Ketahui Cara Riset Hashtag di TikTok yang Tepat Agar Konten FYP!

cara riset hashtag di tiktok

Siapa sih yang nggak tahu TikTok? Mulai dari yang tua, muda hingga anak-anak pun sekarang ‘kecanduan’ dengan yang sosial media yang satu itu. Bahkan tak hanya penduduk kota saja yang menggandrunginya, namun masyarakat desa pun sama.

Nggak heran jika belakangan ini sosial media buatan China tersebut menjadi terpopuler di Indonesia. Bahkan di 2022 saja penggunanya sudah mencapai 92,7 juta.

Wow! Inilah salah satu alasan mengapa para pebisnis memanfaatnya sebagai ajang untuk promosi. Sebab TikTok dinilai sangat efektif untuk menjangkau semua pasar.

TikTok merupakan sebuah aplikasi yang berbasis konten video. Tak sama dengan YouTube, TikTok hanya menyediakan konten dengan durasi pendek. Mulai dari 15 hingga 3 menit. Isi kontennya pun sangat beragam. Mulai dari news, hiburan hingga edukasi, semua ada di TikTok.

Oleh karena itu para pembuat konten harus selektif memilih topic agar masuk FYP (For Your Page). Jika sudah masuk FYP, kontenmu akan berpotensi dilihat banyak orang dan mendapatkan engagement rate yang cukup banyak. Mulai dari like, komen, hingga share.

Selain memilih topic konten yang menarik, yang harus diperhatikan para pembuat konten untuk masuk FYP adalah dengan menggunakan hashtag yang tepat.  Bahkan tak jarang dari creator menggunakan berbagai hashtag untuk mendongkrak kontennya.

Namun benarkah hashtag sepenting itu untuk meningkatkan konten di TikTok? Simak artikel ini hingga selesai untuk tahu jawaban selengkapnya.

Seberapa Penting Hashtag di TikTok?

Sebelum menuju topic inti mengenai bagaimana cara riset hadtag di TikTok, alangkah baiknya kamu mengetahui seberapa penting hashtag untuk TikTok? Mengapa setiap creator selalu menggunakan hashtag di setiap konten yang mereka buat?

Jika ditanya seberapa pentingnya hashtag ini, jawabannya adalah sangat penting. Dengan menggunakan hashtag, kontenmu akan lebih berpotensi untuk masuk FYP dan menjangkau lebih banyak audience. Seperti pada fungsi awalnya, yakni hashtag berguna untuk membawa kontenmu menjangkau audience yang lebih luas.

Hashtag yang tepat juga akan membawa kontenmu sesuai dengan sasaran atau pengguna yang sudah kamu targetkan. Misalnya kamu membuat konten mengenai rekomendasi kosmetik untuk kulit sensitive. Nah, kamu bisa menggunakan hashtag yang berkaitan dengan topic tersebut.

Misalnya #beautytips atau #rekomendasiskincare. Penggunaan hashtag tersebut akan membawa kontenmu berpotensi untuk masuk FYP dan dilihat banyak pengguna. Selain itu masih banyak beberapa alasan penting lainnya mengapa hashtag di TikTok sangat penting. Berikut detailnya.

Discovery

Dengan menggunakan hashtag atau tagar, kontenmu juga akan ditampilkan pada halaman Discovery. Perlu diketahui bahwa halaman Discovery pada TikTok ini juga berfungsi untuk menampilkan konten dengan hashtag yang relevan dan trending.

Nah, apabila kamu juga menggunakan hashtag yang trending juga, maka kontemu pun akan ditampilkan pada halaman Discovery.

Dengan begitu potensi untuk dilihat banyak orang pun akan semakin tinggi. Bahkan jika banyak yang tertarik dengan apa yang kamu buat, kontenmu akan mendapat banyak engagement dan masuk FYP.

Sebagai contoh kamu menggunakan hashtag #BeautyTips. Dengan menggunakan hashtag tersebut, videomu pun akan dikelompokan dalam kumpulan video yang menggunakan hashtag yang sama.

Jika hashtag itu menjadi trending, maka videomu juga akan masuk jajaran trending pula. Bahkan juga berpotensi untuk dilihat banyak orang.

Untuk Komunitas

Seperti halnya Instagram, TikTok pun juga akan menganalisa konten apa saja yang kamu sukai. Semakin banyak kamu menyukai konten dengan tema yang sama, berarti akan tinggi pula kemungkinan konten dengan tema tersebut bermunculan di FYPmu.

Nah, dengan menggunakan hashtag, TikTok akan mengetahui pengguna siapa saja yang menyukai video dengan topic yang kamu angkat.

Sehingga TikTok pun akan memasukkan videomu ke jajaran para komunitas dengan penyuka topic yang sama. Jadi potensi videomu untuk lebih tepat sasaran pun semakin tinggi.

Tren

Hashtag juga bisa menjadi sebuah tren. Nah alangkah baiknya jika kamu juga selalu mengikuti tren-ten tersebut agar ikut trending dan dilihat banyak orang. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua tren dapat kamu ikuti. Gunkan hashtag tren yang ada kaitannya dengan brand dan konten yang kamu buat.

Selain itu, dengan menggunakan hashtag kamu juga bisa mengikuti berbagai tantangan atau challenge. Tantangan ini semang setiap saat selalu ada di TikTok. Mulai dari dance, bernyanyi, memasak hingga parody pun ada di TikTok.

Dengan mengikuti berbagai tantangan tersebut, kontenmu akan dikelompokkan dengan video-video tantangan yang lain. Potensi untuk dilihat lebih banyak orang pun akan semakin tinggi. Sehingga kamu akan banyak mendapatkan engagement rate.

Namun sekali lagi, gunakan hashtag yang sesuai dengan konten yang kamu buat. Jangan asal-asalan agar tidak terkesan ngawur. Oleh karena itu dibutuhkan riset yang lebih mendalam untuk membuat hashtag yang tepat di TikTok. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Riset Hashtag di TikTok Terbaik yang Relevan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa hashtag di TikTok membawa dampak yang cukup besar untuk kesuksesan sebuah konten. Dengan melakukan riset, kamu juga akan mengetahui apa saja yang sedang trend an mendapat banyak perhatian dari masyarakat.

Sehingga ini juga bisa menjadi ide untuk ke depannya dalam membuat konten. Jadi konten yang kamu buat juga akan terarah dan berpotensi untuk mendapat banyak engagement pula. Nah, bagaimana sih cara mencari tahu hashtag yang tepat di TikTok? Ikuti artikel ini hingga selesai.

Hashtag Generator TikTok

Cara riset hashtag TikTok bisa kamu lakukan dengan cara menuju website dan menuju Hatag Generator For TikTok. Fitur ini sangat membantu kamu untuk menemukan hashtag yang sedang trending dan dipakai banyak orang.

Setelah kamu memasuki fitur tersebut, yang kamu lakukan adalah memasukkan kata kunci. Misalnya kamu ingin membuat konten tentang kosmetik. Kamu bisa memasukkan kata kunci ‘kosmetik’. Setelah itu beragam hashtag yang berkaitan dengan kosmetik pun akan bermunculan.

Bahkan mereka juga akan mengurutkan dari hashtag yang paling sering digunakan. Sehingga kamu tidak perlu bingung lagi untuk menggunakan hashtag yang mana. Cukup dengan mengcopy hashtag tersebut dan mempastenya pada caption konten.

Menggunakan Tools TokTik

Tools Tok Tik merupakan sebuah fitur yang sengaja dibuat oleh exrush.com untuk melakukan riset hashtag. Bahkan tak hanya hashtag, fitur yang satu ini juga bisa membantumu untuk mengetahui video apa saja yang saat ini sedang tren.

Sehingga sangat memudahkanmu untuk membuat konten-konten di TikTok.

Penggunaan tools ini juga cukup mudah. Sebab TikTok langsung akan menyajikan hashtag apa saja yang sedang trending dan diminati banyak orang. Bahkan Tools Tok Tik juga akan menambilkan jumlah like, komen maupun pengguna yang sudah menggunakan hashtag tersebut.

Tak hanya itu, data yang sudah kamu dapatkan juga bisa di download menjadi dokumen excel. Sehingga akan sangat mudah nantinya untuk kamu gunakan sebagai acuan data.

Challenge

Untuk mengetahui hashtag apa yang sedang trending, kamu bisa melihatnya pada video-video challenge. Yaitu dengan cara menuju halaman pencarian. Pada halaman tersebut TikTok akan menampilkan berbagai video challenge.

Nah, kamu bisa melihatnya dan menirukan. Bahkan kamu juga bisa mengikuti challenge tersebut agar bisa ikut trending. Sebab dengan mengikuti berbagai challenge inilah potensi kamu untuk mendapat banyak viewers dan engagement akan semakin tinggi.

Video Populer

Selain melalui challenge, kamu juga bisa mengetahui hashtag apa yang sedang trending saat ini melalui video popular. Kamu tidak perlu khawatir untuk mengetahaui darimana video yang sedang popular. Kamu bisa melihat setiap video yang lewat di FYP kamu.

Video dengan engagement terbanyak bisa dikatakan sebagai video popular. Yaitu bisa dilihat dari jumlah like, komen, share hingga save. Kamu pun bisa melihat hashtag apa saja yang mereka gunakan. Setelah itu kamu bisa menirunya.

Perlu diketahui bahwa tak semua video trending dapat kamu contoh hashtagnya. Cukup gunakan hashtag yang sesuai dengan konten yang kamu buat. Sehingga akan terlihat lebih relevan dan tidak pasaran.

Hashtag Yang Digunakan Selebriti

Selebriti memang memegang peranan penting dalam menciptakan sebuah tren di sosial media. Biasanya di antara mereka juga akan menciptakan hashtagnya sendiri untuk diikuti oleh follower. Nah, dari sini tidak ada salahnya kamu menggunakan hashtag yang direkomedasikan selebriti tersebut.

Dengan menggunakan hashtag itu, berarti videomu juga akan dikelompokkan menjadi satu dengan video yang dibuat oleh sang selebriti tersebut. Tentu saja ini akan mendatangkan banyak massa untuk kamu. Sehingga potensi videomu dilihat banyak orang pun akan tinggi.

Tak hanya itu, dengan menggunakan hashtag tersebut, kamu juga akan menjaring audience baru. Yakni para followers seleberiti itu.

Hashtag Melalui Kompetitor

Mengetahui segala macam hal yang dilakukan oleh kompetitor atau pesaing itu adalah wajib hukumnya. Selain menciptakan daya saing yang tinggi, ini juga sangat berguna untuk meningkatkan kemajuan perusahaan.

Untuk cara riset hashtag di TikTok salah satunya kamu bisa melihat hashtag kompetitor. Hal ini tentu menjadi acuan para pembuat konten untuk menemukan ide apa saja yang akan dimunculkan. Namun perlu diingat bahwa tidak boleh sama dengan kompetitor.

Hal ini cukup dijadikan referensi saja. Sebab jika kamu menggunakan hashtag yang dengan mereka, itu berarti kamu akan ketahuan jika diam-diam mengamati pergerakan digital marketing yang mereka lakukan.

Baca Juga: Jangan Gengsi, Ini Pentingnya Riset Kompetitor untuk Brand Kosmetik Milikmu

Buat Hashtag Sendiri

Setelah riset hashtag kompetitor, kamu bisa menciptakan hashtag sendiri. Tentunya hashtag ini harus relevan dengan konten yang kamu buat. Dengan membuat hashtag sendiri, itu artinya kamu juga menciptakan trend dan tantangan baru.

Bahkan jika banyak yang mengikuti tantangan yang kamu buat, maka kamu bisa menjadi pelopor dalam menciptakan konten. Bahkan konten dan hashtag yang kamu gunakan juga akan menjadi trending.

Itulah beberapa cara riset hashtag di TikTok. Untuk kamu para pelaku digital marketing dan pembuat konten wajib tahu hal ini. Sebab TikTok kini menjadi salah satu aplikasi sosial media yang sangat digandrungi banyak orang. Sehingga sangat cocok digunakan untuk strategi promosi.

Well, selamat mencoba!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment