Tak Cuma Baik Buat Tubuh, Ini Dia Deretan Manfaat Jahe untuk Kecantikan

manfaat jahe untuk kecantikan (3)

Sangat umum dikenal karena kemampuannya dalam menjaga stamina tubuh, siapa sangka kalau manfaat jahe untuk kecantikan juga sangat banyak?

Jahe merupakan jenis tanaman herbal yang telah lama digunakan ke dalam ramuan tradisional. Baik untuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, juga membantu meredakan sakit flu, mengurangi tekanan darah, juga meminimalisir adanya risiko serangan jantung.

Namun, selain karena manfaatnya untuk kesehatan tubuh, rupanya jahe mengandung khasiat yang sama besarnya untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut kamu.

Penasaran apa saja manfaat jahe untuk kecantikan untuk kulit dan rambut? Simak penjelasan lengkap mengenai tanaman herbal satu ini lewat uraian berikut, ya, Ladies!

Kandungan dalam Jahe yang Baik untuk Kecantikan

manfaat jahe untuk kecantikan (1)

Jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari mineral, vitamin, asam amino, hingga berbagai jenis antioksidan alami.

Semua kandungan itu tak hanya akan membantu menyehatkan tubuh, melainkan merawat kecantikan kulit dan rambut kamu juga, lho.

Berikut ini beberapa kandungan dalam jahe yang baik untuk kecantikan kulit dan rambut. Baca sampai habis, ya!

Vitamin A

Jahe mengandung beragam jenis vitamin, salah satunya vitamin A. Sebagai seorang yang suka dengan dunia kecantikan, kamu pasti udah enggak asing dengan kandungan satu ini.

Vitamin A sangat dikenal baik sebagai agen pencerah kulit, agen anti-aging, dan bisa bekerja dengan efektif untuk melawan jerawat di kulit.

Selain itu, kandungan ini pun bisa memabntu mendorong porses regenerasi sel kulit, juga membuat produksi kolagen jadi lebih optimal.

Vitamin B1 (Tiamin)

Kandungan selanjutnya yang ada dalam jahe adalah vitamin B1 (Tiamin). Kandungan ini merupakan antioksidan alami, yang mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

Aliran darah yang lancar, akan membuat oksigen dan nutrisi terdistribusi dengan efektif pada seluruh sel tubuh, termasuk pada sel kulit kamu.

Vitamin B3 (Niacin)

Selain vitamin B1, kamu pun dapat menemukan kandungan vitamin B3 atau Niacin dalam ekstrak jahe. Kandungan ini juga memiliki popularitas yang baik di industri kecantikan.

Vitamin B3 ini bisa membantu menutrisi kulit, melembapkan kulit, menjaga kesehatan wajah kamu dan meredakan jerawat.

Tak cuma itu, niacin pun sangat populer karena manfaat mencerahkan dan meremajakan yang dimilikinya.

Vitamin C

Jenis vitamin lain yang bisa kamu dapatkan dalam kandungan jahe adalah vitamin C. Ya, salah satu antioksidan alami ini dapat bekerja dengan optimal dalam melindungi kulit dan rambutmu, khususnya dari ancaman stressor lingkungan.

Tak kalah baiknya dengan kandungan sebelumnya, vitamin C juga memiliki reputasi yang baik di kalangan para pecinta kosmetik. Pasalnya, kandungan ini memiliki fungsi yang sangat beragam untuk mempercantik kulit dan rambut.

Vitamin C dapat membantu merawat keremajaan kulit, dengan menyamarkan berbagai tanda penuaan. Juga mampu melawan hiperpigmentasi kulit, meratakan warna kulit, juga menyamarkan bintik hitam dan bekas jerawat.

Sementara itu, kandungan ini pun bisa membuat rambut jadi lebih segar dan sehat. Yakni dengan memproduksi lebih banyak kolagen, sehingga kelembapan pada folikel dan kulit kepala bisa bertahan lebih lama.

Asam Amino

Tak hanya dipenuhi dengan vitamin, dalam jahe pun terdapat kandungan asam amino. Seperti yang kamu tahu, asam amino memegang peranan penting dalam pembentukan membrane dan sel pada jaringan kulit.

Selain itu, kandungan ini pun memiliki efek anti-inflamasi, yang bisa meredakan peradangan dan menenangkan kulit. Fungsi ini kian lengkap ketika asam amino pun bisa membantu mengembalikan kelembapan alami kulit.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak kandungan dalam jahe yang tak kalah bermanfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut.

Misalnya beberapa kandungan antioksidan alami lain seperti polifenol, flavonoid. Juga beberapa mineral seperti zat besi, dan masih banyak lainnya.

Manfaat Jahe untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

menutrisi kulit

Dengan kandungan nutrisi yang sangat beragam, tentu tidak mengherankan kalau sampai manfaat jahe untuk kecantikan dan kesehatan kulit juga tak kalah banyaknya.

Nah, berikut ini beberapa manfaat jahe untuk kecantikan dan kesehatan kulit yang perlu kamu tahu.

Mendorong Eksfoliasi Sel Kulit Mati

Manfaat jahe untuk kecantikan kulit yang pertama adalah mampu mendorong eksfoliasi sel kulit mati dari epidermis wajah.

Kandungan vitamin A yang ada dalam jahe merupakan agen eksfoliator yang sangat handal. Vitamin A mampu mendorong pengelupasan sel mati dari lapisan terluar kulit, kemudian bekerja proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Selain menggunakan skincare berkandungan jahe, kamu pun bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan menggunakan bahan alami ini sebagai scrub wajah.

Cukup gunakan parutan jahe pada permukaan kulit dengan sangat lembut. Namun, jika kamu memiliki kulit yang hypersensitive sebaiknya mencobanya pada kulit bagian tubuh lainnya terlebih dahulu.

Kalau tidak ada masalah yang muncul, maka kamu bisa menggunkannya pada wajah. Namun jangan terlalu berlebihan, ya. Gunakan secukupnya saja.

Membantu Proses Penyembuhan Luka dan Menyamarkan Bekasnya

Tak hanya bisa menutrisi tubuh, jahe pun bisa membantu proses penyembuhan luka pada kulit dan bekerja menyamarkan bekas luka tersebut.

Manfaat jahe untuk kecantikan ini didapat dari kandungan antiseptic, antiinflamasi, dan antioksidan yang dimilikinya. Ketiga kandungan tersebut bisa bersinergi dan memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah.

Kandungan antiseptic jahe akan membantu memulihkan kulit yang tergores atau luka ringang yang ada. Manfaat ini akan didukung oleh antioksidan, dengan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Sementara antiinflamasi akan bekerja menangangi bekasnya.

Mengurangi Tampilan Stretch Mark

Selain bisa menyamarkan bekas luka, rupanya manfaat jahe untuk kecantikan lainnya adalah membantu mengurangi tampilan stretch mark.

Kandungan dalam jahe bisa membantu mendorong regenerasi sel kulit dan memperlancar sirkulasi darah, hasilnya permukaan kasar dan jaringan parut pada kulit akibat penumpukan lemak dapat dinetralisir secara bertahap.

Untuk hasil yang maksimal, kamu tentunya harus memperhatikan diet sehat dan berolahraga secara teratur. Jadi jangan malas, ya!

Meringankan Luka Akibat Sunburn

Terlalau sering beraktivitas di bawah sinar matahari dan tidak menggunakan sunblock tentunya dapat menyebabkan berbagai masalah kecantikan, misalnya membuat kulit terbakar atau sunburn.

Selain membuat warna kulit tambah gelap, hal ini pun menyebabkan rasa yang sangat tidak nyaman dan bahkan menyakitkan pada area yang terbakar.

Untungnya, kamu bisa menggunakan jahe untuk mengatasi masalah sunburn ini. Penggunaan perasan jage atau parutan jahe akan membantu meredakan gejala peradangan, mengurangi rasa panas dan kemerahan akibat sunburning.

Membantu Mengatasi Jerawat dan Mencegahnya Datang Kembali

Ngomongin soal jerawat, pasti kamu juga pernah mengalaminya barang sekali atau dua kali dalam sebulan. Bahkan, beberapa malah enggak bisa move on dari jerawat dalam waktu yang cukup lama.

Namun, tahukah kamu kalau rutin mengonsumsi jahe akan membuat enggan muncul di kulit wajahmu? Malahan beberapa artikel kesehatan menyebutkan bahan alami ini bisa membantu mengatasi jerawat, lho!

Yap, manfaat jahe untuk kecantikan ini didapat dari kandungan antioksidan dan antiseptic yang dimilikinya. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu melawan bakteri penyebab jerawat, pun mempercepat regenerasi sel, serta mencegah jerawat datang lagi.

Dapat Mengontrol Produksi Sebum di Wajah

Wajah secara alami akan memproduksi minyak untuk melembapkan kulit. Namun, pada beberapa orang produksi minyak ini tidak bisa dikontrol, akhirnya membuat wajah tampak sangat berminyak, mudah berjerawat, dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan jahe. Bahan alami ini mengandung vitamin A, vitamin C, dan asam amino yang sama-sama dapat mengontrol produksi sebum di wajah kamu.

Memudarkan Tampilan Flek Hitam

Selain kulit terbakar, munculnya flek hitam atau bintik penuaan di wajah bisa juga disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan.

Flek hitam memang tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala iritasi lainnya, namun beberapa orang menganggap hal ini bisa menganggu penampilan orang.

Untungnya ad acara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi flek hitam atau bintik penuaan di wajah. Ya, apalagi kalau tidak menggunakan jahe!

Kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin B3 (niacin), dan vitamin A yang dimiliki jahe sangatlah tinggi. Ketiga kandungan ini pun sama-sama berperan dalam mencerahkan kulit, merangsang produksi kolagen dan regenerasi sel kulit, juga membuat flek hitam tersamarkan.

Meredakan Pembengkakan Kantung Mata

Terlalu sering bekerja hingga larut malam akan membuat mata kamu membengkak dan tampak gelap di area bawah mata.

Meski biasanya dapat reda sendiri kalau kamu tidur dengan waktu yang cukup, namun ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi pembengkakan kantung mata ini dengan mudah, yakni dengan menggunakan jahe.

Kamu bisa menjadikan bahan alami ini sebagai bagian dari perawatan kecantikan harianmu. Misalnya mengonsumsinya dengan rutin, menggunakannya sebagai perawatan wajah organic, ataupun menggunakan skincare berkandungan jahe.

Mencegah Kemunculan Tanda Penuaan Dini

Salah satu kelompok komponen paling besar dalam kandungan jahe adalah antioksidan, mulai dari vitamin C, vitamin B1, vitamin A, dan berbagai senyawa lainnya yang dapat melawan radikal bebas.

Karenanya, penggunaan bahan alami ini sebagai bagian dari perawatan kecantikan akan membuat kulitmu tampak lebih sehat dan selalu awet muda.

Selain itu, jahe pun memiliki manfaat detoksifikasi tubuh yang sangat baik untuk meluruhkan racun dalam tubuh kamu. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan rutin dan secukupnya, agar tubuh dan kulitmu bisa mendapatkan manfaat optimal dari bahan alami tersebut.

Berbagai Manfaat Jahe untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

manfaat serum rambut (1)

Selain untuk kulit, berbagai manfaat jahe untuk kecantikan dan kesehatan rambut juga tak kalah baiknya. Sebagai contoh, kamu pun dapat menemukan berbagai produk perawatan rambut ternama yang menggunakan jahe sebagai bahan dasar formulanya.

Lalu, apa saja manfaat jahe untuk kecantikan dan kesehatan rambut? Langsung cek penjelasan lengkap versi Mash Moshem Indonesia lewat ulasan berikut ini!

Membantu Mengatasi Ketombe

Apakah kamu sering bermasalah dengan ketombe atau kulit kepala yang terlalu lepek? Well, mungkin sudah saatnya kamu menambahkan jahe ke dalam list bahan hair care yang harus kamu coba.

Sebab, manfaat jahe untuk kecantikan rambut yang pertama adalah dampat membantu menyingkirkan ketombe dari kulit kepala.

Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Selain ampuh mengatasi ketombe, rupanya manfaat jahe untuk kecantikan rambut enggak berhenti sampai di sana saja. Bahan alami ini pun bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuatnya jadi lebih subur.

Manfaatnya ini didukung oleh kandungan antioksidan dan vitamin B1 yang dimilikinya. Kedua kandungan ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah, sehingga proses distribusi nutrisi dan oksigen di kulit kepala akan kian efektif.

Nah, kulit kepala yang sehat dan mendapatkan nutrisi yang cukup akan membuat rambut sehat lebih mudah tumbuh subur.

Memperkuat Rambut dan Mencegah Kerontokan

Untuk melengkapi manfaatnya dalam meningkatkan pertumbuhan rambut, kandungan antioksidan dalam jahe pun bisa memperkuat batang serta akar rambut kamu.

Dengan rambut yang kuat, maka kemungkinan adanya kerontokan dan kebotakan dini akan dapat dicegah dan diatasi dengan optimal.

Menjaga Elastisitas Rambut

Salah satu hal yang membuat rambut mudah rontok atau patah adalah karena elatisitasnya yang kian berkurang. Dalam kondisi ini, rambut akan sangat mudah kering, kusut, dan akhirnya tertaut ke helaian lain.

Untungnya, salah satu manfaat jahe untuk kecantikan rambut lainnya adalah membantu menjaga elastisitas rambut. Khususnya dengan mendorong produksi kolagen, sehingga elastin dan hidrasi dalam rambut enggak cepat hilang.

Membantu Melembapkan dan Menghaluskan Rambut

Satu manfaat jahe untuk kecantikan rambut adalah membantu melembapkan dan menghaluskan teksturnya. Khasiat ini didapatkan dari kandungan asam amino dan vitamin B yang ada dalam jahe.

Kedua kandungan ini akan bekerja memberikan kelembapan ekstra pada kulit kepala dan batang rambut, kemudian mengunci kelembapan tersebut agar tidak hilang dan stay still sampai seharian.

Nah, setelah mengetahaui beragam manfaat jahe untuk kecantikan kulit dan rambut di atas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan bahan alami ini?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment