15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan.

Skincare pemutih dan pencerah wajah hingga kini memiliki banyak peminat. Kendati tren kecantikan ini juga berubah dan berkembang, artinya standar kecantikan di masyarakat pun bergeser.

Meski minatnya masih tinggi, masyarakat kini lebih teredukasi dan selektif dalam memilih produk pencerah wajah. Mereka enggak asal pilih skincare dan berani menggunakan produk abal-abal untuk mempercantik kulit mereka.

Nah, Beautypreneurs, di sinilah poin penting buatmu untuk lebih hati-hati dalam memilih kandungan produk kosmetik buatanmu. Sebaiknya pilih kandungan yang terbukti aman serta popular di Industri kosmetik.

Menyadari pemilihan bahan ini penting buatmu, kami telah merangkumkan 15 jenis kandungan pemutih wajah yang aman dalam skincare dan paling popular sepanjang 2021-2022 dalam uraian berikut ini.

Simak baik-baik, ya!

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare Terpopuler Sepanjang 2021-2022

kandungan pemutih wajah dalam skincare (1)

Penasaran kan, apa saja kandungan pencerah wajah yang aman dan terpopuler sepanjang 2021-2022? Langsung baca artikel ini sampai habis, ya, Beautypreneurs!

Citric Acid

Kandungan pemutih wajah dalam skincare yang aman dan terpopuler sepanjang 2021-2022 adalah citric acid. Kamu pasti udah enggak asing dangan kandungan satu ini, bukan?

Gimana enggak? Melansir dari Cosmily, Citric acid setidaknya telah digunakan dalam 5559 produk perawatan kecantikan wajah.

Bahan alami ini bisa kamu dapatkan secara alami dari buah-buahan seperti lemon, jeruk nipis, nanas, jeruk, hingga tomat. Kandungan ini berguna untuk membantu mencerahkan kulit wajah, meminimalisir adanya noda hitam dan kerutan di wajah.

Nilai lebihnya lagi, beberapa sumber kesehatan menyebutkan bahwa skincare dengan kandungan Citric acid aman untuk area dekat mata, bibir, bahkan pada kulit bayi pun.

Citric acid bekerja dengan membersihkan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel sehat. Inilah yang membuat wajah jadi tampak lebih cerah dan bersih.

Niacinamide (Vitamine PP)

Dikenal juga dengan Nicotinamide, bahan ini sempat popular pada awal hingga akhir 2021. Merupakan zat turunan dari vitamin B3 (niacin), kandungan pemutih wajah dalam skincare ini bisa membantu mencerahkan dan menyehatkan kulit wajahmu, lho.

Niacinamide bisa bekerja dengan baik untuk menghambat pelepasan zat kimia yang memicu reaksi peradangan dari dalam tubuh. Karena itu, senyawa ini pun bisa memperlambat proses perpindahan zat pigmen ke dalam sel-sel kulit. Sehingga kulit wajah bisa tampak lebih cerah dan berseri-seri.

Nilai plus-nya lagi, Niacinamide bisa membantu pembentukan protein pada kulit sehingga dapat mempertahankan kelembapan alami yang ada. Inilah yang membuat skin barrier bekerja optimal dan mencegah adanya kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Lactic Acid

Kerap ada dalam formulasi skincare anti jerawat, siapa sangka kalau lactic acid bisa bekerja sama baiknya untuk mempercantik dan mencerahkan kulit wajah.

Yap! Kandungan pemutih wajah dalam skincare ini yang masih masuk dalam kategori Alpha Hydroxy Acid (AHA) ini mampu mendorong eksfoliasi sel kulit wajah, sehingga membuat kulit bebas kusam dan terlihat berseri.

Tak hanya mengeksfoliasi sel kulit, lactic acid mencerahkan kulit dengan bekerja mengeksfoliasi sel-sel mati yang menumpuk. Dengan begitu sel-sel baru yang lebih sehat akan lebih mudah beregenerasi. Akhirnya wajah akan tampak lebih cerah, halus, dan sehat.

Kelebihannya daripada jenis AHA lainnya adalah sifatnya yang lebih ringan. Sehingga kandungan ini umumnya menjadi pilihan yang baik jika kamu ingin menciptakan skincare untuk semua jenis kulit.

Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract

Kandungan pencerah dalam skincare selanjutnya adalah ekstrak bunga kamomil Jerman atau Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract.

Jenis bunga kamomil ini memiliki tiga jenis senyawa kimia yang dapat bekerja untuk mencerahkan wajah. Seperti chamazulene, matricin, dan bisabolol.

Penggunaan skincare dengan kandungan kamomil jerman ini bisa membantu mencerahkan kulit, mengatasi hiperpigmentasi, dan menutrisinya.

Ini karena kamomil mengandung astringent dan zat pencerah kulit, juga untuk membantu menjaga elastisitas kulit, menghaluskannya, serta menyamarkan bekas jerawat dan kehitaman di wajah.

Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract

Sering digunakan sebagai obat-obatan, ekstrak licorice atau akar manis juga sama populernya dengan lima kandungan pencerah wajah dalam skincare yang telah dibahas sebelumnya.

Sebenarnya manfaat ekstrak kayu manis untuk kecantikan kulit cukup beragam, termasuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan melawan hiperpigmentasi kulit. Kandungan glabidrin milik bahan alami ini bisa menghambat kerja tyrosinase untuk membentuk melanin kulit.

Sehingga kulit wajahmu bisa tampak lebih cerah secara alami, karena produksi pigmen pun terhambat berkat licorice. Enggak heran nih, kalau menurut data dari Cosmily lebih dari 1015 produk menggunakan kandungan ini dalam formulanya.

Bisabolol

Sempat kita singgung sebelumnya, Bisabolol juga termasuk ke dalam kandungan pencerah dalam skincare yang aman dan popular belakangan ini. Khususnya pada akhir 2021 lalu, produk skincare pencerah sudah banyak yang menggunakan bisabolol dalam formulanya.

Bisabolol merupakan kandungan yang diperoleh dari ekstrak bunga chamomile. Kandungan dengan tekstur kental dan tak bewarna ini, kerap menjadi komponen utama dalam produksi minyak atsiri atau essential oil.

Kandungan ini memiliki banyak manfaat, termasuk merawat kulit sensitive bahkan eksim. Ini karena bisabolol bersifat antiradang, sehingga memiliki aroma dan efek yang menenangkan pada kulit.

Selain itu bahan ini pun mampu mencerahkan wajah kamu dengan menghambat sintetis melanin. Seperti yang kamu tahu, melanin ini merupakan zat pigmentasi yang memberikan warna pada kulit wajah kita.

Sehingga warna kulit wajah akan lebih merata, menyamarkan noda hitam, dan membuat kulit jadi lebih cerah dan sehat.

Vitamin C

Salah satu kandungan pencerah wajah dalam skincare yang sangat popular hingga kini adalah vitamin C. Kandungan ini merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kulit. Karena dapat mencegah kerusaka  sel dan jaringan kulit, menangkal dampak buruk radikal bebas, hingga mencegah penuaan dini.

Kolagen adalah salah satu jenis protein yang berperan dalam menghasilkan elastisitas kulit yang membuat kulit terlihat kencang dan bersinar, serta mempercepat proses penyembuhan luka alami pada kulit. Salah satu nutrisi yang dapat mempercepat produksi kolagen adalah vitamin C.

Sebab ketika kulitmu terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama dan terlalu sering, bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit.

Nah, sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimiliki oleh vitamin C ini bisa mencegah kerusakan tersebut. Serta membantu meredakan peradangan, mencegah terbentuknya flek hitam, bahkan memulihkan sel yang bermasalah.

Ada beberapa jenis turunan vitamin  C yang kerap digunakan dalam skincare pencerah wajah, seperti berikut ini:

Ascorbyl Glucoside

Ascorbyl Glucoside merupakan turunan vitamin C yang ampuh meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Tak hanya itu, kandungan ini pun dapat memberikan perlindungan antioksidan dan menyamarkan tanda penuaan kulit.

Vitamin Cg yang terserap ke dalam kulit akan bekerja meningkatkan aktivitas Vitamin C dari waktu ke waktu. Dengan demikian kulit wajah akan tampak lebih cerah, sehat, dan ternutrisi.

Ascorbyl Phosphate Sodium

Selanjutnya ada Sodium Ascorbyl Phosphate, yang merupakan jenis turunan vitamin C terlembut untuk kulit. Selain itu, kandungan ini pun dapat mencerahkan wajah dan melawan stress oksidatif, berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Karenanya tak hanya menyehatkan, kandungan ini pun bisa membuat warna kulit menjadi lebih rata dan cerah alami.

Glycolic Acid

Glycolic Acid merupakan salah satu kandungan pencerah dalam skincare yang popular belakangan ini. Senyawa yang masih tergolong dalam kelompok Alpha Hydroxy Acid (AHA) ini telah digunakan lebih dari 761 kali dalam formula skincare.

Kandungan yang secara alami dalam tebu ini, memiliki molekul yang kecil dan lembut. Sehingga mampu menjangkau jaringan kulit yang lebih dalam untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajahmu.

Salah satu manfaat utama Glycolic acid adalah membantu mencerahkan kulit wajah. Kandungan ini bekerja dengan mengangkat sel kulit mati yang bersarang pada epidermis. Dengan begitu sel-sel kulit yang lebih sehat dan akan bergenerasi.

Selain itu, kamu juga enggak perlu merasa takut atau khawatir karena sifatnya yang eksfoliatif. Karena Glycolic acid terbilang lebih lembut daripada senyawa sejenisnya.

Pyrus Malus (Apple) Fruit Extract

Kandungan pencerah wajah dalam skincare selanjutnya adalah Pyrus Malus Fruit Extract, atau ekstrak buah apel. Yang rupanya telah digunakan lebih dari 393 produk perawatan dan pemutih wajah.

Apel sendiri merupakan jenis buah yang tergolong dalam superfood, karena memiliki kandungan nutrisi melimpah dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Umumnya dalam satu buah apel, kamu bisa memperoleh berbagai jenis nutrisi. Seperti antioksidan, serat, air, vitamin A, C, K, asam folat, dan pektrin.

Kandungan-kandungan ini pulalah yang membuat ekstrak buah apel menjadi kandungan skincare terpopuler belakangan ini.

Ekstrak apel mampu membantu kulit tampak lebih cerah, hingga menenangkan peradangan dan iritasi kulit. Selain itu, buah apel pun disinyalir dapat menjaga keremajaan wajah dengan menjaga elastisitas kulit, membuatnya lebih bercahaya, dan sehat berseri.

Sementara itu, kandungan antioksidan dalam buah apel bisa menangkal sinar ultraviolet A dan B. Sehingga mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebihan, termasuk sunburning, kusam, iritasi, hingga melasma.

Benzoic Acid

Kandungan pencerah wajah dalam skincare selanjutnya adalah benzoic acid. Asam ini telah ditemukan pada lebih dari 730 formula produk pencerah wajah.

Benzoic acid umumnya digunakan sebagai antijamur dan kerap ada dalam beberapa produk makanan, salep, dan banyak lainnya.

Asam organic ini secara alami bisa kamu temukan dalam beberapa sumber pangan seperti kayu manis, plum, cranberry, kulit pohon ceri dan cengkeh, serta kelenjar aroma berang-berang.

Melansir dari Skincarelab, penggunaan benzoic acid dalam kosmetik dan perawatan pribadi tak jauh dari klaim sifat anti-penuaan, dan juga menenangkan kulit dan memberikan pelembab.

Cucumis Sativus (Cucumber) Fruit Extract

Siapa sangka, bahan alami yang memiliki kandungan air tinggi dan menyegarkan ini jadi salah satu kandungan pencerah wajah dalam skincare. Yap! Cucumis Sativus Fruit Extract atau mentimun adalah bahan yang akan kita bahas.

Meski tak banyak penelitian yang secara spesifik menyebutkan bahwa mentimun dapat mencerahkan atau memutihkan kulit. Namun, bahan alami ini bisa bekerja efektif untuk membantu proses regenerasi kulit, khusunya pada area kulit yang kusam dan memiliki noda hitam.

Karenanya, bitnik-bintik gelap pun akan memudar dan menghasilkan wajah yang lebih cerah secara alami akibat produksi sel kulit baru.

Tak hanya itu, timun juga mengandung kadar air yang sangat tinggi hingga dapat menghidrasi kulit. Sebab itulah, bahan ini juga bisa menjadi pelembap alami yang ampuh untuk menyegarkan dan menenangkan kulit.

Ingin tahu apa saja manfaat mentimun untuk kulit? Cek di sini!

Sodium Lactate

Selain berfungsi sebagai pelembap, Sodium Lactate jadi bahan selanjutnya yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Kandungan ini telah digunakan dalam ratusan Formula produk pencerah wajah.

Kaolin

Kaolin merupakan salah satu jenis clay yang mampu memberikan efek mencerahkan pada kulit. Bahkan penggunaan skincare atau masker wajah dengan kandungan ini bisa membantu mengatasi warna kulit yang tak merata.

Selain itu, kaolin juga bisa membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati penyebab berbagai masalah kecantikan kulit.

Nah, itu adalah 15 jenis kandungan pencerah wajah yang aman dalam skincare. Dari daftar tersebut, apakah kamu familiar dengan salah satunya?

Melihat tingginya penggunaan kelima belas kandungan tersebut, menunjukkan bahwa masyarakat masih begitu tertarik dengan skincare pencerah dan pemutih wajah.

Ini juga menunjukkan bahwa potensi bisnis skincare ini juga masih begitu tinggi. Kamu bisa memanfaatkan antusiasme tersebut dengan membuat brand skincare pemutih wajah sendiri.

Apalagi dengan maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan produk-produk yang kamu inginkan secara praktis.

Tak hanya membantumu memproduksi skincare berkualitas tinggi, Mash Moshem Indonesia pun menyediakan berbagai bentuk pelayanan aftersales dan membuatkan berbagai media promosi untukmu.

Wah, menarik, bukan? Tunggu apalagi, segera buat brand kosmetikmu bersama kami!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment