Ketahui Berbagai Manfaat Marula Oil untuk Kecantikan Kulit Berikut Ini

manfaat marula oil untuk kecantikan

Meski cukup sering digunakan dalam produk perawatan kecantikan, masih banyak orang yang belum tahu soal manfaat marula oil untuk kecantikan.

Marula oil merupakan salah satu jenis minyak alami yang diambil dari tanaman marula atau Schlerocarya birrea. Tanaman ini didapatkan dari daratan Afrika, sehingga wajar kalau kamu merasa asing dan tidak begitu tahu soal bahan ini.

Bahan alami ini mengandung beragam nutrisi yang bisa menjaga kesehatan dan kelembutan kulit. Karenanya kamu akan menemukan marula oil dengan mudah pada produk yang bisa membantu menghidrasi kulit.

Nah, apakah kamu penasaran apa saja kandungan dan manfaat marula oil untuk kecantikan? Well, langsung cari jawabannya lewat ulasan berikut ini.

Kandungan Nutrisi dalam Marula Oil yang Baik Buat Kulit

manfaat marula oil untuk kecantikan (2)

Marula oil merupakan bahan alami yang didapatkan dari ekstrak tanaman marula. Bahan alami ini memiliki sejumlah komponen nutrisi yang bisa membantu menyehatkan dan mempercantik kulit wajah kamu.

Beberapa kandungan dalam marula oil yang dinilai baik dan bekerja untuk merawat kesehatan kulit bisa kamu lihat berikut ini.

Asam Amino

Kandungan utama dalam minyak marula adalah asam amino. Zat ini memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan protein dan membran pelindung pada epidermis.

Membran pelindung kulit ini berguna untuk menangkal dampak buruk radikal bebas, maupun paparan stressor lingkungan lain yang bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah pada kecantikan kulit.

Selain itu, kandungan ini pun akan mendorong proses hidrasi kulit, namun tanpa membuat kulit wajahmu jadi berminyak dengan berlebihan.

Asam amino pun bisa menstimulasi pembentukan sel-sel kulit baru, sehingga dapat menjaga keremajaan, kesehatan, serta kesegaran kulit dengan lebih optimal.

Asam Lemak Esensial

Kandungan lain yang ditemukan dalam marula oil adalah asam lemak esensial, yang ada banyak jenisnya. Termasuk asam palmitat, asam strearat, asam oleat, dan asam miristat.

Asam lemak esensila bisa memberikan perlindungan ekstra pada kulit, dan mencegah adanya kerusakan serta mencegah kemunculan tanda penuaan dini akibat paparan sinar matahari.

Kandungan ini pun bisa menenangkan kulit, mengurangi munculnya reaksi alergi dan iritasi yang diakibatkan untuk mencegah peradangan kulit.

Vitamin C

Selain asam lemak esensial dan asam amino, kamu pun bisa mendapatkan vitamin C dalam kandungan marula oil. Yap, seperti yang kamu tahu, kandungan ini bekerja aktif dalam mencerahkan dan meremajakan kulit.

Karenanya, kamu bisa dengan mudah menemukan kandungan vitamin C dalam berbagai produk perawatan kecantikan. Khususnya yang bekerja untuk mencerahkan, membuat kulitmu awet muda, dan mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Vitamin C merupakan golongan antioksidan alami yang bisa bekerja baik untuk mencegah kerusakan sel kulit dari tekanan oksidatif. Tak Cuma itu, kandungan ini pun bisa mendorong produksi kolagen, meredakan inflamasi, serta merangsang proses regenerasi kulit.

Vitamin E

Kandungan lain yang ada dalam marula oil selanjutnya adalah vitamin E. Yang pastinya udah enggak asing lagi bagi para penggemar kecantikan.

Vitamin E merupakan kandungan alami sensasional, manfaatnya yang sangat beragam dan baik untuk menutrisi kulit ini dapat menjaga kesehatan kulit wajah kamu dengan optimal.

Kandungan ini dapat membantu melembapkan kulit, meredakan berbagai gejala peradangan kulit, juga menangkal dampak buruk radikal bebas pada kulit wajah dan tubuh.

Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin E untuk kecantikan ini dengan menggunakan skincare berkandungan marula oil, atau mungkin mengaplikasikannya secara langsung.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, marula oil pun memiliki beberapa antioksidan dan senyawa lain yang bisa menjaga kecantikan kulit tubuhmu.

Berbagai Manfaat Marula Oil untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu

manfaat humektan untuk kecantikan

Melihat kandungan nutrisi yang dimilikinya, kamu pasti udah bisa menebak apa saja manfaat marula oil untuk kecantikan kulit wajah kamu.

Enggak heran, ya, kalau kandungan ini bisa digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan. Termasuk untuk merawat kulit wajah, tubuh, bahkan merawat kecantikan rambut.

Membantu Melembapkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat marula oil untuk kecantikan adalah membantu melembapkan kulit wajah kamu. Namun, penggunaan  minyak ini untuk memberikan kelembapan tambahan pada wajah tidak akan membuat kulitmu jadi berminyak, lho.

Ini dikarenakan tekstur minyak marula yang cenderung ringan, sehingga dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit wajah kamu.

Manfaat marula oil untuk kecantikan kulit ini didapatkan dari kandungan asam amino, asam lemak esesnial, dan vitamin E yang dimilikinya.

Ketiga kandungan ini akan membantu melembapkan kulit dan menjaga hidrasi yang ada dalam jaringan kulit seharian, sehingga kulit enggak akan mudah kering dan bersisik.

Dapat Bekerja Sebagai Anti-aging

Tahukah kamu, tanda penuaan kulit bisa muncul lebih cepat dari seharusnya, bahkan ketika kamu masih berada di umur 20 tahunan?

Yap, kondisi ini lebih sering dikenal dengan penuaan dini. Penyebabnya penuaan dini juga sangat beragam, baik karena hidrasi kulit yang kurang, paparan radikal bebas, hingga perawatan kulit wajah yang tidak optimal.

Untungnya, manfaat marula oil untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat bekerja sebagai agen anti-aging alami. Kandungan ini bisa bekerja untuk mengembalikan keremajaan kulit, menyamarkan tanda penuaan dini, dan menyehatkan kulit wajah.

Ini berkat kandungan antioksidan, asam amino, dan asam lemak esensial yang ada dalam minyak marula. Ketiga kandungan tersebut bisa membantu mengembalikan vitalitas kulit wajah, membuatnya jadi lebih sehat dan tampak selalu muda.

Membantu Mengatasi Jerawat Membandel

Manfaat marula oil untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu mengatasi jerawat membandel. Sebab, bahan alami ini mengandung zat antimikroba yang sangat baik untuk menghambat perkembangan jerawat membandel.

Tak cuma itu, bahan alami ini pun bisa membantu meredakan gejala peradangan akibat jerawat, mengobati komedo hitam maupun putih.

Sifat manura oil yang non-komedogenik ini tidak akan menimbulkan kesan ‘oily’ pada kulit, sehingga akan sangat aman digunakan pada kamu yang mempunya kulit berminyak dan acne pore.

Membantu Menenangkan dan Meredakan Peradangan

Tak hanya dapat membantu mengatasi jerawat, juga bisa menenangkan kulit dan meredakan peradangan yang diakibatkan oleh masalah kecantikan ini.

Marula oil dapat membantu mengurangi iritasi kulit, rasa gatal, dan mengurangi kondisi kulit yang terlalu kering. Bahkan juga yang dikaitkan dengan eksim dan psoriasis.

Melembutkan Tekstur Bibir

Sama halnya kulit pada bagian wajah yang lain, kesehatan dan kecantikan bibir pun perlu dirawat dengan baik. Sebab, kulit pada bagian ini pun bisa jadi lebih sensitif dan rentan kehilangan hidarasi.

Kulit bibir yang terlalu kering akan menimbulkan pengelupasan, bahkan iritasi. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunkaan marula oil.

Manfaat marula oil untuk kecantikan ini didapat dari kandungan pelembap alami yang dimilikinya. Sehingga dapat membuat tekstur bibir jadi lebih lembut dan tampak kian merona.

Bisa Membantu Menutrisi Kulit Kepala

Enggak cuma baik untuk merawat kesehatan kulit wajah, ternyata manfaat marula oil untuk kecantikan rambut pun bisa kamu dapatkan.

Kandungan antioksidan yang ada dalam bahan alami ini akan membantu menutrisi kulit kepala, menjadikannya lebih sehat, yang juga akan mempengaruhi vitalitas helaian rambut kamu.

Tak hanya itu, kandungan-kandungan yang ada dalam marula pun akan mencegah dampak buruk dari paparan sinar matahari berlebihan dan memberikan tambahan perlindungan pada rambut kamu.

Meningkatkan Kesehatan Rambut

Pada dasarnya, apapun yang bisa membuat kulit kepalamu sehat, juga akan berpengaruh sama baiknya pada kondisi rambut kamu.

Yap. Ini juga berlaku pada manfaat marula oil untuk kecantikan, yang juga bisa membuat kesehatan rambut kian meningkat.

Bahan alami ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan rambut, melapisinya dengan lipid pelindung tambahan, dan membantu memberikan kelembapan ekstra.

Hal ini pun akan membuat rambut jadi lebih sehat, mudah diatur, dan tampak lebih bervolume. Selain itu, marula oil pun bisa mengembalikan kesehatan rambut dengan bekerja sebagai antiinflamasi, dan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Membantu Merawat Kesehatan Kuku

Manfaat marula oil untuk kecantikan lainnya adalah mampu membantu merawat kesehatan kuku. Telah banyak disebutkan, minyak marula bisa menjaga bantalan kuku dan kultilanya agar tetap terasa lembut.

Selain itu, bahan alami ini pun diketahui dapat membantu merawat kesehatan kulit, dengan mengurangi risiko kuku pecah-pecah dan mencegah adanya hangnail.

Nah, itu adalah berbagai manfaat marula oil untuk kecantikan kulit dan rambut yang tak banyak orang tahu. Menarik, bukan?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment