Yuk, Intip Berbagai Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat jeruk nipis untuk kecantikan (1)

Terkenal karena cita rasanya yang asam dan menyegarkan, jeruk nipis kerap diolah menjadi minuman pereda dahaga yang sedap diminum kala cuaca lagi panas-panasnya.

Eits! Jangan salah sangka dulu, selain karena rasanya yang menyegarkan ini, manfaat jeruk nipis untuk kecantikan juga enggak boleh diremehkan.

Kandungan gizi yang ada dalam jeruk nipis sangatlah beragam, bahkan bisa disamakan dengan kandungan yang dimiliki buah lemon. Karenanya buah satu ini pun kerap ditemukan dalam sejumlah formula produk kecantikan.

Nah, apakah kamu sudah tahu apa saja kandungan dan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan? Kalau belum, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kandungan Jeruk Nipis yang Baik untuk Kecantikan

manfaat jeruk nipis untuk kecantikan (3)

Sebelum terlalu jauh membahas manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit, enggak ada salahnya buatmu untuk tahu kandungan apa saja yan dimiliki oleh bahan alami satu ini.

Sebab, kandungan-kandungan inilah yang akan bekerja untuk merawat dan mempercantik kulit serta rambut kamu dengan masksimal.

Kalsium

Siapa sangka kalau dalam jeruk nipis terdapat kandungan kalsium? Meski tidak banyak, jeruk nipis pun memiliki kalsium dalam kandungannya.

Seperti yang kamu ketahui, tak hanya baik untuk tulang dan gigi, kalsium pun memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan kuit.

Jenis mineral ini akan membantu menghidrasi kulit, menjaga kelembapan alami yang ada agar tidak menghilang. Karenanya, jika tubuh kekurangan asupan mineral, akan sangat berpengaruh pada pada penampilan kulit.

Misalnya dengan membuat tekstur kulit lebih kasar, tampak kering, hingga terlihat kusam.

Vitamin B6

Selain memiliki mineral, jeruk nipis pun terbilang kaya akan berbagai jenis vitamin, salah satunya vitamin B6 atau pyridoxine. Kandungan ini bisa membantu merangsang pembentukan protein yang mendukung kerja skin barrier.

Skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang mampu menangkal berbagai dampak buruk polusi dan radikal bebas. Bila lapisan ini rusak, maka perlindungan kulit pun tidak akan optimal.

Hasilnya berbagai masalah kecantikan seperti hiperpigmentasi, jerawat, kulit yang kusam, dan iritasi akan semakin mudah terjadi.

Kalium

Selain kalsium, kandungan mineral lain yang ditemukan dalam jeruk nipis adalah kalium. Jenis mineral ini pun sangat umum digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, baik itu krim, serum, lotion, dan sebagainya.

Kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit, mengatur pH kulit agar lebih seimbang, dan membuatnya jadi lebih sehat.

Vitamin C

Kandungan lain yang juga ditemukan dalam jeruk nipis adalah vitamin E, yang ternyata memiliki kadar yang cukup tinggi dibandingkan beberapa kandungan sebelumnya.

Vitamin C merupakan kandungan yang sangat baik untuk menjaga kecantikan rambut dan kulit. Kandungan ini mampu bekerja sebagai antioksidan yang menghambat kerusakan sel-sel kulit akibat stress oksidatif.

Tak hanya itu, vitamin C pun dapat membantu melawan hiperpigmentasi, mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik-bintik hitam penuaan.

Jenis vitamin untuk kecantikan ini pun bisa membantu merangsang produksi kolagen dan menjaga kadar elastin dalam jaringan kulit. Hasilnya, wajahmu pun akan selalu sehat, kenyal, dan tampak awet muda.

Vitamin E

Antioksidan alami lain yang ditemukan dalam jeruk nipis adalah vitamin E. Bagi kamu yang aktif mengikut berbagai tren kecantikan, kandungan ini pastilah taka sing lagi buatmu.

Vitamin E bisa dibilang merupakan kandungan alami yang sangat serba guna. Selain menjaga kesehatan kulit dengan menangkal dampak buruk radikal bebas, kandungan ini pun dapat melembapkan dan menutrisi kulit.

Tak hanya itu, vitamin E pun bisa memperbaiki sel-sel kulit yang bermasalah, memberikan perlindungan tambahan buat kulitmu, dan membuat tekstur kulit jadi tambah lembut.

Vitamin A

Kandungan lain yang dimiliki jeruk nipis adalah vitamin A. Jenis vitamin untuk kecantikan ini pun tak kalah populernya dengan vitamin C, lho.

Dalam industry kecantikan, vitamin A lebih dikenal dengan nama retinoid. Kandungan ini banyak ditemukan dalam produk-produk pencerah wajah, antiaging cream, dan krim anti jerawat.

Vitamin A dapat membantu mencerahkan kulit dengan mendorong pengelupasan sel kulit mati, merangsang pembentukan kolagen, dan membuat proses regenerasi sel-sel baru lebih optimal.

Dengan cara yang sama pula, kandungan ini bisa membantu merawat keremajaan kulitmu, memudarkan berbagai gejala penuaan dini yang muncul pada kulit.

Berbagai Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit

manfaat jeruk nipis untuk kecantikan (2)

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan sangat umum digunakan untuk merawat kecantikan kulit serta rambut.

Sebagai buktinya, kamu dapat menemukan berbagai produk perawatan wajah yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan dasarnya dengan sangat mudah.

Nah, kira-kira manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit ini apa saja? Yuk, cari tahu daftar ulasannya berikut ini, ya, Ladies!

Dapat Mengurangi Tanda Penuaan

Pertambahan usia memang tidak bisa kita hindari, namun berbagai tanda-tanda penuaan yang terlihat pada kulit masih bisa dicegah kemunculannya.

Sayangnya, banyak juga hal-hal di luar usia yang menyebabkan kemunculan tanda penuaan terlalu dini. Faktor yang dimaksud antara lain, paparan sinar ultraviolet berlebihan, polusi udara dan lingkungan yang buruk, hingga asupan nutrisi yang tidak seimbang.

Untungnya, jeruk nipis bisa membantu menghambat kemunculan tanda-tanda penuaan tersebut. Kandungan vitamin C dan vitamin A yang ada dalam buah ini akan mengurangi tampilan tanda penuaan, seperti keriput, garis halus, dan  bintik-bintik hitam penuaan.

Tak hanya itu, vitamin A akan mendorong produksi kolagen dan meningkatkan kadar elastin dalam jaringan kulit. Ini akan membantu kulit wajah jadi lebih kencang, tidak mudah kering, dan selalu kenyal.

Mencegah dan Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat merupakan masalah kecantikan yang sangat umum dialami oleh banyak orang. Penyebab kemunculannya juga sangat beragam, mulai dari penumpukan sel kulit mati dan kotoran dalam pori-pori, alergi kosmetik, hingga pengaruh hormonal.

Nah, salah satu manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit adalah mencegah dan mengatasi jerawat yang kamu alami. Khususnya dengan mengangkat minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati dari pori-pori wajah.

Tak hanya itu, jeruk nipis ini pun bisa membantu mencegah adanya pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Membersihkan wajah dengan jeruk nipis bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Karenanya, tak cuma membuat jerawat lebih mudah kering, jeruk nipis bisa mencegah masalah ini muncul kembali.

Mengecilkan Lubang Pori-pori Kulit

Pori-pori yang terlalu besar bisa memicu masalah kecantikan, misalnya menyebabkan adanya penyumbatan, produksi minyak berlebihan, dan membuat tekstur kulit jadi tampak kasar.

Untuk mengatasi masalah pori-pori besar ini kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis. Sebab, bahan alami ini mengandung zat astringent, yang bisa membantu mengencangkan dan mengecilkan pori-pori kulit kamu.

Dengan demikian, produksi minyak pun akan dapat lebih terkontrol. Hasilnya wajah kamu akan tampak lebih mulus, bersih, dan terasa lebih segar.

Membantu Mengurangi Kantung Mata

Terlalu sering terjaga sampai larut malam bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan dan kecantikan kamu. Kebiasaan ini pun bisa memicu pembengkakan pada kantung mata dan munculnya mata panda.

Kabar baiknya, kamu bisa mengatasi kedua masalah tersebut dengan menggunakan jeruk nipis. Sifat menyengarkan dan astringent yang ada dalam buah ini akan membantu menyamarkan kantung mata kamu.

Sementara itu, kandungan vitamin C dan vitamin E yang dimilikinya akan membantu menutrisi kulit, serta memudarkan kantung hitam yang ada di area mata.

Membantu Menyamarkan Noda Hitam dan Bekas Jerawat

Selain  mencerahkan wajah secara menyeluruh, manfaat jeruk nipis untuk kecantikan lainnya adalah memabntu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah.

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada dalam bahan alami ini akan membantu menyamarkan masalah hiperpigmentasi tersebut. Vitamin A akan mengangkat bagian yang kusam, kemudian mendorong pergantian sel baru yang lebih sehat.

Sementara itu, vitamin C akan memperbaiki jaringan dan sel kulit yang bermasalah, menstimulasi produksi kolagen, sehuingga bisa memudarkan berbagai noda hitam yang ada di wajah.

Mendorong Eksfoliasi Sel Kulit Mati

Penumpukan sel mati pada permukaan kulit bukanlah hal yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu. Kondisi ini akan membuat kulit wajah tampak kusam, kasar, dan memicu kemunculan jerawat.

Kabar baiknya, kandungan asam sitrat yang ada pada jeruk nipis bisa membantu proses ekfoliasi sel kulit mati yang ada pada epidermis. Akibatnya, wajah akan kembali tampak lebih cerah dan terlihat lebih sehat.

Sayangnya pada beberapa orang, kandungan dalam jeruk nipis ini bisa cukup iritatif. Karenanya, jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu, sebelum menggunakan jeruk nipis pada wajah secara langsung.

Meningkatkan Kecerahan Kulit

Tak hanya dapat menyamarkan noda hitam, manfaat jeruk nipis untuk kecantikan lainnya adalah memabntu meningkatkan kecerahan kulit.

Manfaatnya ini diperoleh dari akdnunagn vitamin A dan vitamin C yang dimilikinya. Kedua kandungan ini bisa saling mendukung dalam melawan hiperpigmentasi.

Misalnya dengan mendorong produksi kolagen, mengangkat sel-sel kulit mati dari epidermis, pun mempercepat proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Dengan menggunakan skincare berkandungan jeruk nipis secara rutin, disinyalir akan dapat membantu mengatasi masalah kulit kusam, warna tidak merata, dan memberikan rona alami pada wajah.

Menangkal Berbagai Dampak Buruk Radikal Bebas

Salah satu hal yang membuat buah ini sangat banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah adalah karena kemampuannya dalam menangkal dampak buruk radikal bebas untuk kecantikan kulit.

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit ini didapat dari kandungan antioksidannya yang sangat tinggi, sehingga mampu menetralisir partikel radikal bebas pada jaringan kulit, memperbaiki sel-sel yang bermasalah, dan mendetoksifikasi racun dari tubuh.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Rambut

manfaat serum rambut (3)

Selain untuk kulit, manfaat jeruk nipis untuk kecantikan rambut pun terbilang cukup beragam. Berbagai kandungan dalam bahan alami ini bisa bekerja sama baiknya dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut kamu.

Membantu Meredakan Ketombe

Tahukah kamu kalau jeruk nipis bisa sangat ampuh jika digunakan untuk mengatasi ketombe. Kandungan asam yang ada dalam perasan jeruk nipis akan memabntu membunuh bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Tak hanya itu, senyawa astringent yang ada dalam bahan alami ini akan memberikan kesegaran pada kulit kepala. Sehingga akan mencegah produksi sebum berlebih, yang bisa memicu kemunculan ketombe di kulit kepala.

Memberikan Nutrisi Tambahan pada Rambut

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan rambut lainnya adalah memberikan nutrisi tambahan pada rambut dan kulit kepala. Hal ini dikarenakan, jeruk nipis mengandung berbagai senyawa yang sangat baik untuk tubuh dan rambut kamu.

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam jeruk nipis akan membantu menutrisi kulit kepala, menyehatkan rambut, dan mempertahankan kelembapan yang ada. Sehingga rambut enggak akan mudah kering dan rontok.

Mengatasi Rambut Berminyak dan Lepek

Sama halnya dengan pada area tubuh lainnya, kulit kepala pun bisa jadi lebih berminyak dan akhirnya akan membuat rambut lepek.

Kandungam vitamin C yang ada dalam jeruk nipis akan membantu mengangkat minyak berlebih pada kulit kepala. Tak hanya itu, jeruk nipis pun dapat memperkecil lubang folikel, sehingga produksi minyak di kulit kepala lebih terkontrol.

Memperkuat Rambut dan Mencegahnya Rontok

Selain memberikan kesegaran pada rambut, manfaat jeruk nipis untuk kecantikan lainnya adalah bisa memperkuat rambut dan mencegahnya dari kerontokan.

Bahkan bahan alami telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam melawan kebotakan, penipisan rambut, dan kerontokan pada usia dini sejak berabad-abad lamanya.

Ini dikarenakan kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menyuburkan rambut ada dalam jeruk nipis. Misalnya, kandungan vitamin C yang bisa memicu produksi kolagen, hingga kalsium yang bisa menambah kelembapan pada batang rambut dan mencegahnya dari kerontokan.

Itu adalah berbagai manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit dan rambut yang barangkali belum kamu tahu. Melihat banyaknya, sangat tidak mengherankan kalau banyak sekali produk perawatan kecantikan dan berbagai resep beauty hacks yang menggunakan bahan alami ini.

Nah, pernahkah kamu menggunakan skincare ataupun beauty hacks yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alaminya? Ceritakan pengalaman dan pendapatmu mengenai manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit dan rambut dalam kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment