Cari Tahu Manfaat Jagung Manis untuk Kecantikan Kulit Ini, Yuk!

manfaat jagung manis untuk kecantikan (2)

Bila diperhatikan dengan baik, kamu pasti menemukan banyak produk perawatan kecantikan yang menggunakan bahan-bahan alami ke dalam kandungannya.

Fenomena ini kian marak karena masyarakat kian teredukasi untuk selalu memastikan keamanan produk kecantikan yang mereka gunakan. Dalam hal ini, bahan alami dipercaya memiliki sifat yang lebih aman dan rendah risiko menimbulkan reaksi iritasi pada kulit.

Salah satu bahan alami yang bisa membantu merawat kesehatan kulit adalah jagung manis. Apakah kamu sudah pernah dengar tentang manfaat bahan alami ini untuk kecantikan?

Sangat disayangkan, bukan? Banyak orang yang kurang tahu ataupun sama sekali enggak memikirkan kalau jagung manis mengandung banyak manfaat untuk kulit.

Well, biar kamu enggak sama ketinggalannya, perhatikan berbagai kandungan dan manfaat jagung manis untuk kecantikan kulit berikut ini.

Kandungan dalam Jagung Manis yang Baik untuk Kecantikan

manfaat jagung manis untuk kecantikan (1)

Siapa sangka jagung manis tak hanya sedap jika dikonsumsi, melainkan memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Bahan alami ini diketahui mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga vitalitas kulit dan mempercantiknya. Seperti mineral, vitamin, dan berbagai kandungan antioksidan yang tinggi.

Vitamin A

Kandungan pertama yang ada dalam jagung manis adalah vitamin A. Jenis vitamin ini memang telah banyak dikenal karena manfaatnya dalam memelihara keremajaan dan kecantikan kulit.

Sebagai contoh, kamu pasti dengan mudah menemukan vitamin A dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan, khususnya yang memiliki fungsi mencerahkan, meremajakan, hingga mengatasi masalah jerawat.

Vitamin A ini akan membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, mendorong produksi kolagen, hingga merangsang proses regenerasi sel kulit yang jauh lebih sehat.

Karenanya, kandungan yang juga dikenal dengan nama retinoid ini bisa memberikan perubahan tampilan yang signifikan pada kulit wajahmu.   

Vitamin B3

Sama populernya dengan vitamin A, vitamin B atau yang lebih dikenal dengan nama niacinamide ini pun banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Fungsi utama niacinamide adalah membantu membuat kulit jadi lebih cerah, menjaga kelembapannya, dan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan.

Tak hanya itu, vitamin ini pun dapat mendorong produksi kolagen dan proses regenerasi sel kulit yang jauh lebih sehat.

Vitamin B1

Selain vitamin A, dalam jagung manis pun terkandung vitamin B1. Kandungan ini bisa bekerja sebagai antioksidan alami.

Fungsi utama vitamin B1 adalah membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kebutuhan nutrisi bisa sampai pada sel-sel kulit.

Vitamin E

Kandungan lain yang ada dalam jagung manis adalah vitamin E. Senyawa ini pun dikenal sebagai sumber antioksidan alami yang sangat efektif.

Vitamin E dapat membantu mengurangi peradangan, mendorong pembentukan kolagen pada jaringan kulit, pun menjaga kelembapan dan elestasitas kulit wajah.

Vitamin C

Tak cuma vitamin E, antioksidan lain yang bisa kamu dapatkan dalam jagung manis adalah vitamin E. Jenis vitamin ini akan membantu memelihara kecantikan kulit dan wajah.

Vitamin C akan mendorong produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, dan menghalau munculnya tanda penuaan dini.

Selain itu, kandungan ini pun kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan. Khususnya yang bisa mencerahkan wajah dan mengatasi kulit kusam.

Asam Linoleat

Jenis kandungan yang juga ditemukan dalam sari pati jagung manis ini dikenal sebagai salah stau bahan perawatan kulit yang sangat baik.

Sebab, asam linoleat dapat membantu menghidrasi kulit, menyembuhkan dan mengatasi jerawat, serta membuat kulit wajah jadi lebih kencang dan kenyal.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, jagung manis masih memiliki beberapa nutrisi lainnya yang tak kalah baik untuk merawat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Manfaat Jagung Manis untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

kulit sehat

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang dimilikinya, kamu pasti sedikit banyak telah memiliki gambaran tentang manfaat jagung manis untuk kecantikan, bukan?

Nah, biar kamu enggak terus-terusan menebak-nebak, langsung cari tahu beberapa manfaat jagung manis untuk kecantikan dan kesehatan kulit berikut ini.

Membantu Memperbaiki Tekstur Kulit

Apakah kamu merasa kulit wajahmu jadi lebih kering dan terasa kasar? Well, barang kali kulitmu sedang dehidrasi atau kekurangan cairan.

Salah satu manfaat jagung manis untuk kecantikan kulit adalah membantu memperbaiki tekstur kulit wajah. Kandungan vitamin E-nya yang tinggi akan menenangkan kulit, memberikan kelembapan ekstra, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Tak hanya itu, bahan alami ini pun bisa membantu memperhalus tekstur kulit yang kasar akibat pori-pori membesar. Kandungan vitamin C dan A dalam jagung akan mendorong pori-pori kulit mengecil, sehingga membuat permukaanya jadi lebih halus.

Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat jagung manis untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat membantu mencerahkan kulit wajah secara alami. Khasiatnya ini didapat dari kandungan vitamin A dan vitamin C yang dimilikinya.

Kedua kandungan tersebut dikenal ampuh untuk melawan hiperpigmentasi pada kulit, mendorong produksi kolagen, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Pada vitamin A misalnya, kandungan ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan warna kulit jadi kusam.

Menyamarkan Noda Hitam dan Bekas Jerawat

Selain bisa mencerahkan wajah secara keseluruhan, vitamin C dan vitamin A yang ada dalam jagung manis pun bisa membantu menyamarkan noda hitam serta bekas jerawat di wajah.

Keduanya akan mendorong regenerasi kulit, memperbaiki sel-sel yang bermasalah, dan merangsang pembentukan kolagen dalam jaringan kulit.

Hasilnya noda hitam, seperti sunspot atau bintik penuaan, dan bekas jerawat yang menggelap akan dapat diatasi dengan baik.

Manfaat jagung manis untuk kecantikan ini bisa kamu dapatkan dengan menjadikannya sebagai bahan dasar masker alami. Gunakan secara rutin, selama 1-2 kali seminggu, lalu kamu bisa mendapatkan banyak manfaat jagung manis untuk kecantikan.

Memberikan Perlindungan Ekstra pada Kulit

Jagung manis mengandung berbagai jenis antioksidan alami yang sangat tinggi. Kesemua antioksidan ini pun tergolong kuat dan dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit, khususnya dalam melawan dampak buruk radikal bebas.

Seperti yang kamu tahu, radikal bebas merupakan salah satu faktor yang memicu berbagai masalah kecantikan. Mulai dari munculnya jerawat, membuat kulit jadi kusam, mendorong adanya tanda-tanda penuaan dini, hingga menyebabkan kanker kulit.

Kabar baiknya, manfaat jagung manis untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu menangkal semua dampak buruk tersebut.

Antioksidan yang dimilikinya bahkan dapat merevitalisasi sel-sel yang bermasalah, menenangkan, dan menutrisinya agar kembali sehat.

Meredakan Berbagai Gejala Peradangan Ringan

Percaya atau tidak, sari jagung manis hingga kini cukup marak digunakan dalam sejumlah produk perawatan kecantikan.

Ini dikarenakan jagung manis memiliki sifat antiinflamasi yang sangat baik, yakni dalam meredakan berbagai gejala peradangan ringan, seperti ruam atau iritasi kulit.

Bahkan kandungan vitamin E yang ada pun bisa membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga bisa mencegah adanya infeksi lanjutan pada peradangan kalau kulit jadi kering.

Menunda Munculnya Tanda Penuaan Prematur

Tahukah kamu, kalau mengonsumsi jagung manis secara teratur ataupun menggunakannya sebagai masker wajah alami akan membuat kulit wajahmu jadi lebih awet muda?

Yap! Ini dikarenakan jagung manis mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat menghalau berbagai dampak buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan.

Beberapa kandungan seperti vitamin E, vitamin C, dan vitamin A pun diketahui merupakan agen antiaging yang sangat popular dalam dunia kecantikan.

Kamu sudah bisa dipastikan akan bisa menemukan tiga kandungan tersebut dalam beberapa produk perawatan kecantikan kulit wajah, khususnya yang bekerja dalam melawan penuaan.

Resep Mudah Masker Jagung Manis untuk Mencerahkan Wajah

Setelah melihat manfaatnya yang sangat beragam, kamu pasti udah enggak sabar untuk mencoba menggunakan jagung sebagai bagian dari perawatan wajah rutinmu, bukan?

Tenang saja, Ladies! Kamu enggak perlu terburu-buru membeli skincare berkandungan jagung manis, melainkan bisa mencoba mengolah bahan alami ini menjadi masker organic.

Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkah dan tips pembuatan masker jagung manis untuk mencerahkan wajah berikut ini.

Bahan yang Perlu Disiapkan

  • Bubuk jagung 2 sendok makan
  • Madu murni 1 sendok

Cara Pembuatan Masker Wajah dari Jagung Manis

  • Campurkan jagung manis dan madu murni ke dalam wadah yang sama.
  • Setelah pasta masker jagung manis yang kamu inginkan jadi, aplikasikan secara merata pada wajah yang telah dibersihak sebelumnya.
  • Tunggu hingga kandungan dalam jagung manis dan madu terserap sepenuhnya pada kulit. Paling tidak selama 10-15 menit saja sudah cukup.
  • Bilas menggunakan air bersuhu normal sampai sisa masker jagung manis tak tersisa, alias benar-benar bersih.

Nah, itu adalah resep masker jagung manis untuk mencerahkan wajah yang bisa dengan mudah kamu coba di rumah. Penting untuk memperhatikan frekuensi penggunaan masker, agar hasil yang bisa kamu dapatkan jauh lebih maksimal.

Nah, sampai sini dulu, ya, Ladies! Sampai bertemu di beauty tips selanjutnya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment