Jaga Kelembutan Tangan, Kepoin Serba Serbi Hand Cream Berikut Ini

hand cream (2)

Memberikan perawatan lebih pada kulit tubuh merupakan salah satu hal yang patut untuk kamu lakukan, mengingat kondisi lingkungan yang kian buruk dan dapat memberikan dampak negative bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Tidak hanya kulit di bagian wajah saja, kamu pun perlu memberikan perawatan secara menyeluruh pada bagian tubuh yang lain, termasuk kulit di tangan.

Pasalnya, kulit telapak tangan sangat sering digunakan untuk menyentuh berbagai produk kimiawi dan sering sekali terkena paparan air.

Hal ini menjadikannya sangat rentan mengalami masalah seperti kering, kulit yang menebal atau kapalan, hingga terasa kasar dan bersisik.

Untungnya, kini banyak produk perawatan yang bisa kamu gunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit tangan, salah satunya hand cream.

Sekilas Tentang Hand Cream yang Perlu Kamu Tahu

hand cream (3)

Sebelum mencobanya, kamu pastinya mau tahu karakteristik dari produk skincare atau body care yang akan dipakai bukan? Nah, karenanya enggak ada salahnya untuk berkenalan dulu dengan produk hand cream ini.

Selaras dengan namanya, hand cream atau krim tangan merupakan produk perawatan yang dibuat khusus untuk kulit pada bagian tangan, yang sediaannya berbentu krim dan atau lotion.

Namun, tak jarang juga hand cream dikemas dalam bentuk sediaan yang lebih ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit, seperti gel.

Pada umumnya, hand cream diformulasikan dengan berbagai bahan yang mampu bekerja untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit dan mencegahnya agar tidak mudah menguap.

Bahan-bahan yang dimaksud tergolong dalam jenis humektan dan emolien, seperti hyaluronic acid, gliserin, carrier oil, shea butter, aloe vera, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu, hand cream pun sering menggunakan wewangian-wewangian alami yang menenangkan dan menyegarkan. Kamu bisa menyesuaikannya dengan selera dan kesukaanmu.

Manfaat Hand Cream Jika Digunakan Secara Rutin

hand cream (1)

Sama halnya dengan berbagai produk perawatan kulit lainnya, hand cream diformulasikan dengan bahan-bahan tertentu untuk menyelesaikan dan menjawab kebutuhan kulit, khususnya pada bagian tangan kamu.

Misalnya, karena kulit tangan cenderung mudah kering dan sering terpapar senyawa kimiawi, maka enggak sedikit hand cream diformulasikan dengan bahan-bahan melembapkan.

Nah, kalau begitu apakah manfaat hand cream hanya terbatas pada melembapkan kulit? Tentu tidak! Kamu bisa tahu berbagai manfaat hand cream jika digunakan secara rutin di bawah ini!

Melindungi Kulit Tangan dari Radiasi Sinar UV

Manfaat hand cream selanjutnya jika digunakan dengan rutin adalah dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit tangan, khususnya dari dampak buruk radiasi sinar ultraviolet.

Seperti yang kamu ketahui dengan baik, meski memiliki beberapa efek positif bagi tubuh, jika terpapar sinar UV secara berlebihan kulit akan rentan mengalami berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Misalnya, menimbulkan hiperpigmentasi atau masalah warna kulit yang tidak merata, kulit yang jadi kering, terkena sun burning, hingga berisiko menimbulkan kanker kulit.

Nah, umumnya hand cream pun diformulasikan dengan bahan UV Filter. Sehingga dapat memberikan lapisan pelindung tambahan pada kulit tangan kamu.

Akhirnya, berbagai dampak buruk yang diakibatkan oleh sinar matahari tersebut dapat dihindari. Dan kesehatan kulit tanganmu pun bisa terjaga dengan baik.

Mendorong Regenerasi Sel Kulit di Tangan

Manfaat hand cream lain yang bisa kamu dapatkan dengan pemakaian rutin adalah kemampuannya dalam mendorong proses regenerasi sel kulit baru di area tangan.

Tak sedikit hand cream yang dibuat dengan kandungan mineral, antioksidan, dan vitamin C tinggi dapat kamu temukan di pasaran.

Kandungan-kandungan tersebutlah yang akan membantu mendorong fungsi kulit agar bekerja lebih maksimal, khususnya dalam meregenerasi sel baru yang lebih sehat.

Hal ini tentunya akan memberikan peningkatan pada vitalitas tekstur dan tampilan kulit tanganmu. Yakni dengan menjadikannya lebih lembut, kencang, dan juga senantiasa terlihat segar.

Dapat Menghidrasi Kulit Tangan

Salah satu manfaat hand cream yang utama adalah membantu memberikan hidrasi tambahan pada kulit tangan, serta mengunci kelembapan alami yang ada agar tidak mudah menghilang.

Kulit tangan kita pada dasarnya sangat mudah menjadi kering dan mengalami dehidrasi. Ini karena kulit tangan jauh lebih tipis dibandingkan kulit pada area tubuh lainnya.

Selain itu, kulit tangan kamu pun memiliki saluran minyak dengan ukuran lebih kecil, yang kemudian mengakibatkan produksi sebum tidak terlalu banyak dan membuatnya lekas kering.

Karenanya, hand cream diciptakan untuk menjawab masalah kecantikan kulit tangan tersebut. Yakni dengan mengusung berbagai bahan-bahan dengan fungsi melembapkan dan menghidrasi kulit tangan kamu dengan lebih optimal.

Membuat Kulit Tangan Lebih Lembut

Kulit pada telapak dan punggung tangan kita merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup sensitif. Lapisannya yang lebih tipis dari kulit bagian tubuh lain, membuatnya rentan terkena iritasi maupun dehidrasi.

Terlebih bagian telapak dan punggung tangan termasuk sering bersentuhan dengan bahan-bahan kimiawi, seperti sabun cuci maupun hand sanitizer. Bahkan, kadang terlalu lama atau sering terpapar air.

Berbagai hal tersebutlah yang akhirnya membuat kulit pada telapak dan punggung tangan mudah kering, bersisik, kadang menebal, hingga berkerut.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menggunakan hand cream secara rutin tiap habis mencuci tangan ataupun melakukan kegiatan yang mengharuskanmu bersentuhan dengan berbagai produk bersenyawa kimia.

Dengan demikian, kulit tangan akan tetap terasa lembut, halus, dan enggak akan mudah kering ataupun sampai bersisik.

Melawan Kemunculan Tanda Penuaan Dini Pada Tangan

Ternyata enggak banyak yang tahu kalau kulit pada telapak tangan menjadi bagian yang paling cepat dan rentan mengalami penuaan dini, lho. Apakah kamu juga baru tahu?

Ya, enggak heran juga. Selain karena lebih tipis dan sensitif, tangan kita juga berpotensi besar terpapar radikal bebas dan sinar UV, sama tingginya dengan pada bagian wajah.

Kareananya, tangan pun jadi sangat rentan terkena atau terkontaminasi oleh udara yang kurang baik atau polusi. Sehingg krim tangan ini sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Dengan kemampuannya dalam melembapkan, menghaluskan, bahkan mendorong proses regenerasi sel kulit baru. Hand cream dapat membantumu melawan kemunculan berbagai tanda-tanda penuaan dini di kulit.

Tak hanya itu, karena umunya dibuat dengan bahan-bahan yang bersifat antioksidan, produk ini pun bisa menangkal dan meminimalisir berbagai dampak buruk yang disakibatkan oleh stress oksidatif.

Memberikan Aroma yang Merelaksasi Kulit

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa hand cream pun cenderung diformulasikan dengan aroma-aroam yang khas, menenangkan, dan menyenangkan.

Mulai dari wangi bunga-bungaan, seperti mawar, lavender, kamelia, dan sebagainya. Juga aroma-aroma makanan yang manis dan menyenangkan, seperti vanilla, coklat, dan lainnya.

Nah, aroma ini di satu sisi bisa membantu meningkatkan mood dan merileksasi pikiran yang terlalu tegang.

Untuk mendapatkan manfaat krim tangan dengan maksimal, kamu bisa memberikan sedikit pijatan ataupun tekanan lembut sembari mengusapnya pada seluruh bagian tangan.

Hal ini disinyalir mampu meringankan stress, memberikan rasa ringan dan lebih baik pada urat-urat di tangan sehingga kamu bisa meneruskan aktivitas harianmu yang lain dengan perasaan lebih tenang.

Merawat dan Menutrisi Kulit

Sama halnya dengan produk perawatan kecantikan lainnya, hand cream pun diformulasikan dengan berbagai bahan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Misalnya dengan mengandung berbagai vitamin, mineral, ataupun ekstrak tumbuhan dan buah-buahan yang baik untuk kulit.

Nah, dari kandungan-kandungannya itulah akhirnya kulit tangan akan mendapatkan nutrisi yang diperlukannya. Termasuk untuk memberikan kelembapan tambahan, perlindungan ekstra dari radikal bebas maupun sinar UV, hingga memberikan manfaat kecantikan lainnya.

Bahkan beberapa hand cream diformulasikan dengan kandungan yang mampu menenangkan kulit dan bekerja sebagai anti peradangan. Seperti vitamin E, ekstrak lavender oil, olive oil, dan juga coconut oil.

Well, itu adalah berbagai hal mengenai hand cream yang mungkin belum kamu ketahui dengan baik. Mulai dari definisi dan karakteristiknya, hingga berbagai manfaatnya untuk kulit tanganmu.

Menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh itu sangat penting. Kalau kamu hanya focus pada kulit wajah dan mengabaikan bagian tubuh yang lain, hanya akan membuat banyak masalah kecantikan muncul pada kulit tubuh.

Jadi, jangan lupa pakai body care, hand cream, atau perawatan lain yang baik untuk kulitmu. Apalagi beberapa anggota tubuh lain, seperti tangan dan kaki, sangat rawan terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

manfaat emolien untuk kecantikan

Bantu Lembapkan dan Lindungi Kulit, Ini Manfaat Emolien untuk Kecantikan

Menjaga kelembapan kulit merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah, menghindarkannya dari kulit yang kering, mengelupas, maupun terasa kasar. Untuk menjaga kelembapan kulit ini sangatlah mudah, selain memenuhi asupan air yang cukup, kamu pun dapat menggunakan berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment