Tak Cuma Menyegarkan, Kepoin Deretan Manfaat Mentimun untuk Wajah Ini

masker mentimun

Sudah sejak lama mentimun digunakan untuk merawat kulit secara alami. Barangkali mulai dari nenek dari orang tua kita telah menggunakan bahan alami ini untuk menjaga kecantikan wajah mereka.

Terlebih buah mentimun cukup mudah didapatkan, harganya pun terbilang murah sehingga tidak akan membuatmu merogoh kocek terlalu dalam untuk memperolehnya.

Selain kandungan airnya yang tinggi, kira-kira apa sih yang membuat mentimun ini ideal digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit?

Nah, biar enggak penasaran, simak ulasan mengenai manfaat mentimun untuk wajah serta cara menggunakannya berikut ini, ya!

Deretan Manfaat Mentimun untuk Wajah

manfaat mentimun untuk wajah

Selain memberikan sensasi menyegarkan pada kulit, ternyata banyak manfaat mentimun yang belum diketahui oleh khalayak umum, lho.

Timun mengandung berbagai jenis nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Misalnya vitamin C, asam kafeat, kandungan air yang tinggi, hingga senyawa anti inflamasi yang tak kalah banyaknya.

Kandungan-kandungan inilah yang akhirnya membentuk berbagai manfaat dalam mentimun. Penasaran apa saja manfaat yang dimaksud? Mari cek sama-sama!

Mengurangi Tampilan Mata Panda dan Bengkak

mata panda

Terlalu Lelah, stress berlebihan, hingga keseringan begadang bisa membuat kantung matamu bengkak dan muncul lingkaran hitam di area yang sama.

Kondisi ini jelas bikin memberikan kesan lelah dan lemas pada wajahmu. Bahkan bisa saja membuat penampilanmu tampak lebih tua dari umur yang sebenarnya.

Tapi tenang, Ladies. Kamu bisa mengatasi mata yang bengkak dan menghitam ini dengan menggunakan mentimun, lho!

Kandungan air yang tinggi pada mentimun dapat membantu merelaksasi area kantung mata dan membantu memberikan sensasi menyegarkan.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C dalam mentimun pun diketahui mampu mencerahkan dan mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

Hal inilah yang akhirnya bisa memperbaiki tampilan mata panda dan mengempeskan bengkak di kantung mata kamu.

Baik untuk Merawat Kulit Berjerawat

jenis jerawat (1)

Merawat kulit wajah yang berjerawat bisa dibilang enggak mudah, ya. Apalagi kalau jerawat yang ada disertai gejala peradangan, seperti adanya rasa perih, tak nyaman, hingga tampak kemerahan.

Namun, karena sifatnya yang menenangkan dan menyegarkan, mentimun dianggap baik untuk merawat kulit yang berjerawat, baik yang biasa maupun yang mengalami peradangan.

Tak hanya itu, dengan menggunakan mentimun sebagai masker wajah, kamu pun dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah.

Hal ini pun dapat membantu mencegah munculnya jerawat dan komedo di kulit wajahmu. Selain itu, mentimun pun diketahui dapat mengecilkan pori-pori wajah, sehingga kulitmu tampak lebih kencang dan terasa lebih halus.

Mampu Menghidrasi Kulit Wajah

khasiat minyak lavender untuk kecantikan

Untuk kamu yang memiliki kulit kering dan mudah teriritasi, mentimun bisa jadi salah satu bahan alami ideal untuk kamu coba.

Kadar airnya yang tinggi, dapat membantu mengembalikan kelembapan alami yang hilang pada kulit wajah. Serta memberikan sensasi dingin dan menyejukkan pada kulit, yang selama seharian terpapar teriknya sinar matahari.

Melawan Munculnya Tanda Penuaan Dini

mencegah munculnya tanda penuaan

Ketika terhidrasi dengan baik, maka skin barrier yang ada pada lapisan kulit kamu pun akan dapat bekerja dengan optimal. Yakni untuk menangkal dampak buruk radikal bebas dan paparan sinar matahari berlebihan.

Di mana kedua hal itu bisa menjadi salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan secara premature pada kulit wajah kamu, seperti keriput, garis halus, dan lain sebagainya.

Selain kandungan airnya yang mampu menghidrasi kulit, vitamin C yang tinggi dalam mentimun dikatakan mampu bekerja sebagai antioksidan alami dan merangsang prosuksi sel kulit baru yang lebih sehat.

Semenatara itu, kandungan asam folat di dalamnya pun mampu bekerja sebagai zat anti racun, yang membantu melawan racun yang dibawa oleh radikal bebas pada kulit wajahmu.

Membantu Menenangkan Gejala Iritasi Kulit

Iritasi pada kulit dapat terjadi pada siapa saja dan disebabkan oleh apa saja, mulai dari karena panasnya sinar matahari, alergi kosmetik, hingga karena jerawat yang meradang.

Nah, mentimun bisa membantumu untuk menenangkan dan meringankan berbagai gejala iritasi kulit tersebut.

Sebab bahan alami ini diketahui memiliki senyawa anti radang dan kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu memeberikan sensasi menenangkan dan menyejukkan pada kulit.

Cara Merawat Wajah Secara Alami dengan Mentimun

bahan alami moisturizer

Setelah mengetahui berbagai manfaat mentimun untuk wajah di atas, kamu pasti penasaran dan rasanya ingin mencoba menggunakan bahan alami ini secara langsung, bukan?

Well, khusus buat kamu, berikut beberapa cara merawat wajah secara alami dengan mentimun yang aman untuk dicoba di rumah!

Mengaplikasikan Mentimun Secara Langsung

urutan skincare

Karena senyawa anti inflamasi-nya yang tinggi dan tidak mudah menimbulkan iritasi, kamu bisa menggunakan mentimun secara langsung pada wajah.

Bahkan ketika akan menggunakannya untuk merawat mata panda pun kamu enggak perlu mencampur mentimun dengan bahan-bahan lain.

Melainkan langsung menempelkannya di atas mata dan mendiamkannya selama beberapa menit. Meski enggak langsung menunjukkan hasil yang kamu inginkankan, area mata akan terasa lebih segar dan sejuk setelah menggunakan mentimun.

Menggunakan Masker Mentimun untuk Merawat Wajah

masker (2)

Nah, selain menggunakannya secara langsung, kamu pun bisa memadukan mentimun dengan bahan alami lain yang enggak kalah bermanfaatnya untuk kulit sebagai masker wajah alami.

Hal ini pun diketahui akan menambah dan mendukung manfaat mentimun untuk wajah juga. Untuk membuat masker alami dari mentimun, kamu bisa ikuti resep berikut ini.

Masker Mentimun Untuk Kulit Sensitif

Sebenarnya, kamu bisa membuat masker mentimun dengan cukup sederhana dan tanpa membutuhkan bahan lain sebagai campuran.

Masker sederhana ini sangat berguna  jika digunakan untuk menenangkan dan menyegarkan kulit wajah.

Cara Pembuatannya:

  • Haluskan mentimun yang sudah dicuci sebelumnya.
  • Setekah halus, pisahkan ampas dan air mentimun menggunakan saringan.
  • Oleskan air sari mentimun pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan lebih dahulu.
  • Biarkan hingga kering sekitar 15 menit.
  • Bilas wajah dan keringkan dengan lembut.

Masker Mentimun untuk Kulit Kering

Masker dari mentimun yang dicampurkan dengan lidah buaya bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Menggunakan masker ini terutama pada saat musim kemarau akan menjaga kondisi kulit wajah agar tidak mudah kering.

Selain itu, masker mentimun dan lidah buaya juga sangat cocok untuk menenangkan kulit yang mudah teriritasi ataupun tengah meradang.

Cara membuat masker mentimun dan lidah buaya:

  • Haluskan buah mentimun yang sudah dibersihkan menggunakan blender.
  • Pisahkan ampas mentimun dan airnya menggunkana saringan.
  • Campurkan dua sendok makan gel lidah buaya almai ke dalam air sari mentimun.
  • Oleskan pasta masker alami pada wajahmu.
  • Biarkan masker hingga mengering, paling tidak selama 15 menit.
  • Bilas masker dengan air dingin, lalu keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

Masker Mentimun untuk Kulit Berjerawat

Untuk mengatasi jerawat pakai mentimun, kamu bisa mengombinasikan bahan alami ini dengan yogurt dan madu.

Kandungan probiotik dalam yogurt dapat mengurangi gejala peradangan yang ditimbulkan jerawat, serta mampu mengeringkannya dengan lebih cepat.

Sementara itu, antioksidan dalam madu dapat memperbaiki sel kulit yang bermasalah sehingga dapat menyamarkan bekas jerawat.

Cara membuatnya:

  • Haluskan setengah buah mentimun yang sudah dibersihkan.
  • Campurkan dengan yogurt dan madu hingga mengental.
  • Aplikasikan pasta ke wajah, pastikan kamu udah cuci muka, ya!
  • Tunggu hingga 20 menit saja, kemudian bersihkan dengan air bersuhu normal.

Membuat Toner dari Mentimun

Selain meraciknya sebagai masker wajah alami, kamu pun bisa menggunakan mentimun sebagai toner, lho.

Apalagi karakteristik timun yang menyegarkan ini sama dengan sifat toner, yakni mampu menghidrasi kulit dan menjadikannya lebih segar.

Toner alami dari timun ini diketahui sangat efektif untuk menangani kulit yang berminyak dan kering. Jadi bisa kasih double treatment, gitu, Cin!

  • Kupas buah mentimun (separuh saja), kemudian haluskan menggunakan parutan atau blender.
  • Kemudian, pisahkan ampas mentimun dengan air perasan dengan saringan.
  • Untuk menambah aroma dan tekstur, kamu bisa campurkan dengan air mawar serta lidah buaya.
  • Setelah itu, sebelum dipakai simpan toner di dalam kulkas terlebih dahulu.
  • Gunakan toner ini setiap pagi dan malam hari, atau sebelum menggunakan kosmetik tertentu.

Memakai Skincare Berkandungan Mentimun

Sebenarnya, selain menggunakan rangkaian resep rumahan di atas, kamu pun dapat merasakan manfaat mentimun untuk wajah dengan memakai skincare berkandungan yang sama.

Tak hanya perawatan kulit wajah, berbagai produk perawatan tubuh dan rambut pun banyak yang telah menggunakan mentimun dalam formula mereka.

Kamu bisa memilih produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Jangan hanya lihat mentimunnya saja, pastikan semua bahan pendukung yang ada dalam produk tersebut aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Nah itu adalah berbagai manfaat mentimun untuk wajah dan cara menggunakannya. Menurutmu cara mana yang paling mudah dan aman dilakukan? Kasih tahu di kolom komentar, ya!

Selain menggunakannya secara pribadi, kamu juga bisa memanfaatkan mentimun ini dalam bisnis kecantikan. Yap, apalagi kalau bukan dengan memproduksi skincare berkandungan mentimun.

Kamu bisa memadukan bahan-bahan lain yang sama efektifnya atau bahkan lebih ampuh ke dalam formula skincare yang kamu inginkan.

Enggak perlu susah, untuk mewujudkan hal itu kamu hanya perlu menghubungi marketing Mash Moshem Indonesia dan mengonsultasikan brand serta produk skincare impianmu!

Selamat mencoba, happy people!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment