkan kata yang relevan dalam mesin pencarian secara otomatis.

Tingkat Kesulitan Kata Kunci

Terakhir adalah tingkat kesulitan kata kunci tersebut, yang berkaitan dengan tingkat persaingan kata dalam algortima Shopee.

Selain itu, tingkat kesulitan ini pun juga bisa bergantung pada seberapa besar penggunaannya per hari. Semakin sering kata kunci itu digunakan, maka akan semakin besar nilai kompetisinya.

4 Tools Riset Kata Kunci di Shopee

Setelah memahami metrics atau tolok ukur untuk mementukan kata kunci yang tepat di Shopee. Kamu pun harus mempelajari apa saja alat yang dapat digunakan untuk melakukan riset kata kunci terbaik.

Berikut ini ada empat jenis tools riset kata kunci di Shopee yang bisa kamu coba. Simak baik-baik penjelasan dan cara menggunakannya, ya!

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan jenis keyword tools yang akan kita bahas dalam cara riset kata kunci di Shopee. Alat ini bisa menampilkan metrics berdasarkan pencarian kata kunci pada Google Chrome.

Cara penggunaan alat ini pun cukup mudah, kamu bisa langsung mengunjungi laman Google Keyword Planner. Setelah itu masukkan kata kunci yang ingin kamu teliti di bagian Keyword Box, kemudian enter.

Secara otomatis, mesin pencari akan menunjukkan data-data keyword yang relevan disertai dengan volume pencarian, tingkat kesusahan kata kunci, hingga rekomendasi keyword utama.

Dari sini kamu bisa memilih kata kunci mana yang paling cocok untuk toko online-mu, serta yang berpeluang besar menghasilkan banyak kunjungan dan keuntungan.

Jeniss tools riset kata kunci di Shopee yang kedua adalah Google Trends, yang juga kerap dipakai dalam berbagai strategi SEO di website.

Fitur unggulan Google ini akan membantumu mencari kata kunci terbaik di Shopee berdasarkan tren yang berkembang di masyarakat. Dengan begitu, sebagai seller, kamu bisa menentukan produk mana yang akan kamu jual di tokomu nantinya.

Lebih baiknya lagi, kamu bisa mengatur waktu penelusuran dan lokasi pencarian kata kunci lewat Google Trends sesuai kebutuhan campaign-mu.

Jenis tools riset kata kunci di Shopee selanjutnya adalah dengan menggunakan Shopee Related Search. Yakni merupakan saran kata kunci pencarian produk yang muncul otomatis jika kamu memasukkan kata ke dalam kolom search engine Shopee.

Shopee Keyword Suggestion ini dihitung berdasarkan volume pencarian tertinggi oleh pengguna. Kata-kata yang muncul pertama kali dalam rekomendasi kata kunci, menunjukkan jumlah pencarian yang paling tinggi.

Tools Berbayar

Selain menggunakan beberapa alat riset gratis di atas, kamu bisa menggunakan tools berbayar untuk mencari kata kunci terbaik di Shopee. Tools berbayar ini biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap, seperti fitur untuk riset kompetitor, menghitung peforma toko, dan banyak lainnya.

Cara Riset Kata Kunci di Shopee yang Tepat dan Terbaik

cara riset kata kunci di shopee

Setelah mengetahui apa saja alat yang bisa kamu gunakan, maka selanjutnya adalah langsung menerapkan cara riset kata kunci di Shopee yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan langsung focus pada cara riset kata kunci di Shopee sesuai tujuan penggunaan dan pengaplikasiannya.

Seperti apa? Langsung simak langkah dan penjelasannya di bawah ini, ya!

Cara Riset Kata Kunci di Shopee untuk Nama Toko dan Username

Jika kamu berposisi sebagai seller Shopee, kamu wajib banget untuk tahu pentingnya menyeleksi nama serta Username yang cocok untuk toko onlinemu di marketplace Shopee. Hal ini tidak lain adalah untuk menciptakan branding tokomu sendiri lho!

Misalnya Ani membeli produk di toko C dengan nama toko yang unik dan menarik, toko tersebut bernama Skincare Premium. Kemudian di hari yang lain Ani membeli lagi produk yang sama, tetapi di toko D dengan nama Kumpulan Skincare Murah.

Dari hal di atas mari kita bayangkan, jika Ani ingin membeli produk yang sama di kemudian hari. Nah, toko manakah yang akan ia pilih dan ingat pertama kali nantinya?Yups! Bener banget tentu saja si Ani akan memilih toko C yang bernama Skincare Premium!

Lalu, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Tidak lain karena kontruksi dari pola pikir masyarakat yang lebih mengingat kata-kata sederhana namun cukup catchy.

Namun perlu kamu catat nih, Beautypreneurs, username Shopee tidak akan bisa diubah. Jadi kamu harus pastikan duluh nih untuk menetapkan username apa sih yang pas dan tepat untuk toko onlinemu di marketplace shopee.

Riset Kata Kunci di Shopee untuk Produk Populer

Semua tools yang terdapat diatas bisa kamu jadikan refrensi untuk melakukan riset produk-produk di marketplace Shopee. Setiap kegiatan riset tersebut merubakan tujuan utama untuk dapat menentukan, produk apa sih yang paling cocok untuk kamu jual dan pasarkan di Shopee agar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Memahami sebuah produk yang lagi ngetren, berdasarkan sistem dan pola permintaan pasar yang tinggi adalah salah satu hal yang harus kamu pahami dulu ya beautyprenaurs, seperti tabel contoh berikut ini;

Shopee merupakan marketplace untuk sarana jual beli, bukan media informasi arus utama. Hal ini harus kamu pahami ya beautyprenaurs, kamu harus bisa mempraktikannya dengan produk pilihanmu, karena jika tujuan kamu adalah penjualan, maka kamu harus bisa meminimalisir intent informational lho.

Adapun beberapa alternatif pilihan perihal cara-cara meriset sebuah produk yang lagi rame dipasaran marketplace Shopee, yuk simak!

Pada hal yang pertama, kamu dapat secara langsung melakukan kegiatan survei produk apapun yang paling banyak terjual laris di shopee. Kamu dapat masuk dan login dulu ke aplikasi Shopee, kemudian kamu klik bagian kolom pencarian. Nah disini kalian nantinya akan melihat statistik dari setiap hal yang sudah kamu riset.

Jika terdapat 1000 sampai dengan 2000 penjualan produk dalam kurun waktu satu minggu, berarti toko tersebut sudah sangat tergolong laris. Akan tetapi dalam hal ini kamu beautyprenaurs ngga boleh lengah ya, karena masih banyak toko-toko kompetitor di kolom pencarian.

Perlunya kewajiban untuk harus mematikansikan, apakah setiap harga juga bisa sesuai dengan pilihanmu. Kalau ingin brand kosmetikmu ramai di Shoope, tentunya kamu wajib banget memasang harga termurah.

Namun jangan lupa untuk menentukan dahulu ya margin rugi dan untungnya, sudah sesuai dengan hasil risetmu atukah belum.

Survei Produk Terlaris Dengan Google Trend

Kemudian yang kedua adalah kamu harus bisa memanfaat domain Google Trend, lho! Apa sih kegunaannya?

Selain kegunaannya sebagi mesin pencari terpopiler, Google juga mempunyai kelebihan untuk mencari apa saja yang popular di kalangan konsumen saat ini, termasuk produk-produk yang akan dperjual-belikan.

Contohnya seperti fenomena tahun ini, produk yang memiliki trend yang sangat tinggi adalah produk berupa masker. Misalnya, memasukan kata kunci “Masker” kemudian dicari menggunakan Google Trend, maka akan segera keluar hasil seperti berikut ini;

Berdasarkan grafik di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa produk berupa masker masih sangat menguntungkan untuk diperjualbelikan. Apalagi di saat pandemi masih berlangsung.

Penggunaan Google sebagai acuan tolak ukur, pastinya akan memiliki sebuah dasar yang cukup kuat. Karena kita tahu bahwa Google algoritmanya selalu berkembang dan meningkan.

Fitur Google trends saat ini lebih sering menampilkan informasi yang sifatnya lbih up to date. Di mana hasil pencarian tersebut sangatlah mengikuti relevansi perkembangan zaman.

Maka dari itu, kamu sangat bisa banget nih untuk menggunakan Tools Google sebagai alat pencarian perihal informasi produk terlaris di marketplace Shopee, tentunya berdasarkan Google trends.

Cara Riset Kata Kunci untuk Nama Produk

Pada poin ini, nama dari sebuah produk merupakan bagian elemen paling penting guna melakukan peningkatan penjualan di marketplace Shopee.

Kamu mungkin berpikir memberi nama penawaranmu di Shopee cukup dengan menggunakan nama yang umum di pasaran. Padahal, tak semua orang mencari produk jualanmu dengan kata kunci atau nama yang sama.

Lantas, harus bagaimana nih? Jadi begini, langkah pertama kamu harus kenali betul setiap produk-produk yang akan kamu jual nantinya. Lalu pahami juga setiap kata yang memungkinkan untuk dicari banyak orang, yang masih terkait sama produk yang kamu punyai dan siap jual.

Cara Riset Hashtag di Shopee

Hashtag (#) merupakan bagian dari SEO Shopee yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kunjungan, traffic toko, hingga konversi pembelian di akun jualanmu nantinya.

Hashtag sendiri sangat memudahkan sistem operasi pencarian produk di aplikasi Shopee. Fitur ini mendeteksi serta menyari setiap produk populer yang kerap konsumen cari atau beli.

Biasanya hashtag ditulis dibagian bawah kolom diskripsi singkat produk. Agar dapat menyesuaikan hashtag sesuai dengan produk yang akan kamu jual. Misalnya dengan cukup manfaatkan hashtag autocomplete di Shopee.

Kamu bisa memilih, setidaknya 2-5 hashtag rekomendasi terbaik. Kemudian tambahkan hashtag itu tadi di kolom deskripsi singkat produkmu, hal ini nantinya akan dapat mempermudah algoritma di aplikasi Shopee. Sehingga produkmu dapat mudah muncul di halaman pencarian konsumen.

Nah, itu adalah berbagai cara riset kata kunci di Shopee yang bisa kamu coba pada toko online yang kamu miliki.

Agar hasilnya maksimal, kamu perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan menerapkan cara riset kata kunci di atas. Misalnya dengan membuat kata kunci yang benar-benar akan terbaca dan digunakan oleh konsumenmu.

Karena, target utama dari kata kunci sendiri adalah untuk manusia, jadi kamu perlu memastikan bahwa kata kunci tersebut natural dan memang memiliki jumlah kunjungan yang tinggi.

Jangan mudah terpancing menggunakan kata kunci yang pendek (short tail Keyword) kalau kamu memiliki brand yang lumayan kuat di persaingan pasar Shopee.

Ingat-ingat ya, Beautypreneurs, bahwa penerapan riset dari setiap kata kunci Shopee tersebut tidak akan menunjukkan hasil yang instan dan cepat. Jadi kamu perlu melihat keefektifannya dengan mengukur trafik serta melihat konversi pembelian.

Well, selamat mencoba Beauypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment