10+ Cara Mengatasi Shadowban di Instagram Agar Aktivitas Promosi Kembali Lancar

cara mengatasi shadowban di Instagram

Pernahkah kamu mendapati bahwa views postinganmu di Instagram tiba-tiba menurun drastis? Bisa jadi akunmu sedang mengalami Shadow Ban. Kondisi ini dapat merugikan karena mempengaruhi promosi yang sedang kamu lakukan dan merugikan bisnismu. Untuk itu, kali ini kamu akan mempelajari beberapa cara mengatasi shadowban di Instagram.

Penggunaan media sosial sebagai media promosi memang sudah biasa. Salah satunya adalah media sosial Instagram yang populer di antara kalangan muda.

Jika sasaran promosimu adalah anak muda, maka memanfaatkan Instagram adalah solusi paling tepat. Selain itu, Instagram juga memberikan banyak fitur menarik yang dapat mendukung promosi bisnis.

Sayangnya, di antara kemudahan yang kamu dapat kamu juga harus tahu mengetahui peraturan dalam menggunakan fitur tersebut sebagai media promosi.

Ketika aturan tersebut dilanggar, maka Instagram akan melakukan Shadow Banned terhadap akunmu dan mempengaruhi jalannya promosi yang kamu lakukan.

Akibatnya, akan semakin sedikit orang yang akan melihat postinganmu. Bisa jadi, promosi yang seharusnya menarik justru tidak ada yang melirik gara-gara ada kesalahan yang kamu lakukan ketika membuat postingan.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai apa itu Shadow Banned, penyebab hingga cara-cara untuk mengatasinya agar aktivitas promosimu kembali lancar. Perhatikan penjelasan di bawah ini agar kamu tidak mengalami Shadow Banned selama promosi di Instagrammu!

Apa Itu Shadowban Instagram?

Pernahkah kamu mendengar istilah ini sebelumnya? Jadi, Shadow Banned adalah hukuman dari Instagram yang diberikan pada pengguna akun karena telah melakukan suatu pelanggaran.

Sayangnya, ketika kamu mengalami masalah ini pihak Instagram tidak akan memberikan alasan atau keterangan penyebab akunmu mendapat Shadow Banned. Untuk itu, kamu harus mencaritahu sendiri penyebabnya.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah akunmu terkena Shadow Banned adalah dengan melihat Insight akun. Dari insight tersebut kamu akan mengetahui jangkauan postingan yang menurun secara drastis. Lalu, apakah ada ciri lain sebuah akun terkena Shadow Banned?

Ciri-ciri Akun Instagram Terkena Shadowban

Selain jangkauan yang menurun, berikut ini adalah ciri-ciri sebuah akun Instagram terkena Shadow Banned. Perhatikan baik-baik, apakah akunmu juga mengalami salah satu atau bahkan semua ciri di bawah ini:

  • Postingan dari akunmu tidak muncul di hashtag
  • Explore tidak memunculkan postinganmu 
  • Hanya sebagian kecil followers yang dapat melihat postinganmu

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencoba membuat postingan dengan menambahkan sebuah hashtag. Selanjutnya, masuk ke hashtag tersebut dan cek postingan terkini. Jika postinganmu tidak muncul, maka dapat dipastikan akunmu terkena Shadow Banned.

Penyebab Instagram Terkena Shadowban?

Sebelum terlalu jauh membahas cara mengatasi shadowban di Instagram, penting untukmu mengetahui berbagai penyebab fenomena ini muncul pada akunmu.

Sebab pihak Instagram tidak akan memberitahukan alasan atau penyebab akunmu terkena Shadow Banned. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa alasan atau kesalahan yang mungkin kamu lakukan dan menjadi penyebab akunmu terkena Shadow Banned:

Beli Followers Dan Like

Terkadang, karena ingin akun terlihat populer dengan followers dan like yang banyak beberapa orang memutuskan untuk membeli followers dan like. Tindakan ini adalah salah satu penyebab Instagram memberikan hukuman Shadow Banned pada akun tersebut.

 Kamu perlu menimbang ulang jika memiliki keinginan tersebut, karena bukan hanya berisiko mendapat Shadow Banned dari Instagram. Membeli followers dan like tidak akan mendatangkan interaksi ataupun meningkatkan jumlah penjualan.

Pakai Hastag di Komentar

Mungkin kamu banyak menemui akun-akun besar menggunakan hashtag di kolom komentar. Memang tidak ada aturan khusus mengenai hal ini, namun normalnya hashtag diletakkan di caption postingan bukan di kolom komentar.

Jika kamu ingin mengikuti langkah akun-akun besar tersebut dengan menambahkan hashtag di kolom komentar sebaiknya kamu tidak melakukannya secara berlebihan.

Karena, jika kamu melakukannya secara berlebihan bukan tidak mungkin pihak Instagram akan memberikan hukuman dengan melakukan Shadow Banned pada akun Instagrammu.

Menggunakan Hastag Brand Besar

Pernahkah kamu sengaja menggunakan hashtag menggunakan brand besar dunia agar postinganmu menjangkau lebih banyak orang? Ternyata kamu tidak boleh melakukan ini karena hashtag menggunakan brand besar dapat membuat akunmu terkena Shadow Banned.

Hashtag yang dimiliki oleh brand besar biasanya sudah memiliki hak paten dan hanya boleh digunakan oleh brand itu sendiri.

Bahkan jika kamu tetap menggunakan hashtag brand besar secara sembarangan, bukan hanya akan membuat akunmu terkena Shadow Banned, melainkan penghapusan akun secara permanen. Tentu saja ini akan sangat merugikan.

Menggunakan Hastag yang Telah Diblokir

Bukan hanya menghindari menggunakan hashtag yang telah mendapat hak paten, kamu juga harus menghindari menggunakan hashtag yang telah dilarang atau masuk dalam daftar hitam Instagram.

Setidaknya ada lebih dari 300 hashtag yang dimasukkan dalam kategori ini oleh instagram. Termasuk di dalamnya  adalah kata-kata yang menyinggung SARA dan kata yang tidak senonoh.

Follow-Unfollow Secara Tidak Wajar

Jika kamu mendapatkan ide untuk mendapatkan followers gratis dengan cara follow-unfollow, maka sebaiknya kamu tidak melakukannya. Instagram mulai membatasi aktivitas semacam ini karena dianggap tidak wajar.

Beberapa tahun sebelumnya, Instagram membebaskan pengguna akun untuk melakukan follow hingga lebih dari 1000 akun dalam sehari.

Namun, sekarang hal ini sudah tidak diperbolehkan dan dapat membuat pelakunya dikenai Shadow Banned. Bahkan dengan melakukan 100 kali follow bisa berisiko membuat akunmu dikenai hukuman ini.

Menggunakan Tools Secara Berlebihan

Tools Instagram biasanya digunakan untuk memudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas seperti follow-unfollow, memberi like, membalas komentar dan DM dengan mudah.

Tentu saja penggunaan ini memberimu kemudahan dan berdampak positif pada kegiatan promosi yang kamu lakukan. Namun, ternyata penggunaan tools yang berlebihan bisa berakibat negatif loh!

Menggunakan tools secara berlebihan dapat membuat akunmu terkena shadowban. Untuk menghindari dampak negatif ini, biasanya penyedia atau pemilik tools yang terpercaya akan memberikan petunjuk lengkap agar penggunaan tools tidak membuat akunmu terkenda shadowban.

Sering Dilaporkan

Risiko pelanggaran bukan hanya dikenakan oleh pihak Instagram. Pengguna lain yang merasa kurang senang dengan postingan yang kamu buat juga bisa menjadi penyebab akunmu terkena shadowban.

Pengguna yang kurang senang akan postinganmu baik dari gambar, video ataupun caption di dalamnya bisa saja menimbulkan rasa tersinggung dan membuat mereka melaporkan akunmu.

Berhati-hatilah ketika membuat konten dan perhatikan isi dalam postingan tersebut agar tidak menyinggung pihak tertentu.

Jika akunmu sering dilaporkan, kamu bukan hanya akan mendapat pinalty berupa shadowban pada akun melainkan bisa saja pihak Instagram menghapus akunmu secara permanen.

Sepuluh Cara Mengatasi Shadowban Di Instagram

Setelah kamu memahami apa itu Shadow Banned, bagaimana ciri-ciri hingga penyebabnya. Maka kini saatnya kamu mempelajari cara mengatasi shadowban di Instagram. Simak ulasan berikut ini:

Hentikan Aktivitas Di Instagram

Ketika kamu menyadari bahwa akunmu terdampak Shadowban, maka segera hentikan aktivitas akunmu untuk sementara.

Berhenti memberikan like, komen, share dan jangan mengunggah postingan apapun. Jika perlu, kamu bisa keluar atau log out dari aplikasi selama satu minggu.

Bersihkan Postingan dari Hashtag

Hapus semua tagar yang kamu gunakan di postingan yang kamu unggah tujuh hari terakhir. Hal ini untuk menghindari penggunaan hashtag yang sama berulang kali. Selain itu juga untuk menghindari penggunaan hashtag yang diblokir tanpa sengaja.

Aktif Kembali Akun

Setelah menonaktifkan akun selama tujuh hari, maka segera aktifkan kembali akun di hari ke delapan. Coba buat postingan seperti biasa namun tidak secara berlebihan. Batasi 3 konten saja sebagai permulaan.

Tidak Menggunakan Hashtag Untuk Sementara

Jika kamu ingin membuat postingan, kamu bisa melakukannya tanpa menyisipkan tagar di bagian caption. Untuk mencaritahu apakah akunmu sudah bebas dari Shadowban atau belum kamu bisa mencaritahu dengan sesekali menggunakan tagar pada postingan dan cek di hashtag.

Jika postinganmu muncul, maka akunmu sudah bebas dari Shadowban.

Hindari Penggunaan Tagar yang Diblokir

Untuk mengetahui apakah tagar diblokir atau tidak kamu bisa mencaritahu di kolom pencarian. Jika di unggahan teratas muncul tanpa postingan apapun maka ada kemungkinan tagar tersebut masuk daftar hitam. Daripada berisiko, lebih baik hindari penggunaan tagar seperti ini.

Hindari Tools atau Software Instagram yang Melanggar TOS Instagram

Ada beberapa tools yang aman untuk kamu gunakan dan ada yang tidak. Ciri tools atau software yang melanggar TOS Instagram adalah yang bisa melakukan follow, like, komen hingga DM secara otomatis.

Pihak Instagram tidak menyukai adanya robot dalam platformnya. Kamu bisa memanfaatkan tools virol karena tidak memiliki fitur otomatis dalam penggunaannya.

Laporkan Ke Instagram

Jika kamu merasa bahwa akunmu terkena Shadowban padahal kamu tidak melanggar satupun peraturan Instagram, kamu bisa mencoba untuk melaporkannya ke e-mail support@instagram.com. Jangan lupa menyertakan bukti foto pada pesan laporanmu.

Selain dengan mengirimkan e-mail, kamu juga bisa melakukannya lewat fitur ‘report a problem’.

Langkah-langkahnya adalah, buka ‘profil’ kemudian buka ‘pengaturan’. Selanjutnya klik ‘bantuan’, lalu pilih ‘laporkan masalah’. Akan ada kolom untuk menulis masalah yang kamu alami, kamu bisa menjelaskannya dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.

Ganti Akun Instagram Bisnis Ke Akun Personal

Untuk sementara, kamu bisa mengganti pengaturan akunmu dari Instagram bisnis menjadi Instagram personal.

Beberapa pengguna yang pernah mengalami Shadowban pada akunnya telah membuktikan cara ini berhasil. Jika kamu juga mengalami situasi yang sama, maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

Hindari Perilaku Seperti Bot

Jangan sampai aktivitas yang kamu lakukan dengan akun Instagrammu terbaca sebagai bot oleh pihak Instagram. Aktivitas yang biasa terbaca sebagai bot adalah memberikan like dan komentar secara berlebihan.

Maka usahakan untuk memberikan komentar secukupnya dan relevan, selain itu batasi like yang kamu berikan agar dapat beraktivitas dengan aman.

Hindarkan Akun Agar Tidak Dilaporkan

Setelah mengetahui bahwa laporan dari pengguna lain dapat membuat akunmu terkena Shadowban, maka kamu harus lebih hati-hati dalam membuat dan mengunggah konten.

Pastikan sekali lagi isi postinganmu baik video, gambar, caption bahkan hashtag yang kamu gunakan apakah sudah aman atau masih memiliki kemungkinan menyinggung salah satu pihak. Karena kesalahan ini bisa berakibat fatal hingga berakhir dengan pemblokiran akunmu.

Kini kamu sudah mengetahui Shadow Banned mulai dari penjelasan, ciri-ciri akun yang terkena Shadow Banned, penyebab, hingga cara mengatasi shadowban di Instagram.

Tentu ke depannya kamu akan lebih hati-hati dalam mengelola akun instagrammu. Namun, jika ternyata kamu tidak sengaja melanggar salah satu larangan Instagram kini kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya.

Well, sampai sini dulu tips digital marketing kita kali ini. Kamu bisa simak update tips bisnis sejenisnya di Berita Terkini.

Sampai jumpa dan semoga artikel ini membantumu, ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment