Sering Dipakai Beauty Hack, Ketahui Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan Ini

manfaat gula pasir untuk kecantikan

Buat yang suka ngikutin tips beauty hacks, pasti udah enggak asing lagi dengan penggunaan gula pasir untuk merawat kecantikan kulit.

Ya, bahan alami yang umumnya digunakan untuk memberikan rasa manis pada makanan dan minuman ini, rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dari luar.

Kenapa harus dari luar? Karena konsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan menimbulkan berbagai masalah kecantikan.

Selain itu, penggunaan gula pasir sebagai beauty hack juga memiliki efek samping lebih kecil, ketimbang perawatan yang menggunakan berbagai alat canggih pada umumnya.

Gula pasir pun diyakini menjadi perawatan paling direkomedasikan untuk menagatasi berbaai masalah kulit, termausk dalam menjaga kulit sensitif.

Nah, kira-kira apa saja manfaat gula pasir untuk kecantikan dan bagaimana cara menggunakannya yang tepat?

Langsung cek ulasan lengkap soal manfaat gula pasir untuk kecantikan berikut ini!

Berbagai Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan

manfaat gula pasir untuk kecantikan (2)

Gula pasir sangat sering digunakan dalam resep-resep perawatan kulit rumahan, misalnya untuk mencabut bulu di kulit, dipakai sebagai scrub wajah, maupun dibuat sebagai masker wajah organic.

Lalu apa saja khasiat penggunaan bahan alami ini untuk kulit wajah? Berikut penjelasan soal beberapa manfaat gula pasir untuk kecantikan yang harus kamu ketahui.

Membantu Memperbaiki Tekstur Kulit dan Melembutkannya

Manfaat gula pasir untuk kecantikan kulit yang pertama adalah membantu memperbaiki tektur kulit dan membuatnya terasa lebih lembut.

Ini dikarenakan, gula merupakan jenis humektan sehingga dapat menarik uap air ke dalam kulit dan menguncinya agar tidak mudah menghilang.

Karenanya, penggunaan gula pasir untuk merawat wajah secara alami akan membantu mengembalikan kelembapan kulit dan secara otomatis akan memperhalus lapisan terluar wajah kamu.

Mengatasi Masalah Kaki Pecah-pecah

Kaki merupakan bagian tubuh yang kerap kurang mendapat perhatian, berbeda dengan tangan maupun wajah. Padahal, masalah kecantikan dan kesehatan kulit kaki pun terbilang sama beragamnya.

Salah satu jenis masalah kecantikan dan kesehatan kulit kaki adalah tekstur kulit di tumit atau telapak kaki bisa kering dan pecah-pecah.

Untungnya, sifat humektan dalam gula pasir bisa membantu mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Dengan memberikan kelembapan ekstra pada kulit, serta menjaganya agar bisa bertahan seharian.

Agar mendapatkan manfaat gula pasir untuk kecantikan ini, kamu bisa menggunakan bahan alami tersebut sebagai scrub kaki dan mencampurnya dengan minyak pembawa ataupun essential oil.

Salah satu jenis minyak esensial yang bisa menjadi kombinasi epic dari gula pasir adalah peppermint essential oil. Keduanya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari telapak dan tumit kaki, kemudian memberikan kelembapan tambahan pada kulit.

Membantu Merawat Keremajaan Kulit Wajah

Siapa sangka, kalau menggunakan gula pasir sebagai bagian perawatan wajah rutin bisa membuat keremajaan kulit wajah jauh lebih terjaga?

Meski bukan golongan antioksidan, gula pasir bisa membantu mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih dari kulit wajah.

Dengan kata lain, gula dapat mengangkat zat racun yang berpotensi menginfeksi kulit. Karenanya, berbagai masalah kecantikan, termasuk penuaan dini dapat diminimalisir.

Tak hanya itu, bahan alami ini bisa mengurangi tampilan kerutan, garis halus, dan mencerahkan warna kulit yang kusam. Di mana, berbagai kondisi tersebut bisa dibilang merupakan tanda-tanda penuaan kulit.

Dapat Menjaga Hidrasi Kulit

Telah banyak disebutkan sebelumnya, bahwa gula pasir adalah bahan alami yang dapat bekerja sebagai humektan, atau golongan pelembap wajah.

Penggunaan gula pasir sebagai scrub atau masker wajah, bisa membantu memberikan hidrasi ekstra pada kulit wajah. Yakni dengan cara menarik kadar air dari udara, kemudian menguncinya di dalam lapisan kulit.

Kondisi ini tentunya akan memberikan banyak keuntungan pada kesehatan kulit wajahmu. Misalnya dengan membuatnya lebih ternutrisi, tidak gampang kering, dan mencegah munculnya kerutan di area ekspresi.

Melembutkan Kulit Bibir

Selain membantu melembutkan kulit wajah, manfaat gula pasir untuk kecantikan lainnya adalah dapat melembutkan bibir yang kering dan peceh-pecah.

Kulit bibir terbilang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit pada area wajah yang lain. Karenanya, bibir akan cenderung mudah kehilangan kelembapan alami, teriritasi, bahkan terluka.

Nah, kalau kamu memiliki masalah dengan bibir yang kering dan pecah-pecah, gula bisa menjadi alternatif alami dan mudah yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan alami ini akan membantu menghidrasi bibir, mengangkat kulit mati dari permukaannya, mengembalikan kelembutan dan warna alami bibir kamu.

Menyamarkan Tampilan Selulit (Stretch Mark)

Manfaat gula pasir untuk kecantikan selanjutnya dalah dapat membantu mengurangi tekstur selulit pada tubuh kamu.

Penggunaan gula pasir sebagai scrub kulit diyakini mampu memperbaiki struktur teratas kulit, dengan membantu mengencangkan pori-pori kulit dan memberikan kelembapan ekstra pada area tersebut.

Dengan demikian tektur jaringan parut pada kulit akan dapat disamarkan secara bertahap. Manfaat gula pasir untuk kecantikan ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakannya sebagai scrub tubuh, khususnya dengan mencampur gula dan kopi sekaligus.

Mengangkat Komedo yang Membandel dari Wajah

Sering digunakan sebagai scrub wajah alami, ternyata gula pasir pun bisa membantu mengatasi masalah komedo yang membandel, lho!

Komedo umumnya timbul akibat produksi minyak berlebihan pada wajah, sehingga dapat menimbulkan penyumbatan pori-pori, kemudian memicu kemunculan komedo.

Umumnya, komedo ada pada area yang sangat berminyak pada kulit. Misalnya pada area dagu, hidung, dan juga jidat.

Kabar baiknya, gula pasir bisa membantu mengatasi masalah kecantikan kulit ini, jika dengan rutin digunakan sebagai scrub wajah.

Gula pasir akan membantu mengangkat komedo membandel, namun tidak akan mengiritasi kulit maupun menjadikannya terlalu kering.

Tiga Resep Scrub Gula Pasir Sederhana yang Bisa Kamu Coba di Rumah

scrub gula

Setelah mengetahui berbagai manfaat gula pasir untuk kecantikan kulit di atas, kamu pasti udah enggak sabar mencoba berbagai beauty hack yang memakai bahan alami ini, bukan?

Well, berikut ini ada tiga resep scrub gula pasir sederhana yang bisa kamu coba di rumah dengan aman. Langsung cek bahan dan langkah pembuatannya di bawah, ya, Ladies!

Scrub Gula untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Penumpukan sel kulit mati bisa membuat kulit wajah tampak kusam dan mudah berjerawat. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan gula pasir sebagai scrub wajah alami.

Agar fungsinya kian optimal, kombinasikan juga dengan minyak zaitun. Bahan alami ini akan menenangkan kulit dan membuat sel kulit mati lebih mudah luruh.

Langkah Membuat Scrub Gula + Minyak Zaitun

– Gunakan setengah cangkir kecil gula pasir dan dua sendok teh minyak zaitun, campurkan keduanya.

– Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya, agar eksfoliasi lebih optimal.

– Pijat dan gosok wajah dengan lembut, selama 4-5 menit saja sudah cukup.

– Kemudian bilas sisa scrub dari wajah kamu dengan air hangat.

Scrub Gula untuk Memudarkan Stretch Marks

Untuk mengatasi selulit ini, kamu bisa mengombinasikan gula pasir dengan kopi dan minyak kelapa murni.

Kopi akan membantu menutrisi dan memperlancar aliran darah pada kulit, sementara kelapa akan memberikan efek menenangkan dan melembutkan.

Langkah Membuat Scrub dari Gula + Kopi + Coconut Oil

  • Gunakan setengah cangkir kecil gula pasir dan kopi, serta tambahkan dua sendok teh minyak kelapa murni, campurkan keduanya.
  • Aplikasikan pada area selulit yang telah dibersihkan sebelumnya, agar eksfoliasi lebih optimal.
  • Pijat dan gosok area tersebut dengan lembut, selama 4-5 menit saja sudah cukup.
  • Kemudian bilas sisa scrub dari kulit kamu dengan air hangat.

Menggunakan Scrub Gula untuk Merawat Bibir

Bibir memiliki tekstur yang sangat lembut, karenanya untuk merawat bagian wajah ini kamu harus menggunakan bahan yang sama lembutnya juga.

Kamu bisa menggunakan kombinasi antara gula dan aloe vera untuk merawat bibir. Keduanya akan mengembalikan kesegaran dan warna alami bibir kamu.

Langkah Scrub Gula untuk Bibir

  • Siapkan tiga sendok makan gula pasir, tambahkan secukupnya lidah buaya, kemudian campurkan keduanya hingga merata.
  • Aplikasikan scrub gula dan aloe vera tersebut dengan lembut pada bibir kamu, pastikan tidak ada kulit kering yang tertinggal.
  • Setelah itu diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas sisa scrub gula dari bibir kamu dengan air bersuhu normal.
  • Agar mencegah bibir teriritasi, kamu bisa mengaplikasikan lip balm setelah proses ini.

Ternyata, selain memiliki rasa manis yang lezat, manfaat gula untuk kecantikan pun sangat beragam. Meski begitu, untuk mendapatkan khasiat tersebut, lantas kamu harus mengonsumsi gula sebanyak dan sesering mungkin.

Hal tersebut malah akan memicu masalah kecantikan seperti jerawat, bahkan bisa menyebabkan gula darah naik dan obesitas.

Kamu hanya perlu menggunakan gula sebagai masker ataupun scrub wajah alami sesuai dengan resep yang telah disebutkan di atas. Nah, semoga berhasil mencoba menggunakan gula untuk merawat wajah!

About Author

Related posts

Leave a Comment