Bikin Vitalitas Kulit Meningkat, Cek Manfaat Jambu Biji untuk Kecantikan Berikut

manfaat jambu biji untuk kecantikan kulit (3)

Salah satu buah tropis yang sangat popular karena manfaatnya untuk kecantikan kulit adalah jambu biji. Ya, buah yang sangat mudah kamu jumpai di berbagai pelosok daerah Indonesia ini faktanya memang sangat bermanfaat untuk kecantikan.

Enggak heran juga, sebab buah satu ini memang memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, hingga protein yang sangat baik untuk vitalitas kulit wajah dan tubuhmu.

Saking baiknya jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan kulit, kamu pasti bisa dengan mudah menemukan buah ini dalam kandungan produk-produk perawatan wajah yang dijual di pasaran.

Nah, kira-kira apa sih yang membuat jambu biji begitu istimewa? Yuk, simak berbagai kandungan dan manfaat jambu biji untuk kecantikan berikut ini!

Berbagai Kandungan dalam Jambu Biji yang Baik untuk Kecantikan

manfaat jambu biji untuk kecantikan kulit (1)

Salah satu aspek yang bisa membuat jambu biji begitu istimewa adalah kandungan nutrisinya yang tinggi. Buah satu ini memiliki beragam jenis mineral dan vitamin yang sangat baik untuk melindungi kecantikan alami kulit wajahmu.

Penasaran, apa saja kandungan dalam buah jambu biji yang baik untuk kecantikan? Cek ulasan lengkapnya berikut ini, ya, Guys!

Vitamin C

Salah satu vitamin yang banyak ditemukan dalam jambu biji adalah vitamin C. Kamu pasti udah kenal betul dengan kandungan satu ini.

Ya, selain karena sifatnya yang sangat baik untuk menjaga kulit dari radikal bebas, vitamin C kerap ditemukan dalam komposisi formula produk-produk kecantikan. Baik untuk merawat wajah, kulit tubuh, hingga merawat kesehatan kulit kepala dan rambut.

Lebih hebatnya lagi, vitamin ini dapat bekerja sebagai antiaging yang mampu melawan serta mencegah berbagai tanda penuaan pada kulit. Seperti kerutan, garis halus, hingga masalah-masalah hiperpigmentasi.

Vitamin C mampu membantu meningkatkan kecerahan kulit dengan merangsang produksi kolagen dan proses regenerasi kulit. Hasilnya, wajah akan jadi tampak selalu awet muda, sehat, dan cerah berseri.

Vitamin B

Selain vitamin C, kamu pun dapat menemukan kandungan vitamin B dalam buah jambu, lho. Kandungan ini sebenarnya memiliki beragam varian, mulai dari B1, B2, dan masih banyak lainnya.

Berbagai jenis vitamin B ini memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam menjaga fungsi tubuh dan jaringan kulit berjalan normal.

Meski begitu, secara umum vitamin B dapat membantu menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan alaminya agar tidak mudah menghilang.

Bahkan beberapa jenis vitamin B pun disinyalir mampu menjaga elastisitas kulit dengan memproduksi kolagen dan memberikan hidrasi ekstra pada kulit.

Vitamin A

Kandungan selanjutnya yang juga ditemukan dalam buah jambu biji adalah vitamin A. Senyawa satu ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah dan tubuhmu.

Lebih dikenal dengan nama retinoid, vitamin A sangat kerap digunakan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan, khususnya yang menawarkan fungsi mencerahkan, meremajakan, dan mengatasi masalah jerawat.

Ini karena vitamin A mampu bekerja sebagai antioksidan sehingga ampuh melawan berbagai tanda penuaan dini. Tak hanya itu, sifatnya ini pun diketahui berpengaruh pada vitalitas kulit lewat bekerja memperbaiki jaringan yang bermasalah akibat radikal bebas.

Sementara manfaat mencerahkannya, ini disebabkan vitamin A mampu mendorong produksi kolagen dan bersifat eksfoliatif. Hasilnya, kulit akan terbebas dari sel yang tua dan kusam, sehingga akan tampak cerah alami.

Potassium

Selain berbagai jenis vitamin, kamu pun dapat menemukan potassium dalam kandungan buah jambu biji, lho.

Ya, jenis mineral yang baik untuk kulit ini dapat membantu mengatur kadar air dalam sel tubuh, termasuk kulit kamu.

Tak cuma itu, potassium pun dikenal efektif dalam membantu sel kulit agar bekerja dengan normal. Yakni dengan membuatnya terhidrasi dengan baik, mengunci kelembapan yang ada, dan mencegahnya agar tidak mudah kering.

Selain berbagai nutrisi yang telah disebutkan di atas, sebenarnya buah jambu masih memiliki banyak kandungan yang tak kalah baiknya buat tubuh dan kulit kamu.

Misalnya protein, serat, zat besi, magnesium, kalium, dan berbagai jenis antioksidan lain yang ditemukan dalam kadar tak terlalu besar.

Berbagai Manfaat Jambu Biji untuk Kecantikan Kulit

manfaat jambu biji untuk kecantikan kulit (2)

Sebenarnya desas desus mengenai manfaat jambu biji untuk kecantikan kulit telah beredar dalam waktu yang sangat lama.

Orang-orang pun enggak hanya menjadikannya sebagai perawatan topical, melainkan mengonsumsi buah ini secara langsung, ataupun diolah dalam bentuk jus, yogurt, salad, dan masih banyak lainnya.

Nah, biar kamu tambah yakin menggunakan buah ini dalam rangkaian perawatan kecantikan harianmu. Yuk, cek info mengenai berbagai manfaat jambu biji untuk kecantikan kulit berikut ini!

Membantu Mengencangkan Kulit

eye cream (1)

Salah satu manfaat buah jambu untuk kecantikan kulit adalah membantu mengencangkan wajah. Manfaatnya ini didukung oleh kandungan vitamin A, B, dan C ynag ada di dalam buah jambu biji.

Baik vitamin A maupun vitamin C, keduanya mampu merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Seperti yang kamu ketahui, kolagen merupakan protein yang banyak ditemukan dalam jaringan kulit dan berperan menjaga elastisitas kulit.

Sementara itu, kandungan vitamin B-nya mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan alami kulit agar tidak mudah menghilang.

Untuk mendapatkan manfaat jambu biji satu ini kamu bisa menggunakannya sebagai bahan masker dan scrub wajah alami. Selain mampu membantu mengkat kotoran dan menghaluskan kulit, wajahmu pun akan jadi tampak segar dan kencang.

Menyegarkan dan Menenangkan Kulit

Setelah beraktivitas seharian, baik di bawah paparan sinar matahari atau terlalu lama dalam ruangan ber-AC, pasti memberikan dampak yang tidak baik pada kesehatan kulit wajahmu.

Salah satunya bisa membuatnya kering, kusam, bahkan jadi lebih mudah teriritasi. Karenanya, kamu membutuhkan perawatan wajah ekstra yang bisa menenangkan dan menyegarkan kulit, misalnya dengan menggunakan jambu biji.

Manfaat jambu biji untuk kecantikan kulit ini didapat dari kadnungan vitamin, mineral, dan nutrisinya yang cukup tinggi. Sehingga, mampu memperbaiki kondisi kulit yang seharian terpapar dan terdampak radikal bebas.

Tak hanya itu, kualitas astringent dari jambu biji pun akan membantu menyegarkan dan menenangkan kulit. Bahkan dapat mengatasi masalah tertentu, seperti noda hitam, jerawat, keriput, dan kembali merawat elastisitas kulit.

Bekerja sebagai Antiaging Alami

penuaan dini

Kamu mungkin mengira enggak ada yang perlu dikhawatirkan di saat usiamu belum menginjak akhir 20 tahun. Padahal, berbagai masalah kecantikan bisa menunggu dan menghampirimu kapan saja.

Ini disebabkan faktor usia bukanlah satu-satunya penentu kesehatan kulit, melainkan paparan radikal bebas, radiasi sinar UV, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat pun dapat menjadi penyebabnya.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk merawat keremajaan kulit? Gampang banget! Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan wajah, seperti jambu biji.

Jambu biji kaya akan vitamin A dan C, serta potassium yang merupakan jenis antioksidan alami. Sehingga tak hanya akan membantu melawan dan melindungi kulit dari radikal bebas, ketiganya pun dapat berperan sebagai agen detoksifikasi.

Kandungan ini pun diketahui ampuh melawan kemunculan tanda-tanda penuaan dini di kulit, seperti keriput, kerutan, bintik-bintik hitam, dan garis-garis halus.

Selain itu, dalam buah jambu pun terdapat kandungan likopen yang sangat tinggi. Seyawa ini mampu bekerja melindungi sel-sel kulit sehat dari racun yang menumpuk dalam tubuh akibat metabolisme yang buruk dan stress oksidatif.

Padahal, racun-racun itulah yang memicu kemunculan berbagai masalah kecantikan pada kulit. Seperti masalah penuaan, kulit yang kering, bahkan warna yang tampak kusam dan menggelap.

Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

paparan sinar matahari berlebihan (1)

Sinar UV memang bisa memberikan dampak baik bagi tubuh, namun dengan catatan kalau kamu mendapatkannya dalam jumlah yang pas dan tidak berlebihan.

Sebab, jika terlalu lama terpapar sinar UV berbagai masalah kecantikan dan kesehatan kulit dapat menghampirimu. Misalnya hiperpigmentasi, sunburning, bahkan kanker kulit.

Tentu kamu tidak menginginkannya, bukan? Untungnya, manfaat jambu biji untuk kecantikan selanjutnya adalah mampu memberikan perlindungan ekstra pada kulit untuk melawan sinar UV.

Manfaatnya ini tidak terlepas dari senyawa likopen yang dikandungnya. Tak hanya membantu melindungi kulit, likopen bahkan diketahui mampu memulihkan sel yang bermasalah dan membuatnya bekerja kembali normal.

Membantu Meningkatkan Kecerahan Warna Kulit

mencerahkan wajah

Apakah kamu bermasalah dengan kulit yang tampak kusam dan tidak bercahaya? Well, sepertinya sudah saatnya kamu mencoba menggunakan buah jambu biji sebagai bahan perawatan wajah.

Kandungan vitamin A dalam jambu biji dikenal akan kemampuannya yang sangat efektif dalam meningkatkan kecerahan warna kulit.

Vitamin A dapat merangsang produksi kolagen dan sel baru pada kulit, sehingga dapat mendorong serta mengganti sel kulit yang bermasalah dengan yang lebih sehat.

Karenanya, dengan mengonsumsi ataupun menggunakan jambu biji sebagai perawatan wajah rutin, kamu bisa mendapatkan wajah yang tampak lebih cerah dan sehat.

Mengatasi Jerawat dan Menyamarkan Bekasnya

jenis jerawat (1)

Punya masalah dengan jerawat membandel atau bekasnya yang enggan pudar dari kulit wajahmu? Coba pakai buah jambu untuk mengatasinya, deh!

Buah jambu diperkaya dengan kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Senyawa inilah yang akan membantu mendorong penyembuhan jerawat dengan membuatnya lebih cepat kering.

Tak hanya itu, vitamin C pun dikenal ampuh untuk melawan berbagai tanda hiperpigmentasi dan menyamarkan bintik hitam maupun bekas jerawat dari kulit.

Kalau melihat dari ulasan di atas, rupanya manfaat jambu biji untuk kecantikan kulit juga enggak ada tandingannya. Pantas banyak selebriti Tanah Air yang mengonsumsi jus jambu biji secara rutin untuk menjaga kecantikan kulit tubuh dan wajah mereka.

Nah, setelah tahu fakta mengenai kandungan dan manfaat jambu biji untuk kecantikan, apakah kamu juga akan mencoba mengonsumsi atau menjadikan bahan alami ini sebagai bagian perawatan kecantikanmu?

About Author

Related posts

Leave a Comment