Bantu Maksimalkan Tampilanmu, Ini Dia Manfaat Kiwi untuk Kecantikan Kulit

manfaat buah kiwi untuk kecantikan (3)

Saat ini banyak sekali berbagai produk kecantikan yang menggunakan ekstrak buah-buahan dalam komposisinya. Salah satu  buah yang juga banyak ditemui udan digunkan dalam skincare adalah buah kiwi.

Kamu pasti udah enggak asing dengan buah kiwi, bukan? Ya, buah dengan rasa asam manis menyegarkan ini sebenarnya sangat umum dikonsumsi sebagai pencuci mulut yang lezat.

Namun, tahukah kamu kalau buah kiwi juga mengandung nutrisi yang baik untuk merawat tubuh dan kecantikan kulit wajah kamu?

Kalau belum tahu, sama-sama kepoin berbagai kandungan dan manfaat kiwi untuk kecantikan kulit berikut ini, ya!

Nutrisi dalam Buah Kiwi yang Baik untuk Kecantikan Kulit

manfaat  kiwi untuk kecantikan kulit

Sebelum terlalu jauh membahas manfaatnya untuk kecantikan kulit, ada baiknya buatmu untuk mengetahui kandungan gizi apa saja yang ada dalam buah kiwi.

Sebab nutrisi inilah yang nantinya akan bekerja dalam mengoptimalkan kesehatan dan kecantikan kulitmu. Seperti melawan radikal bebas, memaksimalkan fungsi jaringan kulit, menangkal dampak buruk sinar UV, dan mencegah timbulnya masalah kecantikan tertentu.

Nah, tanpa banyak basa-basi lagi, berikut beberapa kandungan dalam buah kiwi yang baik untuk kecantikan kulit wajahmu.

Kalium

Kalium merupakan salah satu nutrisi yang bisa kamu temukan dalam buah kiwi. Jenis mineral satu ini telah banyak digunakan dalam berbagai komposisi produk perawatan wajah.

Tak heran, sebab kalium memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Yakni memberikan hidrasi tambahan dan menguncinya agar tidak mudah hilang, serta membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh kamu.

Vitamin E

Selain mineral, kamu pun dapat menemukan berbagai jenis vitamin dalam buah kiwi, salah satunya adalah vitamin E.

Bukan rahasia lagi, kalau vitamin E memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Bahkan sejak dulu, suplemen vitamin E telah dijual dan dikonsumsi dengan bebas.

Vitamin E dapat bekerja sebagai antioksidan, serta menangkal berbagai dampak buruk polutan pada tubuh dan kulit.

Selain itu, senyawa satu ini pun dapat bersifat antiradang dan mendukung pembentukan kolagen, hingga dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit wajah kamu.

Kalsium

Tahukah kamu kalau buah kiwi juga mengandung kalsium? Ya, mineral yang banyak ditemukan dalam susu dan biji-bijian ini terdapat dalam kadar yang cukup tinggi pada buah kiwi.

Kamu mungkin mengenal kalsium sebagai kandungan yang memiliki peranan penting pada pertumbuhan tulang dan gigi. Namun, lebih dari itu, mineral ini juga berperan besar pada kondisi kulit wajahmu, lho.

Kalsium dapat membantu mempertahankan hidrasi kulit, menjaganya tetap dalam keadaan prima, dan mendukung fungsi perlindungan kulit wajahmu.

Karenanya, jika tubuh mengalami kekurangan kalsium, maka kulit wajah pun akan terkena dampaknya. Yakni dengan mengalami kulit kering, tampak tipis dan kusam, serta mudah teriritasi.

Vitamin C

Dari rasa asam dan menyegarkannya, kamu pasti sudah bisa menebak kandungan apalagi yang ada dalam buah kiwi.

Yap, kandungan vitamin C pada buah kiwi ini sangatlah tinggi. Bahkan diklaim lebih dari yang dikandung dalam buah jeruk, lho!

Vitamin C juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Yakni dengan bekerja sebagai antioksidan, sehingga mampu melindungi kulit dari berbagai dampak buruk polusi lingkungan.

Selain itu, kandungan ini pun dikenal sebagai agen pencerah yang sangat mutakhir. Sebab mampu mendorong produksi kolagen, merangsang proses regenerasi, yang mampu menyamarkan hiperpigmentasi pada kulit.

Vitamin A

Buah kiwi juga kaya akan vitamin A, yang populer karena kemampuannya dalam menutrisi dan menyehatkan kulit.

Bahkan vitamin A pun disinyalir dapat memabntu mencegah munculnya masalah kulit tertentu, seperti jerawat dan komedo.

Senyawa yang juga dikenal dengan nama retinoid ini pun bisa membantu menormalkan fungsi kulit, bekerja baik sebagai antiaging dan pencerah wajah, serta membuat kulit kamu jadi awet muda seiring bertambahnya usia.

Amino Acid

Asam amino merupakan bahan pembentuk peptida dan protein yang secara alami ada dalam tubuh kamu, termasuk pada area kulit.

Nah, saking pentingnya asam amino untuk kulit kamu harus memenuhi kebutuhannya dalam tubuh. Misalnya dengan rutin memakan buah kiwi dalam takaran cukup.

Kiwi mengandung asam amino esensial yang cukup tinggi. Kandungan ini mampu menjaga kesehatan, kecantikan, hingga keremajaan kulit kamu.

Nah itu adalah berbagai kandungan dalam buah kiwi yang baik untuk kulit. Selain yang disebutkan di atas, ada banyak lagi lho nutrisi yang sama baiknya untuk kecantikan.

Misalnya, magnesium, zat besi, vitamin B6, dan asam folat, yang meski hanya dalam kadar yang tak begitu besar. Tapi dapat membantu memaksimalkan tampilan kulit tubuh dan wajah kamu.

Berbagai Manfaat Kiwi untuk Kecantikan Kulit

manfaat kiwi untuk kecantikan kulit

Sebenarnya, hanya melihat kandungan-kandungan yang ada di dalamnya kamu pasti sudah menebak apa saja manfaat buah kiwi untuk kecantikan kulit.

Meski begitu, enggak ada salahnya untuk tahu lebih detil mengenai hal tersebut dalam ulasan berikut ini.

Membantu Mengencangkan Kulit

Tahukah kamu seiring bertambahnya usia kita, elastisitas kulit bisa menurun secara alamiah? Ya, masalah ini terjadi karena produksi kolagen secara alami dalam tubuh akan berkurang saat usia kita bertambah.

Karenanya, kulit akan perlahan-lahan kehilangan elastisitas dan jadi tampak kendur atau tak kencang lagi. Kondisi ini bisa bertambah buruk dan datang lebih cepat karena paparan polusi dan berbagai partikel radikal bebas lainnya pada kulit.

Untungnya, buah kiwi bisa membantumu mengatasinya. Dengan mengonsumsi buah kiwi secara teratur kamu dapat mengembalikan keremajaan kulit dan membuatnya tampak jauh lebih kencang.

Ini dikarenakan buah kiwi mengandung banyak antioksidan, vitamin C, E, dan A yang mampu menjaga keremajaan kulit. Yakni dengan melawan radikal bebas, menyamarkan tanda penuaan, dan memperbaiki kondisi jaringan pada kulit.

Melembutkan Tekstur Kulit

Apakah kamu memiliki kulit yang cenderung kering dan terasa kasar jika diraba? Well, jangan panik dulu. Sebab, manfaat kiwi untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu melembutkan teksturnya.

Ya, kandungan vitamin, mineral, dan asam amino esensial dalam buah kiwi dapat memperbaiki tekstur kulit. Yakni dengan meningkatkan hidrasi kulit dan menguncinya agar tidak mudah menghilang.

Secara khusus kandungan vitamin E-nya dapat melawan kerutan dan mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Hal inilah yang akhirnya membuat kulit wajahmu jadi semakin lembut dan mulus.

Mengurangi Garis halus di Wajah

Kiwi adalah sumber vitamin E. Senyawa ini mampu mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah.

Tak hanya itu, vitamin E pun diketahui mampu mengurangi resiko kanker kulit yaang diproduksi oleh sinar UV.

Antioksidan menetralkan radikla bebas yang dapat merusak sel-sel sehat dan mempercepat proses degenerasi. Artinya, elastisitas dan keremajaan kulit wajahmu akan senantiasa tejaga.

Kamu harus mendapatkan antioksidan dari sumber makana  seperti kiwi. Buah ini mengandung vitamin C dan E, likopen, serta zat lain yang mampu melawan radikal bebas.

Dapat Membantu Mengatasi Jerawat

Memiliki amsalah jerawat yang susah hilang tentu sangat menyebalkan, terlebih kalau jerawat tersebut dibarengi dengan peradangan. Pasti bakal bikin repot dan enggak nyaman!

Nah, kabar baiknya, manfaat kiwi untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah mampu membantu mengatasi jerawat. Ini karena kandungan antiinflamasi dan berbagai senyawa lain yang cukup ampuh untuk menyingkirkan jerawat dari wajahmu.

Misalnya, kandungan vitamin A dan C yang dapat merangsang penyembuhan jerawat dengan membuatnya lebih cepat kering.

Sementara kandungan mineral, asam amino, dan vitamin E dapat membantu menangkan kulit dan memberikan hidrasi ekstra. Sehingga rasa nyaman akibat peradangan dapat sedikit diredakan.

Selain mengonsumsinya, kamu pun dapat merasakan manfaat kiwi untuk kecantikan kulit ini dengan mamakainya sebagai bahan masker wajah alami.

Kamu juga bisa menggunakan skincare berekstrak buah ini utnuk meredakan dan mencegah munculnya jerawat.

Mencerahkan Tampilan Lingkaran Hitam di Area Mata

Lingkaran hitam di area mata, atau yang biasa disebut sebagai mata panda, memang jarang menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun keberadaannya cukup berpengaruh pada penampilan wajah kamu.

Mata panda dapat menimbulkan kesan kuyu, kusam, tidak sehat, lelah, hingga tampak tua sebelum waktunya. Untuk itu, enggak ada salahnya untukmu mencoba mengatasinya dengan mamakai buah kiwi.

Sebab buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu membuat kulit tampak terlihat lebih cerah. Termasuk pada kulit yang berada di area bawah mata kamu.

Lapisan dermis pada area ini pun terbilang lebih tipis dibanding kulit di bagian lain, karenanya dengan mengonsumsi buah kiwi akan menjadikannya lebih kuat dan tak mudah teriritasi.

Meminimalisir Dampak Buruk Sinar Matahari pada Kulit

Sinar matahari berlebihan memiliki pengaruh yang besar pada penampilan kulitmu. Bagaimana tidak? Jika terpapar dalam waktu yang cukup lama, kulit akan jadi kering, kusam, dan mengalami hiperpigmentasi.

Untuk itu, kamu perlu menggunakan berbagai perawatan kecantikan yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahri berlebihan.

Kiwi bisa menjawab kebutuhanmu satu ini. Kandungan vitamin C dan asam aminonya, buah ini dapat melindungi kulit dari berbagai dampak buruk sinar matahari.

Selain itu, senyawa antiinflamasinya dapat meredakan peradangan yang diakibatkan oleh sunburning. Caranya, kamu bisa meletakkan irisan buah kiwi pada area yang teriritasi atau terbakar, kemudian diamkan selama beberapa menit sampai kulit terasa lebih baik.

Cara Membuat Masker Buah Kiwi Sesuai Kebutuhan Kulit

masker alami untuk jerawat

Selain menggunakan produk perawatan kecantikan berekstrak buah kiwi, kamu bisa mendapatkan manfaat serupa dengan memakai buah ini sebagai bahan masker wajah organic.

Penasaran bagaimana cara membuat masker buah kiwi sesuai kebutuhan kulit wajah kamu? Yuk, simak bahan, langkah, dan cara pakainya berikut ini!

Masker Kiwi untuk Mengatasi Kulit Kering

Kulit yang kering sama berisikonya dengan kulit yang terlalu berminyak, atau bahkan bisa saja lebih buruk. Sebab, kulit yang kering memiliki lapisan pelindung yang sangat tipis, sehingga lebih mudah terinfeksi bakteri, teriritasi, ataupun terluka.

Nah, untuk merawat kulit yang kering kamu dapat memadukan buah kiwi dengan bahan dengan sifat melembapkan,  seperti minyak almond.

Minyak almond tak hanya memberikan kelembapan sementara pada kulit. Bahan alami satu ini bahkan bisa menguncinya pada lapisan terdalam kulit, dan membuat wajahmu terhidrasi dengan lebih baik.

Langkah Membuat Masker Kiwi untuk Kulit Kering

  • Rendam kacang almond yang telah disiapkan semalaman dalam air biasa, kemudian keesokan harinya hancurkan.
  • Campurkan bubuk almond dengan satu hingga buah kiwi yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Setelah paska masker kiwi telah siap, kamu bisa mengaplikasikannya ke leher dan wajah.
  • Biarkan selama 15-20 menit atau sampai kandungan kiwi dan almond meresap sempurna.
  • Bilas wajah dengan air hangat perlahan, kemudian lanjutkan dengan air bersuhu normal.

Masker Kiwi untuk Hilangkan Minyak Berlebih

Untuk merawat kulit berminyak, kamu bisa memadukan buah kiwi dan lemon sebagai masker wajah alami.

Kombinasi keduanya akan memabntu meminimalkan pori-pori dan noda. Ini karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam kedua bahan ini.

Dengan demikian, berbagai minyak dan kotoran yang ada di permukaan kulit dapat terangkat. Sementara produksi sebum dapat lebih terkontrol karena pori-pori mengecil.

Bahan yang Perlu Kamu Siapkan

  • satu buah kiwi, haluskan.
  • satu sendok teh air perasan lemon.

Langkah Membuat Masker Kiwi untuk Wajah Berminyak

  • Campurkan kedua bahan yang telah disiapkan sebelumnya sampai jadi pasta masker kiwi yang kamu inginkan.
  • Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan, secara merata, ya!
  • Biarkan kandungan dalam kedua buah tersebut terserap dengan baik dalam kulit, paling tidak selama 20 menit lamanya.
  • Jika sudah, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan air bersuhu normal.

Masker Kiwi untuk Merawat Kulit Sensitif

Kulit yang sensitif cenderung mudah mengalami iritasi, karenanya merawat tipe kulit satu ini memang tergolong sulit.

Kamu bisa menggunakan buah alpukat sebagai campuran masker kiwi untuk kulit sensitif.

Alpukat menagndung vitamin E yang mampu menenangkan kulit. Tak hanya itu, buah ini pun bisa menghidrasi dan menutrisi kulit dengan optimal.

Bahan yang Harus Disiapkan

  • Setengah buah alpukat.
  • Satu buah kiwi.
  • Satu sendok teh madu.

Langkah Membuat Masker Kiwi untuk Kulit Sensitif

  • Campurkan semua bahan yang telah kamu siapkan sebelumnya, aduk hingga tercipta pasta masker kiwi yag kamu inginkan.
  • Aplikasikan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan sebelumnya dengan merata.
  • Tunggu hingga kandungan dalam masker kiwi terserap dalam kulit, maksimal selama 20 menit saja.
  • Setalh itu bilas wajah menggunakan air bersuhu normal, kemudian lanjutkan perawatan menggunakan krim wajah yang biasa kamu pakai.

Wah, enggak nyangka banget kalau buah kiwi rupanya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah kamu. Mulai dari mengencangkan, melembutkan tekstur kulit, hingga dapat membantu mengatasi jerawat di wajah.

Setelah melihat berbagai kandungan dan manfaat buah kiwi untuk kecantikan di atas, apakah kamu berminat menggunakannya sebagai rangkaian perawatan kecantikan harian kamu?

Well, tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment