Tumit Kaki Kasar? Cek Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Berikut Ini!

cara mengatasi kaki pecah-pecah (1)

Telapak dan tumit kaki merupakan bagian tubuh yang memang jarang mendapat perhatian dan perawatan lebih. Bahkan, beberapa orang malah mengabaikannya sama sekali.

Padahal, sama halnya dengan bagian tubuh yang lain, kulit pada telapak dan tumit kaki juga sangat rawan terkena berbagai masalah kesehatan serta kecantikan. Salah satunya, kondisi penebalan dan pecah-pecah pada kulit.

Kondisi ini mungkin lebih banyak kamu kenal dengan istilah kaki pecah-pecah, yang ditandai dengan kulit yang kering, bersisik, atau bahkan seolah tampak retakan-retakan khas.

Pada dasarnya, kulit pada bagian kaki memiliki kondisi yang cukup kering karena tidak memiliki kelenjar keringat sendiri. Karenanya, masalah tumit pecah-pecah ini sangat umum dan bisa terjadi pada siapa saja.

Beberapa orang menganggap kaki pecah-pecah tidak membutuhkan perawatan khusus, bahkan cenderung meremehkannya.

Namun, jika dibiarkan dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat berkembang ke arah yang lebih buruk. Seperti munculnya rasa gatal, nyeri, kemerahan, bahkan terkena infeksi bakteri.

Lalu bagaimana cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan tepat? Seger acari tahu jawabannya di ulasan berikut ini, ya, Guys!

Berbagai Hal yang Menyebabkan Kaki Pecah-Pecah

cara mengatasi kaki pecah-pecah (2)

Sebelum mengetahui apa saja cara mengatasi kaki pecah-pecah, mengetahui penyebab masalah ini pun sebenarnya sama pentingnya.

Karena, kamu bisa jadi lebih mengerti dan sadar bagaimana cara merawat kaki yang baik. Serta bisa mencegah berbagai penyebab kaki jadi pecah-pecah.

Telapak Kaki yang Kering

Sebenarnya, kulit pada telapak kaki kita lebih kering daripada bagian tubuh yang lain. Karena pada area tersebut tidak ada kelenjar keringat yang bisa membantu menghidrasi kulit.

Untuk itu, ada baiknya kamu bisa menggunakan lotion atau krim kaki yang bisa memberikan kelembapan ekstra pada telapak kaki yang bisa membantu mengatasinya.

Kebiasaan yang Buruk

Selain kondisi kulit yang kering, beberapa kebiasaan buruk lainnya pun bisa memicu kaki pecah-pecah. Kira-kira apa saja kebiasaan yang dimaksudkan tersebut, simak daftarnya berikut ini, ya.

  • Jarang menggunakan alas kaki.
  • Terlalu lama dalam posisi berdiri, sehingga memberikan tekanan lebih pada bagian tumit dan telapak kaki.
  • Menggunakan sepatu yang terlalu kecil atau kebesaran, sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit kaki.
  • Menggunakan sabun untuk dengan kandungan yang cukup keras, sehingga membuat kulit jadi teriritasi dan kian kering.
  • Terlalu lama berendam dalam air.

Gangguan Kesehatan Tertentu

Selain kebiasaan buruk, kondisi kesehatan tubuh juga akan sangat berpengaruh pada tekstur kulit kamu, termasuk pada bagian telapak kaki.

Bagi orang yang mengidap diabetes militus dan kondisi penebalan kulit khusus, kaki pecah-pecah sangat rentan terjadi.

Beragam Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah yang Bisa Dicoba

Merawat kecantikan kaki

Selain menghindari berbagai faktor penyebabnya, kamu pun perlu mengetahui beragam cara mengatasi kaki pecah-pecah yang bisa kamu coba di rumah.

Ya, meski terbilang cukup mengganggu. Masalah kesehatan dan kecantikan kulit kaki ini termasuk mudah untuk diatasi.

Kamu tidak perlu terlalu terburu-buru pergi ke spesialis, karena bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara mengatasi kaki pecah-pecah berikut ini.

Mengaplikasikan Pelembap Berjenis Humektan & Emolien

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi kaki pecah-pecah adalah dengan menggunakan pelembap kaki berjenis emolien dan humektan. Yakni yang mengandung lanolin, gliserin, maupun hyaluronic acid.

Emolien merupakan salah satu jenis bahan aktif yang bersifat melembapkan, dapat menyerap dengan optimal ke dalam kulit dan meminimalisir penguapan kulit dari jaringan kulit.

Tak hanay itu, bahan aktif stau ini pun sangat dikenal ampuh untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit  dan menjadikan teksturnya lebih halus.

Sedikit berbeda dengan emolien, humektan dapat membantu meningkatkan kapasitas air dalam jaringan terluar kulit dengan menarik kandungan air di udara ataupun dari lapisan paling dalam kulit. Sehingga dapat mempetahankan kelembapan yang ada dalam epidermis.

Memakai Pelembap Oklusif

Cara mengatasi kaki pecah-pecah selanjutnya adalah dengan mengoleskan pelembab bersifat oklusif. Langkah ini bisa kamu terapkan setelah penggunaan pelembap humektan dan emolien telah berhasil terserap sempurna oleh kulit.

Jika pelembap sebelumnya mampu mencegah penuapan dari dalam, maka pelembap oklusif dapat memberikan lapisan perlindungan ekstra dari luar kulit.

Karena sifatnya yang cenderung memberikan minyak berlebih, kamu disarankan untuk menggunakan pelembap oklusif pada malam hari atau sebelum tidur saja.

Pelembap oklusif yang dimaksudkan adalah petroleum jelly, atau produk lain yang sejenis.

Gunakan Lotion Berbahan Keratolitik

Salah satu penyebab kaki pecah-pecah adalah sel kulit mati yang menumpuk, sehingga untuk mengatasinya kamu pun dapat mencoba menggunakan lotion berbahan keratolik.

Bahan keratolik bisa memabntu mendorong peluruhan sel-sel kulit mati yang menebal dan mengeras pada permukaan telapak kaki. Ini akan memberikan perubahan yang signifikan pada tekstur telapak kaki, yakni menjadikannya lembut dan terasa lebih halus.

Kandungan keratolik yang dimaksudkan bisa berupa AHA, asam laktat, glycolic acid, asam salisilat, dan masih banyak lainnya.

Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dengan Batu Apung

Selain menggunakan lotion di atas, kamu bisa memakai batu apun sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah. Penggunaannya pun cukup mudah, kamu bisa menggosokkan batu apung dengan perlahan dan lembut pada bagian yang menebal.

Namun, kamu harus mengaplikasikan pelembap oklusif terlebih dahulu. Sehingga mampu memperlunak sel-sel kulit mati dan memudahkannya untuk terangkat.

Pakai Sabun dengan Bahan yang Lembut

Penyebab lain yang bisa membuat kulit kaki jadi pecah-pecah adalah salah menggunakan produk perawatan, khususnya memakai sabun mandi yang berbahan keras.

Perikasalah kandungan yang ada pada sabun mandimu, bila banyak mengandung SLS, alcohol, dan sebagainya. Maka, hindari terlebih dahulu penggunaannya dan beralih pada produk yang lebih lembut.

Dengan begitu kulitmu enggak akan mudah teriritasi, jadi lebih lembap, dan tidak akan memperburuk kondisi tumit pecah-pecah yang kamu alami.

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dengan Bahan Alami

bahan alami skincare untuk mata panda

Selain melakukan berbagai cara menghilangkan kaki pecahh-pecah di atas, kamu pun dapat mengobatinya dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

Shea butter

Salah stau obat pecah-pecah yang mujarab adalah shea butter. Teksturnya yang lengket dan kemampuannya dalam menghidrasi kulit, sangat cocok untuk megatasi kaki pecah-pecah.

Bahan alami ini dapat bekerja sebagai emolien dan membantu mengembalikan kelembapan alami pada kulit yang sempat menghilang.

Untuk menggunakannya, kamu bisa langsung mengaplikasikan shea butter pada kaki atau mencampurnya dengan bahan alami lain dengan manfaat yang sama.

Sifatnya yang ramah pada kulit, enggak akan menimbulkan reaksi alergi maupun iritasi. Jadi tentunya akan sangat aman untuk kamu coba.

Minyak Zaitun

Bahan alami lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kaki pecah-pecah adalah minyak zaitun. Yang tentunya udah sangat sering kamu dengar khasiatnya untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Minyak zaitun mengandung vitamin E, asam lemak esensial, dan berbagai jenis mineral yang mampu menutrisi dan merawat kelembutan kulit.

Karenanya minyak ziatun akan sangat cocok bila digunakan sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan bahan alami selanjutnya.

Penggunaan minyak zaitun juga cukup mudah, kamu bisa mengaplikasikannya langsung di kulit atau menjadikannya masker kaki semalaman.

Tak hanya itu, kamu pun dapat mencampurkan minyak zaitun ke lotion atau krim yang biasanya kamu gunakan untuk merawat tubuh. Kemudian mengaplikasikannya secara teratur pada telapak kaki atau tumit kaki yang pecah-pecah.

Coconut Oil (Minyak Kelapa)

Minyak kelapa mengandung asam lemak dan berbagai zat emolien yang tinggi. Karena inilah, banyak ahli yang merekomendasikan penggunaan minyak alami ini untuk mengatasi kaki pecah-pecah.

Sifatnya yang non-iritan tidak akan memicu reaksi alergi pada kulitmu, sehingga akan sangat aman jika diaplikasikan secara langsung pada telapak kaki.

Oat Meal

Untuk mengatasi kaki pecah-pecah, kamu bisa menggunakan oatmeal juga, lho. Ya, kamu dapat mengubahnya menjadi masker alami dan mencampurnya dengan minyak almond.

Gunakan masker oatmeal ini secara rutin, paling tidak sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Dengan demikian kulit mati yang menebal di pemurkaan telapak kaki bisa terangkat secara optimal.

Membuat Masker Pisang dan Madu

Cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan bahan alami yang selanjutnya adalah memakai pisang dan madu.

Perpaduan dari kedua bahan alami ini dipercaya ampuh untuk melembapkan dan meluruhkan sel kulit mati dari telapak kaki kamu.

Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh madu dan buah pisang yang telah dihaluskan sebelumnya jadi satu.

Setelah pasta masker telah terbentuk dan memiliki konsistensi yang kamu inginkan, maka langsung oleskan pada kaki.

Jangan buru-buru membilasnya, diamkan selama 20-30 menit terlebih dahulu. Setelahnya barulah kamu bisa membasuh telapa kaki dengan air hangat.

Itu adalah berbagai cara mengatasi kaki pecah-pecah yang bisa kamu coba di rumah. Namun, bila perawatan sendiri ini tak kunjung membuahkan hasil sesuai keinginanmu atau bahkan tidak memberikan efek yang berarti, kamu bisa mengunjungi spesialis kulit.

Well, semoga artikel ini dapat membantumu, Guys!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment