Jadul Tapi Mantul, Ini Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Rambut dan Kulit

manfaat minyak kemiri untuk kecantikan (3)

Pemanfaatan minyak kemiri dalam dunia kecantikan bukanlah hal baru. Malahan minyak kemiri menjadi salah satu bahan alami andalan dalam merawat kecantikan, baik untuk rambut dan kulit.

Minyak kemiri diambil dari ekstraksi buah kemiri, alias buah dari pohon kemeiri yang banyak tumbuh di area beriklim tropis, seperti di Indoneisa. Bentuk buah kemiri pun hampir serupa dnegan kacang walnut, sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai walnut Indonesia.

Sejak jaman dahulu, kemiri digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan rambut secara tradisional. Namun, tak banyak yang tahu kalau minyak kemiri pun dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit.

Ini dikarenakan kandungan dalam minyak kemiri sangatlah beragam, misalnya berbagai jenis asam lemak esensial dan juga bermacam-macam vitamin. Kandungan nutrisi inilah yang akan membantu menjaga kecantikan kulit dan rambut.

Nutrisi dalam Minyak Kemiri yang Baik untuk Kecantikan

Sebelum membahas berbagai manfaat minyak kemiri untuk kecantikan rambut dan kulit, tentu kurang lengkap kalau enggak bahas kandungan yang ada dalam bahan alami satu ini.

Sebab, kandungan-kandungan dalam minyak kemiri inilah yang akan bekerja untuk menyehatkan dan menutrisi rambut serta kulit kamu.

Nah, kira-kira apa saja kandungan yang ada dalam minyak kemiri? Yuk, langsung simak ulasan lengkap kandungannya di bawah ini.

Vitamin A

Kandungan pertama yang ditemukan dalam minyak kemiri adalah vitamin A. Kamu pasti sudah enggak asing dengan senyawa satu ini, bukan?

Gimana enggak? Vitamin A ini terbilang sangat terkenal dalam dunia kecantikan, khususnya per-skincare-an.

Kandungan ini sangat multifungsi, yakni dengan bekerja sebagai antioksidan, antiaging, dan agen pencerah alami.

Untuk kulit, vitamin A dapat membantu memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan terlalu dini. Mendorong pengelupasan sel kulit mati, dan merangsang produksi kolagen.

Sementara bagi rambut, senyawa ini bisa menbantu mengurangi kerontokan rambut, meningkatkan produski sebum pada kulit kepala, dan merawat kulit kepala yang bermasalah.

Vitamin C

Dalam minyak kemiri pun ditemukan kandungan vitamin C, yang tak kalah baiknya untuk merawat kecantikan kulit dan rambut.

Sama halnya dengan vitamin A, senyawa ini dapat bekerja sebagai antioksidan, menjadi agen antiaging dan pencerah alami kulit.

Karenanya, kamu dapat dengan mudah menemukan kandungan vitamin C dalam skincare pencerah wajah dan antiaging.

Tak cuma buat kulit, vitamin C pun dapat membantu merawat rambut. Kandungan ini bisa menstimulus pertumbuhan rambut, mencegah penuaan ramut, dan mengatasi kerusakan pada folikel rambut.

Vitamin D

Jenis kandungan lain yang ada dalam minyak kemiri adalah vitamin D. Senyawa ini bisa membantu merangsang folikel rambut baru dan memperkuat batang rambut.

Hal ini sangat pentingd alam mempertahankan ketebalan dan mencegah kerontokan rambut berlebihan.

Selain untuk rambut, vitamin D bisa bermanfaat untuk kulit kamu. Kandungan ini akan bekerja sebagai antiinflamator yang dapat menenangkan kulit, melindungi kulit, dan mengurangi kerusakan yang diakibatka stress oksidatif.

Tak hanya menyehatkan, vitamin D bisa memberikan perubahan signifikan pada tekstur kulit. Karena senyawa ini dapat menormalkan proses pergantian sel, dan membuat pertumbuhan sel baru yang lebih sehat lebih optimal.

Vitamin E

Sebagai seorang beauthy enthusiast, kamu pasti udah enggak asing lagi dengan jenis kandungan minyak mineral ini.

Ya, vitamin E sudah bisa dibilang jadi legenda dalam dunia kecantikan. Kandungan ini tak hanya bisa merawat kecantikan kulit, juga penting untuk membantu menyehatkan rambut.

Vitamin E dapat bekerja sebagai antioksidan dan antiinflamasi sekaligus. Yakni menangkal radikal bebas dan menetralisir dampak buruknya pada kulit.

Kandungan ini pun disinyalir dapat melembapkan rambut dan kulit kepala. Dan memberikan perlindungan ekstra pada keduanya, dari paparan sinar matahari berlebihan.

Asam Lemak Omega-9

Selain berbagai jenis vitamin, dalam minyak kemiri pun terkandung berbagai jenis asam lemak esensial. Salah satu jenisnya adalah asam lemak omega-9, atau asam oleat.

Kandungan ini dapat bekerja untuk menutrisi dan menyehatkan kulit kamu. Tak cuma itu, asam oleat pun bisa melembutkan kulit, menambah kelembapan, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Asam oleat pun dikenal sebagai antiradang dan antioksidan yang sangat efektif dalam merawat vitalitas kulit dan rambut kamu.

Asam Lemak Omega-6

Kandungan lain yang ada dalam minyak kemiri adalah asam linoleat atau asam lemak omega-6. Kandungan ini akan membantu pertumnuhan sel yang sehat, serta menjaga elastisitas kulit.

Sementara untuk rambut, kandungan ini akan menutrisi batang rambut, dan memperkuatnya sehingga tidak mudah mengalami kerontokan.

Berbagai Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit

Minyak kemiri telah lama digunakan secara tradisional untuk merawat rambut. Kamu pun sudah taka sing dengan fenomena ini, mengingat orang tua jaman dahulu suka merapikan dan melembapkan rambut anak perempuan mereka dengan bahan alami ini.

Nah, kira-kira apa saja manfaat minyak kemiri untuk rambut, hingga sangat dipercaya dan digunakan secara turun temurun? Langsung intip ulasannya di bawah ini, ya, Ladies!

Membantu Memberikan Kelembapan pada Rambut

Salah satu tanda rambut kamu bermasalah adalah teksturnya yang kering dan sangat mudah kusut. Hal ini pun akan memberikan masalah lanjutan, yakni membuat rambut jadi lebih rapuh dan mudah rontok.

Nah, salah satu manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah membantu memberikan kelembapan tambahan pada rmabut. Ini dikarenakan, bahan alami tersebut kaya akan kandungan asam amino dan asam lemak esensial.

Kedua kandungan ini akan menyerap hingga ke dalam lapisan kulit kepala, mengisi rongga kosong dalam batang rambut dengan lipid kelembapan alami, dan mencegah rambut jadi kering dan tampak tak sehat.

Memberikan Kilau Alami pada Rambut

Selain alasan kesehatan, penggunaan minyak kemiri ini bisa memberi nilai lebih pada kecantikan rambutmu. Yakni dengan membuatnya tampak lebih gelap dan memiliki kilau alami yang indah.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari kandungan asam linoleic, yang dapat bekerja sebagai kondisioner alami pada rambut.

Kandungan ini akan membantu mengembalikan kelembapan pada rambut dan menutrisinya dengan optimal, proses ini akan membuat rambut jadi lebih sehat dan memiliki kilau alami.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Apakah kamu merasa rambutmu jadi kian tipis atau takut mengalami kebotakan dini? Well, kayaknya kamu perlu coba merawat kulit kepala dan rambut dengan minyak kemiri, deh.

Ya, minyak kemiri merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat.

Membantu Memperkuat Rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut enggak hanya sebatas merangsang pertumbuhan rambut baru. Khasiatnya kian lengkap dengan membantu memperkuat akar dan batang rambut agar tidak mudah rontok.

Kandungan asam linoleat dan oleat dalam minyak kemiri akan membantu menutrisi kulit kepala dan memperkuat akar. Keduanya pun bisa melapisi dan melembapkan batang rambut agar tidak mudah bercabang dan rontok.

Mencegah Kemunculan Ketombe

Siapa yang enggak sebal dengan adanya ketomber di kulit kepala? Sudah bikin enggak pede dengan banyaknya serpihan putih di rambut, masih ditambah dengan rasa gatal dan tak nyaman yang kadang tak bisa ditahan.

Kalau kamu memiliki masalah yang sama, minyak kemiri bisa menjadi salah satu jawaban yang harus kamu coba. Sebab, bahan alami ini diektahui dapat menyehatkan kulit kepala dan mencegah adanya ketombe, lho!

Minyak kemiri secara khusus dapat mengatasi kulit kepala yang kering, mencegah pengelupasan kulit, dan meredakan berbagai gejala peradangan yang muncul akibat ketombe tersebut.

Tak cuma ketombe, penggunaan psoriasis ini pun bisa bermanfaat untuk meredakan gejala psoriasis dalam skala kecil. Seperti menenangkan rasa gatal, meredakan kerontokan rambut, dan membuat kulit kepala jadi lebih lembap.

Membantu Menghidrasi Kulit Kepala

Manfaat minyak kemiri untuk kecantikan rambut pun bisa membantu melembapkan kulit kepala. Minyak ini mengandung tannin yang dapat bekerja sebagai antioksidan alami, sehingga mampu merangsang pembentukan kolagen.

Seperti yang kamu tahu kolagen memiliki peranan penting dalam menjaga fungsi sel kulit kepala dapat bekerja optimal, misalnya dalam menjaga kadar kelembapan alami dan menyehatkannya.

Melindungi Rambut dari Dampak Buruk Sinar Ultraviolet

Kata siapa sinar ultraviolet tidak akan berdampak buruk pada kesehatan dan kecantikan rambut? Nyatanya paparan radiasi ini secara berlebihan akan menyebabkan rambut kering, rentan rapuh, hingga mengalami perubahan warna yang signifikan.

Karenanya, kamu perlu memberikan perlindungan tambahan pada kulit untuk menampik dampak buruk sinar matahari pada kulit kepala dan rambut, misalnya dengan menggunakan minyak kemiri.

Bahan alami ini kaya akan kandungan antioksidan alami, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, asam lemak esensial, dan asam amino.

Semua kandungan tersebut akan memberikan lapisan perlindungan tambahan pada rambut dan kulit kepala, sehingga dampak buruk sinar uv pada rambut bisa diminimalisir.

Tak Cuma itu, antioksidan pun diketahui dapat memperbaiki sel-sel yang bermasalah dan mengembalikan vitalitasnya seperti semula.

Dapat Digunakan dengan Aman pada Kulit Kepala Sensitif

Sama halnya pada kulit wajah atau tubuh, kulit kepala pun bisa jadi sensitif dan tidak bisa cocok dengan beberapa jenis kandungan tertentu.

Pada kulit yang sensitif, penggunaan produk perawatan rambut dengan sembarangan akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Untungnya, nih, minyak kemiri merupakan bahan alami yang sangat ramah dan bisa digunakan untuk semua jenis, termasuk sensitif sekalipun.

Penggunaan minyak alami ini bisa membantu melembapkan, menenangkan, dan meredakan berbagai gejala kulit sensitif.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Kulit

minyak kemiri

Selain untuk menajaga rambut, manfaat minyak kemiri untuk kecantikan kulit pun enggak sembarangan, lho.

Karena kandungan dalam bahan alami satu ini bisa sama efektifnya untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah kamu.

Nah, langsung simak berbagai manfaat minyak kemiri untuk kecantikan kulit berikut ini.

Memberikan Hidrasi pada Kulit

Tak hanya dapat membantu melembapkan rambut, minyak kemiri pun bisa memiliki manfaat yang sama pada kulit tubuh dan wajahmu.

Kandungan antioksidan yang ada dalam minyak ini pun bisa membuat kulit jadi lebih lembut, lembap, dan dapat menyerap ke dalam lapisan kulit dengan optimal.

Tak hanya itu, berbagai kandungan vitamin dan asam lemak esensial yang ada dalam minyak kemiri bisa menutrisi kulit kamu. Dengan demikian, kulit akan tetap tehidrasi dengan baik dan terhindar dari berbagai gejala dehidrasi.

Meningkatkan Kecerahan Kulit Wajah Kamu

Kulit yang kusam bisa disebabkan oleh kurangnya hidrasi pada kulit. Nah, untunga minyak kemiri bisa membantumu mengatasi masalah kulit kusam dan menjadikannya lebih lembap.

Kandungan vitamin dan antioksidan alami yang dimiliki minyak kemiri, akan mendorong regenerasi sel kulit baru dan membuat pembentukan kolagen lebih optimal. Hal ini akhirnya akan membuat kulit tampak lebih sehat dan menjadi lebih ceerah terawatt.

Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus

Kata siapa tanda penuaan enggak akan muncul di kulitmu semasa umur 20 tahun? Faktanya banyak hal di luar usia yang bisa memicu kemunculan penuaan kulit datang lebih cepat, lho.

Radikal bebas, paparan sinar matahari berlebihan, hingga kebiasaan hidup yang tak sehat akan memicu penuaan dini ini.

Untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit, kamu bisa menggunakan minyak kemiri utnuk menyamarkan kerutan dan garis halus di bawah mata.

Selain itu, minyak alami ini pun kaya antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan membantu proses pergantian sel-sel mati.

Meredakan Gejala Eksim dan Efektif untuk Penderita Psoriasis

merawat kulit kering

Manfaat minyak kemiri untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu meredakan gejala eksim dan psoriasis. Hal ini bisa membantu melembapkan kulit dengan sangat baik dan menenangkannya dari rasa tidak nyaman.

Well, itu adalah beberapa manfaat minyak kemiri untuk kecantikan kulit dan ramut yang mungkin belum kamu tahu. Menarik, bukan? Kalau melihat segitu banyaknya manfaat bahan alami ini untuk kecantikanmu.

Memang, perawatan tradisional enggak bisa disepelekan begitu saja. Karena justru sebagian besar bahan alami yang digunakan dalam skincare dan kosmetik, masih menggunakan bahan-bahan herbal jaman dulu. Setuju, enggak?

About Author

Related posts

Leave a Comment