9+ Cara Riset Hashtag Di Instagram Untuk Tingkatkan Impresi Konten

Bagaimana jika konten promosi yang kamu unggah bisa dilihat ratusan ribu orang tanpa menggunakan iklan? Well, kamu bisa mendapatkan itu jika tahu cara riset hashtag di Instagram dengan tepat.

Selama ini, hashtag sering disepelekan padahal manfaatnya luar biasa apalagi jika digunakan dengan tepat.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari promosi yang memanfaatkan media digital, tentu kamu harus memahami media itu sendiri. Jika kamu memanfaatkannya tanpa memiliki pemahaman, akhirnya kamu tidak akan mendapatkan hasil sesuai harapan yang kamu inginkan.

Selain konten yang menarik dan pelayanan yang baik, menggunakan Instagram sebagai media promosi tentu ada caranya. Salah satunya harus memahami penggunaan hashtag yang ternyata dapat meningkatkan jangkauan postinganmu hingga 12,5% lebih banyak.

Dengan memanfaatkan hashtag, konten yang kamu unggah bukan hanya akan dilihat oleh followers melainkan non-followers juga.

Penasaran bagaimana cara kerja hashtag pada postingan kontenmu? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini dan pelajari cara-cara riset hashtag agar kontenmu bisa menjangkau lebih banyak orang dan tepat sasaran.

Fungsi Penggunaan Hashtag Pada Postingan

Sebenarnya hashtag itu apa sih? Hashtag yang selama ini kamu tahu ditandai dengan tanda tagar (#) di awal kata adalah cara yang diberi Instagram untuk mengelompokkan konten.

Konten dikelompokkan berdasarkan kata kunci tertentu bergantung muatan di dalamnya dan tujuannya.

Sebagai contoh, kamu ingin membuat konten tentang produk kosmetik berupa lipstick, maka kamu bisa menambahkan hashtag ‘#lipstick’ di akhir caption dalam unggahanmu.

Kamu juga bisa menggunakan lebih dari satu hashtag untuk setiap postingan, maka bisa menambahkan hashtag lainnya misalkan ‘#mattelipstick’ untuk menunjukkan jenis lipstik yang sedang kamu promosikan. 

Fungsi Hashtag dalam Unggahan Konten Instagram

Sebelum mempelajari cara riset hashtag di Instagram, baiknya kamu mengetahui apa saja manfaat komponen ini dalam strategi promosi.

Pemanfaatan Fitur Follow Hashtag

Selain bisa mengukuti tokoh atau orang tertentu, Instagram juga menyediakan fitur follow hashtag. Ketika kamu menggunakan suatu hashtag dalam postinganmu, orang-orang yang mengikuti hashtag tersebut juga akan dapat dijangkau oleh postingan yang kamu unggah.

Orang-orang tersebut adalah orang yang tepat untuk dijangkau karena mereka memiliki minat terhadap hashtag tersebut yang pastinya sesuai dengan targetmu.

Hashtag Sebagai Search Engine Instagram

Selain menargetkan audiens melalui hashtag, kamu juga bisa menjadi objek yang dicari oleh pengguna. Ketika pegguna melakukan pencarian terhadap suatu hashtag, dan hashtag tersebut ada dalam postingan yang kamu unggah.

Hal ini karena tidak fitur untuk mencari post, yang ada hanya fitur mencari hasgtag. Jika kamu tidak membubuhkan hashtag dalam postinganmu, kamu kehilangan kesempatan untuk dijangkau oleh pengguna yang mencari hashtag tersebut.

Meningkatkan Daya Saing Konten Iklan

Ada jutaan pengguna Instagran di seluruh dunia dan mereka mengunggah konten di setiap waktu secara bersamaan.

Bayangkan seberapa besar persaingan yang kamu miliki untuk dapat menjangkau audiens demi keberhasilan promosimu.

Namun, bagaimana audiens selain pengikutmu bisa menemukan dan melihat postinganmu?

Untuk itulah hashtag digunakan dalam setiap konten yang diunggah oleh pengguna. Agar setiap postingan terpetakan sesuai jenis, tujuan dan manfaatnya.

Bukan hanya bisa menjangkau audiens yang tepat, pengguna lain juga akan lebih mudah menemukan postinganmu dengan membuka hashtag yang kamu gunakan. Fitur ini dapat membantu memaksimalkan pemasaran atau promosi yang kamu lakukan melalui konten.

Ingin tahu apa saja ide konten iklan di Instagram yang menarik? Cek di sini!

9+ Cara Riset Hashtag Di Instagram untuk Naikkan Impresi Konten

Brainstorming Kata Kunci

Sebelun melakukan riset kata kunci ada baiknya kamu membuat daftarmu sendiri terlebih dahulu. Lakukan brainstorming bersama timmu untuk mencari kata kunci yang relevan dengan bisnismu dan relevan dengan konten-konten yang akan kamu unggah.

Kamu bisa membuat pertanyaan-pertanyaan pemancing seperti “apa objek dalam konten?”, “apa momen yang digunakan dalam konten?”, “apa produk yang ditawarkan?”, “pada siapa produk ditawarkan?” dan lainnya.

Kamu juga bisa memikirkan kira-kira kata kunci apa yang akan digunakan pengguna Instagram untuk mencari produk sejenis dengan apa yang kamu tawarkan dalam konten.

Baca Juga: Bingung Bikin Konsep Produk Kosmetik Menarik? Coba Tips Brainstorming Ini!

Riset Hashtag Melalui Fitur Pencarian

Langkah selanjutnya setelah kamu memegang daftar kata kunci sesuai bisnis dan kontenmu adalah mencaritahu apakah hashtag tersebut ada di Instagram.

Kamu bisa memanfaatkan fitur pencarian untuk melakukan ini. Untuk mencarinya, kamu hanya perlu mengetik kata kunci pada kolom pencarian dan membuka menu tag.

Perhatikan daftar hashtag, hashtag paling atas adalah yang paling sering digunakan. Dari daftar tersebut, catat 10 hingga 20 hashtag yang menurutmu menarik.

Nantinya, dari daftar tersebut kamu bisa mencaritahu lebih lanjut hashtag turunannya. Selain itu, buka menu accounts dan catat 20 nama akun influencer yang muncul untuk mempelajari hashtag digunakan.

Riset Hashtag yang Dari Top Post

Ketika melakukan riset hashtag melalui pencarian kemudian klik salah satu hashtag yang ada dalam daftar. Selanjutnya kamu akan masuk ke halaman berisi seluruh postingan yang menggunakan hashtag tersebut di Instagram.

Postingan dalam hashtag tersebut akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu recent untuk postingan paling baru, dan top untuk kategori postingan paling populer. Konten yang masuk kategori top karena dianggap menarik dan berkualitas menurut Instagram.

Postingan yang masuk kategori top akan menjadi prioritas bagi Instagram untuk disebarkan ke pengikut hashtag.

Buka postingan paling atas, kemudian catat hashtag apa saja yang digunakan dalam postingan tersebut. Hashtag tersebut bisa jadi alasan yang membuat postingan cepat viral dan dilihat oleh banyak orang bahkan hingga jutaan.

Dengan menjadi viral, kamu berkesempatan untuk mendapatkan follower baru dengan mudah.

Riset Hashtag yang Diikuti Oleh Selebgram 

Akun yang termasuk sebagai selebgram adalah akun terkenal dengan banyak follower. Biasanya pemilik akun seperti ini akan mengikuti hashtag yang dianggap penting oleh mereka.

Bisa jadi itu adalah hashtag kesukaan atau justru senjata andalan mereka. Hastag yang bisa membuat mereka viral atau hashtag yang memang sedang mereka monitor.

Hashtag yang diikuti oleh selebgram bisa diasumsikan sebagai hashtag yang menarik dan sesuai dengan topik suatu postingan. Selain itu, hashtag tersebut tidak banyak di spamming.

Cara mencaritahu hashtag yang diikuti selebgram adalah dengan membukan akunnya kemudian klik di bagian following. Hashtag yang diikuti akan muncul di daftar paling atas.

Jika kamu menggunakan hashtag yang diikuti selebgram, postingan yang kamu unggah berkesempatan mendapat like selebgram dan dianggap berkualitas oleh Instagram. Dengan begitu, postinganmu akan lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak orang.

Riset Hashtag yang Sering Digunakan Selebgram

Selain mencaritahu apa saja hashtag yang diikuti selebgram, kamu juga bisa memanfaatkan hashtag yang sering mereka gunakan agar meningkatkan daya sebar postingan milikmu.

Kamu tak harus melakukan eksperimen untuk mencari hashtag paling efektif dengan memanfaatkan hashtag yang digunakan oleh selebgram untuk postingan mereka.

Hashtag turunan atau related hashtag adalah hashtag yang berkaitan dengan hashtag lainnya. Riset ini sangat berguna ketika kamu sudah kehabisan ide kata kunci untuk postingan-postinganmu.

Kamu bisa melihat kembali catatan hashtag yang kamu miliki kemudian melakukan pencarian hashtag turunan dari hashtag-hashtag tersebut.

Pilih Tagar Terbaik

Setelah riset panjang yang kamu lakukan, kini kamu sudah memiliki banyak catatan hashtag yang bisa kamu gunakan. Sebelum benar-benar menerapkannya pada postingan yang akan kamu unggah pilih terlebih dahulu manakah hashtag terbaik dan paling efektif untuk kontenmu kelak.

Dalam sebuah postingan, Instagram membatasi 30 tagar untuk digunakan. Namun, kamu tak perlu melakukan itu, terlalu banyak tagar belum tentu efektif. Kamu cukup menggunakan maksimal 10 tagar dalam setiap postingan.

Tentukan tagar yang akan kamu jadikan prioritas dengan memilih yang paling relevan dengan postinganmu dan yang bisa membuat postinganmu masuk kategori top.

Manfaatkan Hashtag Generator

Meski melakukan riset hashtag tidak sulit, tetap saja kamu memerlukan banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk melakukannya. Sebagai alternatif atau sekadar bantuan, kamu bisa memanfaatkan hashtag generator.

Salah satu manfaat menggunakan hashtag generator, kamu bisa lebih mudah menemukan hashtag turunan dari daftar hashtag yang sudah kamu miliki.

Tentu saja cara ini hanya untuk mendukung risetmu saja. Kamu harus tetap melakukan cara-cara di atas untuk bisa mendapatkan hashtag terbaik agar mendukung postinganmu bisa masuk kategori top dan menjangkau audiens sebanyak mungkin.

Manfaatkan Tools Gratis Untuk Riset Hashtag

Selain melakukan riset dengan cara manual, kamu juga bisa memanfaatkan tools. Hal ini bisa kamu lakukan jika kamu merasa ragu dengan daftar hashtag yang sudah kamu kumpulkan.

Kamu bisa membuat tim riset dan membaginya menjadi dua. Satu tim riset manual dan satu tim riset menggunakan tools, kemudian bandingkan hasilnya dan samakan pendapat.

Berikut adalah beberapa Tools yang bisa kamu manfaatkan ketika melakukan riset hashtag Instagram:

1. Webstagram.

2. Keywordtool.io.

3. Seekmetrics.

4. Displaypurposes.com.

5. Hashtagify.

6. TINT.

7. Talkwalker.

8. RiteTag.

9. KeyHole.

10. All Hashtag.

Tips Penggunaan Hashtag Agar Impression Meningkat

Selain mengetahui hashtag apa saja yang bisa digunakan, tentu kamu juga ingin tahu bagaimana cara menerapkan hashtag dengan tepat. Sehingga konten yang kamu unggah di Instagram dapat menarik banyak perhatian.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips menggunakan hashtag pada postingan konten Instagram untuk meningkatkan impresi:

Gunakan Hashtag yang Relevan

Selama melakukan riset kamu sudah mendapatkan banyak daftar kata kunci yang bisa kamu gunakan untuk postinganmu. Namun, sebelum benar-benar menggunakannya pilahlah terlebih dahulu manakah hashtag yang paling relevan dengan konten yang akan kamu unggah.

Penggunaan hashtag yang tidak relevan akan membuat postinganmu mendapat penilaian buruk dari Instagram.

Pilih Peak Hour

Selain melakukan riset hashtag, kamu juga harus melakukan riset mengenai waktu yang tepat untuk melakukan eksekusi. Ada waktu tertentu ketika para pengguna Instagram sedang dalam masa paling aktif menggunakan aplikasi mereka.

Pada saat inilah kamu harus mengunggah postinganmu dan menggunakan hashtag yang tepat agar semakin banyak audiens yang bisa kamu jangkau.

Tidak Berlebihan

Meski Instagram memberi keleluasaan untuk menggunakan hingga puluhan hashtag, namun kamu tidak harus menggunakannya secara berlebihan. Penggunaan hashtag yang berlebihan justru akan mengurangi kualitas konten pada penilaian Instagram.

Akibatnya, kontenmu jadi semakin sulit untuk naik dan tidak bisa menjangkau audiens secara maksimal.

Dengan tahu cara riset hashtag di Instagram serta berbagai manfaatnya untuk konten yang akan kamu unggah.

Tentu kamu sudah mendapat gambaran apa yang harus segera kamu dan timmu lakukan agar bisa segera mempraktikkan cara-cara tersebut!

Ingatlah untuk tidak sepenuhnya mengandalkan tagar, kamu harus tetap menjaga kualitas postinganmu agar orang yang melihat postinganmu mau menyimak hingga akhir bahkan berakhir sebagai follower.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment