Atasi Dampak Buruk Sinar Matahari, Kenalan Sama Minyak Cendana Yuk!

manfaat minyak cendana untuk kecantikan (2)

Buat kamu yang suka melakukan perawatan wajah menggunakan bahan alami, manfaat minyak cendana untuk kecantikan pasti bukanlah hal yang asing lag, bukan?

Minyak dengan aroma yang wangi dan menenangkan ini sebenarnya kerap digunakan sebagai aromaterapi. Karena bisa membuat otot menjadi lebih rileks, dan hormone-hormon stress pada tubuh jadi kian terkendali.

Namun, selain aromanya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh ini. Rupanya manfaat minyak cendana untuk kecantikan kulit juga tak kalah banyaknya.

Beberapa media, seperti Womansworld, pun mengklaim hal yang sama, lho! Lantas apa saja manfaat minyak cendana untuk kecantikan dan mengapa bahan alami ini bisa bekerja dengan sangat efektif untuk merawat kulitmu?

Simak ulasan lengkap mengenai minyak cendana atau sandalwood oil berikut ini, ya!

Ragam Manfaat Minyak Cendana untuk Kecantikan Kulit

manfaat minyak cendana untuk kecantikan

Pada dasarnya, penggunaan minyak cendana untuk merawat kecantikan kulit sudah sangat umum dilakukan, lho. Sebagai contoh, kamu bisa menemukan berbagai produk skincare atau kosmetik yang menggunakan bahan alami ini sebagai bahan bakunya.

Sebab, dengan menggunakan minyak cendana ke dalam rutinitas perawatan kecantikan harianmu, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat berikut ini.

Menjaga Keremajaan Kulit Wajah dan Tubuh

Manfaat minyak cendana untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh yang pertama adalah mampu menjaga keremajaan kulit.

Meski masih berada di usia 20 tahunan, jangan dikira kulit kamu kebal terhadap kemunculan tanda penuaan. Karena gaya hidup yang kurang sehat, dampak buruk radikal bebas, dan penggunaan kosmetik yang salah bisa menyebabkan gangguan kesehatan kulit, lho.

Kondisi ini kemudian menyebabkan sel kulit mudah bermasalah dan akhirnya mengalami proses penuaan yang lebih cepat.

Nah, untungnya dengan menggunakan minyak cendana kamu bisa menjaga keremajaan kulitmu. Sebab, bahan alami ini bisa bekerja sebagai agen anti penuaan dan menghambat kemunculan tanda-tanda penuaan premature.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang ada dalam bahan alami ini pun bisa melindungi kulit, serta mencegah dampak buruk radikal bebas.

Mengatasi Dampak Buruk Sinar Matahari

Apakah kamu sering berpergian ataupun beraktivitas di bawah paparan sinar matahari? Well, sebaiknya kamu harus lebih aware dengan kesehatan kulitmu, ya!

Sebab, seperti yang banyak diketahui, sinar matahari bisa menyebabkan kemunculan berbagai masalah kecantikan dan kesehatan kulit. Misalnya menyebabkan hiperpigmentasi, memicu kemunculan sunspot atau bintik penuaan, hingga membuat kulit terbakar.

Kabar baiknya, manfaat minyak cendana untuk kecantikan selanjutnya adalah mampu merawat dan mengatasi dampak buruk sinar matahari.

Minyak ini bisa membantu melembapkan kulit, menenangkan kulit yang teriritasi, pun mencegah adanya kerusakan pada sel-sel kulit.

Membantu Melembapkan dan Melembutkan Kulit

Ingin tahu bagaimana cara menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan mudah? Well, gampang banget, kamu hanya perlu menjaganya agar terhidrasi dengan baik. Salah satunya dengan menggunakan minyak cendana.

Kulit wajah yang kering bisa menyebabkan beberapa masalah kecantikan dan kesehatan lanjutan. Sebab, dalam kondisi ini, agen pelindung atau skin barrier terbilang sangat rentan. Akhirnya, pelindung ini enggak akan bisa bekerja maksimal dan kulit cenderung lebih mudah teriritasi.

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh minyak cendana untuk mengatasi masalah ini? Sama halnya dengan jenis minyak alami lain, dalam minyak cendana pun terkandung rantai asam lemak esensial yang bisa melembapkan kulit.

Tak hanya itu, minyak cendana akan mengunci hidrasi pada jaringan kulit sehingga wajah akan lebih lembap seharian.

Dengan perawatan kulit yang rutin menggunakan minyak alami ini, kamu akan membuat kulit lebih sehat, terhidrasi dengan baik, dan secara otomatis akan melembutkan teksturnya.

Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya dengan Efektif

Siapa sih, yang suka berurusan dengan jerawat dan bekasnya yang susah dihilangkan? Tentu kita tidak menginkan kedua masalah ini dalam wajah kita!

Penyebab kemunculan jerawat sendiri bisa sangat beragam, bahkan kadang di luar kendali kita sendiri. Karena disebabkan oleh kesehatan dan hormone pada tubuh.

Namun, bukannya tak bisa diatasi. Justru banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat jerawat lekas menghilang dan mencegahnya berbekas, salah satunya dengan menggunakan minyak cendana.

Selain melembapkan, minyak ini memiliki kandungan antiseptic dan antiinflamasi. Keduanya berperan baik untuk meredakan masalah jerawat, yakni mendorongnya lebih cepat sembuh dan satunya membuat peradangan mereda.

Mencerahkan Kulit Wajah dengan Alami

Apakah kamu sedang bermasalah dengan kulit yang tampak kusam dan tidak bercahaya?

Salah satu penyebab kulit wajah yang kusam ini adalah kondisi kulit yang mudah kering dan kerap terpapar sinar ultraviolet secara berlebihan.

Kondisi ini akan menyebabkan tubuh mengeluarkan signal pada enzim tyrosinase untuk lebih banyak memproduksi melanin. Nah, melanin inilah yang kemudian memberikan pigmen pada kulit dan bila diproduksi dalam jumlah berlebihan akan membuat wajah tampak lebih gelap.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan minyak cendana, lho. Kandungan antiinflamasi dalam minyak cendana akan menenangkan kulit, sehingga dapat mencegah terbentuknya melanin.

Tak hanya itu, kandungan antioksidannya pun akan membantu merevitalisasi sel kulit yang bermasalah akibat sinar matahari. Sehingga proses metabolisme pada kulit pun akan kembali normal dan sehat.

Menyamarkan Noda Hitam ataupun Bintik Penuaan

Minyak cendana memiliki unsur senyawa Alpha-santalol. Kandungan ini dapat bekerja menghambat pembentukan enzim tyrosinase, yang juga akan membuat zat pigmen melanin kulit dapat lebih berkurang.

Noda hitam yang juga disebut sebagai bintik-bintik penuaan, hiperpigmentasi, ataupun flek hitam ini bisa diatasi dengan cukup mudah. Asal kamu mau tekun mengaplikasikan minyak cendana pada kulit wajah kamu.

Minyak cendana mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menekan dampak buruk radikal bebas pada kulit, menyehatkan sel kulit yang bermasalah, juga membuat wajah jadi lebih cerah.

Mendorong Proses Penyembuhan Luka pada Kulit

Manfaat kecantikan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari minyak cendana adalah mampu mendorong proses penyembuhan luka pada kulit.

Khasiat ini tak lain didapatkan dari kandungan antiinflamasi dan antiseptiknya, yang bisa membuat proses penyembuhan luka jadi lebih optimal.

Bahan alami ini bisa mendorong regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat, sehingga bagian yang terluka bisa tercover dengan baik. Selain itu, sifat antiinflamasiny akan membuat gejala peradangan dan iritasi mereda.

Dapat Bekerja Menenangkan Kulit

Salah satu kelebihan minyak cendana adalah sifatnya sebagai astringent alami. Karenanya, bahan alami ini sering digunakan dalam formula toner wajah.

Tak hanya menenangkan kulit, karena sifat astringent alami ini, minyak cendana pun bisa membantu menjaga elastisitas kulit wajah, membuatnya terhidrasi, pun membuatnya lebih kencang.

Kandungan astringen yang dimiliki minyak cendana sangat baik bila digunakan pada kulit berminyak dan berjerawat. Sebab, kandungan ini akan membantu  membersihkan pori-pori, mengontrol produksi minyak kulit secara berlebihan, serta dapat juga mengurangi iritasi pada kulit.

Membuat Otot Kulit jadi Lebih Kencang

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan permukaan kulit, penggunaan minyak cendana ini pun bisa membuat wajahmu jadi lebih cantik dari dalam.

Sebab, minyak cendana bisa bekerja untuk membuat otot wajah jadi lebih rileks. Ini dikarenakan sifat antispasmodic yang dimilikinya, yang membuat otot kaku pada wajah jadi lebih melemas.

Beberapa Penelitian Terkait Manfaat Sandelwood Oil untuk Kecantikan

manfaat minyak cendana untuk kecantikan (1)

Setelah membaca berbagai manfaat minyak cendana untuk kecantikan kulit di atas, kamu mungkin bertanya-tanya. Apakah manfaat bahan alami ini untuk kulit sudah teruji secara ilmiah?

Well, menurut sebuah studi 2011 yang mendokumentasikan pengobatan rumah nenek India mencatat bahwa cendana direkomendasikan untuk jerawat dan infeksi jamur.

Kemudian pada studi lanjutan yang dilakukan pada tahun 2012,  menunjukkan bahwa cendana ditoleransi dengan baik dan mengurangi jumlah lesi pada 90 persen pasien jerawat.

Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa kayu cencana sebenarnya telah teruji dalam pengobatan Ayurveda untuk mengurangi gejala tertentu pada kulit.

Seperti mendinginkan kulit, meringankan gejala kulit yang tebakar sinar matahari, pun menenangkan kulit dengan sifat anti-inflamasi – terutama dalam kasus jerawat, ruam, dan gigitan serangga.

Tak hanya itu, dikatakan juga bahwa cendana juga menyeimbangkan sebum berlebih dengan sifat astringennya dan memberi nutrisi dan melembabkan kulit.

Minyak cendana membantu menyehatkan kulit, meningkatkan elastisitas sel kulit, meratakan warna kulit. Karena kualitas ini, dapat bermanfaat dalam mengurangi munculnya bekas luka.

Bahkan menurut sebuah studi 2018, kombinasi antara minyak cendana dan madu terbukti mencegah atau meminimalkan jaringan parut hipertrofik atau tebal.

Penelitian lain terkait manfaat minyak cendana untuk kecantikan adalah mengenai manfaatnya untuk melembutkan kerutan pada kulit.

Minyak cendana mengandung antioksidan yang membantu menjaga daya apung dan struktur sel kulit. Ini juga mengurangi kekeringan dan mengisi kembali kelembaban di kulit, meningkatkan elastisitas.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment