6 Jenis Vitamin yang Bisa Merawat Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajahmu, Cari Tahu Yuk!

jenis vitamin yang baik untuk kulit

Merawat kulit tak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh yang lain. Bentuk perawatan kulit ini pun sangat beragam, salah satunya menggunakan skincare dan tabir surya.

Ini untuk melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga bisa melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Vitamin adalah salah satu bentuk nutrisi yang juga sangat diperlukan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu.

Enggak hanya baik untuk mendukung fungsi tubuh kamu, kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan efek buruk pada kulit. Sebab vitamin memiliki peranan yang penting dalam melindungi kulit dari stressor lingkungan.

Dari sekian banyak vitamin yang ada, apakah semuanya bisa bermanfaat untuk merawat kulit wajah? Untuk tahu jawabannya baca ulasan di bawah ini sampai habis, ya!

Jenis-Jenis Vitamin yang Baik untuk Kulit

menutrisi kulit

Kamu pasti banyak menemukan dalam berbagai produk perawatan kulit yang menggunakan vitamin dalam komposisinya. Ini dikarenakan vitamin memiliki banyak manfaat untuk membuat kulit kita tampak lebih sehat.

Nah, dari sekian banyak jenis vitamin yang kamu kenal, ada beberapa yang sangat baik untuk merawat kulit kita, lho. Kira-kira apa saja, ya? Kepoin ulasan di bawah ini, yuk!

Vitamin E

Kamu pasti sudah enggak asing dengan jenis vitamin satu ini. Yap, apalagi kalau bukan vitamin E! Yang telah banyak dijual dipasaran, baik dalam bentuk suplemen dan sebagai bahan utama skincare.

Vitamin E secara alami dapat kamu peroleh dari makanan sehari-hari, seperti minyak nabati, minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Juga bisa  didapatkan dari sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Secara umum, kamu dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin E dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut dengan cukup.

Namun kalau kamu ingin mendapatkan manfaat yang optimal untuk kulitmu, maka enggak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi suplemen vitamin E atau menggunakan produk perawatan kulit yang bekandungan bahan alami ini.

Selain menyehatkan tubuh, vitamin E juga sangat baik untuk menutrisi dan merawat kulit.

Manfaat Vitamin E untuk Kulit Wajah

  • Menghaluskan kulit.
  • Melembapkan kulit.
  • Membuat wajah jadi lebih cerah.
  • Sebagai antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas.
  • Dapat bekerja sebagai antiaging, memudarkan garis halus dan kerutan pada wajah.
  • Sebagai antiinflamator yang menenangkan dan meredakan iritasi kulit.

Vitamin A

Vitamin A  menjadi salah satu bahan alami yang sangat sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Mulai dari krim pencerah untuk wajah hingga perawatan tubuh.

Sebenarnya kebutuhan akan vitamin A dapat kamu penuhi dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang memiliki kandungan ini. Misalnya wortel, sayuran yang berdaun hijau tua, pepaya, apricot, hingga semangka.

Dalam formula produk perawatan kulit wajah, turunan vitamin A yang paling sering digunakan adalah retinoid. Sebab bahan ini mampu mempercepat proses pergantian sel kulit baru, yang nantinya dapat mengatasi hiperpigmentasi dan membuat wajah kian cerah.

Tak hanya itu, retinoid juga tergolong obat jerawat yang sangat efektif, dan dapat bekerja sebagai antiaging yang mampu menghalau munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Sayangnya, retinoid juga bisa memberikan efek samping, apalagi kalau memiliki kulit yang cenderung sensitif. Sebab skincare yang berkandungan retinoid akan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu selalu menggunakan tabir surya tiap hari setelah memakai krim wajah retinoid. Dengan begitu, kulitmu bisa terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung, dan merendahkan risiko munculnya iritasi.

Manfaat Vitamin A untuk Kulit Wajah

  • Mampu memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak dan merawat yang masih sehat.
  • Sebagai antiaging, yang dapat menyamarkan kerutan dan garis halus pada wajah.
  • Mampu mencerahkan kulit yang kusam.
  • Melembutkan dan menghaluskan kulit.
  • Merawat dan menyembuhkan jerawat dengan lebih optimal.

Vitamin B Complex

Salah satu jenis vitamin yang juga baik untuk kulit wajah adalah vitamin B Complex. Yang sebenarnya secara alami terkandung pada beragam jenis makanan, seperti oatmeal, beras, telur, pisang, dan masih banyak lainnya.

Vitamin B Complex adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kamu. Sebab dalam bahan ini terkandung biotin, yang merupakan dasar pembentuk kuku, kulit, dan sel.

Beberapa vitamin B Complex juga bisa sangat efektif meningkatkan kesehatan kulit. Dari penelitian tahun 2018, menyebutkan bahwa vitamin B Complex mampu merangsang dan membantu produksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Inilah yang akhirnya membuat orang yang kekurangan vitamin B Complex akan terkena dermatitis atau masalah kulit lainnya.

Enggak kalah dengan dua vitamin sebelumnya, salah satu jenis vitamin B Complex juga kerap digunakan sebagai bahan dasar formula skincare.

Misalnya vitamin B3 atau niacinamide, yang jadi bahan skincare paling diincar oleh para beauty lovers di dunia. Ada pula vitamin B5 atau asam pantotenat yang terkenal karena bisa membantu mengatasi jerawat dan penuaan dini.

Manfaat Vitamin B Complex untuk Kulit Wajah

  • Membantu mengurangi munculnya bintik-bintik hitam dan memudarkan bekas jerawat.
  • Membuat kulit lebih kencang dan kenyal.
  • Mencegah hiperpigmentasi.
  • Sebagai antiaging, yang bisa mengatasi kerutan dan garis-garis halus di wajah.
  • Melembapkan dan melembutkan kulit.

Vitamin D

Vitamin yang juga dihasilkan oleh sinar matahari pagi ini, enggak cuma baik untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan tubuh. Vitamin D juga disinyalir mampu membantu menciptakan sel-sel yang sehat, dan sangat penting untuk mengobati penyakit kulit.

Vitamin D juga diketahui bekerja sangat baik dalam merawat kesehatan kulit. Berikut beberapa manfaat vitamin D untuk kulit yang harus kamu ketahui.

Manfaat vitamin D untuk Kulit Wajah

  • Mengatasi inflamasi, menenangkan dan meredakan kulit yang teriritasi, menderita psoriasis, eczema, dan lain sebagainya.
  • Melindungi kulit dan mencegah munculnya kanker kulit.
  • Sebagai antioksidan, yang bisa mengurangi dampak buruk akibat radikal bebas dan stressor lingkungan lainnya.

Vitamin K

Vitamin K adalah jenis vitamin yang mampu larut dalam lemak. Kamu bisa mencukupi kebutuhan akan vitamin K dengan mengonsumsi berbagai sayuran, buah-buahan, dan produk hewani. Misalnya pada kiwi, alpukat, sayuran hijau, hingga telur, daging,dan keju.

Kamu juga akan sangat mudah menemukan vitamin K dalam berbagai produk perawatan kulit, skincare, stretch mark cream, dan masih banyak lainnya.

Manfaat vitamin K untuk kulit wajah

  • Menyamarkan stretch mark.
  • Memudarkan bekas luka dan bekas jerawat.
  • Menghilangkan flek dan bintik hitam pada wajah.
  • Mengurangi mata panda.
  • Meningkatkan elastisitas kulit.
  • Menenangkan peradangan kulit.

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang kerap kali digunakan sebagai bahan dasar dalam formula produk perawatan wajah. Ini dikarenakan vitamin ini kaya akan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kulit wajah kita.

Dalam tubuh vitamin ini banyak ditemukan pada lapisan epidermis dan dermis kulit. Vitamin C juga kaya akan kolagen, sehingga mampu membantu mempertahankan elastisitas kulit dan membuatnya lembap dari dalam.

Itu sebabnya vitamin C kerap menjadi salah satu bahan utama dalam produk perawatan kulit, khususnya sebagai antipenuaan (antiaging) dan agen pencerah wajah.

Manfaat vitamin C untuk kulit wajah

  • Bekerja sebagai antiaging, dengan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan secara prematur. Seperti garis-garis halus, kerutan, dan keriput.
  • Mampu mencegah dan mengatasi kulit kering.
  • Dapat menyamarkan noda hitam, akibat paparan sinar matahari ataupun bekas jerawat.
  • Melindungi kulit dari sinar matahari berbahaya
  • Meminimalisir kerusakan sel dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Itu adalah 6 jenis vitamin yang bermanfaat untuk merawat kecantikan dan kulit wajahmu. Kamu bisa mempertimbangkan menggunakan produk perawatan wajah berkandungan berbagai vitamin di atas untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Selain itu, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan dan bergizi tinggi. Juga meminum suplemen vitamin yang sudah cukup umum dijual di pasaran.

Dengan perawatan yang lengkap dari luar dan dalam bisa membuat kulitmu jadi jauh lebih sehat dan senantiasa tampak awet muda.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment